Jadwal Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Dimulai Maret, Cek Syarat Terbarunya

Jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dimulai Maret, cek syarat terbarunya – Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yaitu SBMPTN akan dibuka tahun depan. Perlu persiapan matang agar bisa diterima melalui jalur ini, apalagi persaingan SBMPTN dari tahun ke tahun semakin ketat.

Jadwal dan Syarat Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

https://ltmpt.ac.id/

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 sebentar lagi akan tiba. Berdasarkan informasi terbaru, seleksi tersebut dijadwalkan pada bulan Maret. Jika dirimu memilih tes SBMPTN untuk bisa masuk ke kampus tujuan, dirimu akan menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat wajibnya.

UTBK dan SBMPTN adalah dua hal yang saling berkaitan. Untuk bisa masuk melalui jalur SBMPTN, dirimu membutuhkan nilai UTBK. Pelaksanaan UTBK tidak dilaksanakan setiap saat, sehingga dirimu perlu mengetahui jadwalnya agar bisa mempersiapkan diri. Selain itu, ketahui pula materi yang diujikan ketika UTBK untuk memperbesar peluang mendapatkan skor UTBK yang tinggi.

Informasi Seputar UTBK SBMPTN 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 dilakukan dengan menggunakan komputer. Setelah menajalani tes UTBK, siswa akan langsung mendapatkan hasil secara individu. Siswa yang memilih kelompok ujian saintek, kelompok ujian soshum, atau kelompok ujian campuran bisa mengikuti seleksi UTBK.

Materi tes yang diujikan pada UTBK SBMPTN 2021 adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam 2 gelombang (14 hari) yang terbagi dalam 28 sesi. Peserta bisa memilih satu dari dua sesi per hari yang sudah disediakan. Meskipun demikian, peserta hanya diizinkan mengikuti UTBK satu kali saja.

Syarat Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Penuhi syarat pendaftaran UTBK berikut apabila dirimu ingin mendaftar SBMPTN tahun 2021 nanti.

  1. Siswa SMA/MA/SMK
  2. Berusia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  3. Memiliki akun LTMPT
  4. Membayar biaya UTBK
  5. Duduk di kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik paket C (tahun 2021)
  6. Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan usia maksimal 25 tahun.
  7. Syarat peserta yang akan mengikuti UTBK
    • Peserta yang memilih program studi saintek mengikuti TPS dan TKA kelompok saintek
    • Peserta yang memilih program studi soshum mengikuti TPS dan TKA kelompok soshum
    • Peserta yang memilih progtam studi campuran (saintek dan soshum) akan mengikuti TPS, TKA kelompok saintek, dan TKA kelompok soshum.
  8. Hasil UTBK tahun 2021 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2021

Kelompok Ujian UTBK SBMPTN 2021

Materi ujian yang akan dikerjakan peserta UTBK tidak sama antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Selama 195 menit, peserta kelompok saintek dan kelompok soshum akan diminta untuk menyelesaikan soal UTBK. Bagi peserta kategori kelompok campuran, waktu ujian yang diberikan adalah 285 menit. Adapun materi yang diujikan antara lain:

  1. Kelompok ujian saintek: TPS dan TKA Saintek (matematika, fisika, kimia, biologi)
  2. Kelompok ujian soshum: TPS dan TKA Soshum (geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi)
  3. Kelompok ujian campuran: TPS, TKA Saintek (matematika, fisika, kimia, biologi), TKA Soshum (geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi)

