Kapan Jadwal Pengumuman SNMPTN 2021/2022?

Kapan Jadwal Pengumuman SNMPTN 2021/2022?- Seleksi SNMPTN 2021/2022 bisa dibilang perlu melalui tahapan yang cukup panjang. Pada mulanya, pihak sekolah akan membuat daftar siswa yang memenuhi kuota peringkat terbaik di sekolah. Selanjutnya, sekolah akan mengisikan data siswa tersebut ke Pangkalan Data Siswa dan Sekolah. Selain itu, baik sekolah maupun siswa juga sama-sama harus membuat akun di portal LTMPT untuk dapat melakukan pendaftaran. Lantas, kapan pengumuman hasilnya?

Waktu Pengumuman SNMPTN 2021/2022

ltmpt.ac.id

Pada 15 Februari 2021 mendatang, siswa kelas 12 yang dinyatakan eligible oleh pihak sekolah akan dapat mulai melakukan pendaftaran SNMPTN 2021/2022. Pendaftaran ini dapat dilakukan sampai tanggal 24 Februari 2021. Selanjutnya, peserta harus bersabar untuk menunggu pengumuman hasilnya. Untuk anda yang termasuk siswa eligible, sudah cari tahu kira-kira kapan pengumuman penerimaan PTN lewat jalur SNMPTN 2021/2022?

Tanggal Pengumuman SNMPTN 2021/2022

Berdasarkan informasi resmi yang dirilis oleh pihal LTMPT, pengumuman hasil SNMPTN 2021/2022 akan dilakukan pada tanggal 22 Maret 2021. Artinya, ada rentang waktu kurang lebih satu bulan bagi PTN untuk menentukan peserta yang dinyatakan layak menempati posisi sebagai mahasiswa baru. Pengumuman ini dapat dilihat oleh peserta pada laman portal LTMPT. Untuk itu, para peserta tentu tidak boleh melupakan password yang digunakan ketika membuat akun siswa.

Agenda Penting Lainnya Terkait SNMPTN 2021/2022

Informasi mengenai tanggal pengumuman SNMPTN 2021/2022 tentu bukan satu-satunya informasi yang wajib dicermati oleh masing-masing siswa atau sekolah yang menjadi peserta. Berikut beberapa agenda pelaksanaan SNMPTN 2021/2022 yang tidak kalah penting untuk anda simak.
• 04 Januari 2021- 01 Februari 2021 : registrasi akun LTMPT oleh sekolah maupun siswa di laman portal LTMPT
• 04 Januari 2021 – 08 Februari 2021: pihak sekolah menetapkan daftar siswa yang eligible berdasarkan kuota sekolah yang sudah diumumkan oleh pihak LTMPT
• 11 Januari 2021- 8 Februari 2021: Pengisian PDSS oleh pihak sekolah, isinya tentang rekam jejak kinerja sekolah serta nilai rapor siswa yang dianggap eligible oleh pihak sekolah. Kebenaran data PDSS sepenuhnya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah sebagai perwakilan dari sekolah
• 22 Maret 2021: pengumuman hasil SNMPTN 2021/2022
Usai mengetahui pengumuman SNMPTN 2021/2022, siswa yang diterima wajib mencari informasi pendaftaran ulang di laman resmi masing-masing PTN penerima.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Usai Menerima Pengumuman SNMPTN 2021/2022 dan Dinyatakan Lolos

Usai mengetahui hasil SNMPTN 2021/2022 dan diterima di perguruan tinggi negeri pilihan, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan oleh peserta selaku calon mahasiswa baru.

Memeriksa laman resmi PTN untuk melakukan daftar ulang
Laman resmi masing-masing PTN salah satunya dapat ditemukan pada laman resmi LTMPT. Beberapa PTN bahkan ada yang memiliki laman khusus untuk penerimaan mahasiwa baru. Bahkan, tak jarang ada PTN yang juga memiliki website khusus untuk fakultas maupun program studi.

• Melakukan daftar ulang di PTN penerima
Mengingat penanganan pandemi covid-19 sejauh ini belum juga terkendali, tentu perihal pendaftaran ulang juga belum dapat dipastikan. Entah peserta wajib datang langsung ke PTN terkait atau dapat dilakukan tanpa kunjungan tatap muka. Pada umumnya, pendaftaran ulang disertai dengan pembayaran biaya berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pembayaran pun dapat dilakukan melalui bank yang bekerjasama dengan PTN penerima. Selain itu, peserta juga tentu akan diminta untuk mengumpulkan data-data pelengkap sebagai penguat bukti bahwa siswa telah benar-benar lolos lewat jalur SNMPTN 2021/2022

• Mencari informasi kost yang dekat dengan lokasi PTN penerima
Hal ini hanya berlaku apabila memang perkuliahan sudah memungkinkan untuk dilakukan secara tatap muka atau lewat pertemuan langsung. Dengan menemukan hunian strategis, tentu pengeluaran untuk keperluan transportasi ketika berkuliah dapat diminimalisir.

