Jadwal Kalender Akademik Perguruan Tinggi TA 2020/2021

Jadwal Kalender Akademik Perguruan Tinggi TA 2020/2021 – Istilah kalender akademik sangat erat dengan dunia mahasiswa. Kegiatan perkuliahan yang berjalan di suatu kampus dilaksanakan berdasarkan kalender akademik. Biasanya, mahasiswa akan diberikan kalender akademik yang berisi jadwal perkuliahan, jadwal ujian, dan hari penting, seperti kelulusan.

Kalender Akademik Berbagai Perguruan Tinggi

pixabay.com

Penyelenggaraan perkuliahan di Perguruan Tinggi tidak sama antara yang satu dengan lainnya. Hal tersebut dipengaruhi perbedaan jalur masuk yang ditawarkan, aturan kampus terkait perkuliahan, dan faktor lainnya. Ketika dirimu mendapati ada kampus yang mewisuda mahasiswa tiga kali dalam setahun, tidak perlu bingung jika ada kampus lain yang menyelenggarakan wisuda lima kali dalam setahun. Pastinya ada kebijakan khusus yang ditetapkan kampus tersebut.

Fungsi kalender akademik adalah mendorong proses belajar mengajar agar berjalan efektif dan efisien. Kalender tersebut berisi panduan untuk menyelenggarakan kegiatan perkuliahan. Mahasiswa yang sudah pernah menempuh studi di kampus pastinya tidak asing lagi dengan kalender akademik dan cara memahaminya. Namun, bagi mahasiswa baru, informasi terkait kalender akademik akan sangat dibutuhkan. Kali ini Mamikos akan memberikan penjelasan terkait kalender akademik di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Informasi Penting Dalam Kalender Akademik

Suatu kalender akademik memuat informasi lengkap informasi kegiatan perkuliahan pada semester ganjil, semester genap, serta semester pendek. Kegiatan yang berbeda pada setiap semester tersebut akan memudahkan mahasiswa, dosen, maupun staff Perguruan Tinggi. Lalu, apa saja komponen informasi penting yang terdapat pada kalender akademik?

  1. Data tanggal, bulan, dan tahun. Pada kalender akademik terdapat kolom kalender per bulan yang diberi warna berbeda. Setiap warna menggambarkan kegiatan tertentu.
  2. Tanggal aktif kuliah. Perkuliahan aktif bisa meliputi kegiatan kuliah di dalam kelas, di laboratorium, atau perkuliahan secara daring. Selama kegiatan perkuliahan berjalan, maka akan dianggap sebagai tanggal aktif kuliah.
  3. Tanggal libur kuliah. Hari libur kuliah bisa disebabkan karena hari libur nasional atau karena kesepakatan yang dilakukan pihak kampus.
  4. Masa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Sebelum menjalani semester baru, mahasiswa akan diminta untuk mengisi KRS. Pengisian tersebut memiliki batas waktu dan tidak bisa diisi mendadak. Mahasiswa perlu mengetahui waktu pengisian karena jika terlambat mengisi, mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan. Bahkan, mahasiswa harus menunggu hingga semester berikutnya agar bisa kuliah.
  5. Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS). Pelaksanaan UTS di masing-masing Perguruan Tinggi tidak sama. Begitu pula dengan durasi waktu ujian, mulai dari satu minggu hingga dua minggu.
  6. Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS). Seperti dengan UTS, pelaksanaan UAS pun dilakukan berdasarkan kebijakan masing-masing kampus.
  7. Jadwal yudisium.
  8. Jadwal wisuda. Pada kalender akademik tercantum jadwal wisuda pada periode tertentu. Setiap tahun, kampus bisa menyelenggarakan lebih dari satu kali wisuda.

Pada kalender akademik juga tercantum hari libur nasional, sehingga dirimu tidak perlu khawatir tertinggal jadwal. Dengan adanya jadwal lengkap perkuliahan hingga ujian, mahasiswa pun bisa mempersiapkan diri. Bahkan, mahasiswa dari perantauan dapat mengagendakan pulang hingga beberapa minggu sebelumnya.

Apakah jadwal kalender akademik tidak mungkin berubah? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan mahasiswa. Meskipun fungsi kalender akademik sebagai acuan kegiatan, pelaksanaan kegiatan sangat mungkin mengalami perubahan. Misalnya saja ketika ada acara mendadak di Perguruan Tinggi, terdapat gangguan, bencana, atau hal darurat lainnya.

