Jurusan Dan Akreditasi ISI Jogja 2020/2021

Jurusan & Akreditasi ISI Jogja 2020/2021 – ISI Jogja merupakan salah satu kampus yang cukup terkenal, bukan saja di Jogja tapi sampai ke kota atau daerah lain. ISI Jogja berdiri di atas tanah seluas 18 hektar dan berlokasi di sebelah selatan pusat kota. Atau tepatnya berlokasi di Jalan Parangtritis Km. 6 Sewon, Bantul.

Di atas tanah seluas tersebut di atas berdiri fasilitas yang terdiri fasilitas umum, pendidikan dan fasilitas penunjang. Namun pada kesempatan ini, Mamikos akan membahas perihal jurusan & akreditas ISI Jogja 2020/2021.

Daftar Jurusan Dan Akreditasi ISI Jogja

okezone.com

Bagi anda yang penasaran dengan daftar jurusan beserta akreditasi ISI Jogja maka artikel ini sangatlah cocok untuk anda simak dan baca. Sebab di sini akan Mamikos bahas dengan terperinci apa saja jurusan & akreditasi ISI jogja tersebut. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut:

Daftar Akreditasi Jurusan/ Program Studi ISI Yogyakarta

No Strata Program Studi Akreditasi
1 D-III Animasi B
2 D-III Batik Dan Fashion B
3 S1 Seni Rupa Murni A
4 S1 Seni Tari A
5 S1 Desain Interior A
6 S1 Fotografi B
7 S1 Televisi Dan Film B
8 S2 Penciptaan Dan Pengkajian Seni A
9 S1 Desain Komunikasi Visual A
10 S1 Etnomusikologi B
11 S1 Seni Pedalangan B
12 S1 Seni Musik A
13 S1 Kriya Seni A
14 S1 Penciptaan Musik B
15 S1 Seni Teater B
16 S1 Pendidikan Musik B
17 D-IV Penyajian Musik B
18 S1 Seni Drama Tari Dan Musik C
19 S1 Tata Kelola Seni C
20 S1 Seni Karawitan B
21 S1 Desain Produk B

 

Fakultas dan Jurusan di ISI Jogja

Usai anda membaca dan menyimak dengan baik perihal jurusan & akreditasi ISI Jogja 2020/2021 seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, maka kini waktunya anda untuk mengetahui dengan rinci mengenai fakultas dan jurusan yang ada di ISI Jogja. Langsung saja simak daftar lengkap mengenai fakultas dan jurusan yang ada di ISI Jogja sebagai berikut:

1. Fakultas Seni Rupa

Daftar fakultas pertama yang pertama yang ada di ISI dan bisa anda lirik adalah Fakultas Seni Rupa. Di Fakultas ini diselenggarakan sebuah pendidikan bidang ilmu seni rupa yang di dalamnya merupakan unsur-unsur yang mempunyai kekhasan pada konsep, fungsi, terapan, motivasi penciptaan, bentuk, maupun material dan tekniknya dari seluruh cabang seni rupa yang tumbuh dari pohon ilmu seni.

A. Seni Murni

Dari Fakultas Seni Rupa, kita mengerucut pada Program Studi atau jurusan Seni Rupa Murni yang menjadi bagian dari Fakultas Seni Rupa ISI Jogja. Di sini akan diajarkan seni rupa yang penciptaannya didorong oleh kebutuhan nurani atau spiritual yang bersifat subjektif atau secara tidak langsung terkait dengan kebutuhan praktis atau fungsional.

Tujuan diadakannya pendidikan Jurusan Seni Murni untuk menghasilkan sarjana seni rupa Murni yang memiliki kualifikasi mampu mengungkapkan konsep seninya dan mewujudkannya ke dalam karya seni rupa, serta mampu menganalisis berbagai bentuk karya seni rupa murni secara teoritik.

Di jurusan Seni Rupa Murni ISi juga dikembangkan dan dilaksanakan pendidikan seni rupa murni yang berwawasan nasional dan internasional melalui proses studi yang ideal baik dalam bidang penciptaan maupun pengkajian. Jadi jika anda tertarik pada seni rupa murni, maka anda bisa memilih jurusan seni rupa ISI Jogja ini.

