Jurusan Kuliah Apa yang Seharusnya Saya Ambil? Berikut Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Jurusan Kuliah Apa yang Seharusnya Saya Ambil? Berikut Tips Memilih Jurusan yang Tepat- Fenomena salah jurusan terkadang dijadikan sebagai alasan bagi mereka yang lulus kuliah dalam rentang waktu lama. Apalagi jika pada akhirnya berujung drop out. Padahal, tidak semua orang cukup beruntung untuk mengenyam bangku pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi usai lulus dari sekolah menengah.

Tips Jitu Pilih Jurusan Kuliah

pexels.com

Orang-orang yang merasa terjebak di jurusan kuliah yang tidak sesuai kerap menjalani kuliah hanya dengan separuh hati saja. Hal ini tampak dari rasa enggan untuk masuk kelas dan tidak sungguh-sungguh ketika mengerjakan tugas. Jika sudah begini, diri sendiri juga yang rugi. Teman-teman sejurusan juga bisa merasakan imbasnya, misalnya ketika harus mengerjakan tugas kelompok.

Selain membuang-buang waktu, kuliah salah jurusan tentu juga mengorbankan sejumlah biaya. Apalagi bagi mereka yang sudah jauh-jauh merantau ke kota lain dan jauh dari orang tua. Dampaknya, orang tua bisa jadi merasa kecewa.

Agar tidak terjebak di jurusan yang salah, berikut tips memilih jurusan yang tepat versi Mamikos. Silakan disimak!

Kenali Minat dan Bakat

pexels.com

Setiap individu tentunya memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda pula. Hal ini salah satunya dapat diketahui lewat tes minat dan bakat oleh psikolog. Dalam Ilmu Psikologi, terdapat sembilan jenis kecerdasan majemuk manusia. Sembilan jenis kecerdasan tersebut meliputi:

  1. Kecerdasan linguistik
  2. Kecerdasan logika-matematika
  3. Kecerdasan kinestetik
  4. Kecerdasan spasial
  5. Kecerdasan musikal
  6. Kecerdasan eksistensial
  7. Kecerdasan interpersonal

Hasil dari tes minat bakat psikologi ini juga dijadikan pedoman dalam penentuan jurusan Sekolah Menengah Atas. Maka wajar jika salah satu hal yang paling sering dijadikan patokan pemilihan jurusan kuliah adalah penjurusan saat masih di bangku SMA. Misalnya saja jurusan IPA, IPS, atau bahasa. Hal ini berlaku pula bagi lulusan SMK dengan segala peminatannya.

Berbagai kegiatan tambahan di luar pelajaran dapat pula dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengenali dan memetakan potensi diri. Misalnya saja, ketika SMA dirimu terlibat aktif dalam majalah sekolah dan menikmati prosesnya. dirimu bisa saja memilih untuk berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi. Kalau dirimu suka berhitung dan pernah mengikuti olimpiade matematika, dirimu mungkin tertarik dengan Jurusan Statistika.

Berkonsultasi dengan orang yang lebih dewasa dan sudah lebih berpengalaman bisa juga jadi salah satu cara mengetahui minatmu. Alasannya, pembelajaran di bangku kuliah amat berbeda dengan SMA. Ilmu-ilmu yang dipelajari jauh lebih spesifik. Misalnya dirimu kebetulan memiliki saudara atau tetangga yang sudah merasakan bangku perkuliahan di jurusan yang menarik bagimu. dirimu bisa menanyakan secara langsung hal-hal apa saja yang nantinya akan dipelajari. Siapa tahu sesuai dengan ekspektasimu.

Pahami Prospek Kerja

pexels.com

Tak dapat dipungkiri, salah satu tujuan utama berkuliah adalah untuk meningkatkan kualitas hidup. Usai menyandang gelar sarjana nanti, pintu dunia kerja akan terbuka lebar di depan matamu. Untuk itu, dirimu juga perlu paham mengenai prospek kerja jurusan yang akan dirimu pilih kelak.

