Jadwal Daftar Ulang SBMPN Politeknik 2020 Pens, Polsri, Polines

Jadwal Daftar Ulang SBMPN Politeknik 2020 Pens, Polsri, Polines – Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 sudah diumumkan pada 4 Juli 2020 lalu. Sebanyak 42 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia turut menyeleksi calon siswanya melalui jalur ini. Pengumuman SBMPN 2020 dapat dicek melalui sbmpn.politeknik.or.id. Buat dirimu yang dinyatakan lulus dalam SBMPTN 2020 dengan pilihan Pens, Polsri, Polines, yuk cek jadwal daftar ulangnya di bawah ini

Berikut Jadwal Daftar Ulang SBMPN Politeknik 2020

mamikos.com

SBMPN merupakan seleksi jalur tes bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh Indonesia. Awalnya, jalur SBMPN ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru politeknik melalui tes. Namun, karena pandemi Covid-19 maka pelaksanaan SBMPN tahun ini diganti dengan seleksi melalui portofolio pendaftar. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Kejar Paket C (lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020).

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens)

Sesuai Keputusan Direktur Nomor 0159/PL14/AK/2020, tanggal 03 Juli 2020 tentang Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Program Sarjana Terapan dan Program Diploma III Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Tahun Akademik 2020/2021. Berikut disampaikan prosedur daftar ulang Seleksi Mahasiswa Baru Jalur SBMPN Program Sarjana Terapan Dan Diploma III Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Tahun Akademik 2020/2021, sebagaimana tersebut di bawah ini:

  1. Prosedur Pendaftaran Ulang Utama calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima, dilaksanakan pada;
    1. Hari Selasa, Rabu, Kamis, tanggal 07, 08, 09 Juli 2020, jam 08.00 – 15.00 WIB
    2. Hari Jumat, tanggal 10 Juli 2020, jam 08.00 – 11.00 WIB
  2. Apabila peserta SBMPN yang diterima tidak mendaftar sampai dengan tanggal 10 Juli 2020, Jam 11.00 WIB, maka yang bersangkutan DIANGGAP MENGUNDURKAN DIRI dan akan diisi oleh peserta ujian yang diterima cadangan sesuai urutan pada pengumuman cadangan;
    1. Pengumuman Penerimaan Cadangan pada tanggal 11 Juli 2020, jam 16.00 WIB;
    2. Pendaftaran Ulang Cadangan pada tanggal 13 s.d. 15 Juli 2020 jam 08.00 – 15.00 WIB;
    3. Apabila peserta cadangan tidak mendaftar ulang sampai dengan tanggal 15 Juli 2020 jam 14.00 WIB, maka yang bersangkutan DIANGGAP MENGUNDURKAN DIRI.
  3. Prosedur wawancara bagi mahasiswa yang diterima melalui Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K) untuk melakukan WAWANCARA yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 07 Juli 2020 jam 09.00 WIB sesuai giliran melalui ONLINE dan nomor HP yang digunakan untuk mendaftarkan harus AKTIF, dengan mempersiapkan sebagai berikut;
    1. Wawancara secara ONLINE melalui WhatsApp Video Call bersama keluarga yang ada di Kartu Keluarga (KK). Mahasiswa sebelumnya sudah menyiapkan paket data internet.
    2. Pada waktu wawancara harus berada di tempat lokasi (Rumah). Pada saat Video Call, diminta menunjukkan lingkungan sekitar rumah, bagian ruang tamu, ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi, cuci dan WC.
    3. Mempersiapkan data-data yang digunakan untuk mendaftar/upload di KIP-K, rekening listrik, rekening air (kalau ada), Pajak Bumi Bangunan, dll.
    4. Mempersiapkan HP dalam kondisi On dan siap dihubungi apabila HP yang tidak aktif atau tidak bisa dihubungi dinyatakan KIP-K nya tidak berlaku dan harus membayar UKT (huruf f), apabila nomor HP tidak sama pada waktu upload/mendaftar di KIP-K silahkan menghubungi melalui WA di nomor 0856 4996 0536 dan 0851 0051 7327.
    5. Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) ditetapkan sebagaimana ditetapkan dalam lampiran Keputusan Direktur PENS. Ikuti Prosedur PENDAFTARAN ULANG di bawah;
    6. Bagi yang dinyatakan LULUS WAWANCARA, ikuti prosedur PENDAFTARAN ULANG tanpa biaya UKT. Ikuti Prosedur PENDAFTARAN ULANG di bawah.
  4. Prosedur PENDAFTARAN ULANG adalah sebagai berikut:
    1. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dilakukan secara online melalui Bank Mandiri dengan Informasi Kode Bank Mandiri untuk POLTEK ELKA NEGERI SBY (10088) dengan mencantumkan kode transaksi yang dapat dilihat pada laman http://pmb.pens.ac.id/daftarulang
    2. Pembayaran UKT dan Ikoma (untuk kegiatan kemahasiswaan dan jas almamater di luar UKT) dapat dibayarkan melalu ATM, Internet Banking atau Teller Bank Mandiri di seluruh cabang Indonesia;
    3. Registrasi pada halaman http://pmb.pens.ac.id/daftarulang
    4. Menyiapkan data pendaftaran ulang untuk diunggah dan berkas (hardcopy) yang harus dibawa saat keadaan sudah memmungkinkan untuk ke kampus.
  5. Menyiapkan berkas pendaftaran ulang yang terdiri dari:
    1. Pas Foto sesuai dengan ketentuan:
      • Ukuran foto cetak 3×4 cm sebanyak 3 lembar dan untuk uploas di website, lebar 600 pixel dan tinggi 800 pixel;
      • Wajah adalah dari bagian atas kepala (termasuk rambut) sampai ke ujung dagu;
      • Subjek menghadap ke depan dan tidak menggunakan topi;
      • Foto adalah terbaru dan harus diambil dalam waktu satu bulan sejak tanggal daftar ulang;
      • Tidak ada sesuatu di latar belakang (termasuk bayangan);
      • Warna latar belakang putih, memakai jas hitam (yang mengenakan jilbab, jangan mengenakan jilbab putih, agar kontras dengan latar belakang putih).
    2. Foto Copy KTP dan KSK dan Materi Rp6.000 sebanyak 5 lembar;
    3. Menyerahkan FORM (Biodata, Pernyataan Bebas Narkoba, Pernyataan menaati peraturan, Pembuatan KTM, dan Pernyataan Pembayaran) yang telah dicetak dan ditandatangani. FORM dapat dicetak setelah melakukan pembayaran dan registrasi online di laman pmb.pens.ac.id/daftarulang.
    4. Setelah keadaan memungkinkan untuk kegiatan perkuliahan ke kampus:
      • Membawa berkas ASLI dan foto copy sesuai data yang di upload pada saat mendaftar SNMPN online (raport, sertifikat, slip gaji ortu, dan surat keterangan lainnya) dan berkas pendaftaran di atas.
      • Melakukan pengukuran Jas Almamater, Validasi Registrasi Data, dll.
      • Mengambil SmartCard berupa KTM dan Kartu ATM Bank Mandiri.
    5. Semua Biaya yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT DITARIK KEMBALI dengan alasan apapun.
  6. Karena masih ada wabah pandemi, Tes Psikologi akan diadakan di kampus PENS setelah keadaan memungkinkan. Tes Psikologi membantu mahasiswa untuk melihat potensi yang ada di dalam dirinya. Pengumuman lebih lanjut dapat dilihat di website PENS.
  7. Tes Kesehatan yang menyatakan bahwa mahasiswa ybs dinyatakan sehat dan bebas dari Covid-19 beserta persyaratan-persyaratan lainnya menjadi kewajiban yang harus diusahakan sendiri oleh mahasiswa ysb dari rumah sakit atau lembaga kesehatan terdekat dengan rumah masing-masing pada saat kegiatan perkuliahan secara offline di kampus sudah dimulai lagi ketika keadaan menungkinkan.
  8. Semua Mahasiswa Baru wajib mengikuti Informasi dan Pengenalan Mahasiswa Baru (IPMB) 2020/2021 yang berisi Peraturan Akademik PENS, Kegiatan Kemahasiswaan, Kurikulum Program Studi, Etika Kehidupan Kampus, Kehidupan Sehat, Motivasi Mahasiswa Berprestasi Bela Negara, dan lain-lain. Pengumuman lebih lanjut dapat dilihat di websites.
  9. Penerimaan seluruh mahasiswa baru oleh Senat PENS secara Daring (Online) menunggu pengumuman selanjutnya (menggunakan jas almamater).
  10. Permulaan Kuliah Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 akan dimulai Senin, 31 Agustus 2020. Penjelasan lanjut model perkuliahan menyusul.

Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)

Khusus bagi peserta SBMPN yang berhasil diterima di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), wajib melakukan pendaftaran ulang dengan ketentuan dan jadwal sebagai berikut:

  1. Mengisi Data Nominator secara lengkap dan valid dari tanggal 6 Juli 2020 pukul 00.00 WIB s.d. 9 Juli 2020 pukul 24.00 WIB pada laman http://sbmpn.polsri.ac.id. Apabila sampai tanggal 9 Juli 2020 pukul 24.00 WIB DATA NOMINATOR tidak lengkap dan valid, maka hak untuk menjadi nominator calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Sriwijaya Tahun Akademik 2020/2021 dinyatakan GUGUR/MENGUNDURKAN DIRI.
  2. Mengikuti seleksi wawancara secara daring (online) yang dilaksanakan pada:
    Hari/ Tanggal : Senin s.d. Jumat / 13 – 17 Juli 2020
    Pukul : 08.00 s.d. 16.00 WIB
  3. Mengaktifkan Nomor Telepon yang terdaftar pada aplikasi SBMPN. Apabila sampai dengan tanggal yang telah ditentukan, Nominator tidak dapat dihubungi dan/atau tidak mengikuti proses wawancara secara daring dengan alasan apapun, maka secara otomatis dinyatakan GUGUR/MENGUNDURKAN DIRI.
  4. Menyiapkan berkas/dokumen yang dibawa pada saat wawancara secara daring:
    1. Sertifikat prestasi/juara dalam bidang ekstrakurikuler (sains, agama, olahraga, seni dan bidang lainnya), jika ada;
    2. Ijazah dan STL yang disahkan oleh Kepala Sekolah dan/atau Surat Keterangan Lulus Sementara (jika sudah ada);
    3. Buku Rapor Semester I-VI yang disahkan oleh Kepala Sekolah;
  5. Untuk kelancaran proses wawancara daring akan dilaksanakan uji coba koneksi dan aplikasi Google Meet pada tanggal 10 – 11 Juli 2020 pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Informasi lebih lanjut tentang wawancara akan diinformasikan melalui group Aplikasi Telegram setelah pengisian Data Nominator.
  6. Pengumuman kelulusan hasil wawancara dan verifikasi dapat dilihat pada laman http://sbmpn.polsri.ac.id pada tanggal 21 Juli 2020.

Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Bagi peserta yang mengikuti SBMPN Politeknik Negari Semarang (Polines) dapat mengecek hasil pengumuman SBMPN melalui http://pmb.polines.ac.id. Untuk melakukan pemutakhiran data calon mahasiswa dapat dilakukan di laman http://daful.polines.ac.id, lengkapi dan finalisasi data kemudian cetak. Bagi peserta yang dinyatakan memenuhi kualifikasi pada program studi Manajemen Bisnis Internasional (MBI) dan Perbankan Syariah (PS) diawajibkan mengikuti seleksi khusus pada tanggal 11 Juli 2020 sebagaimana disebutkan pada poin B. Apabila kondisi pandemi Covid-19 belum membaik akan dilakukan penundaan dengan jadwal menyusul.

Peserta yang memenuhi kualifikasi dan cadangan wajib memperhatikan dan mengikuti tahapan sebagai berikut:

Ketentuan UKT dan Pengiriman DDPE

  1. Besar nilai UKT peserta yang memenuhi kualifikasi ditentukan berdasarkan Data Dukung Potensi Ekonomi (DDPE),
  2. Peserta yang tidak mengirimkan DDPE dikenakan UKT tertinggi (UKT 8)
  3. DDPE yang wajib dikirimkan dalam bentuk softcopy meliputi data-data sebagai berikut:
    1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali yang masih berlaku
    2. Fotokopi surat keterangan kematian orangtua (bagi orangtua telah meninggal dunia)
    3. Fotokopi slip gaji ayah/wali (bagi yang ayah/walinya bekerja di sektor formal), atau ASLI surat keterangan penghasilan total orangtua/walu dari ketua RT yang diketahui ketua RW (bagi yang bekerja di sektor informal)
    4. Fokotopi slip gaji ibu (bagi yang ibunya bekerja di sektor formal)
    5. Fotokopi rekening listrik rumah/tempat tinggal orangtua/wali selama tiga bulan terakhir
    6. Fotokopi rekening telepon rumah/tempat tinggal orangtua/wali selama tiga bulan terakhir
    7. Fotokopi rekening air rumah/tempat tinggal orangtua/wali selama tiga bulan terakhir
    8. Fotokopi semua berkas Surat Pemberitahuan Pajak Terutang-Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) tahun terakhir yang dimiliki
    9. Fotokopi semua berkas STNK kendaraan bermotor yang dimiliki
    10. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)/Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Keluarga Penerima Manfaat dan sejenisnya, atau ASLI Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Desa setempat (bagi keluarga tidak mampu)
    11. Foto rumah tampak depan, tampak samping kiri dan kanan, ruang tamu, dapur, kamar mandi, foto jalan di depan rumah, dan foto keluarga didepan rumah.
  4. Semua dokumen tersebut disusun sesuai urutan pada poin A.1, kemudian dipindai (scan) menjadi satu file berformat PDF dengan ketentuan:
    1. Resolusi scan: 150 dpt, ukuran file maksimal 5 MB.
    2. Format nama file: Jalur-Nomor-pendaftaran_Nama-Peserta.pdf
      (Contoh nama file: SBMPN-20263781362176_Ahmad-Sukarno.pdf)
      File tersebut selanjutnya dikirimkan melalui email ke: [email protected] dengan nama subyek: Jalur-Nomor-pendaftaran_Nama-Peserta.pdf
      (Contoh nama subyek: SBMPN-20263781362176_Ahmad-Sukarno.pdf)
  5. Jadwal pengiriman file DPDE dimulai dari tanggal 4 Juli 2020 sampai dengan tanggal 8 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.
  6. Apabila setelah dilakukan verifikasi dan/atau klarifikasi dokumen oleh Politeknik Negeri Semarang terbukti terdapat dokumen yang palsu dan/atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya, maka peserta akan diberikan sanksi berupa pengenaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi.