B. Kriya

Berikutnya dari daftar jurusan ISI Jogja Fakultas Seni rupa kita beralih pada jurusan Seni Kriya. Seni Kriya dihadirkan untuk sebuah tujuan menghasilkan Sarjana yang mampu menghayati nilai-nilai budaya nasional, menguasai dasar-dasar ilmiah, mampu menelaah dan mampu memecahkan permasalahan dalam bidang seni kriya.

Selain itu juga diharapkan dapat menguasai berbagai media dan teknik kekriyaan untuk menciptakan teknik yang kreatif dan inovatif, serta mampu berinteraksi dengan ilmu-ilmu lainya dan berwawasan luas sesuai dengan tuntutan zaman.

Kriya merupakan salah satu cabang Seni Rupa yang tumbuh dan berkembang berdasar pada akar budaya bangsa yang menciptakan karya-karya Seni yang memenuhi kebutuhan fungsional dan atau non fungsional. Dalam proses mewujudkannya akan dilaksanakan secara kreatif, inovatif, serta dengan craftsmanship yang tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun eksklusif.

C. Batik dan Fashion

Selanjutnya ada jurusan Batik dan Fashion. Program Studi D3 Batik dan Fashion merupakan sebuah Program Studi di Jurusan Kriya yang khusus mempelajari seni batik dan fashion dengan perhatian utama pada penguasaan keterampilan untuk menghasilkan sebuah batik dan fashion yang berkualitas. Disamping itu bertujuan untuk membentuk jiwa kewirausahaan yang berbasis budaya Indonesia.

D. Desain Interior

Jurusan selanjutnya adalah Desain Interior yang merupakan realitas ruang binaan (built environment) yang mampu menumbuhkan suasana dialogis yang baik antar manusia sebagai pengguna ruang (end user) dengan ruang itu sendiri. Secara fisik ruang interior merupakan konfigurasi dari elemen-elemen pembentuknya yang dapat memudahkan aktivitas yang terjadi, sehingga berlangsung efektif dan produktif.

Elemen-elemen pembentuk ruang interior adalah benda-benda mati, namun dalam konfigurasinya sebagai akibat tindakan kreatif desainer interior nya ia harus tampak “hidup”, sehingga dapat terjadi “dialog” antara pengguna (manusia) dengan ruang yang menjadi seolah-olah hidup. Jika anda menyukai seni membongkar pasang ruangan hingga mengatur tata letak sebuah ruangan, anda pasti cocok mengambil jurusan satu ini.

E. Desain Komunikasi Visual

Lulusan DKV atau Desain Komunikasi Visual dewasa ini begitu banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan baru terutama start-up. Program Studi Desain Komunikasi Visual menjadi pusat pengembangan bidang Desain Komunikasi Visual yang berwawasan nilai-nilai kemanusiaan sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan entrepreneurship yang unggul (global quality) yang mampu bersaing secara global. Program Studi Desain Komunikasi Visual ISI Jogja sudah mendapatkan nilai Akreditasi A dari BAN-PT.

F. Desain Produk

Desain produk merupakan sebuah bidang kajian yang mempelajari perancangan/desain benda-benda pakai yang bersifat fisik dan diproduksi secara industri. Ruang lingkup keahliannya cukup luas. Dimulai dari benda fungsional yang sederhana seperti alat-alat rumah tangga, mainan anak-anak, mebel, sampai dengan peralatan modern yang kompleks dan memiliki teknologi tinggi.

Lulusan Program Studi S1 Desain Produk ISI Jogja diharapkan menjadi sarjana yang memiliki kemampuan berpikir ilmiah, kritis, kreatif, dan inovatif, yang tidak saja menjadi seorang problem solver tetapi sebagai creator of needs atau menciptakan produk baru yang kemudian menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

G. Tata Kelola Seni

Jurusan atau Program Studi terakhir dari Fakultas Seni Rupa adalah Tata Kelola Seni atau juga dikenal dengan Manajemen Seni. Jurusan satu ini adalah program strata satu (S1) yang dilaksanakan dalam 8 semester dan dipayungi oleh Fakultas Seni Rupa, sejak 2014. Program Studi ini adalah yang pertama di Indonesia untuk jenjang strata satu dan memiliki konsentrasi studi penciptaan tata kelola seni dan pengkajian tata kelola seni.