Alur Pendaftaran UTBK 2021

Tahapn pendaftaran hingga pengumuman UTBK 2021 mengacu pada alur berikut

  1. Registrasi akun LTMPT (wajib). Bagi semua calon pendaftar UTBK – SBMPTN wajib melakukan registrasi akun LTMPTN menggunakan data NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  2. Melakukan login menggunakan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memverifikasi data dan memvalidasi data siswa. Pada tahap ini, dilakukan pengisian biodata, upload pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata yang sudah diisikan
  4. Memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian pada menu pendaftaran UTBK. Pada tahap ini peserta akan memperoleh slip pendaftaran.
  5. Membayar biaya pendaftaran UTBK SBMPTN di bank paling lambat 1 x 24 jam. Pembayaran dilakukan pada bank yang ditunjuk (bank BTN, bank BNI, bank Mandiri).
  6. Melakukan login melalui laman portal.ltmpt.ac.id dan mencetak kartu peserta UTBK
  7. Mengikuti UTBK pada lokasi dan waktu yang sudah ditentukan. Lokasi pusat UTBK pada PTNK yang dipilih bisa diketahui saat mencetak kartu ujian. Pelaksanaan UTBK akan dilakukan di 74 tempat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aturan yang perlu dipahami peserta UTBK SBMPTN 2021 adalah wajib membawa ijazah ketika ujian tiba (untuk lulusan tahun 2019 dan 2020). Bagi peserta UTBK SBMPTN yang lulus tahun 2021 dan belum memiliki ijazah, wajib membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah. Pada keterangan identitas tersebut minimal terdapat informasi dan foto peserta, serta ditandatangani kepala sekolah dan diberi stempel sah. Peserta yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2021 tetap mendaftar kembali pada SBMPTN 2021 akan ditolak ketika mendaftar UTBK.

Biaya UTBK 2021

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk UTBK SBMPTN adalah biaya pendaftaran. Biaya tersebut sekaligus menjadi syarat, baik bagi peserta dari kelompok saintek, kelompok soshum, maupun kelompok campuran.

  1. Biaya pendaftaran kelompok saintek: Rp 200.000
  2. Biaya pendaftaran kelompok soshum: Rp 200.000
  3. Biaya pendaftaran kelompok campuran: Rp 300.000

Jadwal UTBK 2021

  1. 7 Februari – 12 Maret 2021: Registrasi akun LTMPT
  2. 15 Maret – 1 April 2021: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN
  3. 12 April – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 1
  4. 26 April – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang 2
  5. 14 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021 (pukul 15.00 WIB)

Pelaksanaan UTBK 2021

UTBK tahun 2021 akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, dengan masing-masing gelombang selama 7 hari. Peserta bisa memilih hari ujian antara Senin sampai Minggu. Adapun jumlah sesi yang dibuka pada saat UTBK adalah 2 pada pagi dan siang.

  1. Jadwal gelombang 1 UTBK 2021: 12 April – 18 April 2021
  2. Jadwal gelombang 2 UTBK 2021: 26 April – 2 Mei 2021

Jumlah hari dan sesi ujian UTBK memperhitungkan jumlah pendaftar di pusat UTBK PTN. Untuk beberapa wilayah, terdapat penyesuaian waktu pelaksanaan UTBK (bagi kelompok campuran) dengan waktu ibadah sholat.

Materi UTBK 2021

Seleksi UTBK 2021 mewajibkan pesertanya untuk mengerjakan soal dengan komputer. Persiapan fisik dan materi yang maksimal tentunya akan meningkatkan peluang tingginya skor UTBK yang akan didapatkan. Sebagai referensi, berikut ini adalah materi yang akan diujikan pada UTBK 2021:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis
  • Tes Kompetensi Akademik: pengetahuan dan pemahaman keilmuan di sekolah, konten mata pelajaran, soal-soal HOTS

Agar bisa mengerjakan soal-soal UTBK dengan lancar, biasakanlah mengerjakan soal-soal UTBK dengan melihat polanya dari tahun ke tahun. Apabila diperlukan, dirimu dapat mengambil kursus khusus untuk mendalami materi UTBK SBMPTN atau dengan membentuk grup belajar bersama.

Demikian informasi jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dimulai Maret, cek syarat terbarunya. Mulai saat ini, dirimu bisa mulai mengumpulkan berkas pendaftaran UTBK SBMPTN dan membuat daftar kelengkapan dokumen yang masih kurang. Melakukan persiapan sedini mungkin akan memberikanmu keuntungan. Apabila ada dokumen yang belum lengkap, dirimu bisa melengkapinya terlebih dahulu, sehingga tidak tertinggal batas waktu pendaftaran. Jangan lupa selalu pantau informasi UTBK SBMPTN dari laman resmi, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close