Daftar UTBK-SBMPTN 2021 Gelombang 1 atau 2? Begini Penjelasannya

Daftar UTBK-SBMPTN 2021 Gelombang 1 atau 2? Begini Penjelasannya – Masih sama seperti yang sudah terlaksana di tahun 2020, pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2021 akan diadakan selama 2 gelombang. Perbedaan waktunya ada 1 minggu setelah pelaksanaan Gelombang 1 hari terakhir. Untuk mendapat jadwal pada kedua gelombang pun ada cara dan pengertiannya tersendiri. Oleh karena itu, Mamikos bersedia membantumu dalam memilih jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021.

Penjelasan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Gelombang 1 dan 2

pexels.com

Untuk mendapat jadwal, baik Gelombang 1 maupun 2, ada beberapa jadwal dan persyaratan yang harus anda ikuti. Setelah mengikuti semuanya di waktu yang tepat, barulah anda bisa mendapat notifikasi jadwal antara Gelombang 1 dan 2. Sudah jelas, kapanpun anda melaksanakan UTBK-SBMPTN tahun ini, kesiapanmu untuk bertempur adalah hal yang paling utama.

Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Perlu diingat, ada tanggal penting yang wajib anda catat, mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman.

  1. Registrasi peserta ke akun LTMPT: 7 Februari sampai 12 Maret 2021.
  2. Pendaftaran untuk peserta UTBK-SBMPTN: 15 Maret sampai 1 April 2021.
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 12 sampai 18 April 2021.
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 26 April sampai 2 Mei 2021.
  5. Pengumuman resmi hasil SBMPTN: 14 Juni 2021.

Ketentuan Umum Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

Ada ketentuan umum dalam mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 yang wajib anda patuhi dan pahami.

  1. Peserta UTBK-SBMPTN 2021 hanya mendapat kesempatan satu kali tes.
  2. Hasil UTBK berlaku untuk melanjutkan pendaftaran SBMPTN 2021 dan Seleksi Masuk yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri masing-masing tahun 2021.
  3. Untuk beberapa program studi, selain hasil UTBK, para pendaftar wajib mencantumkan portofolio yang ditetapkan oleh PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri yang dituju.

Kelebihan dan Kekurangan Gelombang 1 dan 2

Sebenarnya, kedua gelombang yang tersedia ini tidak mempengaruhi seluruh aspek pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, termasuk skor yang akan anda peroleh. Hanya ada satu hal yang menjadi pembeda, yaitu tanggal pelaksanaan tes. Sehingga, ada kaitannya dengan persiapan anda sebagai peserta dan beberapa rumor antara gelombang 1 dan 2.

Kelebihan Mendaftar untuk UTBK-SBMPTN Gelombang 1

Sudah pasti, bahwa pendaftar yang mendapat Gelombang 1 maju berperang untuk mendapatkan kursi di PTN impiannya dahulu. Akan tetapi, ada cheat yang membuat anda beruntung karena mendapat gelombang seleksi yang diselenggarakan pada tanggal 12 sampai 18 April 2021.

Seperti butir-butir soal ujian pada umumnya, pasti terdapat soal dengan level mudah, menengah, dan sulit. Baik soal-soal yang diuji di Gelombang 1 dan 2, kandungan tingkat kesulitannya seimbang. Hanya saja, kalau soal di Gelombang 1 yang ditetapkan dalam kategori mudah, pada soal Gelombang 2 dimasukkan dalam kategori sulit.

Berdasarkan kasus tahun lalu yang juga merupakan satu poin lagi yang menjadi kelebihan jadwal UTBK-SBMPTN Gelombang 1 adalah mudahnya mendapat lokasi ujian.

Kekurangan Mendapat Gelombang 1

Di balik tingkat kesulitan soal dan kemudahan untuk mendapat lokasi seleksi, ada 1 kekurangan kalau anda mendapat jadwal di Gelombang 1. Kalau anda sudah menebak, jawabannya adalah kesiapan untuk menghadapi soal-soal UTBK-SBMPTN. anda harus mempersiapkannya sedini mungkin dan juga tidak ada acuan untuk mendapat sedikit bayangan nyata pada soal tahun ini.

Sebenarnya, anda punya pilihan untuk kapan sebaiknya mendaftar menjadi peserta UTBK-SBMPTN 2021. anda bisa menginput nama dan dokumen penunjang lain di hari kedua atau pertama sore hari. Dengan taktik ini, anda masih punya waktu untuk menentukan lokasi ujian.

