Jadwal Simulasi UNBK 2020 Lengkap, SMA Hingga SMP dan Kesetaraan

Jadwal Simulasi UNBK 2020 Lengkap, SMA Hingga SMP dan Kesetaraan – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan segera tiba. Agar siswa siswi memiliki persiapan lebih matang, diadakan ujian simulasi untuk UNBK. Masyarakat juga mengenal UNBK sebagai Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/ CBT). Mamikos akan memberikan informasi terkait jadwal simulasi UNBK tahun 2020 untuk jenjang SMP hingga SMA secara lengkap.

Jadwal Simulasi UNBK 2020 Berbagai Jenjang

pixabay

Pengadaan ujian simulasi UNBK tidak dilakukan serentak untuk semua jenjang. Jadwal pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMP hingga SMA dan SMK tidak sama. Selain itu, UNBK juga berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNBKP).
Simulasi untuk UNBK sangat penting dilakukan. Tidak semua siswa terbiasa mengerjakan soal menggunakan komputer. Bahkan, ada yang lebih nyaman mengerjakan soal di atas kertas dibandingkan komputer. Jika tidak dikenalkan sejak awal, siswa bisa mengalami kesulitan ketika UNBK yang sebenarnya tiba. Selain itu, simulasi UNBK juga bertujuan untuk mengecek perangkat komputer serta kesiapan UNBK yang akan diterapkan di sekolah.

Pelaksanaan simulasi UNBK tahun 2020 akan dilakukan bulan Februari – Maret. Penentuan jadwal simulasi dilakukan oleh Kementerian Pendidikan. Soal yang diajukan ketika simulasi UNBK akan berbeda dengan ujian yang sebenarnya. Ketika simulasi, soal akan lebih mudah dibandingkan soal UNBK yang metode penalarannya HOTS.

Waktu Simulasi UNBK 2020

Pelaksanaan simulasi UNBK 2020 dibagi menjadi 3 sesi:

Sesi I : 07.30 – 09.30 WIB
Sesi II: 10.30 – 12.30 WIB
Sesi III: 14.00 – 16.00 WIB

Materi Ujian Simulasi UNBK 2020

Perbedaan materi pada simulasi UNBK dipengaruhi jenjang yang dituju. Berikut adalah materi UNBK untuk SMK, SMA, SMP, paket C, serta paket B.

• Mata Ujian Simulasi UNBK Jenjang SMK: Bahasa Inggris, Kompetensi Keahlian, Asesmen Kompetensi Minimum, Angket, dan Pengenalan AKM untuk Guru SMK

• Mata Ujian Simulasi UNBK Jenjang SMA/MA: Bahasa Inggris, Mata Ujian Pilihan, Asesemen Kompetensi Minimun (AKM), Angket, dan Pengenalan AKM untuk Guru SMK

• Mata Ujian Simulasi UNBK Jenjang SMP/Mts: Bahasa Inggris, Matematika, Asesemen Kompetensi Minimun (AKM), Angket, dan Pengenalan AKM untuk Guru SMP/Mts

• Mata Ujian Paket C: Mata Ujian Pilihan, Bahasa Inggris

• Mata Ujian Paket B: Matematika, Bahasa Inggris

Waktu pelaksanaan masing-masing ujian bervariasi antara 30 menit – 120 menit. Pelaksanaan ujian simulasi diadakan pada awal tahun 2020.

Jadwal UNBK SMK 2020

UNBK untuk jenjang SMK tahun 2020 dilaksanakan pada bulan Maret. Pelaksanaan UNBK SMK dimulai tanggal 16 Maret 2020 – 19 Maret 2020.

kemdikbud

 

Siswa SMK yang tidak bisa mengikuti UNBK pada hari yang ditentukan dapat mengajukan ujian susulan. Adapun jadwal ujian UNBK susulan untuk jenjang SMK adalah sebagai berikut

• Selasa, 7 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Indonesia)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (Matematika)

• Rabu, 8 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Inggris)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (Teori Kejuruan)

Jadwal UNBK SMA 2020

UNBK untuk jenjang SMA tahun 2020 dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret – 2 April 2020. UNBK tersebut dilakukan dalam 4 hari.

kemdikbud

 

Siswa SMA yang tidak bisa mengikuti UNBK juga dapat mengajukan ujian susulan apabila berhalangan saat hari pelaksanaan. Namun, alasan yang diberikan harus jelas dan dilengkapi surat keterangan. Jadwal ujian UNBK susulan untuk jenjang SMK adalah sebagai berikut.

