Daya Tampung SNMPTN UIN Jakarta 2020

Daya Tampung SNMPTN UIN Jakarta 2020 – Mengetahui daya tampung program studi suatu Perguruan Tinggi menjadi kunci untuk membuat prediksi kelulusan SNMPTN. Meskipun cara tersebut tidak sepenuhnya akurat, setidaknya dirimu memiliki gambaran peluang akan diterima dan tidaknya di suatu program studi. Apalagi, persaingan untuk bisa diterima sebagai mahasiswa UIN Jakarta semakin ketat. Mamikos akan memberikan informasi daya tampung SNMPTN di UIN Jakarta tahun 2020 sebagai referensi.

Daftar Isi

Informasi Seputar UIN Jakarta


Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta sebenarnya bernama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Namun, karena lokasinya di Jakarta, orang-orang lebih sering menyebut UIN Jakarta. Lokasi kampus tersebut terdapat di beberap tempat berbeda.

• Kampus I UIN Jakarta: Jalan Ir H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412.
• Kampus II UIN Jakarta: Jalan Kertamukti, Ciputat
• Kampus III UIN Jakarta: Desa Cikuya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang

Transportasi menuju kampus UIN Jakarta terbilang mudah. Bahkan, fasilitas lingkungan yang memadahi menjadi motivasi para calon mahasiswa untuk menempuh studi di sana. Mahasiswa UIN Jakarta pun tidak hanya berasal dari ibukota, tetapi juga wilayah lain di Indonesia. Kondisi perkuliahan sangat heterogen. Beberapa fakultas yang terdapat di UIN Jakarta diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
2. Fakultas Ushuluddin (FU)
3. Fakultas Syariah dan Hukum (FSH)
4. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM)
5. Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)
6. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
7. Fakultas Psikologi (FPSI)
8. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK)
9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
10. Fakultas Adab dan Humniora (FAH)
11. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Fakultas tersebut tidak berada di satu lokasi yang sama. Akses menuju kampus-kampus tersebut juga mudah. Selain itu, fasilitas lingkungan di sekitar kampus terbilang lengkap. Berkaitan dengan jurusan,  dirimu tidak perlu khawatir karena jurusan atau program studi yang ditawarkan UIN Jakarta sangat beragam. Terbuka peluang bagi dirimu yang ingin meneruskan pendidikan hingga jenjang Master dan Doktoral di UIN Jakarta.

Daya Tampung SNMPTN di UIN Jakarta

Perbedaan jumlah kuota atau daya tampung untuk jalur SNMPTN akan dirimu temui di UIN Jakarta. Apabila dirimu tertarik mendaftar salah satu program studi di UIN Jakarta, pertimbangkanlah daya tampung yang ditawarkan. Selain itu, dirimu juga perlu memperhitungkan nilai rapor, passing grade UIN Jakarta, serta jumlah peminat SNMPTN di UIN Jakarta. Semakin banyak peminat suatu program studi di UIN Jakarta, persaingan pun akan semakin ketat.

Daya Tampung UIN Jakarta Kategori Saintek

No Program Studi Daya Tampung
1 Biologi 36
2 Farmasi 33
3 Fisika 30
4 Ilmu Keperawatan 30
5 Kesehatan Masyarakat 36
6 Kimia 36
7 Matematika 24
8 Pendidikan Dokter 30
9 Pendidikan Kimia 29
10 Pendidikan Matematika 29
11 Sistem Informasi 39
12 Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis 39
13 Teknik Informatika 39
14 Teknik Pertambangan 12

 

Berdasarkan tabel di atas, bisa dirimu lihat bahwa kuota paling sedikit dimiliki oleh Program Studi Teknik Pertambangan. Padahal, peminat Program Studi Teknik Pertambangan sangat banyak. Jumlah daya tampung SNMPTN terbanyak terdapat pada Program Studi Sistem Informasi, Teknik Informasi, dan Program Studi Agribisnis.

