Contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) Yang Dibawa Saat UTBK 2020

Contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) Yang Dibawa Saat UTBK 2020 – Pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan berlangsung kurang dari 2 minggu lagi. Seperti yang diketahui, untuk bisa mengikuti UTBK para peserta wajib membawa beberapa perlengkapan. Salah satunya saja adalah Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL). Lantas, seperti apa SKL yang dimaksud, simak info lebih lengkapnya di bawah ini.

Berikut Contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) Untuk UTBK

https://unsplash.com/

Selain mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, ada baiknya jika dirimu mempersiapkan perlengkapan lainnya yang juga harus dibawa saat ujian sedari kini. Kemudian, simpanlah perlengkapan tersebut dalam tas khusus agar tak tertinggal saat hari H ujian UTBK 2020. Salah satu perlengkapan yang tak boleh tertinggal adalah Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL).

Apa Itu Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL)?

Surat Keterangan Lulus (SKL) sekolah adalah surat keterangan lulus sementara selama Ijazah belum diterbitkan. Surat keterangan lulus merupakan surat yang bisa digunakan oleh seseorang untuk melakukan pendaftaran terkait jenjang pendidikan. Misalnya orang yang ingin daftar kuliah dari SMA, maka ia membutuhkan surat keterangan lulus SMA.

Saat mengikuti UTBK 2020, seluru peserta diwajibkan juga diwajibkan untuk membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir. Khusus untuk peserta lulusan tahun 2020, diwajibkan untuk membawa Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) yang sudah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru (3 bulan terakhir). Adapun berikut tampilan contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) yang bisa dirimu gunakan untuk mengikuti UTBK 2020:

3.bp.blogspot.com

Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL)?

Pada dasarnya alur pembuatan Surat Keterangan Lulus (SKL) sekolah di masing-masing institusi adalah berbeda-beda. Hal ini karena sebenarnya tidak ada dasar hukum yang secara gamblang menjelaskan prosedur pengeluaran surat keterangan lulus ini. Akibatnya tentu saja kemudian masing-masing institusi pendidikan membuat SOP sendiri yang seringkali berbeda-beda. Meski demikian secara garis besar proses yang harus ditempuh dalam membuat surat keterangan lulus cukup seragam.

Deretan Perlengkapan Lain Yang Harus Dibawa Saat UTBK

Selain Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL), para peserta juga diwajibkan untuk membawa beberapa perlengkapan lainnya seperti:

  1. Kartu peserta ujian
    Kartu peserta ujian juga menjadi salah satu perlengkapan lainnya yang tak boleh lupa dirimu bawa ketika akan mengikuti UTBK 2020. Untuk ketentuan cetak kartu peserta ujian ini, LTMPT menjelaskan bahwa peserta bisa mencetak kartu menggunakan kertas HVS beragam ukuran. Kemudian, jangan lupa untuk pastikan hasil cetakannya jelas, sehingga tulisan dan barcode bisa terbaca.
  2. Masker
    Dikarenakan Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19, seluruh peserta UTBK diwajibkan untuk menggunakan masker saat mengikuti UTBK. Peserta harus menggunakan masker saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak dengan peserta lain. Peserta juga harus berada dalam kondisi suhu tubuh normal atau sehat saat mengikuti ujian, yakni tidak lebih dari 38 derajat Celcius. Peserta yang tidak memenuhi standar kesehatan tidak diizinkan mengikuti tes dan tidak ada penggantian jadwal ujian di lain waktu.

Persiapan Lainnya Untuk Menghadapi UTBK

Selain Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL), kartu peserta ujian dan masker, peserta juga harus mempersiapkan hal lainnya guna menghadapai UTBK 2020. Adapun persiapan tersebut antara lain:

