Hindari Server Down, Ini 12 Link Alternatif Cek Hasil SNMPTN 2021

Hindari Server Down, Ini 12 Link Alternatif Cek Hasil SNMPTN 2021 – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah resmi ditutup pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB lalu. Kini, para peserta SNMPTN 2021 sedang dalam tahapan penyaringan di mana para peserta akan disaring sesuai kriteria dan beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh PTN. Jika tidak ada perubahan jadwal, pengumuman SNMPTN 2021 akan disiarkan secara resmi pada 22 Maret 2021. Yuk cek daftar link alternatif untuk cek hasil SNMPTN 2021 di bawah ini.

Link Alternatif Cek Hasil SNMPTN 2021

cdn.medcom.id

Pendaftaran SNMPTN 2021 mulai dibuka pada 15 Februari 2021. Tak semua siswa dapat mendaftarkan diri pada jalur SNMPTN, mengingat hanya siswa eligible atau siswa berprestasi saja yang bisa mendaftarkan diri. Sebelum sampai pada tahapan pengumuman SNMPTN, ada beberapa tahapan lainnya yang harus dilewati oleh para siswa guna mengikuti jalur SNMPTN 2021.

Apa itu SNMPTN?

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kerap disebut sebagai jalur bebas tes, SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi yang memiliki prestasi unggul. Berbeda dengan SBMPTN, SNMPTN hanya mengandalkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang sudah ditetapkan oleh PTN. Siswa juga tidak akan dipungut biaya untuk mengikuti SNMPTN, mengingat biayanya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Jadwal SNMPTN 2021

Adapun berikut jadwal lengkap terkait SNMPTN 2021 yang sudah Mamikos rangkumkan untuk anda.

  1. Registrasi akun LTMPT: 4 Januari – 1 Februari 2021
  2. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021
  3. Pengisian PDSS: 11 Januari – 8 Februari 2021
  4. Pendaftaran SNMPTN: 15 – 24 Februari 2021
  5. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
  6. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: jadwal dapat dilihat di lama PTN penerima.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021

SNMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru pertama yang dibuka oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada tahun 2021. Berfungsi sebagai jalur penerimaan yang menyaring seluruh calon mahasiswa terbaik, para peserta SNMPTN wajib memiliki prestasi baik itu prestasi akademik maupun prestasi lainnya yang sesuai dengan PTN. Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon peserta SNMPTN 2021, antara lain:

  1. Calon peserta merupakan siswa kelas terakhir pada SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan
  2. Calon peserta mempunyai prestasi akademik yang baik dan konsisten, serta dapat ditunjukkan dengan merupakan kuota terbaik di sekolahnya dan dilakukan oleh LTMPT.
  3. Calon peserta masuk kuota peringkat terbaik di sekolahnya di mana sudah ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.
  4. Calon peserta memenuhi persyaratan lainnya yang sudah ditentukan oleh masing-masing PTN.

Cara Daftar SNMPTN 2021

Adapun berikut ini adalah cara mendaftar SNMPTN 2021 yang dapat anda ikuti langkah-langkahnya:

  1. Pertama, siswa wajib melakukan login di portal LTMPT atau snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan. 
  2. Selanjutnya, silahkan isi data “Kelengkapan Data Orang Tua”di pada halaman profil.
  3. Kemudian, silahkan mengisikan pilihan prodi di halaman “Pilihan”.
  4. Setelah itu, siswa mengisikan portofolio di dalam “Portofolio”, jika prodi yang anda pilih mensyaratkan untuk mengunggah dokumen portofolio. Namun, apabila prodi yang anda pilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan. 
  5. Selanjutnya, silahkan mengisikan daftar prestasi di laman “Prestasi”. Isian di laman “Prestasi” ini sebenarnya bersifat tidak wajib, untuk itu isiannya tidak wajib ada. Namun, jika siswa ingin mengisi maka isilah prestasi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan oleh masing-masing pilihan di kolomnya.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi pada laman “Finalisasi” jika semua data yang anda isi sudah anda yakini kebenarannya. Perlu diketahui bahwa setelah melakukan finalisasi, maka isian data yang anda input tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah lagi dengan alasan apapun.
  7. Terakhir, siswa dipersilahkan untuk mengunduh dan mencetak kartu registrasi. 