Jadwal Khusus MBI dan PS

  1. Ketentuan khusus bagi peserta yang memenuhi kualifikasi pada program studi Manajemen Bisnis Internasional (MBI). Untuk dapat diterima, peserta wajib mengikuti dan lulus Tes Kemampuan Berbahasa Inggris yang dilaksanakan pada:
    • Hari, tanggal: Sabtu, 11 Juli 2020 (bisa ditunda sesuai perkembangan Covid-19)
    • Pukul: 08:00 – 10.00 WIB
    • Tempat: UPT Bahasa Polines, Gedung Kerjasama Lantai 1
    • Pakaian: Bebas rapi dan sopan (tidak mengenakan: kaos, jeans, maupun sandal)
    • Materi tes: TOEIC
    • Pengumuman: Sabtu, 18 Juli 2020 melalui laman pmb.polines.ac.id
  2. Ketentuan khusus bagi peserta yang memenuhi kualifikasi pada program studi Perbankan Syariah (PS). Untuk dapat diterima, peserta wajib mengikuti dan lulus Tes Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an yang dilaksanakan pada:
    • Hari, tanggal: Sabtu, 11 Juli 2020 (bisa ditunda sesuai perkembangan Covid-19)
    • Pukul: 08:00 – 10.00 WIB
    • Tempat: Gedung Magister Terapan (MST) Polines Lantai 2
    • Pakaian: Bebas rapi dan sopan (tidak mengenakan: kaos, jeans, maupun sandal)
    • Materi tes: Baca dan tulis ayat Al-Qur’an, terjemah surat Al-Fatihah, hafalan Qur’an surat ke 105 – 114.
    • Pengumuman: Sabtu, 18 Juli 2020 melalui laman pmb.polines.ac.id

Pengumuman UKT

  1. Hasil Seleksi Akhir Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) beserta Prosedur pendaftaran ulang dan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diumumkan tanggal 18 Juli 2020 melalui laman PMB Polines.
  2. Jadwal dan tempat verifikasi tidak buta warna bagi peserta yang memenuhi kualifikasi pada program studi di Jurusan Teknik Mesin dan pada program studi di Jurusan Teknik Elektro akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman tanggal 18 Juli 2020.
  3. UKT Cadangan diumumkan tanggal 18 Juli 2020. Cadangan mengisi surat pernyataan kesanggupan diterima bisa diunduh di laman pmb.polines.ac.id (untuk mengisi kuota apabila ada yang mengundurkan diri), dan mengirimkan melalui emai [email protected]
  4. Pengumuman Cadangan Diterima pada tanggal 25 Juli 2020.

Itulah informasi terbaru yang bisa Mamikos bagikan terkait jadwal daftar ulang SBMPN Politeknik 2020 khususnya untuk Pens, Polsri dan Polines. Mamikos infokan kembali, jika dirimu belum mengecek pengumuman SBMPN silahkan cek hasilnya melalui laman sbmpn.politeknik.or.id. Jika dirimu dinyatakan lolos dalam SBMPN 2020, jangan lupa untuk segera melakukan pendaftaran ulang ya! Untuk informasi terkait daftar ulang di politeknik lainnya, silahkan cek situs Mamikos ya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close