Hal-Hal Unik Dibulan Ramadhan

Bulan ramadhan kali ini telah tiba, telah bergemuruh ucapan aamiin ketika mengaminkan bacaan al fatihah ketika tarawih. Anak – anak juga telah libur sekolah dan sebagian juga telah menggantinya dengan pesantren kilat. Hampir ibarat itulah acara – acara bulan ramadhan dilalui.

Namun diantara berlalunya bulan ramadhan yang khas, ternyata meninggalkan hal – hal yang unik. Ingin tahu hal apa saja yang unik dibulan ramdhan? Okeh berikut Guru Madrasah ulas.

Hal lain yang dapat anda simak alasannya yakni pada bulan ramadahn ini biasanya banyak yang bepergianTips Bepergian Supaya Tidak Sulit Melaksanakan Sholat

1. Rame !

Ilustrasi rame oleh monitoday.com

Loh ko rame jadi unik?

Apa uniknya?

Apanya pula yang  rame?

Tenang dulu pemirsa begini nih legendanya. Eh legenda, ceritanya.

Kalo ga tau, ga mengalami bulan ramadhan kali nih 😀 Becanda!

Ternyata fakta mengambarkan bahwa setiap sore dibulan ramdhan makin rame.

Ternyata pada sore hari dibulan ramadhan orang – orang makin banyak yang berkumpul, entah itu hanya sekedar menunggu waktu berbuka atau membeli kuliner untuk berbuka puasa.
Nah dengan ibarat itu maka jadilah bulan ramdhan itu lebih rame.

Dintara selesai tenaga sehabis seharian nahan makan dan minun padahal pada siang harinya sudah ngos- ngosan mau buka tapi aib sama semut yang berbaris di dinding.  Eh ternyata pada sore hari besar lengan berkuasa untuk berkumpul dengan teman – teman bahkan tidak ngosan-ngosan lagi. Bergembira ria menunggu datangnya buka puasa. Unik bukan!?

2. Makin Banyak Yang Jualan Makanan dan Minuman

Hal unik selanjutnya yakni makin banyak yang jualan kuliner dan minuman.
Heran saya, bulan ampunan itu yakni bulan dimana dua bagiannya yakni menahan diri dari makan dan minun.

Baca Juga  Karugian Yang Besar Bagi Yang Tidak Puasa Di Bulan Ramadhan Mohon Bantu Sebarkan Mungpung Masih Ada Sisa Waktu

Orang harusnya berpikir bila semua orang dihentikan makan dan minun ketika puasa harusnya itu tidak laris dong para penjual kuliner dan minuman.

Tapi apa yang terjadi?

Penjual kuliner dan minuman bertambah.
Tidak mungkin bila tidak laris malah bertambah jumlah penjualnya.

Betul bahwa jualan kuliner dan minuman itu hanya sore hari aja yang menjamur banget, tapi harusnya dengan volume penjualan yang ada saja sudah terpenuhi kebutuhan rakyat yang tidak begitu bertambah.

Penjual yang sudah ada tetap ada, penjual yang gres bermunculan dimana – kondusif tapi tetap saja pada laku.
Unik bukan.?!

3. Jika kita perhatikan isu ternyata banyak kawasan hiburan tutup

Ini yakni hal unik selanjutnya. Tempat hiburan malam, baik milik artis ataupun pengusaha lainnya ternyata pada bulan ramadhan tutup.
Ini Unik dan mengingatkan saya akan kata – kata pak ustadz waktu mengaji.

Pada bulan ramadhan ini setan – setan dibelenggu. Tidak ada setan yang berkeliaran.

Melihat fakta nomer tiga ini saya sedikit tersenyum, setidaknya ada dua kemungkinan yang saya pikirkan. .

Pertama

Ternyata para pengusaha hiburan malam pada bulan ramadhan menutup kawasan hiburannya alasannya yakni menghormati bulan dimana orang – orang khusu bribadah. Supaya orang – orang yang biasanya tiba ketempatnya bersama – sama tarawehan di mesjid – mesjid.
Atau

Kedua

Pengusaha sadar bila setan sedang dibelenggu, jadi pengusaha tahu tidak akan terlalu laris kawasan hiburan malamnya.

