Hari Ini Terakhir Pendaftaran LTMPT SNMPTN 1 Februari 2021

Hari ini terakhir pendaftaran LTMPT SNMPTN 1 Februari 2021 – Proses mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terdiri dari beberapa tahap. Jika dirimu bermaksud mendaftar SNMPTN tahun 2021, pastikan bahwa dirimu sudah memiliki akun LTMPT.

Pendaftaran Terakhir Akun LTMPT 2021

https://portal.ltmpt.ac.id/

Pendaftaran jalur masuk Perguruan Tinggi melalui SNMPTN adalah jalur yang pertama kali dibuka di awal tahun 2021. Jalur ini memungkinkan siswa siswi sekolah menengah dengan nilai rapor tinggi atau konsisten mengalami kenaikan dari semester 1 sampai 5 bisa mengikuti jalur ini. Dapat dikatakan bahwa jalur SNMPTN tidak bisa diikuti oleh seluruh siswa siswi SLTA, baik siswa SMA, SMK, dan MA. Bahkan, kuota pendaftaran SNMPTN berupa jumlah siswa siswi yang dapat mendaftar jalur ini ditentukan akreditasi SLTA.

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021

Setelah mendapatkan kesempatan untuk mendaftar PTN melalui jalur SNMPTN, ada tahap pendaftaran yang perlu dirimu tempuh.

• Pengumuman kuota SNMPTN 2021 berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A berhak mengirimkan 40% siswa – siswi terbaiknya, sekolah dengan akreditasi B berhak mengirimkan 25% siswa – siswi terbaiknya, dan sekolah dengan akreditasi C atau tidak terakreditasi berhak mengirimkan 5% siswa – siswi terbaiknya
• Jadwal layanan masa sanggah kuota SNMPTN: 28 Desember 2021 – 7 Februari 2021
• Jadwal registrasi akun LTMPT: 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
• Jadwal penetapan siswa yang eligible (layak) mendaftar SNMPTN 2021 : 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021
• Jadwal pengisian data PDSS: 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
• Tahap pendaftaran SNMPTN 2021: 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021
• Pengumuman kelulusan SNMPTN 2021: 22 Maret 2021

Perlu dirimu ketahui bahwa jadwal di atas dapat mengalami perkembangan dan perubahan sesuai kondisi terkini. Senantiasa pantau perkembangan informasi terbaru terkait pendaftaran SNMPTN 2021 melalui laman LTMPT 2021 dan media sosial terkait.

Data Penting untuk Mendaftar Akun LTMPT SNMPTN 2021

Keberhasilan pendaftaran akun LTMPT 2021 ditentukan oleh kelengkapan berkas atau dokumen yang dikirimkan oleh siswa – siswi sebagai pendaftar. Adapun data yang harus dipersiapkan sejak sekarang untuk mendaftar akun LTMPT SNMPTN adalah:

1. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah data yang harus dimasukkan oleh pihak sekolah ketika pendaftaran akun LTMPT dibuka. Pihak sekolah akan melakukan pendaftaran melalui website www.portal.ltmpt.ac.id. Jika ingin mengecek NPSN, cukup membuka website referensi.data.kemdikbud.go.id dan memilih menu “Data Master Pendidikan”. Akan muncul beberapa submenu tentang “Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)”. Lakukan pencarian berdasarkan provinsi, kabupaten, dan kecamatan yang diinginkan. Nantinya akan muncul data lengkap terkait NPSN sesuai nama sekolah. Selain itu, data yang lebih rinci terkait sekolah beserta SK dan fasilitasnya pun bisa dirimu dapatkan melalui laman tersebut.

2. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Pada bagian data siswa, NISN wajib diinput. Namun, dirimu tidak perlu khawatir jika sampai saat ini belum mengetahui NISN masing-masing. Langsung saja akses website https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama. dirimu akan diminta memasukkan nama, tempat dan tanggal lahir, serta mengisi captcha. Data NISN secara otomatis akan muncul dan menandakan bahwa siswa tersebut sudah terdaftar pada data Kemendikbud.

3. Tanggal Lahir Pendaftar

Jangan lupa untuk memeriksa kebenaran tanggal lahir pendaftar. Nantinya, data tersebut diperlukan dalam proses pendaftaran akun LTMPT. Sebagai acuan, dirimu bisa menggunakan data tanggal lahir dari akta kelahiran atau dokumen Kartu Keluarga (KK). Namun, apabila dirimu menemukan ada perbedaan data pada dokumen yang dimiliki, segera perbaiki berkas tersebut dengan menghubungi instansi terkait.

