Jadwal Dan Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021

Jadwal & Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021 – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan segera dilaksanakan. Selain informasi penting mengenai jadwal SNMPTN, anda perlu mengetahui informasi daftar ulang beserta syarat daftar ulang. Harapannya, anda bisa mempersiapkan diri agar tidak kesulitan ketika sudah mendekati hari H. Berikut adalah ulasan mengenai jadwal SNMPTN hingga tahap pendaftaran ulang.

Daftar Jadwal Dan Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN


Jadwal SNMPTN 2020/2021

Jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dilaksanakan dalam beberapa tahap. Semua informasi dapat diakses di laman snmptn.ac.id. Pada pendaftaran jalur SNMPTN, siswa menggunakan rapor SMA dengan nilai dari kelas 1 sampai kelas 3. Jadi, anda tidak perlu menjalani tes tertulis karena penilaian didasarkan pada nilai rapor.

Melalui SNMPTN, anda bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri idamanmu secara online. SNMPTN akan berlangsung pada Januari hingga Juni 2020. Oleh karena itu, berikut adalah uraian beserta penjelasan masing-masing tahap.

  1. Registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi): 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
  2. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa): 13 Januari – 6 Februari 2020
  3. Pemeringkatan siswa oleh sekolah (dilakukan pihak sekolah): 13 Januari – 6 Februari 2020
  4. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang dinyatakan lolos oleh sekolah: 11 – 25 Februari 2020
  5. Pengumuman hasil SNMPTN: 4 April 2020

Kuota penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN 2020 adalah 20 persen. Sisanya, mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN sebanyak 40 persen, sedangkan jalur mandiri 30 persen. Apabila anda belum diterima melalui jalur SNMPTN, masih ada kesempatan mendaftar PTN favorit dengan jalur SBMPTN dan jalur mandiri.

Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021

Melakukan pendaftaran ulang SNMPTN adalah hal yang wajib anda lakukan. Pada tahun 2019 lalu, jadwal pencetakan ulang kartu pendaftaran 25 Maret 2019 25 April 2019. Namun, tahun 2020 ini jadwalnya akan berbeda. Cara mengetahui pengumuman SNMPTN cukup mudah. anda hanya perlu memasukkan nomor pendaftaran atau NISN dan tanggal lahir.

Proses pendaftaran ulang SNMPTN dilakukan di PTN tempat calon mahasiswa yang lulus seleksi. Jadi, perlu anda ketahui bahwa setiap PTN memiliki cara pendaftaran ulang yang berbeda. Terdapat PTN yang mengharuskan pendaftaran secara online, namun ada pula yang mengharuskan pendaftaran secara offline. Berikut ini adalah cara pendaftaran ulang SNMPTN 2020 secara umum.

  1. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara online. Formulir dapat anda peroleh di Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih. Jika anda dinyatakan lulus SNMPTN di Universitas Brawijaya, ketika daftar ulang anda wajib login ke website resmi Universitas Brawijaya. Gunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahirmu.
  2. Mengisi biodata diri atau mengupdate biodata yang sudah ada. Pastikan bahwa data yang anda isi sudah lengkap dan benar.
  3. Simpan biodata yang sudah diisi, kemudian cetak formulir pendaftaran online.
  4. Akan muncul jumlah biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus anda bayar.
  5. Lakukan pembayaran UKT di bank yang ditunjuk PTN atau melalui metode lain yang direkomendasikan.
  6. Menyerahkan data registrasi ulang pada universitas.
  7. Mengikuti tes kesehatan di universitas masing-masing sesuai jadwal. Biasanya, kampus akan menunjuk lokasi untuk tes beserta jenis tes yang harus dilakukan.
  8. Membuat Kartu Tanda Mahasiswa.
  9. Menyerahkan kelengkapan dokumen lain yang diminta universitas.
  10. Mengikuti masa orientasi awal untuk mengetahui kehidupan kampus.
  11. Mengikuti kegiatan perkuliahan perdana dan seterusnya.

