Jurusan Kuliah Anak IPA: 5 Rekomendasi untuk Menjawab Kegalauanmu

Photo by Artem Podrez on Pexels

Jurusan Kuliah Anak IPA: 5 Rekomendasi untuk Menjawab Kegalauanmu – Masa-masa akan masuk kuliah, biasanya kita dibikin pusing dengan pertanyaan seperti, “Jurusan yang bagus untuk anak IPA itu apa, sih?” Banyak dari kita yang masuk kelas IPA tanpa tahu betul apa sebenarnya yang bakal diperoleh. Dan sebaliknya, mereka yang masuk kelas IPS pun begitu. 

Wajar dong, kalau kemudian kita cukup bingung saat akan masuk kuliah. Buat anak IPA, mau pilih jurusan Saintek yang mana, nih? Emangnya jurusan yang cocok untuk anak IPA itu apa saja, sih? Bahkan, buat yang bener-bener clueless, kegalauanmu bisa sampai mempertanyakan cita-cita yang cocok untuk jurusan IPA itu apa.

Biar nggak makin galau, lihat dulu rekomendasi kuliah jurusan IPA di bawah ini, yuk!

1. Biokimia

Kalau Biologi dan Kimia adalah mata pelajaran favoritmu selama ini, kuliah Biokimia bakalan mengasyikkan. Biokimia sendiri mengkaji tentang proses dan reaksi kimia makhluk hidup. Cakupannya sangat luas, mulai dari makhluk hidup yang sangat sederhana sampai tubuh manusia yang kompleks. Tak heran kalau Biokimia terhitung sebagai jurusan yang cocok untuk anak IPA sejati.

Alumni Biokimia banyak yang kemudian menjadi peneliti dan ahli Biologi molekul dan sel. Kalau masih galau dengan jurusan kuliah IPA saat ini, Biokimia IPB patut dipertimbangkan.

2. Kehutanan

Sebenarnya jurusan kuliah untuk anak IPA ini cukup beragam. Untuk Kehutanan sendiri, pilihan terbaikmu ada di Unila, UGM, atau Unhas. IPB punya tiga jurusan Kehutanan, yaitu Manajemen Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, serta Teknologi Hasil Hutan. Kalau begitu, manakah jurusan yang cocok untuk anak IPA seperti dirimu?

Balik lagi ke cita-citamu, nih. Meskipun ada perbedaan, pada dasarnya pilihan jurusan IPA di atas bakalan banyak berdasar pada Biologi dan Fisika. Kalau masih belum yakin, pastikan dulu jurusan terbaikmu dengan menggunakan tes minat bakat seperti yang ada di aplikasi saya Pintar.

3. Teknik Mesin

Teknik memang sudah terkenal sebagai fakultas untuk anak IPA. Dan Teknik Mesin adalah salah satu jurusan Saintek favorit di Fakultas Teknik. Meskipun sebenarnya tak ada batasan gender, jurusan IPA ini masih didominasi oleh peminat laki-laki. Salah satu penyebabnya barangkali karena mesinlah yang menjadi fokus pembelajaran di jurusan ini. Harus diakui, peminat mesin kapal laut, motor, mobil, sampai pesawat terbang kebanyakan laki-laki.

Kabar baiknya, Teknik Mesin mudah dijumpai di berbagai PTN dan PTS. Jurusan Saintek ini ada di USU, UMY, Unnes, UNY, UI, Unika Atma Jaya, UNS, UK Petra, Unej, Undip, UMM, Unhas, Untar, ITS, Unud, UB, UII, dan masih banyak lagi.

4. Teknik Industri

Dikenal sebagai turunan dari Teknik Mesin, Teknik Industri juga merupakan alternatif kuliah jurusan IPA dengan banyak peminat. Menariknya, jurusan kuliah IPA yang satu ini “lebih dekat” dengan ranah IPS. Bagaimana tidak, fokus Teknik Industri lebih mengarah pada peran manusia yang erat terkait dengan energi, material, peralatan, dan perancangan sistem industri. 

Karena cakupannya tersebut, mahasiswa Teknik Industri tak hanya belajar tentang Matematika dan Fisika, tapi juga Manajemen. Itulah sebabnya Teknik Industri lebih dikenal sebagai jurusan untuk anak IPA perempuan, terutama jika dibandingkan dengan Teknik Mesin.

Pilihan kampus untuk kuliah Teknik Industri hampir sama banyaknya dengan pilihan untuk Teknik Mesin. Ada beberapa alternatif yang patut dipertimbangkan, seperti UNS, Unpar, Unika Atma Jaya Yogyakarta, UI, UMM, Ubaya, UK Petra, Unhas, UII, UIN Sunan Kalijaga, USU, Undip, UB, dan lain sebagainya.

5. Farmasi

Kedokteran memang hampir selalu menjadi jurusan kuliah IPA favorit dari tahun ke tahun. Padahal sebenarnya masih banyak jurusan Saintek lain di bidang kesehatan, salah satunya adalah Farmasi. Bahkan, ketatnya persaingan masuk Farmasi tak bisa dianggap lebih longgar ketimbang keketatan masuk Kedokteran.

Meskipun terkait dengan pengobatan seperti Kedokteran, perkuliahan Farmasi lebih mengarah pada kajian tentang racikan, kombinasi, formulasi, identifikasi, maupun analisis bahan obat. Itulah sebabnya, Farmasi lebih dekat dengan Kimia. Nah, kalau ada yang bertanya, ” Jurusan IPA SMA bisa jadi apa aja?” Boleh dong, dijawab “Nggak kudu jadi dokter.”

Lantas, di manakah kuliah Farmasi terbaik? Jurusan IPA ini ada di Unej, UGM, UII, USD, Unhas, USU, Unpad, Ubaya, Unud, dan berbagai kampus terkemuka yang lain.

Itulah daftar jurusan kuliah IPA dan penjelasannya. Bagaimana dengan jurusan kuliah IPA yang lain? Masih banyak banget alternatif jurusan Saintek buat anak IPA. Pelajari dulu saja satu-satu, manakah yang paling cocok buatmu. Jangan sampai salah pilih jurusan kuliah, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close