2. Fakultas Seni Pertunjukan

Berlanjut pada fakultas berikutnya yang ada di ISI Jogja, kita akan mengenal Fakultas Seni Pertunjukan. Di Fakultas ini diselenggarakan sebuah Pendidikan Tinggi Seni Pertunjukan yang berkualitas untuk mengedepankan pelestarian, pengelolaan, dan pengembangan potensi seni, serta budaya dan kearifan lokal nusantara yang berdaya saing dalam percaturan global.

Lantas apa saja jurusan atau Program Studi yang ada di Fakultas Seni Pertunjukan itu? Kita simak dengan saksama daftarnya sebagai berikut:

A. Tari

Dalam daftar Fakultas Seni Pertunjukan yang pertama ada Program Studi Seni Tari. Jurusan Seni Tari adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menjadi pusat kajian, penciptaan, dan pengelolaan seni tari yang selaras dan seimbang dengan konteks perubahan sosial dan budaya. Para lulusannya diharapkan dapat menciptakan dan mengekspresikan berbagai gagasan ke dalam berbagai bentuk karya seni yang dapat dipertanggungjawabkan.

B. Karawitan

Selanjutnya masih dari Fakultas Seni Pertunjukan ada Program Studi Karawitan yang merupakan lembaga pendidikan tinggi seni yang memiliki fungsi sebagai pusat informasi, studi, pelestarian, dan pengembangan seni karawitan. Program Studi Karawitan ISI juga diharapkan dapat menjadi pusat studi pengkajian dan penciptaan Seni Karawitan yang unggul, berwawasan kebangsaan, demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkembangan zaman.

C. Musik

anda ingin jadi musisi di masa depan? Mungkin anda bisa mempertimbangkan jurusan ISI satu ini. Program Studi Seni Musik juga menjadi bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan yang bisa anda incar berikutnya. Jurusan Musik dari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta juga menyediakan pendidikan sarjana dalam bidang seni musik.

Dalam Program Studi ini para mahasiswa dan mahasiswinya akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan seni musik bernuansa global meliputi bidang-bidang penelitian, perancangan, dan penyajian, baik karya maupun hasil hasil perancangan musik.

D. Penciptaan Musik

Siapa tahu anda ingin mengikuti jejak Melly Goeslaw dan Anto Hoed atau Erwin Gutawa yang piawai menciptakan musik. Makanya anda perlu simak profil Penciptaan Musik ISI ini. Program Studi Penciptaan Musik (Komposisi Musik) merupakan sebuah Program Studi S1 yang di dalamnya akan mempelajari sebuah keahlian komposisi musik melalui penciptaan karya musik baru sebagai bagian dari bidang ilmu musik.

Pada Program Studi S1 Penciptaan Musik (Komposisi Musik) juga akan menjadi pusat unggulan nasional dalam pengembangan bidang penciptaan musik, yang tidak hanya memberikan perhatian terhadap kreativitas penciptaan musik secara umum, namun juga terhadap idiom-idiom musik tradisi di Indonesia.

E. Teater

Program Studi Seni Teater memiliki tujuan untuk menghasilkan para lulusan yang memiliki integritas tinggi, kepribadian luhur yang bersumber pada nilai-nilai budaya bangsa, dan memiliki kompetensi mengkaji, mencipta, menyajikan, dan mengelola karya seni teater secara kontekstual dan profesional.

Hingga saat ini para lulusan Program Studi Seni Teater sudah banyak berkarir di berbagai tempat yang memiliki keterkaitan dengan dunia seni pertunjukan dan seni audio-visual. Beberapa lulusannya bahkan tercatat sebagai programmer dan sutradara di stasiun televisi, aktor/aktris film, membentuk kelompok teater, serta sebagai pegawai pada lembaga kebudayaan pemerintah ataupun swasta.

F. Etnomusikologi

Program Studi Etnomusikologi merupakan bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan yang mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik-musik etnis. Sebagai pusat studi, maka tidak heran jika lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat menjadi pengkaji dan pencipta Etnomusikologi yang unggul, berwawasan kebangsaan, demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkembangan zaman.