Pastika bahwa prospek kerja jurusan yang akan dirimu pilih tetap sejalan dengan minatmu sendiri. Pasalnya, menjadikan prospek kerja tanpa menyeimbangkannya dengan minat justru bisa membuatmu menjalani perkuliahan dengan terpaksa. Misalnya saja, saat SMA dirimu terbilang lemah pada pelajaran di bidang ekonomi. Padahal prospek kerja lulusan ekonomi dikenal menjanjikan. Kalau dirimu memaksaka diri di jurusan ini, bisa-bisa saat kuliah dirimu hanya mengeluh sepanjang hari.

Perkirakan Biaya Kuliah

pexels.com

Besaran biaya kuliah juga merupakan pertimbangan penting dalam memilih jurusan. Jika sudah berhadapan dengan biaya, dirimu wajib menyesuaikannya dengan kemampuan ekonomi orang tuamu. Selain itu, dirimu juga perlu mempertimbangkan durasi waktu yang perlu dirimu tempuh untuk akhirnya lulus. Ingat, semakin lama kuliah, semakin banyak biaya yang harus keluar. Terlebih apabila dirimu memutuskan untuk berkuliah di luar kota sehingga harus tinggal terpisah dari orang tua. Tentu ada biaya tambahan seperti biaya kos-kosan dan uang saku.

Apabila dirimu betul-betul berniat untuk kuliah, namun memiliki keterbatasan ekonomi, dirimu juga perlu aktif mencari informasi beasiswa. Untuk hal ini, dirimu bisa coba bekerjasama dengan pihak sekolahmu.

Sebagai gambaran, salah satu beasiswa yang cukup terkenal di universitas negeri adalah beasiswa bidik misi. Beasiswa ini merupakan bantuan dari Kemenristekdikti yang ditujukan pada calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun dipandang mempunyai potensi akademik yang baik untuk berkuliah. Mahasiswa yang terdaftar pada beasiswa ini diwajibkan untuk lulus tepat waktu . Yang menjadi patokan beasiswa ini adalah besar pendapatan kotor kedua orang tua dan jumlah anggota keluarga yang masih menjadi tanggungan.

Selain beasiswa, pilihan universitas negeri atau swasta bisa juga berpengaruh pada biaya kuliah. Pada umumnya, biaya kuliah di universitas negeri cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan universitas swasta dengan jurusan serupa. Namun, perlu diingat apabila seleksi untuk masuk di universitas negeri atau PTN favorit cenderung lebih sulit. Dengan demikian, perlu usaha lebih untuk berkuliah dengan biaya terjangkau.

Cari Tahu Info Kampus dan Jurusan

pexels.com

Menjelang kelulusan, kerap diadakan pameran pendidikan atau education fair yang memungkinkan berbagai universitas memperkenalkan jurusan-jurusan unggulan mereka. Ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk lebih mengenal kampus-kampus yang ada. Termasuk syarat-syarat apa saja untuk bergabung serta bagaimana metode seleksinya.

Selain lewat education fair, dirimu bisa juma memanfaatkan website resmi kampus yang sekiranya sesuai dengan kemampuanmu. Jika dirimu benar-benar tidak tahu kampus macam apa yang dirimu mau, dirimu bisa juga memanfaatkan mesin pencari google. Nantinya dirimu pasti akan diarahkan ke situs resmi universitas atau bahkan fakultas.

Saat mencari informasi mengenai perguruan tinggi, dirimu juga perlu memastikan lokasinya. Terkadang ada perguruan tinggi yang memiliki kawasan yang luas atau lokasi kampusnya terpisah cukup jauh. Apabila dirimu berniat untuk kuliah di luar kota, cari tahu juga lokasi tempat tinggal atau kost-kostan yang strategis.

Itu tadi berbagai tips memilih jurusan kuliah yang tepat versi Mamikos. Apakah dirimu sudah ada gambaran? Mudah mudahan artikel tadi dapat membantumu agar tidak terjebak di jurusan yang salah.

Kalau dirimu masih bingung dan membutuhkan berbagai macam informasi terkait pendidikan dan perkuliahan, dirimu bisa mengaksesnya di website Mamikos . Untuk mengetahui info kost-kostan terbaru, dirimu bisa download dan install aplikasi Mamikos di appstore. Selamat merancang masa depan!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close