Jumat 14 Agustus 2020 Pengumuman SBMPTN 2020, Begini Cara Melihat Hasilnya

Jumat 14 Agustus 2020 Pengumuman SBMPTN 2020, Begini Cara Melihat Hasilnya – Saat yang paling dinantikan oleh para peserta hanya tinggal menghitung hari saja. Ya, tak lama lagi hasil kelulusan para peserta akan segera diumumkan dan para peserta akan mengetahui apakah mereka diterima di perguruan tinggi pilihan mereka atau tidak. Pengumuman tahun 2020 ini akan dilakukan oleh LTMPT secara serentak melalui laman resmi yang tersedia. Simak tata cara melihat hasil kelulusan pengumuman SBMPTN 2020 berikut ini.

Informasi Terbaru Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2020

kompas.com

Masa penantian pengumuman biasanya menjadi salah satu waktu yang cukup menengangkan bagi para peserta. Semakin mendekati waktu pengumuman, para peserta akan semakin gugup namun tidak sabar untuk mengetahui hasil jerih payah mereka dalam belajar dan melaksanakan ujian. Tak perlu jauh-jauh datang ke kampus pilihan, para peserta cukup mengakses pengumuman SBMPTN secara online dari rumah masing-masing sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan oleh para peserta untuk mengakses pengumuman SBMPTN 2020.

Tingkat Kehadiran Peserta UTBK SBMPTN 2020

LTMPT memang berusaha untuk tetap melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Namun, pelaksanaan tersebut tentunya juga dibarengi dengan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Beberapa protokol yang wajib diterapkan oleh peserta di antaranya adalah memakai masker, sarung tangan, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer. Selain itu, tiap-tiap lokasi ujian juga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan dan panitia wajib mengukur suhu tubuh para peserta sebelum memasuki ruang ujian.

Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi, semangat para peserta tidak menurun. Sesuai dengan data statistik yang dicatat oleh LTMPT, tingkat kehadiran peserta UTBK SBMPTN kali ini mencapai 92,87 persen atau sebanyak 662.4040 peserta dan jumlah total 713.230 peserta yang telah mendaftarkan diri. Sisanya sebesar 7,13 persen atau sebanyak 50.826 peserta tidak mengikuti ujian dan dinyatakan gugur dalam SBMPTN.

Jadwal Pengumuman SBMPTN 2020

Rencananya, pengumuman SBMPTN 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2020 jika UTBK digelar pada tangga 5 hingga 12 Juli 2020. Namun, LTMPT memilih untuk mengundur pelaksanaan dan pengumuman UTBK karena kondisi yang tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19. LTMPT menetapkan bahwa UTBK akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu tanggal 5 sampai 14 Juli 2020 untuk gelombang pertama dan tanggal 20 sampai 29 Juli 2020 untuk gelombang kedua. Akibatnya, LTMPT juga harus mengundur pengumuman menjadi tanggal 20 Agustus 2020.

Pada hari Minggu tanggal 9 Agustus 2020, LTMPT sebagai penyelenggara resmi UTBK kembali mengumumkan perubahan jadwal pengumuman SBMPTN. Perubahan tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan para rektor perguruan tinggi karena pelaksanaan Seleksi Mandiri hanya memiliki waktu yang terbatas jika pengumuman dilaksanakan tanggal 20 Agustus. LTMPT kemudian menetapkan bahwa pengumuman akan dilaksanakan lebih cepat yaitu pada tanggal 14 Agustus 2020 mendatang, tepatnya pada pukul 15.00 WIB. Selain itu, LTMPT akan mengumumkan sertifikat nilai UTBK yang bisa diunduh oleh para peserta mulai tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Ya, pengumuman tanggal 14 Agustus 2020 mendatang hanya akan memberikan hasil kelulusan peserta. Para peserta hanya akan mengetahui status lulus atau tidak saat mengakses laman resmi pengumuman nanti. Sementara untuk skor atau nilai hasil para peserta mengerjakan UTBK akan diumumkan secara terpisah pada tanggal 15 Agustus 2020, satu hari setelah pengumuman kelulusan. Para peserta bisa mengetahui nilai UTBK mereka dan mengunduh sertifikat nilai UTBK serta mencetaknya pada tanggal tersebut.