G. Pedalangan

Ada banyak dalang populer dan turut melestarikan warisan budaya Indonesia. Jika anda tertarik menjadi salah satu penerusnya maka anda mungkin bisa mempertimbangkan jurusan ISI satu ini. Program Studi S1 Seni Pedalangan masih menjadi bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan yang akan mempelajari tentang Seni Pedalangan. Program Studi Pedalangan memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana Seni Pedalangan yang ahli dalam bidang Seni Pedalangan dan menguasai ilmu pengetahuan (seniman intelektual).

H. Pendidikan Seni Pertunjukan

Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan sebelumnya bernama Program Studi Seni, Drama Tari, dan Musik, yang berorientasi untuk menjawab kebutuhan tenaga pendidik seni sebagai salah satu pilar pembentukan karakter bangsa. Keunggulan Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Jogja ini adalah dalam segi pengembangan ilmunya. Mereka mengembangkan model/strategi pembelajaran seni terintegrasi.

3. Fakultas Seni Media Rekam

Dari daftar Fakultas terakhir dari ISI Jogja, kini kita akan membahas Fakultas Seni Media Rekam. Dalam Fakultas Seni Media Rekam akan diselenggarakan sebuah proses pendidikan yang memadukan kualitas intelektual dan kepekaan estetik yang disinergikan dengan kecanggihan teknologi rekam untuk menghasilkan insan yang kreatif dan berkepribadian yang menjunjung jati diri bangsa. Ada tiga Program Studi atau jurusan yang bisa anda incar. Apa saja jurusan tersebut? Simak selengkapnya sebagai berikut:

A. Film dan Televisi

Program Studi Film dan Televisi adalah rekomendasi Mamikos yang pertama dari jurusan yang bisa anda pilih. Dalam Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Jogja anda akan mempelajari proses dan penciptaan bentuk-bentuk di dalam audio visual yang berwawasan nilai-nilai budaya nasional.

Program Studi Film dan Televisi memiliki profil lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang keahlian utama, yaitu manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik. Jadi apabila anda tertarik bekerja di bidang pertelevisian, maka jurusan satu ini tentu saja cocok untuk anda pilih.

Program Studi Film dan Televisi juga memiliki mata kuliah unggulan Kerja Profesi. Hal tersebut tentu saja akan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan secara langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengalaman profesional bidang keahlian serta memperkuat jaringan kerja dengan pengguna jasa.

B. Fotografi

Selanjutnya Program studi yang bisa dipilih dari Fakultas Seni Media Rekam adalah jurusan Fotografi. Di jurusan ini anda akan mempelajari dan mengabadikan bentuk-bentuk serta peristiwa-peristiwa, baik alami maupun buatan, dalam rangka menciptakan bentuk karya seni fotografi yang indah dan mempunyai nilai serta makna yang sesuai dengan nilai budaya dan kepribadian nasional.

Dalam Program Studi Fotografi juga memiliki mata kuliah Kerja Profesi yang berbasis pada pengetahuan dan pengalaman di lapangan. Dalam mata kuliah ini anda akan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan kemampuan secara langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan memperkaya pengalaman profesional bidang keahlian serta memperkuat jejaring dengan stakeholder. Menarik bukan anda bisa langsung mempraktekkan apa yang anda pelajari di kampus.

C. Animasi

Dan rekomendasi jurusan yang terakhir adalah Animasi. Program Studi Animasi dibentuk dengan aspek kemanfaatan mengembangkan sumber daya bangsa: baik manusia, alam, budaya, seni dan karakter lokal yang mendunia dan bercirikan keIndonesiaan. Hal ini terwujud dalam peran sertanya membangun sumber daya manusia yang kompeten dalam segi keahlian dan berkarakter.

Sementara bagi institusi, Program Studi Animasi justru berperan sebagai sebuah pioner pendidikan tinggi di bidang animasi yang resmi, sekaligus perwujudan pendidikan seni yang multidisipliner. Sedangkan bagi masyarakat dan bangsa, Program Studi Animasi ini memiliki peran sebagai penghasil lulusan setingkat ahli madya yang handal, inovatif dan memiliki keahlian animasi sesuai dengan kompetensi dunia kerja.