4. Email Aktif

Pendaftar akan diminta untuk mengisikan email aktif untuk syarat mendaftar akun LTMPT 2021. Sebaiknya gunakan email resmi dan dirimu ingat passwordnya. Nantinya email tersebut akan digunakan untuk proses pendaftaran SNMPTN selanjutnya. Catat password untuk pendaftaran agar tetap bisa mengakses email yang digunakan.

5. Pas Foto Terbaru

Siapkan dokumen pas foto terbaru berukuran 4 cm x 6 cm. Gunakan foto dengan pose formal dan bukan selfie atau tidak resmi. Hindari mengumpulkan pas foto menggunakan foto lama atau beberapa tahun sebelumnya agar identitasmu berhasil diverifikasi.

Cara Mendaftar Akun LTMPT

Siswa – siswi sekolah menengah yang akan mendaftar SNMPTN 2021 wajib memiliki akun resmi LTMPT. Adapun tahap pembuatan akun LTMPT untuk pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman website untuk mendaftar akun LTMPT 2021 di https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Mulailah proses pendaftaran dengan memasukkan data NISN, NPSN, dan tanggal lahir
  3. Lakukan aktivasi akun menggunakan email aktif yang digunakan untuk mendaftar
  4. Lakukan verifikasi akun dan validasi akun LTMPT

Proses pendaftaran akun LTMPT tersebut bisa dirimu lakukan dari rumah hanya berbekal dokumen dan koneksi internet memadahi. Jika dirimu sudah menempuh seluruh tajapan pendaftaran, akan muncul notifikasi untuk aktivasi akun. dirimu akan diminta membuka kotak masuk pada email aktif (yang digunakan untuk mendaftar akun LTMPT).

Tahap Aktivasi Akun, Verval, Verifikasi Data, hingga Menyimpan Permanen Data

Tahap penting yang masih perlu ditempuh pendaftar ketika melakukan pendaftaran akun LTMPT adalah aktivasi akun, verval, verifikasi data diri, serta penyimpanan data secara permanen. Adapun proses yang perlu ditempuh antara lain.

  1. Aktivasi akun LTMPT. Proses aktivasi dilakukan dengan membuka email pendaftar dan mengeklik tautan atau link di dalamnya. Pendaftar akan diarahkan untuk melakukan login kembali.
  2. Verval akun LTMPT. Dilakukan dengan memilih menu “verval”, kemudian mengisi kelengkapan data yang diperlukan.
  3. Verifikasi data diri akun LTMPT. Tahap ini mewajibkan pendaftar untuk mengisi data NIK, agama, alamat tinggal, dan nomor HP aktif.
  4. Verifikasi data riwayat sekolah. Periksa kembali data yang akan diisikan berupa NPSN, nama sekolah, jurusan, status keaktifan, tanggal siswa masuk sekolah, dan semester masuk kelas 12.
  5. Mengunggah foto untuk akun LTMPT
  6. Menyimpan permanen data akun LTMPT. Pendaftar dapat memberi tanda checklist pada kalimat “saya menyatakan bahwa data yang saya isikan dalam borang ini adalah BENAR. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan keikutsertaan pada SNMPTN dan/atau UTBK – SBMPTN apabila data yang saya isikan TIDAK BENAR”.
  7. Mengunduh bukti registrasi akun LTMPT 2021

Batas Waktu Pendaftaran Akun LTMPT 2021

Perhatikan deadline setiap tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 agar dirimu dapat mempersiapkan persyaratannya dan tidak tertinggal prosesnya. Sebab, jika dirimu melewatkan salah satu tahapannya, proses pendaftaran SNMPTN 2021 akan dianggap gugur dan dirimu tidak akan diikutkan proses seleksi. Salah satu akun yang wajib dibuat oleh peserta SNMPTN adalah akun LTMPT 2021 yang pendaftarannya akan ditutup pada 1 Februari 2021.

Sebaiknya lakukan pendaftaran sebelum batas waktu pendaftaran akun LTMPT 2021 ditutup pada 1 Februari. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari server yang penuh dan sulit diakses. Selain itu, dirimu pun bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kesalahan memasukkan data dokumen dan proses lainnya. Jika dirimu mendaftar lebih awal, rasa panik ketika mendaftar pun bisa diatasi.

Setelah mengetahui informasi hari ini terakhir pendaftaran LTMPT SNMPTN 1 Februari 2021, apakah dirimu sudah melakukan pendaftaran?. Periksa kembali kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar akun LTMPT. Gunakan operator seluler dengan kecepatan stabil ketika mendaftar agar prosesnya lancar. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close