Laman Resmi Pengumuman SBMPTN 2020

Nah, untuk bisa mengakses pengumuman tanggal 14 Agustus 2020 mendatang, LTMPT menyediakan dua laman resmi yang bisa digunakan oleh para peserta. Perlu diketahui bahwa saat ini peserta tidak bisa mengakses laman tersebut dan harus menunggu hingga tanggal yang telah ditentukan. Berikut adalah laman resmi untuk mengakses hasil kelulusan peserta dalam pengumuman SBMPTN 2020.

  1. Laman Resmi Pengumuman SBMPTN 1: https://pengumuman.sbmptn.ac.id
  2. Laman Resmi Pengumuman SBMPTN 2: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Laman Mirror Pengumuman SBMPTN 2020

Kedua laman resmi yang disediakan oleh LTMPT di atas sebenarnya rawan mengalami server down. Pada tanggal 14 Agustus 2020 nanti, seluruh peserta akan langsung menyerbu laman tersebut dalam satu waktu dan akan menimbulkan error pada laman tersebut. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya masalah tersebut, LTMPT juga menyediakan beberapa laman mirror yang bisa digunakan oleh para peserta untuk mengakses pengumuman hasil kelulusan. Berikut adalah daftar lengkap laman mirror 12 perguruan tinggi untuk melihat pengumuman SBMPTN 2020.

  1. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Indonesia (UI): http://sbmptn.ui.ac.id/
  2. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB): http://sbmptn.itb.ac.id/
  3. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP): http://sbmptn.undip.ac.id/
  4. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS): http://sbmptn.its.ac.id/
  5. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM): http://sbmptn.ugm.ac.id/
  6. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Insitut Pertanian Bogor (IPB): http://sbmptn.ipb.ac.id/
  7. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR): http://sbmptn.unair.ac.id/
  8. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Andalas (UNAND): http://sbmptn.unand.ac.id/
  9. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI): http://sbmptn.unsri.ac.id/
  10. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH): http://sbmptn.unsyiah.ac.id/
  11. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN): http://sbmptn.untan.ac.id/
  12. Laman Mirror Resmi Pengumuman SBMPTN Universitas Hasanuddin (UNHAS): http://sbmptn.unhas.ac.id/

Tata Cara Melihat Hasil Kelulusan Pada Pengumuman SBMPTN 2020

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas sebelumnya, para peserta tidak perlu repot-repot datang ke perguruan tinggi pilihan mereka untuk melihat pengumuman hasil kelulusan. Para peserta cukup mengaksesnya dari rumah melalui salah satu laman yang sudah Mamikos sebutkan di atas. Caranya juga tidak terlalu sulit, yaitu sebagai berikut.

  1. Untuk mengakses hasil kelulusan, para peserta cukup membuka salah satu dari link yang Mamikos telah sebutkan di atas. Peserta bisa mengaksesnya menggunakan perangkat apapun, baik itu komputer, laptop, atau ponsel.
  2. Setelah masuk ke laman tersebut, para peserta bisa menuliskan nomor peserta UTBK yang dimiliki atau yang tertera di kartu peserta UTBK.
  3. Selanjutnya, peserta bisa menuliskan tanggal lahir peserta sesuai dengan yang telah dituliskan saat mendaftar atau tanggal lahir yang tertera di kartu peserta.
  4. Setelah itu, peserta bisa mengklik tombol Cari di bagian bawah kolom tanggal lahir.
  5. Kemudian hasil UTBK SBMPTN akan muncul di layar peserta dan akan memperlihatkan status kelulusan peserta. Peserta tidak akan melihat nilai UTBK karena baru akan diumumkan tanggal 15 Agustus 2020 mendatang.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar tata cara melihat hasil kelulusan pada pengumuman SBMPTN tahun 2020. Jangan lupa untuk mempersiapkan internet yang lancar dan perangkat yang memadai agar anda tidak mengalami masalah saat mengaksesnya. Siapkan juga nomor peserta yang tertera di kartu peserta sebelum anda mengakses hasil kelulusanmu. Jika laman pengumuman mengalami masalah, anda mungkin bisa menunggu beberapa saat sampai laman tersebut pulih kembali. Semoga anda mendapatkan hasil yang terbaik! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close