Jadwal & Timeline Pendaftaran UTBK 2021 Gelombang I dan II

Di awal tahun 2021 lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui kanal Youtube LTMPT Official telah meluncurkan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara virtual. Melalui kanal Youtube tersebut LTMPT menjelaskan secara garis besar terkait teknis jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Khusus untuk UTBK dan SBMPTN 2021, para peserta sudah bisa melakukan pendaftaran dengan melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu. Adapun berikut info lebih jelasnya terkait jadwal dan timeline pendaftaran UTBK 2021 untuk gelombang pertama dan kedua.

Info Lengkap Jadwal & Timeline Pendaftaran UTBK 2021

awsimages.detik.net.id

Jika SNMPTN diperuntukkan untuk siswa yang memiliki prestasi akademik dan portofolio, maka SBMPTN 2021 bisa menjadi pilihan bagi para siswa yang gagal dalam SNMPTN 2021. Seperti yang kita ketahui, SBMPTN terbuka untuk semua calon mahasiswa. Kriteria penilaian SBMPTN akan ditinjau dari hasil UTBK dan kriteria lain yang sebelumnya sudah disepakati oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

UTBK dilaksanakan Kapan?

SBMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh LTMPT. Di mana LTMPT sendiri mengelola seleksi masuk PTN sejak tahun 2019. Tak hanya SBMPTN saja, LTMPT juga mengelola seleksi masuk PTN pada jalur tanpa tes atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN. 

Untuk jalur SBMPTN sendiri, LTMPT memiliki ujian tertulis yang wajib diikuti oleh semua peserta yakni UTBK. Di mana UTBK dan SBMPTN merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Adapun berikut jadwal lengkap UTBK 2021 yang bisa dirimu perhatikan.

  1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
  2. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 12 – 18 April 2021
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 26 April – 2 Mei 2021
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN: 14 Juni 2021 (Pukul 15.00 WIB)

Berapa Biaya UTBK 2021?

Untuk dapat mengikuti UTBK, seluruh peserta diwajibkan untuk membayar biaya tes sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan oleh LTMPT. Adapun di bawah ini merupakan informasi lengkap terkait biaya pendaftaran UTBK 2021.

  1. Kelompok Ujian Saintek atau Soshum: Rp200.000
  2. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum): Rp300.000

Bagaimana sistem UTBK 2021?

Untuk dapat mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN 2021, dirimu terlebih dahulu harus melakukan registrasi akun LTMPT pada tanggal 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Jika dirimu masih belum mengetahui cara registrasi, dirimu bisa mengikuti langkah di bawah ini yang sudah Mamikos rangkum dari laman resmi LTMPT.

  1. Silahkan akses laman portal.ltmpt.ac.id, kemudian pilih tautan “Daftar di sini”
  2. Selanjutnya, pilih menu siswa dan masukkan NISPN, NPSN, dan tanggal lahir kemudian tekan tombol selanjutnya.
  3. Setelah itu, silahkan masukan alamat email yang maih aktif dan kata sandi yang dirimu inginkan.
  4. Jika dirimu sudah mengisi email dan kata sandi, klik tombol daftar. Setelah menekan tombol daftar, akan muncul notifikasi aktivasi akun.
  5. Silahkan aktivasi dan verifikasi akun dirimu melalui email yang sudah dikirim oleh pihak LTMPT pada email terdaftar. Buka inbox/spam untuk dapat menemukan email tersebut.
  6. Selanjutnya, dirimu akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL).
  7. Periksa kembali dari diri dirimu dengan seksama pada halaman verifikasi data siswa. Kemudian, isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan kolom yang masih belum terisi. Apabila ada kesalahan data, lakukan perubahan melalui sekolah dirimu. Kemudian, tekan tombol “Perbarui Data”.
  8. Jika sudah selesai, dirimu dapat melanjutkan tahapan ini dengan menekan tombol “Selanjutnya”guna mengunggah pas foto terbaru sesuai dengan ketentuan yang tertera.
  9. Setelah berhasil mengunggah foto, periksa Kembali data yang sudah dirimu input di halaman konfirmasi data. Pastikan data yang dirimu input sudah benar. Jika data sudah tersimpan permanen, dirimu tidak bisa mengubah data tersebut. Jika dirimu sudah yakin, dirimu bisa melanjutkan tahapan dengan mencentang pernyataan dan tekan “Simpan Permanen”.
  10. Terakhir, silahkan unduh bukti permanen dan simpan bukti tersebut.

Setelah melakukan registrasi akun LTMPT, dirimu dapat melanjutkan untuk melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. Nantinya, UTBK akan dilaksanakan sebaanyak dua gelombang. Di mana jadwal gelombang pertama akan dilaksanakan pada 12 hingga 18 April 2020, sedangkan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Apa Persyaratan Peserta UTBK 2021?

Di tahun 2021, pihak LTMPT secara resmi sudah mengumumkan bahwa kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN adalah sebesar 40%. Jika dirimu tertarik untuk mengikuti SBMPTN 2021, tentunya dirimu harus mengikuti UTBK 2021 terlebih dahulu. Mengingat salah satu syarat untuk dapat mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK. Adapun berikut adalah deretan persyaratan untuk dapat mengikuti UTBK yang sudah Mamikos rangkum untuk dirimu.

  1. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan tahun 2020. Khusus untuk tahun 2020 diwajibkan untuk sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA Sederajat dari luar negeri, peserta harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Peserta memiliki kondisi Kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  3. Jika peserta memilih program studi di bidang Seni dan Olahraga, maka peserta wajib mengunggah portofolio.
  4. Setelah menyelesaikan tahapan pendaftaran, peserta tinggal menunggu hasil pengumuman.

Apakah UTBK 2021 ada TKA?

Berbeda dari tahun sebelumnya, UTBK 2021 mengujikan dua materi ujian yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Nantinya, TPS akan berfungsi untuk mengukut kemampuan kognitif peserta yang dianggap penting untuk menunjukkan keberhasilan di perguruan tinggi. TPS akan mengujikan Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

TKA sendiri akan berfungsi untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan peserta yang sudah diajarkan di bangku sekolah dan diperlukan untuk mengukur keberhasilan peserta di perguruan tinggi. Tak hanya itu saja, TKA juga berfungsi untuk mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan mata pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah. Berbeda dengan TPS, TKA akan menekankan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait jadwal dan timeline pendaftaran UTBK 2021. Mamikos ingatkan kembali bahwa UTBK gelombang pertama akan dilaksanakan pada 12 hingga 18 April 2020, sedangkan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Pastikan dirimu sudah menemukan kost idaman terbaik ketika dinyatakan lulus dalam UTBK 2021 ya! Jika dirimu memerlukan info kost-kostan terbaru dan lengkap, jangan lupa untuk unduh aplikasi Mamikos di ponsel.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close