Ingin Tahu Tanda Atau Ciri Malam Lailatur Qadar?

Malam lailatul qadar setiap bulan ramadhan menjadi dambaan setiap umat islam untuk mendapatkannya.
Sebagian orang ada yang menghususkan seluruh bulan ramdhan untuk beribadah dan berharap mendapatakan malam lailtul qadar.
Sebagian orang ada juga yang lebih menghususkan pada 10 malam terakhir di bulan ramdhan biar mendapat malam lailatur qadar.

Namun apakah mendapat malam lailatul qadar tersebut?

Guru Madrasah ingin mencoba menuliskan ciri – ciri malam lailatul qadar dan bagaimana ciri orang yang telah mendapat malam lailatul qadar tersebut.

Guru Madrasah dalam hal ini mencoba meresume dari aneka macam sumber. Praktis – mudahan bisa beranfaat.

Berikut yaitu Tanda atau Ciri Malam Lailatul Qadar

1. Tanda atau ciri yang pertama, malam lailatul qadar yaitu malam yang tidak panas dan tidak dingin, siangnya matahari muncul dengan kemerahan lemah. ( Riwayat Ibnu Khujaimah)
2. Tanda atau ciri yang ke dua yaitu Rosululloh SAW bersabda, :”Sesungguhnya saya diperlihatkan malam lailatul qadar kemudian saya dilupakan, beliau ada disepuluh malam terakhir. Malam itu cerah tidak panas dan tidak hambar bagaikan bulan menyikap bintang – bintang. Tidaklah keluar setannya sampai terbit fajar.” ( HR Ibnu Hibban).
3. Yang ketiga Rosululloh bersabda :”Sesungguhnya pada malam itu malaikat turun ke bumi lebih banyak daripada pasir. ” ( HR Ibnu Khuzimah).
Mungkin alasannya malaikan turun ke bumi begitu banyak, akan ada suasana tenang.
4. Matahari terbit dipagi hari cerah tanpa sinar ( HR Muslim)
5. Kemungkina datangnya malam lailatul qadar bahkan di sebutkan waktunya
Dari Ibnu Umar bahwa Rosululloh SAW bersabda :” Carilah beliau di sepuluh malam terakhir. kalau salah seorang dari kalian lemah atau tidak bisa maka janganlah dikalahkan di tujuh malam terakhir.”
Nah itulah tanda atau ciri  datangnya malam lailatul qadar.

Ciri – Ciri orang Yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

1. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Abuhuroiroh : Rosululloh SAW bersabda barang siapa yang solat qiamulail qodar dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka dosa – dosanya yang telah kemudian dimapuni.
2. Merasakan ketenangan hati
3. Kelezatan ibadah
4. Namun sebagian ulama menyampaikan tidak ada tanda khusus seseorang yang telah mendapat malam lailatul qadar, beliau hanya mendapat kemulyaan malam tersebut dengan ampunan dosanya dan harapannya di kabulkan.
Dengan demikian menyikapi malam lailatul qadar yaitu harus terus beribadah sunguh – sungguh dalam bulan ramadan ini dan beribadah sungguh – sungguh sesudah bulan ramadhan ini dengan hanya mengharaf ridho Alloh.
Sahabat berkata kalau ingin mendapat malam laitalut qadar, maka sholat malamlah sepanjang tahun.
Semoga kita semua mendapat kemulyaan malam lailatul qadar. Aamiin
Demikian seputar tanda dan ciri malam lailatul qadar beserta tanda pada orang yang mendapatkannya.
Semoga bermanfaat.
loading...
close