Husss emang yang tiba ke kawasan hiburan malam setan apa?

Ya bukan setan,  tapi kalo setan aja udah dibelenggu nanti kalo terjadi keributan atau lupa pulang terus ribut sama istri mau nyalahin siapa coba?

Baca Juga  Puasa Syawal Dulu Atau Puasa Kadha Dulu?

Setan?!

Kan ga ada udah di belenggu.

Eh emang kawasan hiburan malam kawasan keributan apa?

Ya bukan juga.

Ah pokonya gitu deh dihentikan protess. Sayakan cuman denger di TV doang. he…

Catatan :sepertinya kemungkin kedua yang saya pikirkan salah banget jadi jangan dihiraukan saja. Lanjut saja pada hal unik selanjutnya di bawah ini.

4. Masjid-Masjid Kaprikornus Sempit

Nah ini yakni hal unik selanjutnya, masjid – masjid jadi sempit.
Padahal setiap tahun masjid ada saja yang dibangun dan diluaskan bangunannya, namun pada bulan ramadhan mendadak menjadi sempit.
Sandal – sandal berbaris rapih didepan masjid atau kawasan penyimpanan sandal dan sepatu.

Masjid – masjid jadi sempit bukan sempit alasannya yakni mengecil tapi jumlah yang tiba menjadi banyak. Sholat subuh yang biasanya hanya 2-5 orang, pada bulan ramdhan ini alhamdulillah bershaf – shaf.

Masjid biasanya diisi waktu sholat saja, pada bulan ramdhan ini setiap waktu ada orangnya. Subhanalloh.

5. Banyak Yang Baca Al Qur’an

Hal unik selanjutnya yakni banyak yang baca al qur’an.

Nah bila hari – hari biasa yang baca qur’an paling pada waktu pengajian saja itu juga surat yaasiin aja. Namun pada bulan ramdhan ini tidak hanya surat yaasiin yang dibaca. Melainkan mulai al fatihah hingga an nas. Dan hampir setiap waktu ada yang membacanya.
Jika pada hari – hari biasa 1 juz dibaca dapat hingga 11 bulan, namun pada bulan ramadhan 1 juz dapat jadi hanya setengah jam saja.

Subhanlloh.

Setah sholat subuh atau isa biasanya dipengeras bunyi terdengar lagu soundtracknya anak jalalan. Sekarang tidak lagi, yang ada yakni bunyi orang lagi ngaji.

Baca Juga  10 Daftar Lagu Religi Untuk Bulan Ramadhan 2018 / 1439 H

Kalo di kawasan lain saya kurang tau ya, silahkan saja di bedakan sendiri.

6. Banyak Makanan

Hal unik lagi yakni banyak makanan. Mungkin ini ada kaitannya dengan nomor dua.

Ehem abis liat lagi nomor dua ya? 😀
Faktanya yakni dimasjid – masjid banyak sekali kuliner khususnya ketika buka puasa.
Ada saja setiap hari kuliner untuk buka puasa.
Mulai kuliner kueh – kuehan hingga banyak sekali macam variasi nasi dan lauk pauknya.
Kaprikornus kalo lupa masak buat buka puasa kemesjid aja.
Kalo tidak ada kuliner berarti anda kurang beruntung. hehe…

7. Ada Banyak Orang Bawa Uang di Pinggir Jalan Bertumpuk – Tumpuk tidak takut dirampok

Ini yakni hal super unik, banyak orang yang membawa uang yang banyak di pingir jalan tapi tidak takut dirampok.

Ada tidak nih dibulan lain yang ibarat ini?
Jika pada bulan – bulan lain uang disembunyikan didompet meski uangnya sudah membawa golok, tapi pada bulan ramadhan ini uang tumpukan ditenteng.
Kaprikornus inget kata pak ustad lagi nih. Setannya lagi dibelenggu.
Praktis – mudahan aja tidak ada setan jadi – jadian atau setan kesurupan. :D:D:D  aamiin.
Nah jadi itulah Hal-hal Unik diBulan Ramadhan silahkan dapat di tambahkan sendiri sisanya. Semoga bermanfaat.

loading...