Data Yang Diserahkan

  • Fotokopi bukti pembayaran Uang Kuliah Tunggal. Apabila anda adalah pendaftar dari jalur Bidikmisi, bukti pembayaran tidak perlu diserahkan. Namun, anda perlu melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan. Lampirkan pula Kartu Keluarga, slip pembayaran rekening listrik selama dua bulan, slip gaji orang tua (jika ada), serta berkas lainnya.
  • Kartu tanda peserta SNMPTN dalam bentuk cetak.
  • Pas foto (ukuran 3×4 dan 4×6)
  • Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) bagi yang belum memiliki ijzah.
  • Rapor Sekolah Menengah Atas (SMA) asli dan fotokopi

Tentunya informasi pendaftaran ulang tersebut bersifat umum. anda perlu memastikan detail tahapan yang harus dilalui dari website resmi masing-masing universitas. Jika pengumuman terkait daftar ulang belum tercantum, hubungi pihak kampus dari informasi kontak. anda dapat bertanya melalui telepon atau email.

Syarat Pendaftaran Ulang SNMPTN 2020/2021

Daftar ulang SNMPTN bisa anda lakukan setelah diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih. Namun, jangan lupa untuk memenuhi syarat pendaftaran ulang agar prosesnya dapat berjalan lancar. Beberapa syarat daftar ulang SNMPTN 2020/2021 yang harus anda lakukan adalah pengumpulan dokumen serta berkas. Siapkan dokumen dan berkas berikut ini:

  1. Formulir pendaftaran ulang.
  2. Fotokopi bukti pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa reguler.
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Kartu Keluarga (KK), slip pembayaran rekening listrik selama 2 bulan terakhir, slip gaji orang tua (jika ada). Syarat tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Bidikmisi.
  4. Kartu cetak SNMPTN
  5. Pas Foto (3×4 dan 4×6)
  6.  Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  7. Rapor SLTA asli dan fotokopi

Ikuti alur daftar ulang yang ditetapkan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Setelah semua berkas terkumpul, anda bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Perbedaan Waktu Daftar Ulang SNMPTN 2020/2021

Tidak semua Perguruan Tinggi Negeri memberikan waktu yang sama ketika daftar ulang. Setelah anda diterima di PTN, langsung cari tahu informasi selanjutnya. Pantau website resmi universitas serta sosial media yang masih berkaitan. Apabila ada hal yang belum anda pahami, jangan sungkan atau malu untuk bertanya pada pihak kampus.

Demikian ulasan mengenai jadwal dan cara pendaftaran ulang SNMPTN tahun 2020. Setelah diterima di Perguruan Tinggi idaman, kini saatnya anda bersiap merantau. Jangan khawatir pada tempat tinggal selama berada di perantauan. Dengan adanya Mamikos sebagai aplikasi pencari kost terbaik, hunian nyaman di seluruh Indonesia bisa anda dapatkan.

Mencari Tempat Tinggal Nyaman dekat Kampus Idaman

Mamikos akan membantu anda menemukan tempat tinggal murah dan nyaman seperti kos-kosan. anda bisa survey lokasi kost secara online, melihat kondisi di dalam kost melalui fitur live view, hingga mengontak sang pemilik kost. Setelah yakin dengan kamar kost barumu, lakukan booking via Mamikos agar kamarmu tidak ditempati penghuni lainnya.

Mamikos juga menyediakan fitur filter untuk memudahkan anda menemukan kost sesuai ekspektasi. Terdapat kost bebas 24 jam bagi anda yang tidak suka terikat jam malam. Ada pula kost dengan fasilitas eksklusif seperti AC, televisi kabel, internet wifi, dan kamar mandi dalam. Semua kebutuhan pada kamar kost bisa anda peroleh dari aplikasi Mamikos. Jadi, segera download aplikasinya dan dapatkan semua kemudahannya, ya!

Klik dan dapatkan kost yang anda idamkan:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close