Kalender Akademik Perguruan Tinggi di Indonesia

Berikut ini adalah informasi berbagai macam kalender akademik Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang perlu dirimu ketahui. dirimu dapat mengunduh kalender akademik sesuai kampus tempat kuliah.

Kalender Akademik Universitas Indonesia

Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 1035/ SK/ R/ UI/ 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 186/ SK/ R/ UI/ 2020 tentang Kalender Akademik Universitas Indonesia Tahun Akademik 2020/2021 dikeluarkan per tanggal 11 Agustus 2020. Bagi dirimu yang menempuh studi di kampus UI, berikut adalah link download kalender akademik. Download di sini.

Kalender Akademik Universitas Padjadjaran

kompas.com

Kalender Akademik yang ditetapkan di Universitas Padjadjaran didasarkan pada Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor: 509/UN6.RKT/KEP/HK/2020 Tentang Kalender Kegiatan Akademik Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2020/2021. Berikut ini adalah link download kalender akademik UNPAD tahun 2020/2021. Download di sini.

Kalender Akademik Universitas Gadjah Mada

Kalender akademik di Universitas Gadjah Mada (UGM) didasarkan pada Surat Keputusan Rektor UGM Nomor 755/UN1.P/KPT/HUKOR/2020 tentang Kalender Akademik UGM Tahun 2020/2021. Download kalender akademik UGM tahun 2020/2021 di sini.

Kalender Akademik Institut Teknologi Bandung

itb.ac.id

Kalender akademik ITB dikeluarkan per tanggal 3 Agustus 2020. Sebelum memulai kuliah, dirimu bisa mengunduhnya di sini.

Kalender Akademik Universitas Airlangga

pixabay.com

Apakah dirimu salah satu mahasiswa yang berkuliah di Universitas Airlangga? Kalender akademik UNAIR dapat dirimu unduh di sini.

Kalender Akademik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

https://uin-suka.ac.id/

Penetapan kalender akademik di UIN Sunan Kalijaga didasarkan pada Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Nomor 105 tahun 2020 tentang Kalender Akademik Tahun Akademik 2020/2021. Download kalender akademik UIN Sunan Kalijaga tahun 2020/2021 di sini.

Kalender Akademik Universitas Lampung

Kalender Akademik Universitas Lampung tahun 2020/2021 dikeluarkan dengan nomor 1455/UN26/PP.03.01/2020. Untuk mengakses kalender akademik, download di sini.

Kalender Akademik Universitas Ciputra

Pada kalender akademik Universitas Ciputra terdapat beberapa perubahan. dirimu bisa mendownload kalender akademik di sini dan mencari tahu perubahannya sebagai berikut.

Semester Gasal 2020/2021

Mulai perkuliahan efektif: 14 September 2020
Ujian Tengah Semester: 2 – 7 November 2020
Ujian Akhir Semester: 18 – 23 Januari 2021

Semester Genap 2020/2021

Mulai perkuliahan efektif: 15 Februari2021
Ujian Tengah Semester: 5 – 10 April 2021
Ujian Akhir Semester: 14 – 19 Juni 2021

Semester Antara 2020/2021

Mulai perkuliahan efektif: 5 Juli 2021
Ujian Tengah Semester : 26-30 Juli 2021
Ujian Akhir Semester: 23-27 Agustus 2021

Keterangan:
• Terdapat perubahan jadwal libur akhir tahun menjadi tanggal 21 Desember 2020 – 5 Januari 2021
• Mulai perkuliahan efektif diubah menjadi 14 September 2020 (semester gasal), 15 Februari 2021 (semester genap), dan 5 Juli 2021 (semester antara). Perubahan tersebut berdampak pada jadwal Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester

Kalender Akademik Universitas Negeri Manado

Perubahan pada kalender akademik terdapat di Universitas Negeri Manado per tanggal 21 Juli 2020. Agar tidak ketinggalan informasi, download revisi kalender akademik UNIMA di sini.

Demikian informasi jadwal kalender akademik Perguruan Tinggi TA 2020/2021 dari berbagai kampus. Semoga info di atas bermanfaat dan bisa dirimu gunakan sebagai panduan dalam menghadapi perkuliahan. Perlu dirimu ketahui bahwa kalender akademik bisa mengalami perubahan ketika ada kondisi mendesak. Namun, dirimu tetap bisa mendapatkan update info tersebut dari pihak kampus, baik melalui penyampaian langsung maupun melalui media sosial.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close