Jika Lupa Makan Dan Minum Disiang Hari Dikala Puasa Ramadhan Batal Tidak Puasanya?

Guru Madrasah bulan ramadahan. Mungkin ada diantara kita yang ketika melaksanakan ibadah puasa di bulann ramadhan ini pada siang hari yang terik ternyata kita lupa ambil air dan terus diminum hingga habis satu gelas bahkan nambah.
Setelah beberapa ketika barulah ingat jikalau sedang menjalankan ibadah puasa. Apakah batal puasanya?

Mungkin ada juga yang sebab kebiasaannya pada siang hari makan siang. Saat siang hari dibulan ramdhan sedang menjalankan ibadah puasa ternyata lupa jikalau sedang berpuasa kemudian ambil nasi dan makan.
Setelah selesai atau ditengah program makan barulah ingat jikalau sedang menjalankan ibadah puasa.
Harus bagaimanakah ini? Apakah batal puasanya?

Melihat dongeng ibarat itu Guru Madrasah teringat akan apa yang di sebutkan oleh Ustadah Weni kurang lebih 11 tahun lalu.

Beliau berkata kurang lebih sepert ini :” Jika pada ketika puasa bulan ramadhan lupa makan dan minum maka selama itu kerena lupa, puasanya tidak batal, ketika ingat segera hentikan, muntahkan yang ada di mulut, lanjutkan puasanya lagi.”

Kurang lebih ibarat itu. Namun untuk lebih memperjelas supaya tidak mengakibatkan keraguan mari kita ikuti pembahasan di banyak sekali suber berikut ini.

Sebelumnya silahkan bisa dilihat juga hal – hal yang berkaitan dengan bulan ramadahan, ibarat jika mimpi berair ketika bulan ramadhan disiang hari apa yang harus dilakukan?, dan ada juga bagaimana puasa orang yang telat mandi wajib sebab keburu tiba waktu subuh?.

Pembasan dari Beberapa Sumber 

Pembahasan pertama kita lihat dari rumaysho yang disampaikan oleh Ustd Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Dalam penjelasannya dia menuturkan jikalau makan dan minun disiang hari dengan sengaja maka terang puasanya tidak syah. Namun jikalau tidak sengaja maka mendapat keringanan.

Dalam klarifikasi itu sisampaikan sebuah hadist yang bersumber dari Riwayat Bukhori No 1933 dan Hadist Riwayat Muslim No 1155) yang berbunyi :“Dari bubuk hurairah ra, ia berkata rosululloh SAW bersabda :”Barangsiapa yang lupa sedang ia dalam keadaan puasa alu ia makan dan minum, maka hendaklah ia sempurnakan puasanya sebab waktu itu Alloh yang memberi makan dan minum.”

Pembahasan kedua yang dimuat oleh mozaik Islam yang di tulis oleh Ustd Ahmad Sarwat Lc.

Beliau menguraikan dengan hadist yang sama dengan yang di sampiakn oleh Ustd Muhammad Abduh Tuasikal, MSc di artikel rumaysho.

Tambahan penjelasannya yakni H.R Hakim yaitu : “Siapa yang iftar di bulan ramadhan sebab lupa maka tidak ada kewajiban membayar kafarat dan mengqodo puasa.

Selanjutnya yang diulas dalam konsultasisyariah yang disampaikan oleh adminnya. Beliau mengutarakan bahwa orang yang lupa makan dan minum pada ketika puasa maka puasanya sah namun ketika ada makanan dalam lisan waktu ingat bahwa sedang puasa maka harus dikeluarkan.
Dasar atau dalil yang di sebutkan sama dengan yang teah disampaikan oleh ustd Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Dengan pelengkap jikalau ada teman atau orang lain yang melihatnya maka haruslah diingatkan.
Kaprikornus jikalau teman kita makan dan minun ketika puasa sebab lupa maka ingatkan saja.
Beliau menambahkan hadist berikut ini sebagai sandarannya :” barang siapa yang melihat kemungkaran, maka rubahlah dengan tanganya, jikalau tidak bisa maka rubahlah dengan perkataanya dan jikalau masih tidak bisa maka rubahlah dengan hatinya. itulah selemah – lemahnya iman. ( HR Muslim)
Loading...

Kesimpulan 

Kesimpulan yang bisa di ambil yakni bahwa jikalau lupa makan dan minum disiang hari ketika puasa ramadhan maka puasanya tidak batal dan tidak perlu mengqodonya, jikalau teringat sementara ada makanan dimulut maka keluarkanlah. 
Dan jikalau kita melihat orang lain lupa segera ingatkan.
Asal bener sebab lupa  buka pura – pura lupa.
Ingat bergotong-royong insan itu sadar ketika melaksanakan kesalahan. Kaprikornus jangan pura – pura lupa.
Maksudnya kalo insan itu bohong sebenernya dirinya itu tahu kalau dia sedang bohong, maka jangan lakukan itu.
Masa tidak berpengaruh puasa.
Niatkan berpuasa ingsa Alloh, Alloh menguatkan untuk berpuasa.
Ingat perang badar juga terjadi ketika bulan puasa, dan pada ketika itu terjadi kemenangan.
Kaprikornus bukan berarti pada ketika puasa dibulan ramadhan itu lemah tapi sebaliknya yaitu kuat.

Demikian pembahasan Jika Lupa Makan Dan Minum Disiang Hari Saat Puasa Ramadhan, agar bermanfaat. Untuk lebih detainya silahkan kunjungi sumbernya.
Saya hanya mencoba memberikan inti dari apa yang telah disampaikannya saja.
Salah khilaf mohon dimaafkan

Sumber :
https://rumaysho.com/3479-makan-dan-minum-dalam-keadaan-lupa-saat-puasa.html
http://www.mozaikislam.com/31/minum-karena-lupa-ketika-puasa.htm
https://konsultasisyariah.com/6356-lupa-makan-minum-waktu-puasa.html

Loading...
loading...
close