• Selasa, 7 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Indonesia)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (Matematika)

• Rabu, 8 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Inggris)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (Salah satu mata pelajaran jurusan yang diujikan)

Jadwal UNBK SMP 2020

Pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMP tahun 2020 dilakukan dalam 4 hari. Ujian dimulai pada 20 April 2020 – 23 April 2020.

kemdikbud

 

Siswa SMP bisa mengikuti ujian susulan yang akan dibagi ke dalam 2 hari. Alasan mengikuti ujian susulan bisa karena sakit atau karena hal penting lainnya. Jadwal pelaksanaan susulan UNBK 2020 untuk jenjang SMP adalah sebagai berikut.

• Rabu, 29 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Indonesia)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (Matematika)

• Kamis, 30 April 2020

Susulan UNBK Sesi 1: 07.30 – 09.30 (Bahasa Inggris)
Susulan UNBK Sesi 2: 10.30 – 12.30 (IPA)

Tips Persiapan Menghadapi UNBK

Terdapat beberapa tips yang bisa dirimu lakukan sebelum menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer. Persiapan yang matang akan membantumu ketika hari H pelaksanaan ujian.

1. Mengetahui Sistematika Pelaksanaan Ujian

UNBK berbeda dengan ujian tulis untuk kelulusan di sekolah. Pelaksanaan yang khusus inilah yang perlu dilatih. Melalui simulasi, siswa akan diajarkan cara mengerjakan soal ujian. Selain itu, siswa juga dibiasakan ujian menggunakan komputer. Perbedaan ujian simulasi dan ujian sebenarnya terdapat pada tingkat kesulitan soal. Jadi, dirimu bisa memahami petunjuk ujian dan ikon penting yang digunakan pada soal.

2. Tidak Menjadikan Hasil Simulasi Sebagai Acuan Nilai Sebenarnya

Ketika dirimu mendapatkan nilai bagus saat simulasi, jangan langsung berpuas diri. Hasil ujian sebenarnya memang bisa sama seperti ketika simulasi. Namun, tidak tertutup kemungkinan jika dirimu tidak belajar lagi, hasilnya lebih buruk. Begitu pula sebaliknya. dirimu tidak perlu bersedih apabila hasil simulasi belum sesuai harapan. Masih ada peluang mendapatkan hasil yang lebih baik selama dirimu belajar lebih giat.

3. Memperbanyak Latihan Soal

Gunakan aplikasi simulasi UNBK secara online untuk mengetahui kecepatan pengerjaan soal. Jika dirimu mengerjakan soal terlalu lama, langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kecepatan. Kemungkinan waktu pengerjaan yang lebih lama disebabkan oleh pemahaman terhadap soal. Baca kembali teori atau materi terkait, sehingga dirimu lebih paham dan lebih cepat mengerjakan.
Soal yang dikeluarkan ketika simulasi UNBK juga sudah sesuai kisi-kisi. Yang perlu dirimu lakukan adalah memperbanyak latihan soal sesuai kisi-kisi UNBK agar belajar semakin terarah. Apabila ada materi yang tidak dirimu ketahui, segera tanyakan pada guru atau teman belajar.

4. Menyiapkan Keperluan Ujian

Meskipun ujian menggunakan komputer tidak memerlukan pensil 2B atau bolpoin, dirimu tetap dianjurkan membawa alat tulis. Pada ujian yang melibatkan soal hitungan, dirimu perlu menghitung dengan cermat di kertas. Tulis dengan rapi agar dirimu lebih mudah memeriksa kembali setelah selesai mengerjakan.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Masa-masa mendekati ujian adalah masa rentan stres. Persiapan materi ujian saja tidaklah cukup. dirimu perlu mempersiapkan kesehatan tubuh pula. Jangan sampai ketika hari H ujian justru persiapan materi menjadi sia-sia karena dirimu jatuh sakit. Makan buah-buahan dan vitamin atau suplemen bisa dirimu lakukan.

Demikian informasi dari Mamikos seputar jadwal simulasi UNBK 2020 dan tips-tips untuk membuat ujianmu lancar. Jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin. Pilih tempat tinggal seperti kost yang nyaman dan kondusif untuk belajar. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat didownload gratis via ponsel android atau ponsel ios untuk membantu pencarian.

Mamikos akan membantu dirimu menemukan kost murah dengan fasilitas sesuai keinginan. Jika ingin kost berfasilitas lengkap, tersedia kost AC, kost internet wifi, hingga kost kamar mandi dalam. Ada pula alternatif kost murah dengan kondisi kosongan yang bisa dirimu isi sendiri. Sudah siap mencari hunian nyaman nan strategis dekat tempat ujian? Segera download Mamikos, ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close