Gerak Jatuh Bebas : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Secara Lengkap

Gerak Jatuh Bebas : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Secara Lengkap –  Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Gerak Jatuh Bebas ??? Jika anda belum mengetahuinya anda sempurna sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena pada kesempatan kali ini akan membahas ihwal pengertian Gerak Jatuh Bebas, rumus gerak jatuh bebas, dan pola soal Gerak Jatuh Bebas secara lengkap. Oleh alasannya itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

  Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Gerak Jatuh Bebas  Gerak Jatuh Bebas : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Secara Lengkap

Pengertian Gerak Jatuh Bebas

Gerak jatuh bebas ialah gerak jatuh yang hanya dipengaruhi oleh gaya tarik bumi dan bebas dari kendala gaya-gaya lain. Gerak jatuh bebas termasuk GLBB dipercepat dengan kecepatan awal Vo = nol dan percepatan sebesar percepatan gravitasi (g).

Aplikasi faktual dari gerak lurus berubah beraturan dengan percepatan a positif (gerak lurus dipercepat dengan percepatan a tetap) ini ialah suatu benda yang dijatuhkan dari ketinggian h meter dengan kecepatan awal nol atau tanpa kecepatan awal. Percepatan yang dialami oleh benda tersebut ialah percepatan gravitasi bumi g (m/s2). Lintasan gerak benda ini berupa garis lurus. Gerak benda semacam ini yang disebut dengan gerak jatuh bebas.

Gerak jatuh bebas didefinisikan sebagai gerak suatu benda yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu di atas tanah tanpa kecepatan awal dan dalam geraknya hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi.


Rumus Gerak Jatuh Bebas

Gerak jatuh bebas bisa ditunjukkan sebuah benda jatuh tanpa kecepatan awal dari ketinggian h dan dipengaruhi oleh percepatan gravitasi g.

Secara matematis, gerak jatuh bebas ditulis:

vt = v0 + a.t

Karena v0 = 0 dan a = g, maka rumus di atas berubah menjadi:

vt = g.t

keterangan : vt = kecepatan (m/s), g = percepatan gravitasi (m/s2), dan t = waktu (s).

Adapun rumus untuk mencari suatu ketinggian benda (h) sanggup mengganti persamaan gerak lurus berubah beraturan, sehingga di dapatkan persamaan ketinggian benda untuk gerak jatuh bebas yakni:

h = ½ g.t2

Untuk memilih kecepatan benda yang jatuh bebas dari ketinggian h, sanggup ditentukan dengan memakai rumus:

vt 2 = 2gh


Contoh soal Gerak Jatuh Bebas

Suatu benda dilepaskan dari ketinggian 20 meter di atas tanah (g = 10 m/s^2). Berapakah kecepatan benda sehabis mencapai ketinggian 15 meter di atas tanah?

Penyelesaian:

Diketahui:

h1 = 20 m

h2 = 15 m

g = 10 m/s^2

Ditanyakan:

vt = ….?

Jawab:

h = h1 – h2

h = 20 – 15

h = 5 m

Kemudian sanggup kita tentukan kecepatan akhirnya:

vt 2 = 2gh

vt 2 = 2.10.5

vt 2 =100

vt = Akar 100

vt =10 m/s

Jadi, kecepatan jatuh dari benda tersebut yakni 10 m/s.

Itulah ulasan ihwal Gerak Jatuh Bebas : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Secara Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

Loading...
loading...
close