2 Minggu Sebelum UTBK
  • dirimu bisa latihan mengerjakan soal setiap hari. Namun, perlu diingat. Setiap hari bukan berarti harus melakukan sepanjang hari. Buatlah jadwal latihan mengerjakan dan mempelajari soal Tes Potensi Skolastik (TPS).
  • Lakukan try out setidaknya dua kali. Try out dilakukan secara mandiri. Try out merupakan simulasi mengerjakan semua soal dengan batas waktu tertentu seperti sedang menempuh ujian sebenarnya. Jangan lupa untuk mengecek jawabannya. Hal itu agar dirimu bisa mengetahui peningkatan dalam try out.
  • Rajinlah mengecek tips mengerjakan TPS. Siapa tahu ada yang bisa dirimu terapkan.
  • Hindari keluar rumah jika tak penting. Jagalah kesehatan. Jika terpaksa keluar rumah, pastikan dirimu telah meminimalisir risiko tertular dan menerapkan protokol kesehatan.
  • Batasi penggunaan media sosial dan handphone Tunda kesibukan lain yang menyita waktu dan energimu.
  • Makan teratur dan bergizi dengan porsi yang pas. Kurangi ngemil snack dan gorengan. Kekenyangan akan membuatmu malas gerak (mager). Gorengan akan membuatmu sakit tenggorokan.
  • Lakukan kegiatan yang membuatmu rileks sehingga bisa membuatmu semangat.
  • Selalu berdoa kepada Tuhan agar diberikan jalan yang terbaik
1 Minggu Sebelum UTBK
  • Cek dan lengkapi persyaratan terkait UTBK-SBMPTN 2020 seperti mencetak kartu ujian, mengambil surat keterangan lulus/ijazah, memfotokopi, dan lainnya.
  • Survei lokasi ujian. Pastikan juga kendaraan yang akan digunakan menuju lokasi ujian.
  • Latihan soal, latihan soal, latihan soal.
  • Lebih getol menjaga kesehatan.
  • Hindari begadang. Pastikan waktu istirahatmu cukup.
  • Semakin memperhatikan asupan makanan
3 Hari Sebelum UTBK
  • Perhatikan aturan hari H UTBK-SBMPTN 2020.
  • Pastikan semua kebutuhanmu telah tersedia termasuk kendaraan untuk menuju lokasi ujian.
  • Jangan sepelekan jika ada gangguan kesehatan. Jaga kondisi tubuh, perhatikan asupan makanan, banyak minum, dan konsultasikan kesehatan bila perlu.
1 Hari Sebelum UTBK
  • Cek perlengkapan yang akan dibawa pada hari ujian.
  • Baca lagi aturan tentang UTBK.
  • Bila ada aturan perubahan, jangan panik. Ikuti saja ketetapan yang telah diatur oleh panitia.
  • Istirahat yang cukup.
  • Boleh belajar latihan soal tetapi ingat, jangan diporsir.
  • Tidur lebih awal dan pasang alarm agar tidak telat.
  • Minta restu orangtua

Informasi Lain Seputar Pelaksanaan UTBK

Pelaksanaan UTBK tahun 2020 akan menyesuaikan dengan protocol kesehatan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Di mana ruang dan peralatan yang akan digunakan para peserta harus bersih dan sesuai protokol kesehatan. Tak hanya itu saja, komputer peserta juga wajib berjarak antara satu peserta dengan peserta yang lainnya. Selain itu, peserta juga harus mematuhi protokol kesehatan lainnya yaitu:

Sebelum pelaksanaan ujian

  1. Peserta ujian wajib menggunakan masker.
  2. Peserta masuk ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan.
  3. Sebelum memasuki lokasi/ ruang ujian, para peserta harus dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan Covid-19.
  4. Apabila peserta tidak memenuhi protokol kesehatan Covid-19, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Saat pelaksanaan ujian

  1. Peserta ujian wajib menggunakan masker.
  2. Apabila peserta merasakan indikasi permasalahan kesehatan dalam pelaksanaan ujian, harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Setelah pelaksanaan ujian

  1. Peserta ujian wajib menggunakan masker.
  2. Peserta keluar ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan.

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian terkait contoh Surat Keterangan Lulus Sekolah (SKL) yang wajib diwaba saat UTBK 2020. Mamikos infokan kembali, selain SKL dirimu juga diwajibkan untuk membawa kartu tanda peserta ujian dan masker. Selain itu, persiakan juga diri dirimu untuk menghadapi UTBK 2020 ya agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mendapatkan informasi terbaru terkait UTBK 2020, silahkan kunjungi situs Mamikos dan temukan informasinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close