Daya Tampung SNMPTN UINSA Surabaya 2020

Daya Tampung SNMPTN UINSA Surabaya 2020 – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel atau UINSA adalah salah satu kampus Islam negeri di Surabaya. Jurusan atau program studi di UINSA sangat bervariasi. Di sisi lain, peminat kampus UINSA pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jalur masuk UINSA Surabaya terdiri dari jalur tes dan non-tes, salah satunya adalah SNMPTN. Berikut ini adalah informasi daya tampung di UINSA melalui jalur masuk SNMPTN.

Informasi Seputar Daya Tampung UINSA Surabaya

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 117 602111 Surabaya, Jawa Timur. Kampus Islam di Surabaya ini mudah diakses dan lokasinya sangat strategis. Peminat kampus UINSA Surabaya sangat banyak, bahkan mahasiswanya pun datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Peluang menjadi mahasiswa UINSA Surabaya terbuka lebar bagi dirimu yang mendapatkan kesempatan ikut SNMPTN. Akreditasi UINSA Surabaya berdasarkan SK No. 167/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 dari BAN PT adalah A. Jika dirimu mempertimbangkan kampus yang terakreditasi, UINSA Surabaya layak dijadikan pilihan. Selain itu, program studi yang ditawarkan di UINSA Surabaya pun sebagian besar sudah terakreditasi A.

Untuk bisa masuk dan diterima sebagai mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, terdapat banyak jalur masuk. Jika dirimu ingin masuk tanpa tes, jalur yang bisa dipilih adalah jalur SNMPTN. Proses seleksi SNMPTN didasarkan nilai rapor dan tambahan portofolio. Sayangnya, tidak semua siswa sekolah menengah bisa mendapatkan kemudahan masuk PTN melalui jalur ini.

Dengan kuliah di UIN Sunan Ampel, dirimu tidak hanya mendapatkan pengetahuan umum saja. dirimu juga bisa memperoleh pengetahuan keislaman. Terdapat 9 fakultas di UINSA Surabaya, yaitu:

1. Fakultas Adab dan Humaniora
2. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
3. Fakultas Syariah dan Hukum
4. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
5. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
6. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
7. Fakultas Psikologi dan Kesehatan
8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
9. Fakultas Sains dan Teknologi

Setelah menyelesaikan studi di jenjang sarjana di UINSA, terbuka peluang untuk meneruskan studi hingga jenjang doktoral. Berikut ini adalah program studi untuk jenjang Master (S2) dan doktoral (S3) yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Jalur masuk UINSA bisa dirimu lihat melalui website resmi atau sosial media Universitas.

Program Studi Magister UINSA Surabaya

1. Program Studi Aqidah dan Filsafat
2. Program Studi Hukum Tata Negara
3. Program Studi Ekonomi Syariah
4. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
5. Program Studi Pendidikan Agama Islam
6. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
7. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
8. Program Studi Ilmu Hadits
9. Program Studi Dirasah Islamiyah
10. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Program Studi Doktoral UINSA Surabaya

1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
2. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
3. Program Studi Ekonomi Syariah
4. Program Studi Doktor Studi Islam

Daya Tampung SNMPTN di UINSA Surabaya

Daya tampung di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta tidak sama. Bahkan, kuota penerimaan mahasiswa baru di UINSA Surabaya dari jalur SNMPTN akan berbeda dengan kuota jalur mandiri. Ketika mendaftar jalur SNMPTN, pertimbangkan daya tampung yang disediakan UINSA Surabaya. Semakin banyak daya tampung yang ditawarkan, peluangmu diterima menjadi mahasiswa UINSA akan semakin besar.

Kuota penerimaan jalur di UINSA Surabaya tidak hanya dibuka untuk jalur SNMPTN saja. Apabila dirimu belum diterima di UINSA melalui jalur SNMPTN, langsung coba jalur lainnya. Ikutilah jalur masuk tes seperti SBMPTN atau jalur mandiri. Ada pula jalur SPMB PTKIN di UINSA Surabaya dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia.

Daya Tampung UINSA Surabaya Kategori Saintek

NoProgram StudiDaya Tampung
1Arsitektur21
2Biologi21
3Ilmu Kelautan21
4Matematika21
5Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam9
6Pendidikan Matematika24
7Sistem Informasi21
8Teknik Lingkungan21

 

Peluang diterima di UINSA Surabaya kategori saintek akan besar jika dirimu memilih program studi dengan kuota paling banyak. Namun, saat ini, kuota maksimal yang terdapat di program studi UINSA adalah Pendidikan Matematika. Untuk membuat prediksi penerimaan lebih akurat, dirimu bisa mencari tahu passing grade UINSA Surabaya. Semakin tinggi passing grade jurusan di UINSA Surabaya, persaingan semakin ketat.

Jika dirimu memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, pastikan bahwa nilai rapormu sudah bagus. Pasalnya, yang bersaing untuk memperebutkan jurusan UNS tersebut bukan hanya mahasiswa dari Solo saja, tetapi juga mahasiswa di seluruh Indonesia.

Daya Tampung UINSA Surabaya Kategori Soshum

NoProgram StudiDaya Tampung
1Akuntansi42
2Hubungan Internasional33
3Hukum12
4Ilmu Ekonomi31
5Ilmu Komunikasi42
6Ilmu Politik33
7Manajemen31
8Pendidikan Bahasa Inggris27
9Psikologi42
10Sastra Indonesia21
11Sastra Inggris39
12Sosiologi33

 

Program studi kategori Soshum yang dibuka di UNS berjumlah 12. Kuota program studi terbanyak ada di Program Studi Akuntansi, Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Psikologi. Sebenarnya, ketiga program studi tersebut merupakan program studi favorit di UNS. Jika dirimu ingin mendaftar, lihat terlebih dahulu passing grade dan jumlah peminat jurusan di UNS. Apabila jumlah peminatnya cukup banyak, penerimaan mahasiswa di jurusan tersebut tentu harus diseleksi dengan ketat.

Mencari Tempat Tinggal Nyaman Dekat UINSA Surabaya

Sudah yakin dengan program studi yang akan dirimu pilih di UINSA Surabaya?. Selagi menunggu pengumuman SNMPTN, lakukan hal produktif dan bermanfaat. Setelah dinyatakan diterima di UINSA Surabaya, mahasiswa rantau perlu melakukan survey lokasi dan lokasi tempat tinggal. Terdapat berbagai jenis tempat tinggal untuk mahasiswa di dekat UINSA, seperti rumah kontrakan, apartemen, serta kost.

Keterbatasan budget tinggal menjadikan kost diserbu mahasiswa UINSA Surabaya dan sekitarnya. Apabila dirimu ingin mencoba tinggal di kost, gunakan aplikasi kost terbaik Mamikos untuk memudahkan proses survey. Tidak perlu datang ke lokasi, pencarian kost bisa dilakukan hanya melalui ponsel. Bahkan, dirimu bisa survey online dari satu kost ke kost yang lain sekaligus membaca penjelasan detail terkait kost yang dimaksud. Setelah yakin, langsung saja lakukan booking kamar kost idamanmu.

Klik dan dapatkan kost yang dirimu idamkan:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close