Kelebihan Mendaftar UTBK-SBMPTN Gelombang 2

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, bahwa kedua gelombang UTBK-SBMPTN 2021 yang sudah ditentukan oleh panitia ini tidak mempengaruhi seluruh penilaian dan pendataan. Akan tetapi, ada beberapa kelebihan kalau anda mendapat Gelombang 2. Sudah jelas, anda mempunyai persiapan belajar lebih lama lagi, yaitu beda seminggu dengan Gelombang 1.

Selain itu, anda punya peluang yang besar untuk mengetahui sedikit bocoran soal yang diuji di Gelombang 1. Jadi, dalam sisa waktu seminggu, anda bisa konsultasi dan mendapat bimbingan dengan tutor atau teman belajarmu supaya lebih siap menghadapi tes. 

Kekurangan Mendapat Gelombang 2

Seimbang dengan persiapanmu yang lebih lama dari peserta Gelombang 1, maka tingkat kesulitannya juga berbeda walaupun kedua gelombang sama-sama memiliki soal yang mudah, menengah, dan sulit. Soal-soal yang akan anda kerjakan di Gelombang 2 mempunyai kadar yang mudah, sebenarnya itu adalah soal yang levelnya sukar di Gelombang 1. 

Beberapa kasus tahun lalu juga menyatakan bahwa pemilihan lokasi seleksi tidak secepat yang diberikan di Gelombang 1. Sehingga, pemberitahuan lokasi menjadi terlambat.

Untuk itu, anda sudah harus tahu kapan harus mendaftar dan Gelombang yang mana yang tepat untuk mu. Lebih baik, anda menghindar untuk mendaftar di hari pertama jam pertama sesudah pembukaan dan di hari terakhir pendaftaran supaya anda masih punya waktu untuk menentukan.

Syarat Peserta UTBK-SBMPTN 2021

Berikut adalah persyaratan peserta SBMPTN 2021 untuk mengikuti UTBK:

  1. Sudah mempunyai akun LTMPT.
  2. Seorang WNI dengan bukti kepemilikan NIK.
  3. Pelajar SMA/MA/K atau sederajat lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019, atau sudah mengikuti Paket C 3 tahun kebelakang dengan bukti ijazah dan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021. 
  4. Peserta tidak lolos pada tahap SNMPTN tahun 2019, 2020, dan 2021.
  5. Untuk peserta yang memilih prodi Saintek, wajib mengikuti seleksi TPS dan TKA kelompok Saintek.
  6. Untuk peserta yang memilih prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi harus dari lulusan jurusan IPA di SMA dan sederajat.
  7. Peserta yang memilih prodi Soshum, wajib mengikuti seleksi TPS dan TKA kelompok Soshum.
  8. Peserta yang memilih prodi Campuran, wajib mengikuti seleksi TPS dan TKA kelompok Saintek dan Soshum.
  9. Peserta yang memilih prodi bidang Kesenian dan Olahraga, wajib mencantumkan portofolio yang diminta.
  10. Membayar biaya tes melalui bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN sebesar Rp 200.000,- untuk kelompok Saintek dan Soshum, Rp 300.000,- untuk kelompok Campuran, dan gratis untuk penerima KIP Kuliah 2021.
  11. Memiliki kesehatan yang bukan menjadi penghambat proses studi.

Cara Mendaftar UTBK-SBMPTN 2021

  1. Melengkapi biodata yang diminta pada laman resmi LTMPT.
  2. Memilih program studi sesuai dengan jurusan dan ketentuan pemilihan PTN. Untuk program studi Kesenian dan Olahraga, wajib mengunggah portofolio.
  3. Memilih area pusat UTBK.
  4. Setelah proses antrian untuk mendapatkan nomor peserta, konfirmasi kartu peserta.
  5. Setelah konfirmasi kartu peserta selesai, melakukan upload kartu peserta. 

Ketentuan Memilih PTN dan Program Studi UTBK-SBMPTN 2021

  1. Peserta harus mematuhi aturan pemilihan kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.
  2. Memilih program studi paling banyak 2 jurusan di PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri yang dipilih.
  3. Perguruan tinggi dan jurusan yang terletak di urutan pertama adalah prioritas pertama.
  4. Memperhatikan daya tampung pada perguruan tinggi yang dituju untuk jalur SBMPTN yang bisa diakses di situs resmi LTMPT.

Dapat diketahui bahwa baik Gelombang 1 dan Gelombang 2 mempunyai konsekuensinya masing-masing. Keduanya bisa diraih dengan cara belajar dengan tekun dan tetap bahagia. Selain itu, anda tetap harus mematuhi peraturan pendaftaran supaya teman-teman pejuang PTN lain bisa mendapatkan kursi yang sama. Sambil istirahat belajar, anda bisa refreshing dengan melihat kamar kost yang dekat dengan kampus idaman di aplikasi Mamikos .


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close