Jadwal Lengkap Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2021/2022

Jadwal lengkap seleksi masuk Perguruan Tinggi 2021/2022 – Ingin diterima di kampus impianmu? Di tahun 2021 nanti, persiapkan diri untuk menjalani berbagai macam seleksi masuknya. Persaingan yang ketat bisa menjadi motivasimu agar mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Jadwal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2021

https://ltmpt.ac.id/

Momen lulus sekolah menengah bukanlah penanda bahwa anda bisa berhenti belajar. Ketika anda memutuskan untuk meneruskan studi di Perguruan Tinggi, di saat itulah anda harus siap untuk belajar banyak hal baru. Jalur masuk Perguruan Tinggi dan mekanisme seleksinya tentu berbeda dengan seleksi untuk masuk sekolah menengah. Persiangan yang akan dihadapi pun juga akan semakin ketat.

Keberhasilanmu masuk ke Perguruan Tinggi tujuan ditentukan banyak faktor, terutama persiapan dokumen dan nilai tes. Jenis seleksi yang diterapkan di Perguruan Tinggi pun bervariasi. Ada seleksi yang dilakukan secara serentak (nasional), tetapi ada pula seleksi yang dilakukan secara mandiri dan diatur pihak kampus sendiri. Agar tidak ketinggalan informasi tentang jadwal seleksi masuk Perguruan Tinggi tahun 2021, simak informasi berikut.

Informasi Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021

Tahun 2021 nanti, lulusan sekolah menengah yang akan meneruskan studi ke kampus tujuannya akan mengikuti seleksi masuk. Adapun jalur seleksi yang dibuka adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku lembaga resmi yang menyelenggarakan seleksi masuk PTN. Pada seleksi mandiri, nantinya pelaksanaannya diatur oleh kampus masing-masing.

LTMPT sebagai penyelenggara resmi memiliki fungsi untuk mengelola serta mengolah data calon mahasiswa sebagai bahan seleksi masuk PTN, baik dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN. LTMPT juga menyelenggarakan UTBK dan menyampaikan hasilnya pada PTN tujuan. Dengan adanya LTMPT, PTN akan mendapatkan data calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik atau dengan prestasi lainnya (melalui jalur SNMPTN).

LTMPT juga membantu PTN mendapatkan calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK atau dengan ketentuan tambahan lainnya yang sudah ditetapkan PTN. Proses penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2021 nanti ditujukan bagi mahasiswa yang lulus tahun 2021 dan dua tahun sebelumnya. Prinsip yang diterapkan adalah adil, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Ketahuilah kuota yang diberikan masing-masing PTN untuk calon mahasiswa baru. Setiap jalur masuk yang ditawarkan memiliki kuota yang berbeda. Adapun kuota dan ketentuan yang berlaku pada proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 antara lain.

  1. Jalur SNMPTN: minimal 20% dari total kuota. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik ditambah dengan prestasi lainnya (yang sudah ditetapkan PTN). Biaya seleksi SNMPTN gratis karena ditanggung pemerintah.
  2. Jalur SBMPTN: minimal 40% dari total kuota. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lainnya (yang ditetapkan bersama oleh PTN). Pelaksanaan SBMPTN dilakukan menggunakan komputer. Biaya seleksi SBMPTN ditanggung oleh peserta dan disubsidi oleh pemerintah.
  3. Jalur Seleksi Mandiri: minimal 30%. Seleksi dilakukan berdasarkan kebijakan kampus masing-masing. Bisa juga menggunakan hasil UTBK.

Sebagai informasi tambahan, untuk PTN berbadan hukum, kuota minimal untuk SBMPTN adalah 30% dan kuota seleksi mandiri maksimal 50%.

Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNMPTN 2021

Seleksi pertama yang akan dilaksanakan adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tidak seperti seleksi lainnya yang membutuhkan pengerjaan ujian secara langsung, SNMPTN akan menggunakan nilai rapor dan portofolio untuk menyeleksi. SNMPTN 2021 terbuka bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA kelas 12 pada tahun 2021 yang berprestasi. Kriteria siswa yang bisa mengikuti SNMPTN 2021 akan ditentukan pihak sekolah. Adapun jadwal pelaksanaan SNMPTN 2021 adalah:

  1. 4 Januari 2021: peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021
  2. 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021: registrasi akun LTMPT
  3. 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021: penetapan siswa yang layak mendaftar SNMPTN 2021 oleh pihak sekolah.
  4. 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021: pengisian PDSS
  5. 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021: pendaftaran SNMPTN 2021
  6. 22 Maret 2021: pengumuman hasil SNMPTN

Setelah hasil SNMPTN 2021 diumumkan, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang. Jadwal daftar ulang dapat dilihat di laman PTN penerima. Seluruh jadwal kegiatan SNMPTN akan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Informasi tentang SNMPTN 2021 bisa anda dapatkan melalui laman resmi LTMPT dan media sosial resminya.

Jadwal Seleksi Masuk PTN: UTBK – SBMPTN

Seleksi UTBK – SBMPTN dilaksanakan setelah SNMPTN selesai dilakukan. Jika peserta tidak diterima masuk PTN melalui jalur SNMPTN, alternatif untuk bisa masuk PTN lainnya adalah melalui jalur SBMPTN. Adapun jadwal UTBK – SBMPTN tahun 2021 adalah:

  1. 7 Februari – 12 Maret 2021: registrasi akun LTMPT
  2. 5 Maret – 1 April 2021: pendaftaran akun UTBK dan SBMPTN 2021
  3. 12 April – 18 April 2021: pendaftaran UTBK gelombang 1
  4. 26 April – 2 Mei 2021: pendaftaran UTBK gelombang 2
  5. 14 Juni 2021: pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021

Pengumuman peserta yang lolos PTN melalui jalur SBMPTN akan diumumkan pukul 15.00 WIB. Perlu diketahui bahwa peserta yang sudah lolos melalui jalur SNMPTN tidak diizinkan untuk mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN 2021 akan berbeda dengan pendaftaran SNMPTN. Sebab, pesertanya akan diminta membayar biaya pendaftaran sesuai kelompok yang dipilih. Pendaftar pun bisa memilih kelompok saintek, kelompok soshum, atau kelompok campuran. Jumlah program studi yang bisa dipilih maksimal dua, baik di PTN yang sama maupun di PTN berbeda.

Jadwal Seleksi Masuk PTN: Seleksi Mandiri

Seleksi mandiri untuk masuk PTN biasanya diadakan setelah SNMPTN dan SBMPTN selesai. Jadi, siswa-siswi sekolah menengah yang belum mendapatkan kesempatan masuk PTN melalui kedua jalur tersebut bisa mencoba seleksi mandiri agar bisa diterima.

Pelaksanaan seleksi mandiri akan diatur oleh kampus masing-masing. Biaya pendaftaran seleksi jalur mandiri 2021 pun bisa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika ingin mengetahui jadwal seleksi mandiri, anda bisa memantau website resmi atau media sosial kampus tujuan. Pahami pula persayaratan yang ditetapkan dan jenis tes yang diberlakukan.

Demikian informasi jadwal lengkap seleksi masuk Perguruan Tinggi 2021/2022. Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum pendaftaran dibuka. Pastikan untuk memahami syarat masuk yang ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Pilih jurusan atau program studi idamanmu dengan survey melalui website resmi kampus. Dari website dan media sosial kampus tersebut anda juga bisa mendapatkan informasi terkait jadwal pendaftaran masuk Perguruan Tinggi. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close