Fasilitas yang Dimiliki ISI Jogja

Apabila anda memilih berkuliah di ISI, maka ada sederet fasilitas juga yang dapat anda nikmati. Beberapa fasilitas ISI Jogja diantaranya adalah:

1. Fakultas Seni Pertunjukan

Di Fakultas ini ada 7 unit gedung, meliputi gedung Dekanat 2 lantai, Jurusan Tari 4 lantai, Jurusan Teater 4 lantai, Jurusan Musik 4 lantai, Jurusan Etnomusikologi 2 lantai, Jurusan Pedalangan 2 lantai, Jurusan Karawitan 2 lantai. Yang lebih hebatnya lagi masing-masing gedung jurusan juga memiliki ruang-ruang kuliah, studio serta peralatan-peralatan pendidikan yang sesuai dengan tiap-tiap jurusannya. Lengkap sekali bukan.

2. Fakultas Seni Rupa

Berikutnya beralih ke Fakultas Seni Rupa. Di Fakultas ini ada 4 unit gedung, meliputi gedung Dekanat, Jurusan Seni Murni, Jurusan Kriya dan gedung Jurusan Desain. Masing-masing gedung juga terdiri dari ruang kuliah, studio dan kantor administratif. Keseluruhan ruang kuliah di Fakultas Seni Rupa berjumlah 21.

61 ruang studio beserta peralatannya meliputi ruang studio Tugas Akhir, Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Kriya Kayu, Kriya Logam, Kriya Kulit, Kriya Tekstil, Kriya Keramik.
Selain itu ada ruang Komputer, Fotografi, Intaglio, Screen, Tatah batu, Cukil Kayu, Gambar Model, Seni Lukis Potret, Nirmana, Sketsa, Pewarnaan, Glasir, Pengolahan Tanah Liat, Las, Cor, dan Tenun. Selain itu juga terdapat 9 ruang sidang atau seminar dan 10 ruang dosen.

3. Fakultas Seni Media Rekam

Di Fakultas Seni Media Rekam, selain ruang administratif dan ruang dosennya, ada ruang kuliah teori juga, ruang kuliah audio visual, kemudian ruang studio fotografi, ruang gelap / kamar gelap, studio komputer, dan studio editing. Masing-masing ruang juga diperlengkapi dengan peralatan canggih sesuai dengan perkembangan jaman.

4. Perpustakaan dan Galeri

Di sebuah kampus, tentu saja fasilitas perpustakaannya menjadi yang disorot juga. Nah, di ISI Jogja, perpustakaan dan galerinya terbilang mengagumkan lho. Sebab hingga saat ini Perpustakaan ISI Jogja memiliki koleksi buku tidak kurang 300.000 buku, yang meliputi 40.549 judul.

Sejak tahun 1988 UPT perpustakaan ISI Jogja juga sudah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai Pusat Layanan Disiplin Ilmu (Pusyandi) bidang Seni dan Budaya. Selain itu, perpustakaan ISI Jogja juga turut berperan sebagai sumber utama dalam pelayanan penelusuran informasi dan dokumen bagi seluruh sistem layanan bibliografi di lingkungan perpustakaan Perguruan Tinggi Seni.

5. Fasilitas Olahraga

Di ISI Jogja terdapat dua lapangan sepak bola, bola basket, bola voli, bulutangkis, tenis meja; sebagai fasilitas untuk mendukung klub-klub olahraga yang ada dan aktif hampir setiap hari. Jadi jika anda sedang memerlukan olahraga, maka tempat ini pastinya cocok untuk anda datangi di sela-sela aktivitas perkuliahan anda.

6. Masjid Al-Muhtar

ISI Jogja juga memiliki masjid kampus untuk menampung kegiatan-kegiatan dan peribadatan umat islam di lingkungan kampus. Biasanya juga ada banyak kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan dengan keagamaan yang dilakukan di sini.

Itulah tadi ulasan mengenai jurusan & akreditasi ISI Jogja 2020/2021 yang dapat disampaikan Mamikos pada kesempatan ini. Semoga dengan adanya informasi tentang jurusan & akreditasi ISI Jogja 2020/2021 ini anda bisa jadi lebih termotivasi serta mengetahui dengan jelas apa saja profil jurusan yang ada di ISI Jogja. Mungkin salah satu jurusannya sudah anda incar.

Jika benar demikian, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri anda ke ISI Jogja dengan semangat. Sementara untuk ulasan hunian kost-kostan yang anda butuhkan, akses segera aplikasi pencari kost Mamikos yang memudahkan anda memperoleh segala jenis hunian yang anda perlukan sesuai kebutuhan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close