Informasi Pengumuman Hasil SBMPTN UGM 2021/2022

Tidak terasa tahun 2021 sudah akan memasuki pertengahan tahun yang mana itu artinya berbagai sistem seleksi masuk ke berbagai jenjang pendidikan akan sangat banyak dilakukan. Salah satu sistem seleksi yang paling dinantikan terutama oleh para calon mahasiswa yaitu SBMPTN yang merupakan kepanjangan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.

Di dalam proses SBMPTN ini nantinya para calon mahasiswa berhak memilih universitas maupun jurusan yang diinginkan. Sehingga tidak dipungkiri beragam informasi seperti pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 ataupun universitas lainnya akan ramai dicari pada tahun ini.

Perbedaan Antara SNMPTN Dan SBMPTN

kagama.co

Namun sebelum jauh membahas mengenai SBMPTN, bagi kalian yang baru pertama kali mengikuti seleksi semacam ini tentunya akan merasa sedikit kebingungan. Sebenarnya sistem masuk perguruan tinggi ada banyak jalur namun yang sering diperbincangkan yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Walaupun sama-sama merupakan jalur masuk perguruan tinggi namun keduanya memiliki perbedaan.

Pengertiannya

Perbedaan pertama tentu saja dilihat dari artinya untuk SNMPTN merupakan seleksi nasional untuk beragam perguruan tinggi negeri dan biasa sistem ini lebih akrab dikenal dengan seleksi jalur undangan. Sedangkan untuk SBMPTN kalian diharuskan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), yang nantinya hasil tes menjadi penentu lolos tidaknya kalian masuk ke universitas impian.

Waktu Pelaksanaan

Perbedaan lainnya terletak pada waktu pelaksanaannya dimana untuk SNMPTN tentunya diselenggarakan lebih awal antara bulan Januari-Februari. Kemudian untuk SBMPTN mendekati tengah tahun pada bulan Mei-Juni.

Perbedaan waktu diantara keduanya tentu menjadi angin segar bagi kalian. Sehingga bagi yang tidak berhasil lolos masuk ke universitas impian melalui jalur SNMPTN bisa mencobanya lagi pada saat seleksi SBMPTN.  Agar tidak ketinggalan informasi sebaiknya selalu simak pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 ataupun universitas lainnya agar kalian tidak ketinggalan informasinya.

Proses Seleksi

Untuk proses seleksi diantara keduanya juga memiliki perbedaan dan bisa dikatakan untuk SNMPTN lebih banyak membutuhkan persyaratan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan seperti nilai rapot (5 semester akhir). Tidak hanya itu saja melainkan ada banyak pertimbangan lain seperti jejak alumni, prestasi akademis dan lainnya.

Walaupun seleksi yang satu ini memerlukan banyak persyaratan namun sisi positifnya kalian tidak perlu susah-susah mengikuti ujian tertulis. Untuk SBMPTN berbanding terbalik karena persyaratan yang dibutuhkan cukup mudah namun kalian harus melalui yang namanya tes tertulis.

Jadi bagi kalian yang tidak lolos jalur SNMPTN dan ingin nama kalian terpajang pada pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 ataupun lainnya dengan status lulus pastikan untuk belajar sungguh-sungguh. Walaupun masih ada seleksi lainnya namun jika kalian sudah berhasil melewati seleksi SBMPTN akan sangat melegakan tentunya.

Ujian yang akan kalian temukan pada saat UTBK SBMPTN terdiri dari dua jenis. Tes Kemampuan Akademik dan juga Tes Potensi Skolastik adalah dua hal yang harus benar-benar harus dikuasai agar bisa mengerjakan ujian dengan lancar dan hasil maksimal.

Selain perbedaan yang sudah disebutkan diatas ada banyak perbedaan lainnya. Adapun perbedaan tersebut seperti biaya pendaftaran, kuota mahasiswa dari masing-masing jalur seleksi dan juga peserta yang diperbolehkan untuk mengikuti masing-masing jalur seleksi tersebut.

Jadi pastikan bagi kalian para mahasiswa baru untuk memahami tata cara dan juga pelaksanaan dari masing-masing sistem seleksi sehingga mengurangi kesalahan yang mungkin saja terjadi nantinya. Tujuannya tentu saja agar proses seleksi bisa berjalan aman dan nyaman.

Persiapan Melakukan SBMPTN

Setelah memahami perbedaan kedua mari lanjutkan pembahasan mengenai SBMPTN. Banyak hal yang harus kalian persiapkan untuk mengikuti tes ini, adapun beberapa persiapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut ini.

