Final, Jadwal Kegiatan UTBK – SBMPTN 2020 Kondisi Normal Baru

Final, Jadwal Kegiatan UTBK – SBMPTN 2020 Kondisi Normal Baru – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di masa Pandemi Covid-19 telah mengalami banyak perubahan. Bagi anda yang senantiasa mengikuti perkembangan informasi terkait pelaksanaan UTBK, anda sudah tidak asing dengan info-info yang beredar. Ditambah lagi, kondisi new normal atau normal baru juga turut berpengaruh pada jadwal pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020.

Update Jadwal UTBK – SBMPTN 2020 Kondisi Normal Baru

unsplash.com

Jangan sampai anda melewatkan informasi-informasi penting terkait penyelenggaraan UTBK – SBMPTN saat normal baru. Sebab, selain ada perubahan terkait tata cara dan waktu pelaksanaan UTBK, ada pula aturan yang baru dibuat. Pada artikel berikut Mamikos akan membahas jadwal kegiatan final UTBK – SBMPTN 2020 saat kondisi normal baru.

Jadwal Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020 Kondisi Normal Baru

Banyaknya informasi yang beredar terkait tanggal pelaksanaan UTBK – SBMPTN tahun ini mungkin membuatmu bingung. Berdasarkan rilis resmi dari panitia penyelenggara UTBK, yaitu LTMPT, keputusan final tanggal pelaksanaan UTBK adalah:

Jadwal Pelaksanaan Tes UTBK

No Tanggal Tes Waktu Pelaksanaan Sesi 1 UTBK Waktu Pelaksanaan Sesi 2 UTBK
1 UTBK – SBMPTN tahap 1 (5 Juli – 14 Juli 2020) 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA) 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)
2 UTBK – SBMPTN tahap 2 (20 Juli – 29 Juli 2020) 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA) 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)

Berdasarkan jadwal tersebut, terdapat pembagian jadwal UTBK menjadi dua tahap. Peserta UTBK yang memilih tes tahap pertama akan mengikuti tes antara tanggal 5 – 14 Juli 2020. Peserta UTBK yang memilih tes tahap kedua menjalani tes antara tanggal 20 Juli – 29 Juli 2020. Sebagai peserta, anda pun bisa memilih sesi UTBK pada pagi hari atau pada siang hari.

Kondisi dirimu adalah pertimbangan penting sebelum memilih jadwal sesi UTBK. Jika merasa siap tes pada pagi hari, pilihlah jadwal pada sesi 1. Tapi, jika anda sulit bangun pagi dan ingin belajar materi UTBK lebih banyak, memilih jadwal sesi 2 bisa menjadi solusi. Tidak ada sesi 3 dan sesi 4 pada penetapan aturan terbaru. Saat ada waktu jeda tes UTBK selama 2 jam 45 menit, dilakukan protokol kesehatan pada pergantian sesi.

Tempat Penyelenggaraan UTBK – SBMPTN Saat Normal Baru

Lokasi untuk menyelenggarakan UTBK – SBMPTN 2020 dapat dipilih oleh masing-masing peserta. Jadi, anda bisa menyesuaikan lokasi pusat UTBK dengan tempat tinggal atau yang terdekat. Akses transportasi menuju pusat UTBK dan perlu tidaknya penginapan bisa dijadikan pertimbangan.

Peserta UTBK bisa mengikuti tes UTBK di lokasi mitra UTBK tambahan yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Namun, alasan yang diizinkan adalah peserta tersebut domisilinya di luar propinsi atau kabupaten atau kota dan tidak dapat hadir di lokasi Pusat UTBK PTN tempat tes. Alasan yang dimiliki peserta adalah keselamatan dan kesehatan. Selain itu, Pusat UTBK yang dipilih belum dapat menyelenggarakan tes karena suatu hal. Adapun pusat UTBK PTN bekerja sama dengan SMA sederajat mitra yang memenuhi persyaratan.

Waktu jadwal ulang dan perubahan lokasi tes akan dilakukan oleh panitia LTMPT serta Pusat UTBK PTN. Informasi dan pembaruan akan disampaikan pada seluruh peserta UTBK-SBMPTN melalui kanal informasi resmi.

Perluasan Layanan UTBK – SBMPTN Saat Normal Baru

Perluasan layanan untuk UTBK – SBMPTN dilakukan agar peserta yang datang dari luar kota lebih mudah menuju lokasi tes. Hingga saat ini terdapat 74 pusat UTBK yang lokasinya tersebar. Beberapa pusat UTBK telah bekerja sama dengan Mitra PTS maupun SMA/SMK untuk menyelenggarakan UTBK.

Pusat UTBK bisa bekerja sama dengan SMA/SMK di daerah untuk melayani peserta apabila tidak bisa datang ke Ppusat UTBK dikarenakan sebab tertentu. Adapun alasan yang diizinkan adalah karena peserta ada di luar provinsi, ada di kawasan zona merah, serta lokasi Pusat UTBK di zona merah.

