Contoh Soal TPS UTBK & Jawabannya, Bisa untuk Daftar PKN STAN 2021

Contoh soal TPS UTBK & jawabannya, bisa untuk daftar PKN STAN 2021 – Seleksi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN akan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk bisa lulus PKN STAN, pahami konsep pengerjaan soal UTBK agar nilai yang dirimu dapatkan bisa tinggi.

Contoh-Contoh Soal TPS UTBK dan Pembahasannya

http://www.pknstan.ac.id/

Penerimaan mahasiswa di PKN STAN tahun 2021 mengalami perubahan dan penyesuaian jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dulu untuk bisa diterima sebagai mahasiswa di PKN STAN harus melalui tes tertulis secara langsung, tahun ini seleksi yang digunakan adalah nilai UTBK. Nilai tersebut memang tidak hanya digunakan untuk masuk PKN STAN, tetapi juga untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta ujian mandiri di beberapa Perguruan Tinggi.

Apabila nilai UTBK peserta tinggi, peluang untuk masuk PKN STAN dan lolos seleksi juga akan semakin besar. Salah satu kunci keberhasilan mengerjakan soal UTBK adalah banyak berlatih variasi soal-soal dan mempelajari pembahasannya. Sebagai referensi, berikut ini contoh-contoh soal TPS UTBK yang dapat membantumu mendaftar masuk PKN STAN tahun 2021.

Informasi Tentang PKN STAN

Di Indonesia, ada banyak Perguruan Tinggi Kedinasan, salah satunya adalah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Kampus yang dulu dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) kemudian berubah menjadi PKN STAN tersebut terdapat di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI. Jurusan di PKN STAN cukup beragam, yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, Jurusan Manajemen Keuangan, dan Jurusan Pajak.

Tahun 2021, siswa-siswi lulusan sekolah menengah, baik SMA, MA, atau SMK dapat memilih PKN STAN sebagai tempat studi tujuannya. Beberapa program studi yang bisa dipilih di PKN STAN untuk program reguler antara lain:

  1. Program Studi Akuntansi Diploma III
  2. Program Studi Akuntansi Diploma IV
  3. Program Studi Pajak Diploma I
  4. Program Studi Pajak Diploma III
  5. Program Studi Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan Diploma III
  6. Program Studi III Kepabeanan dan Cukai Diploma I
  7. Program Studi Kebendaharaan Negara Diploma I
  8. Program Studi Kebendaharaan Negara Diploma III
  9. Program Studi Manajemen Aset Diploma III

Ada pula program studi non-reguler yang diselenggarakan PKN STAN berupa:

  1. Program Studi Pajak dengan Kurikulum Khusus Diploma III
  2. Program Studi Kepabeanan dan Cukai dengan Kurikulum Khusus Diploma III
  3. Program Studi Kebendaharaan Negara dengan Kurikulum Khusus Diploma III
  4. Program Studi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus Diploma III
  5. Program Studi Akuntansi (Tugas Belajar) Diploma IV

Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru di PKN STAN Tahun 2021

Kuota penerimaan mahasiswa baru di PKN STAN tahun 2021 tidak sebanyak Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya. Terdapat 275 kuota yang dibuka untuk formasi afirmasi dan formasi reguler di berbagai lokasi di Indonesia.

• Formasi Afirmasi Diploma IV
Lokasi: Maluku
Jumlah formasi: 2
• Formasi Afirmasi Diploma IV
Lokasi: Maluku Utara
Jumlah formasi: 1
• Formasi Afirmasi Diploma IV
Lokasi: Nusa Tenggara Timur
Jumlah formasi: 1
• Formasi Afirmasi Diploma IV
Lokasi: Papua
Jumlah formasi: 5
• Formasi Afirmasi Diploma IV
Lokasi: Papua Barat
Jumlah formasi: 4
• Formasi Reguler Diploma IV
Lokasi: reguler
Jumlah formasi: 262

Cara Belajar untuk PKN STAN 2021

Selain perlu berlatih mengerjakan soal-soal agar semakin terbiasa, ada cara belajar lainnya yang perlu dirimu terapkan.

1. Buat Jadwal Belajar Materi TPS UTBK

Materi yang diberikan untuk UTBK STAN cukup banyak. Tentu tidak efektif apabila dirimu belajar secara mendadak. Dengan membuat jadwal belajar secara teratur, dirimu bisa mengetahui materi yang perlu diprioritaskan untuk dipelajari dan waktu yang tepat untuk mengulang pembelajaran. Mulailah dengan mempelajari materi TPS UTBK sulit, kemudian materi yang lebih mudah. Harapannya, dirimu bisa menguasai materi yang sulit dan akan lebih cepat mempelajari materi mudah di hari-hari mendekati waktu ujianmu.

Jika dirimu merasa lelah dan bosan belajar, ubah lokasi belajar atau gaya belajar. Ada banyak cara belajar yang bisa diterapkan, seperti menggunakan ilustrasi gambar, menggunakan rekaman suara, atau membuat ringkasan materi. Sesuaikan gaya belajar materi TPS UTBK yang paling membuatmu nyaman. Apabila nyaman berada di lokasi tenang, adanya working space, kafe, atau tempat yang menyediakan internet wifi bisa menjadi pilihan. Ada pula lokasi nyaman seperti di taman atau ruang terbuka sebagai alternatif jika dirimu bosan belajar di dalam kamar.

