Jadwal Dan Syarat Pendaftaran Wisuda UNM 2020/2021

Wisuda UNM – Merupakan tanda penetapan atas selesainya masa perkuliahan, wisuda kerap dijadikan sebagai momen istimewa bagi seorang mahasiswa. Upacara wisuda biasanya diadakan bebarengan dengan seluruh program pelajaran dalam suatu kampus. Tentunya prosesi wisuda satu kampus dengan ini tidak sama dengan kampus lainnya, ada yang dilakukan dua kali setahun bahkan ada pula kampus yang mengadakan empat kali dalam setahun. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari terlalu banyaknya peserta. Buat anda yang berstatus sebagai mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) dan baru saja dinyatakan lulus dalam sidang TA atau skripsi, berikut Mamikos bagikan sedikit informasi seputar jadwal dan syarat pendaftaran wisuda UNM 2020 yang mungkin bisa menjadi referensi anda.

Info Terbaru Wisuda UNM 2020

Wisuda UNM

Terletak di Kota Makassar, Universitas Negeri Makassar atau yang kerap disingkat UNM merupakan perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia bagian timur. Awal berdirinya UNM tentu tidak akan pernah lepas dari sejarah berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Hingga saat ini setelah berubah dari institusi menjadi universitas, UNM tetap bertahan sebagai kampus yang banyak mencetak guru berkualitas. Hingga pertengahan tahun 2011, jumlah prodi yang terdapat di UNM adalah prodi D3 9 sebanyak prodi S1 sebanyak 58, prodi S2 sebanyak 12 sebanyak dan prodi S3 sebanyak 5. Nah, buat anda baru saja menyelesaikan pendidikan di UNM dan ingin segera mendaftarkan diri untuk wisuda periode terdekat, simak informasi seputar pendaftaran wisuda UNM hingga jadwal wisuda UNM 2020 di bawah ini.

Jadwal Wisuda UNM

Dalam menyelenggarakan wisuda, tiap perguruan tinggi tentu saja memiliki agenda yang tidak sama. Ada yang dilakukan setiap tahun, tetapi ada juga yang setiap semester, menyesuaikan kalender akademik. Universitas Negeri Makassar (UNM) sendiri hingga tahun 2020 ini masih menggunakan sistem kouta 1000 wisudawan untuk menggelar upacara peneguhan. Sehingga para mahasiswa tak perlu menunggu semester maupun melihat kalender akademik. Dalam waktu terdekat, UNM telah mengumumkan bahwa wisuda lulusan Universitas Negeri Makassar program doktor, magister, sarjana, dan diploma tiga periode Februari 2020 akan dilaksanakan pada Selasa, 25 Februari 2020 di Pelataran Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar.

Syarat Wisuda UNM

Ketentuan Umum

Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Biasanya prosesi wisuda diawali prosesi masuknya senat universitas yang terdiri dari rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan. Berdasarkan Peraturan Rektor nomor 12 Tahun 2018 tanggal 5 September 2018 tentang Pedoman Pendidikan UNM Tahun Akademik 2018/2019, pasal 112 ayat (1) wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan sebagai alumni dan warga almamater Universitas Negeri Makassar, ayat (3) setiap mahasiswa yang telah lulus yudisium dari suatu program pendidikan di Universitas Negeri Makassar wajib mengikuti upacara wisuda dengan mendaftar secara online dan mengikuti wisuda sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Sehubungan dengan itu, Universitas Negeri Makassar akan menyelenggarakan Wisuda Ke-102 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta wisuda adalah lulusan D3, S1, S2, S3 dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T yang telah dinyatakan lulus yudisium dan tidak mempunyai tanggungan berupa apapun pada Universitas (telah selesai melakukan penjejakan).
  2. Pendaftaran wisuda secara online di laman http://registrasi.unm.ac.id/wisuda/ (kuota 1.000 peserta), dengan prosedur sebagai berikut:
    • Melaksanakan Pendaftaran anggota IKA (Ikatan Alumni) Universitas Negeri Makassar sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Pengurus IKAUNM
    • Pembayaran dilakukan melalui Bank BRI dengan kode pembayaran NIM+999 contoh: 100211400457+999, menjadi 100211400457999 (tidak melalui ATM);
  3. Mencetak Kartu Peserta Wisuda.
  4. Wisuda akan dilaksanakan apabila jumlah peserta mencapai 1000 orang. Apabila pendaftaran sudah melebihi kuota, peserta akan diikutsertakan pada wisuda berikutnya yang waktu pelaksanaannya akan ditentukan kemudian.
  5. Waktu dan nama-nama peserta wisuda ke-102 akan diumumkan pada minggu ketiga bulan Juni 2020.
  6. Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan di Sekretariat Panitia Wisuda

Tata Cara Registrasi

Berikut adalah tata cara registrasi wisuda online Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dilansir dari http://registrasi.unm.ac.id/wisuda/.

  1. Masuk ke dalam situs http://registrasi.unm.ac.id/wisuda/
  2. Pertama, memasukkan NIM dan tanggal lahir. Pastikan NIM dan Tanggal Lahir sesuai biodata anda pada laman sia.unm.ac.id
  3. Untuk Sarjana dan Diploma: Pendaftaran dapat dilakukan setelah Transkrip Nilai anda telah di finalisasi akhir melalui laman sitrans.unm.ac.id. Serta melengkapi berkas yang akan disetor BAAK seperti:
    • Bukti registrasi wisuda online
    • Permohonan Pencetakan Ijasah
    • Cek Nilai sebelum dan sesudah Ujian distempel bebas SPP
    • Fotokopi Ijasah Terakhir
    • Fotokopi SK PNS (PNS) & NUPTK (Non PNS) utk kelas penyetaraan
    • Pasfoto Studio 3×4 2 lembar
    • Bukti penyerahan Skripsi
  4. Verifikasi peserta wisuda program Sarjana dan Diploma pada SUBAG
  5. Pendidikan dan Evaluasi BAAK Lt 2 Menara Pinisi UNM
  6. Verifikasi peserta wisuda program Magister dan Dokter pada BAG IT PPs UNM
  7. Upload Foto
  8. Verifikasi data personal
  9. Verifikasi data pendidikan
  10. Cetak bukti registrasi wisuda

Kelengkapan Wisuda

  • Toga disediakan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dengan persyaratan yang diatur tersendiri oleh KOPMA;
  • Pengambilan perlengkapan wisuda selain toga dilayani di Unit Layanan Terpadu (ULT)  dengan menyerahkan berkas surat pernyataan, tata tertib dan bukti peserta wisuda.

Di atas tadi Mamikos sudah memberikan sedikit info terkait Jadwal Wisuda  dan Syarat Pendaftaran Wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM) 2020. Pantau terus info-info menarik lainnya seputar Universitas Negeri Makassar (UNM)dan kampus lainnya hanya melalui situs blog Mamikos. Oh iya, untuk kalian yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos anda bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos anda bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen di kota rantau tujuan anda, hingga sewa rumah kontrakan juga lho. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android ataupun iOS anda ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close