Future Perfect Tense (Pengertian, Referensi Kalimat, Rumus, Fungsi) Lengkap

Pengertian Future Perfect Tense

Dalam bahasa inggris, future perfect tense yaitu tense atau bentuk kalimat yang dipakai untuk menyatakan aksi, peristiwa, kejadian, kegiatan, dan lain sebagainya yang akan selesai di masa yang akan tiba atau dalam keadaan sempurna. Aksi yang terjadi dalam bentuk tense ini tidak harus di mulai di masa depan juga, namun sanggup berupa agresi yang terjadi di masa lampau namun di prediksi selesai di masa yang akan datang. Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  • I will have finished my homework at  4 pm. (saya akan sudah menuntaskan kiprah rumah aku pada pukul 4 sore)
Dalam kalimat tersebut terdapat keterangan waktu yang mengatakan masa depan. Namun terdapat auxiliary “will” dan “have” yang merupakan cirikhas dari jenis tense ini. Berarti kalimat diatas menyatakan bahwa “tugas aku akan selesai pada pukul 4 sore”.

 yaitu tense atau bentuk kalimat yang dipakai untuk menyatakan agresi FUTURE PERFECT TENSE (Pengertian, Contoh Kalimat, Rumus, Fungsi) LENGKAP

Rumus Future Perfect Tense

Future perfect tense merupakan bentuk kalimat dalam bahasa inggris yang tersusun dari adanya auxiliary “will” dan “have” serta di selesai dengan past participle (Verb – 3). Past participle atau kata kerja (verb) bentuk ketiga tersebut sanggup berupa regular maupun irregular verb. 

Sama halnya dengan tense yang lainnya. future perfect tense juga mempunyai dua bentuk, yaitu future perfect tense nominal dan verbal. Berkut yaitu tabel rumus future perfect tense baik mulut maupun nominal:

Nominal
Jenis Kalimat RumusContoh Kalimat Future Perfect Tense
(+)S + will + have + been + nominalWe will have been a couple next year
The movie will have been over tomorrow
(-)S+will+not+have+been+nominalWe will not have been a couple next year
The movie will not have been over tomorrow
(?)Will + S + have + been + nominalWill we have been a couple next year ?
Will the movie have been over tomorrow

Verbal

Jenis Kalimat RumusContoh Kalimat Future Perfect Tense
(+)S + will + have + V-3/past participleMy mother will have slept
My fater will have eaten
(-)S + will + not + have + V-3/past participlelMy mother will not have slept
My father will not have eaten
(?)will + S + have + V-3/past participleWill my mother have slept ?
Will my father have eaten ?

Keterangan:

  1. Penggunaan  auxiliary “Have” pada tense ini tidak terpengaruh oleh perubahan sujek dalam kalimat. Have tetap akan di gunakan walaupun subjek berupa He, She, It. Hal tersebut terjadi alasannya yaitu Have jatuh sesudah modal auxiliary “Will”. Setiap kata kerja yang jatuh sesudah modal auxiliary “Will” harus di kembalikan ke bentuk dasarnya (bare infinituve). 
  2. Penggunaan keterangan waktu dalam future perfect tense ini yaitu keterangan waktu yang mengatakan waktu yang akan datang. Selain itu, keterangan waktu juga bisa lebih di spesifik kan pada waktu tertentu di masa yang akan datang. 
  3. Keterangan waktu dalam tense ini biasanya di jelaskan secara detail dengan memakai jam, hari, bulan, tahun, dan seterusnya. Contoh keterangan waktu dalam tense ini contohnya by the end of this year, by this time next week, on sunday at 08.00 o’clock, tomorrow night, etc.

Fungsi Future Perfect Tense dalam Bahasa Inggris

FungsiContoh Kalimat Future Perfect Tense
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan agresi yang akan selesai sebelum waktu tertentu pada masa depanShe will have heard a news about it. 
Every student will have read the lesson. 
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan agresi akan selesai sebelum agresi lain terjadi di masa depan The show will have started by the time we get there. 
The taxi will have arrived by the time you finish dressing up.
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan agresi yang akan sudah selesai pada dikala tertentu sesudah berbicara.By the next monday, he will have lived in athens for exactly two years. 
When i leave the school next week i shaal have taught this class for ten year.                
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan suatu asumsi atau kesimpulan di masa depanYou will have heard, I expact that elixabeth is going to be married.
It is five o’clock, they will have arrived home by now.
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan total waktu berlangsungnya suatu insiden yang di mulai pada waktu lampau hingga waktu masa depan.I will have been here for one years next month. (saya (akan) sudah berada disini selama satu tahun bulan depan)
My father will have been in california for two years next month. (Ayah aku (akan) sudah berada di california selama dua tahun bulan depan)
Future perfect tens dipakai untuk menyatakan agresi yang di mulai pada waktu lampau dan segera selesai pada waktu akan datangLucia will have done his work bu the end of this week. (Lucia akan selesai mengejakan tugasnya menjelang selesai ahad ini)
By next week i will have read this book. (Menjelang ahad depan, aku akan selesai membaca buku ini)


Demikian ulasan artikel kami wacana future pefer tense yang mencakup pengertian, pola kalimat, rumus mulut dan nominal, serta fungsinya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.
Loading...
loading...
close