Apabila peserta yang berasal dari luar kota tidak bisa datang ke tempat tes UTBK karena status daerah atau ketentuan lain, maka akan dilakukan penjadwalan ulang serta dipindahkan ke lokasi mitra yang memenuhi persyaratan. Nantinya pusat UTBK akan membuat ketetapan lokasi SMA atau SMK yang menjadi mitra pelaksanaan UTBK. Adapun jumlah dan tempat mitra menyesuaikan situasi dan kondisi

Jadwal Pelaksanaan UTBK – SBMPTN Per Hari Saat Normal Baru

Pahami pembagian jadwal ujian berikut agar anda bisa mempersiapkan diri dan tidak terlambat ketika datang ke lokasi.

• Sesi Pertama

09.00 – 09.05 WIB/WITA/WIT: Peserta memasuki ruang ujian
09.05 – 09.25 WIB/WITA/WIT: Pemeriksaan identitas dokumen peserta ujian
09.25 – 09.30 WIB/WITA/WIT: Latihan
09.30 – 11.15 WIB/WITA/WIT: Tes Potensi Skolastik (TPS)

• Sesi Kedua

14.00 – 14.05 WIB/WITA/WIT: Peserta memasuki ruang ujian
14.05 – 14.25 WIB/WITA/WIT: Pemeriksaan identitas dokumen peserta ujian
14.25 – 14.30 WIB/WITA/WIT: Latihan
14.30 – 16.15 WIB/WITA/WIT: Tes Potensi Skolastik (TPS)

Jadwal Pencetakan Kartu Tanda Peserta UTBK – SBMPTN

Karena adanya perubahan jadwal penyelenggaraan UTBK dan perubahan sesi, peserta ujian juga akan mengalami penyesuaian. Nantinya akan ada Kartu Tanda Peserta terbaru yang bisa dicetak. Informasi pencetakan kartu tersebut dapat dipantau melalui laman resmi LTMPT. Peserta akan diminta login pada laman LTMPT agar bisa melakukan pencetakan.

Kebijakan yang dikeluarkan panitia penyelenggara UTBK tersebut juga memperhatikan adanya perkembangan situasi pandemi Covid-19. Selain itu, pelaksanaan UTBK di seluruh pusat UTBK tetap memperhatikan izin Satgas Covid di masing-masing wilayah. Jadi, pelaksanaan UTBK – SBMPTN mengutamakan keselamatan dan kesehatan semua komponen.

Pengumuman Hasil UTBK – SBMPTN 2020 Kondisi Normal Baru

Dengan adanya perubahan jadwal UTBK – SBMPTN tahun 2020, maka pengumuman UTBK pun juga ikut berubah. Jika semula pengumuman SBMPTN dijadwalkan pada 25 Juli 2020, berdasarkan ketentuan terbaru pengumuman menjadi tanggal 20 Agustus 2020.

Ketentuan Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020 Normal Baru

Pelaksanaan UTBK saat normal baru wajib menerapkan protokol-protokol kesehatan. Baik peserta UTBK maupun panitia penyelenggara UTBK – SBMPTN menjalankan protokol Covid-19. Adapun protokol tersebut adalah:

1. Sterilisasi ruangan ujian di pusat UTBK dilakukan sehari sebelum pelaksanaan UTBK menggunakan spray disinfektan.

2. Perangkat komputer dan keyboard akan disterilisasi sebelum ujian dimulai menggunakan cairan disinfektan.

3. Peserta yang akan mengikuti UTBK diharapkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum tes.

4. Peserta wajib membawa barang untuk mencegah penularan Covid-19, seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, serta faceshield. Namun, panitia juga menyiapkan barang tersebut apabila diperlukan.

5. Peserta UTBK diharapkan langsung menuju lokasi pusat UTBK dan tidak mampir ke lokasi lainnya.

6. Peserta UTBK wajib mengetahui lokasi ujian dan ruangannya sebelum hari pelaksanaan tes UTBK. Detail ruangan bisa diakses dari laman resmi PTN.

Siap Mengikuti UTBK – SBMPTN Saat Normal Baru?

Demikian informasi terkini jadwal kegiatan UTBK – SBMPTN 2020 kondisi normal baru. Setelah mengetahui perubahan tersebut, sebaiknya anda mempersiapkan diri, baik materi maupun kesehatan. Ketika anda mengikuti tes UTBK – SBMPTN nanti kondisi tubuh harus prima karena tidak ada ujian ulang. Tidak hanya itu, anda juga perlu mempersiapkan barang-barang selain masker saat pelaksanaan UTBK tiba.

Jika tempat tinggalmu jauh dari lokasi pusat UTBK, gunakan bantuan aplikasi pencari kost Mamikos untuk memudahkan pencarian penginapan. Mamikos memberikan informasi terkini berupa kost-kostan dan apartemen yang bisa menjadi lokasi transit. Jadi, anda tidak perlu khawatir terlambat datang ke lokasi pusat UTBK saat hari H. Segera download aplikasi Mamikos di ponsel kesayanganmu dan booking kamar sedini mungkin.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close