Menentukan Pilihan Jurusan

Hal pertama tentu saja kalian sudah memiliki gambaran akan masuk ke universitas dan jurusan apa. Akan lebih baik lagi jika kalian melakukan penelitian secara singkat sehingga kalian tidak asal dalam memilih jurusan yang diinginkan terutama. 

Banyak Berlatih Soal

Kemudian kalian juga harus banyak-banyak latihan soal UTBK menggunakan perangkat komputer. Tujuannya yaitu agar kalian terbiasa menghadapi soal tersebut, karena kita tidak pernah atau akan ada gangguan seperti apa nantinya. Namun jika kalian sudah terbiasa maka jika terjadi eror dan sejenisnya kalian lebih mudah mengatasi hal tersebut.

Selain mempelajari soal-soal biasa, usahakan juga untuk banyak berlatih soal HOTS. Untuk jenis soal yang satu ini tentu saja tingkat kesulitannya akan lebih tinggi sehingga membutuhkan kemampuan yang lebih. Keuntungan dari berlatih soal ini adalah ketika kalian terbiasa mengerjakan yang sulit maka soal mudah tidak akan terasa menyulitkan.

Kerjakan Dengan Cepat Dan Benar

Penting untuk diperhatikan disini adalah waktu pengerjaan UTBK diberikan batas waktu tertentu. Maka dari itu usahakan kalian dapat mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. Untuk melatih kemampuan tersebut pastikan untuk sering mengikuti try out.

Untuk mendapatkan try out online tidak sulit karena kalian bisa menemukannya bahkan secara gratis di internet ataupun mengunduh aplikasi tertentu. Jangan ragu juga ikut kelas khusus persiapan SBMPTN jika kemampuan yang dimiliki memang dirasa kurang maksimal.

Persiapan semacam itu walaupun terdengar sepele namun sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga impian kalian untuk bisa lolos dan namanya tercantum dalam pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 bisa terealisasikan.

Selalu Update Informasi SBMPTN

Hal penting lainnya yang harus diketahui yaitu mengenai bagaimana akses untuk mengetahui informasi dari pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 secara resmi. Informasi semacam ini akan sangat membantu jika memang lolos akan lebih cepat dalam melakukan persiapan lainnya.

Untungnya saat ini untuk melihat namamu masuk sebagai peserta SBMPTN yang lolos tidaklah sulit. Sudah ada situs resmi yang menyediakan informasi tersebut sehingga kalian tidak akan kebingungan dalam melakukan pengecekan.

Walaupun begitu situs semacam ini terkadang memiliki kendala terutama dalam hal akses. Seperti yang diketahui bahwa peserta SBMPTN jumlahnya sangat banyak dan tidak menutup kemungkinan pada saat pengumuman akan banyak peserta yang mengakses situs tersebut sehingga menyebabkan eror.

Untuk menghindari hal semacam itu terjadi ada baiknya akses situs pada jam sepi seperti dini hari misalnya. Tidak hanya itu saja kendala lain yang sering muncul yaitu peserta lupa akan nomor pendaftaran.

Informasi penting semacam itu ada baiknya kalian ingat dan catat dengan baik-baik. Tanpa adanya nomor tersebut hal-hal yang berhubungan dengan hal-hal seperti apakah namamu lolos atau tidak dalam pengumuman hasil SBMPTN UGM 2021 tidak akan pernah kalian ketahui.

Selalu ingat jangan sampai kecerobohan kecil menghambatmu untuk mengetahui informasi penting semacam itu. Walaupun mungkin bisa diurus dan diselesaikan namun akan sangat merepotkan kalian dan tentunya bisa menghambat.

Cek Pengumuman Hasil SBMPTN UGM 2021

anda bisa cek hasil pengumuman SBMPTN UGM 2O21 di http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ tanggal 14 Juni 2021 mulai pukul 15.00 Wib. Atau bisa cek di laman mirror https://sbmptn.ugm.ac.id/.

Jadi itulah sedikit informasi mengenai pengumuman hasil SBMPTN yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Persiapkan dirimu secara matang baik jasmani maupun rohani, berusahalah semaksimal mungkin untuk hasil yang terbaik.

Baca juga :

  1. Situs Alternatif Melihat Pengumuman SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  4. Pengumuman SBMPTN LTMPT ac id 2021/2022
  5. Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN 2021/2022

Tentu hasil yang terbaik adalah nama kalian bisa tercantum sebagai peserta yang lolos bukan. Jangan lupa juga untuk melihat jadwal-jadwal penting seperti pelaksanaan maupun pengumuman agar kalian tidak ketinggalan informasinya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close