Alternatif Lain Apabila Dinyatakan Tidak Lolos SNMPTN 2021/2022

Persentase daya tampung yang disediakan oleh PTN dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2021/2022 adalah minimum 20%. Daya tampung ini pada umumnya tentu lebih kecil apabila dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang mendaftar di sebuah program studi suatu PTN. Artinya, kemungkinan peserta untuk tidak lolos seleksi lewat jalur ini tentu cukup besar.
Apabila nantinya anda dinyatakan tidak lolos SNMPTN 2021/2022, anda tentu tidak perlu berkecil hati. Berikut beberapa alternatif yang bisa anda lalukan ketika dinyatakan tidak lolos SNMPTN.

Mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi UTBK SBMPTN

Opsi ini tentu berlaku bagi peserta yang benar-benar tertarik untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri. Salah satu poin yang menjadi pertimbangan seseorang ketika berkeinginan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri adalah terkait pembiayaan. Sebagaimana dipahami oleh masyarakat umum, biaya kuliah di PTN pada umumnya lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta. Di sisi, terdapat banyak perguruan tinggi negeri yang masuk dalam jajaran universitas unggulan di Indonesia.

Apabila anda benar-benar berminat untuk diterima di PTN idaman, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dalam seleksi UTBK SBMPTN. Alasannya adalah pada tahun 2021/2022 ini, terdapat sedikit perbedaan dengan pelaksanaan UTBK 2020 lalu. Jika tahun lalu seleksi hanya menggunakan soal Tes Potensi Skolastik (TPS), pada UTBK tahun ini akan diterapkan kembali Tes Kompetensi Akademik (TKA). TKA terdiri dari dua jenis yakni untuk kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum. Selain itu, ada pula kelompok ujian campuran apabila peserta berniat untuk memilih program studi dari klaster yang berbeda.

Sebagai catatan tambahan, pada seleksi UTBK SBMPTN peserta harus mempersiapkan sendiri biaya pendaftaran. Pembayaran seleksi UTBK SBMPTN 2021 adalah sebesar Rp 200.000,00 untuk kelompok ujian Soshum, Rp 200.000,00 untuk kelompok ujian Saintek, dan Rp 300.000,00 untuk kelompok ujian campuran.

Sebagai catatan tambahan, pada seleksi UTBK SBMPTN peserta harus mempersiapkan sendiri biaya pendaftaran. Pembayaran seleksi UTBK SBMPTN 2021 adalah sebesar Rp 200.000,00 untuk kelompok ujian Soshum, Rp 200.000,00 untuk kelompok ujian Saintek, dan Rp 300.000,00 untuk kelompok ujian campuran.

Mencari informasi mengenai Seleksi Mandiri di PTN

Selain opsi berupa SNMTN dan UTBK SBMPTN yang dikelola oleh LTMPT, PTN juga memiliki jalur penerimaan lewat Seleksi Mandiri. Persentase penerimaan mahasiswa baru lewat jalur ini adalah sebesar maksimum 30%. Namun demikian, khusus untuk PTN Badan hukum, persentase untuk penerimaan jalur Seleksi Mandiri dapat mencapai maksimum 50%. Artinya, peserta yang tidak lolos SNMPTN 2021/2022 namun tetap ingin masuk PTN harus lebih aktif mencari tahu sendiri tentang seleksi Seleksi Mandiri.
Biaya yang dibebankan untuk peserta Seleksi Mandiri tentu berbeda dengan UTBK SBMPTN. Sebagai gambaran, biaya Seleksi Mandiri UM UGM untuk jenjang S1 Reguler dan Sarjana Terapan adalah sebesar Rp 250.000, baik untuk kelompok program studi Saintek. Soshum, maupun Campuran. Sementara, biaya Seleksi Mandiri UI (SIMAK UI) untuk program S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi adalah Rp 400.000 untuk kelompok ujian IPA dan IPS. Selain mengambil kelas reguler di PTN, peserta yang tidak lolos SNMPTN 2021/2022 juga dapat mengambil program khusus untuk kelas internasional, tentu dengan biaya pendidikan yang lebih mahal apabila disbanding program S1 reguler.

Mencari peluang untuk berkuliah di perguruan tinggi swasta

Pilihan lainnya yang dapat dilakukan ketika peserta dinyatakan tidak lolos SNMPTN 2021/2022 adalah berkuliah di perguruan tinggi swasta. Meski biaya pendidikan yang dibebankan pada mahasiswa cenderung lebih mahal ketika dibandingkan dengan PTN, kualitas pembelajaran di perguruan tinggi swasta juga tak kalah baik. Peserta tentu juga harus rajin mencari informasi dari berbagai sumber mengenai program studi serta perguruan tinggi swasta yang sudah terbukti memiliki kualitas unggulan.

Nah, itu dia informasi tentang jadwal pengumuman SNMPTN 2021/2022 beserta informasi penting lainnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi ini. Cari tahu juga informasi penting yang relevan dengan pendidikan dan perkuliahan di website Mamikos . Download dan install aplikasi Mamikos di smartphone anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close