Cara Cek Daya Tampung SNMPTN 2021

Sebelum siswa melakukan pendaftaran SNMPTN, tentu penting sekali untuk melakukan pengecekan daya tampung atau kuota masing-masing PTN melalui laman ltmpt.ac.id. Di laman resmi LTMPT akan terlampir data daya tampung PTN 2021, peminat pada tahun lalu, hingga info terkait jenis portofolio yang wajib dilampirkan Ketika mendaftar. Adapun berikut cara mengecek daya tampung masing-masing progam studi di tiap PTN yang bisa anda ikuti.

  1. Silahkan buka laman ltmpt.ac.id melalui laptop atau ponsel. Namun, Mamikos sarankan agar kalian mengakses laman ini dengan menggunakan laptop atau komputer guna hasil yang lebih baik.
  2. Selanjutnya, pilih menu “SNMPTN” yang ada di pojok kiri.
  3. Pilih “Daftar PTN & Poltek”
  4. Nantinya, akan tersedia dua pilihan yakni “Daftar PTN”dan “Daftar Politeknik”. Silahkan pilih salah satu sesuai jenjang yang anda inginkan.
  5. Setelah anda mengetahui daya tampungnya, maka anda pun tinggal memilih PTN yang dituju. Nantinya, akan muncul dua pilihan prodi yakni SOSHUM dan SAINTEK. Selanjutnya, akan muncul informasi seputar daya tampung sesuai dengan prodi dan PTN yang anda pilih.

Jumlah Pendaftar SNMPTN 2021

Selain memberikan himbauan saat melakukan pendaftaran, LTMPT juga memberikan informasi jumlah siswa yang telah mendaftar SNMPTN. Data jumlah peserta tersebut dihitung per tanggal 16 Februari 2021 pukul 22.30 WIB di mana data ini dihitung setelah siswa melakukan finalisasi atau mencetak Kartu Peserta. Berikut ini adalah rincian data siswa peserta SNMPTN 2021 resmi dari LTMPT.

  1. Siswa login: 355.144
  2. Siswa memilih program studi (Prodi): 145.530
  3. Siswa upload portofolio: 167
  4. Siswa sudah finalisasi: 101.459

Pengumuman SNMPTN 2021

Jika tidak ada perubahan jadwal, hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021 di laman resmi LTMPT di pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id. Untuk menghindari trouble saat mengecek hasil SNMPTN 2021, maka anda pun bisa menggunakan laman mirror di beberapa PTN. Adapun berikut 12 link alternatif yang bisa anda manfaatkan guna mengecek pengumuman SNMPTN 2021.

  1. snmptn.ugm.ac.id
  2. snmptn.ui.ac.id.
  3. snmptn.itb.ac.id
  4. snmptn.its.ac.id
  5. snmptn.ipb.ac.id
  6. snmptn.its.ac.id
  7. snmptn.undip.ac.id
  8. snmptn.unair.ac.id
  9. snmptn.untan.ac.id
  10. snmptn.unsri.ac.id.
  11. snmptn.unhas.ac.id
  12. snmptn.unand.ac.id

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan seputar pengumuman hingga link alternatif untuk mengecek hasil SNMPTN 2021. Buat anda yang mengikuti SNMPTN dan nantinya berhasil dinyatakan lolos, maka jangan lupa untuk melakukan pendaftaran ulang dengan mengecek jadwalnya di PTN penerima ya. Oh iya, jika anda membutuhkan informasi seputar kost-kostan di dekat PTN penerima maka jangan lupa untuk menginstall aplikasi Mamikos di ponsel. Di aplikasi Mamikos, anda bisa menemukan ribuan info kost-kostan di seluruh Indonesia lho.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close