Daya Tampung UIN Jakarta Kategori Soshum

No Program Studi Daya Tampung
1 Akuntansi 53
2 Bahasa Dan Sastra Inggris 48
3 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 24
4 Ilmu Hubungan Internasional 36
5 Ilmu Hukum 36
6 Ilmu Perpustakaan 48
7 Ilmu Politik 24
8 Kesejahteraan Sosial 36
9 Manajemen 36
10 Psikologi 60
11 Sosiologi 24
12 Akuntansi 53

 

Pilih Program Studi kategori SOSHUM yang sesuai dengan passion. Daya tampung terbanyak di UIN Jakarta terdapat pada Program Studi Psikologi. Tapi, dirimu juga perlu tahu bahwa peminat Program Studi Psikologi sangat banyak, bahkan program tersebut merupakan salah satu program studi favorit.

Menunggu pengumuman kelulusan, apalagi berkaitan dengan lulus tidaknya ke Perguruan Tinggi tentu bukan waktu yang sebentar. Jika hanya dirimu habiskan dengan menunggu tanpa melakukan apa-apa, waktumu akan terbuang sia-sia. Ada beberapa tips dari Mamikos agar dirimu bisa produktif menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN.

1. Mencari Tahu Kurikulum Program Studi Pilihan

Persiapan diterima di program studi impianmu bisa menjadi motivasi untuk mencari tahu hal-hal yang akan dipelajari. Selain itu, persiapan membaca buku perkuliahan yang berkaitan pun akan membantumu jika perkuliahan sudah dimulai.

2. Membangun Relasi Baru

Saat ini, dunia sosial media sangat dekat dengan kita. Manfaatkan sosial media untuk membantumu mencari tahu kakak tingkat yang ada di UIN Jakarta. Selain bisa menemukan orang yang tepat, dirimu pun bisa bertanya-tanya terkait kegiatan perkuliahan di UIN Jakarta.

3. Mencari Perguruan Tinggi Alternatif

Kemungkinan terburuk dari mendaftar SNMPTN juga perlu dirimu pertimbangkan. Apabila dirimu dinyatakan lulus SNMPTN di UIN Jakarta, dirimu bisa bernafas lega. Tapi, jika belum diterima, dirimu perlu mengantisipasi kebingungan dengan mencari tahu PTN atau PTS lainnya. Pilih program studi yang sesuai passion dan belajarlah untuk ujian masuk. Masih ada jalur SBMPTN dan jalur mandiri yang bisa diandalkan.

Mencari Tempat Tinggal Nyaman dan Murah Dekat UIN Jakarta

Hunian nyaman bagi para perantau menjadi kunci betah tidaknya mereka di tanah rantau. Apabila dirimu belum pernah datang ke Jakarta, bahkan tidak tahu seluk beluk ibukota, persiapkan tenaga ekstra untuk mencari hunian. Tidak punya waktu untuk survey lokasi? Tenang, ada Mamikos sebagai aplikasi kost terbaik yang siap membantu.

Download aplikasi Mamikos di ponsel kesayanganmu agar penelusuran menjadi lebih mudah. Manfaatkan fitur di aplikasi agar dirimu bisa menemukan kost sesuai keinginan. Kost dekat UIN Jakarta murah tersedia dalam berbagai jangka waktu sewa, mulai dari harian hingga tahunan. Fasilitas kost di Jakarta pun bervariasi, mulai dari kost kosongan, kost dengan tempat tidur saja, hingga kost mewah bak apartemen. Bacalah keterangan tambahan yang terdapat di setiap kost karena kost yang berbeda akan memiliki aturan berbeda pula.

Setelah menemukan hunian kost idaman dekat UIN Jakarta, lakukan booking online dan pembayaran. dirimu pun bisa bersantai karena kostmu di Jakarta akan aman sampai hari kedatangan.

Klik dan dapatkan kost yang dirimu idamkan:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close