2. Mengutamakan Pemahaman Konsep dan Teori

Apakah cukup belajar TPS UTBK hanya dengan banyak mengerjakan soal-soal? Ternyata tidak. Justru yang perlu dirimu utamakan adalah pemahaman terhadap konsep dan teori. Sebab, peluang kemunculan soal yang sama saat UTBK tahun 2021 dengan tahun sebelumnya sangat kecil. Luangkan waktu untuk memahami konsep serta teori pada setiap soal. Jika sudah benar-benar paham, lanjutkan ke konsep berikutnya. Apabila dirimu hanya fokus mengerjakan banyak soal tanpa tahu konsepnya, dirimu akan kesulitan ketika dihadapkan dengan soal-soal berbeda.

3. Melakukan Evaluasi Mandiri Setelah Selesai Belajar

Maksimalkan proses belajar dengan adanya evaluasi secara mandiri. Saat ini ada banyak fasilitas try out online yang bisa dirimu manfaatkan, baik try out gratis maupun berbayar. Dengan mengikuti try out, pemahamanmu terhadap materi belajar bisa diukur dan pastinya dirimu bisa mengetahui skor hasil belajar.

Ingin melakukan evaluasi mandiri? Sebenarnya setiap belajar dirimu bisa mencatat soal-soal sulit atau soal TPS yang masih salah ketika dikerjakan. Nantinya soal-soal tersebut dapat dikerjakan ulang saat dirimu melakukan evaluasi mandiri. Lama kelamaan dirimu akan terbiasa mengerjakan soal sulit dan paham dengan pola pengerjaannya.

4. Mengikuti Bimbingan Belajar UTBK

Masih belum mencapai skor UTBK yang ditargetkan? Belajar prediksi soal STAN tahun sebelumnya bisa dirimu lakukan. Ada pula latihan soal STAN online yang mencakup prediksi soal STAN tahun 2021. Jika dirimu mengalami kesulitan belajar sendiri dan membutuhkan bantuan, cari tahu informasi bimbingan belajar UTBK yang fokus membahas soal-soal TPS untuk masuk PKN STAN. Biasanya, lembaga bimbingan belajar akan memberikan tips dan trik pengerjaan soal-soal, sehingga selain membuat dirimu paham tentang konsep, dirimu juga akan diajarkan cara mengerjakan soal secara cepat dan tepat.

Contoh Soal TPS UTBK untuk PKN STAN

Bacalah bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1—7.

Di Tingkat ASEAN, Cadangan Devisa Indonesia di Bawah Singapura dan Thailand. Cadangan devisa bank sentral Indonesia (BI) pada akhir 2018 menyusut US$ 10 miliar atau sekitar Rp133 triliun menjadi US$ 120,6 miliar atau setara Rp1.689,3 triliun dari tahun sebelumnya. Meningkatnya kebutuhan dolar Amerika Serikat (AS) seiring tingginya kebutuhan impor dibarengi dengan terbatasnya pasokan dolar AS dari hasil ekspor menjadi salah satu pemicu berkurangnya cadangan devisa Indonesia. Selain itu, intervensi bank sentral untuk menjaga rupiah agar tidak fluktuatif juga turut menekan cadangan devisa BI.

Di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), cadangan devisa BI berada di urutan ketiga di bawah bank sentral Singapura (MAS) US$ 292,7 miliar dan bank sentral Thailand (BoT) US$ 205,64 miliar. Seperti diketahui, sejak 1981 cadangan devisa bank sentral Singapura terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sementara bank sentral Laos memiliki cadangan devisa terendah, yakni hanya US$ 980 juta. Hingga akhir September 2018, cadangan devisa Indonesia telah bertambah US$ 3,67 miliar menjadi US$ 124,3 miliar. Adanya penarikan pinjaman dalam bentuk dolar AS serta perolehan devisa dari hasil ekspor mendorong tumbuhnya pundi cadangan devisa BI.

Dikutip dari http://databoks.katadata.com

1.Berikut adalah pernyataan yang salah berdasarkan paragraf pertama, kecuali…
A. Cadangan devisa bank sentral Indonesia (BI) menyusut hingga lebih dari 10 miliar dolar Amerika
B. Lebih dari Rp133 triliun rupiah, cadangan devisa Bank Indonesia menyusut pada tahun 2018
C. Kebutuhan dolar Amerika meninggi berbanding terbalik dengan rendahnya kebutuhan impor
D. Salah satu penyebab meningginya kebutuhan dolar Amerika adalah rendahnya pasokan dolar AS dari hasi lekspor
E. Campur tangan bank sentral dalam menjaga rupiah tidak bersifat fluktuatif

2.Berdasarkan paragraf pertama, jika kebutuhan impor dibarengi dengan tingginya pasokan dolar AS, maka…
A. Kebutuhan dolar AS menurun
B. Kebutuhan dolar AS menanjak
C. Cadangan devisa BI menyusut
D. Cadangan devisa BI meningkat
E. Intervensi bank sentral bersifat fluktuatif

3.Berdasarkan paragraf kedua, berikut adalah pernyataan yang benar jika cadangan devisa Indonesia berada di peringkat kedua ASEAN…
A. Indonesia sedang mengalami krisis moneter
B. Keungangan Indonesia sedang fluktuatif
C. Perkembangan ekonomi Indonesia dua kali lipat
D. Thailand sedang mengalami krisis moneter
E. Singapura sedang mengalami krisis moneter

4.Berdasarkan paragraf kedua, berikut adalah simpulan yang benar…
A. Indonesia sedang berada dalam krisis ekonomi sejak 1981
B. Laos adalah negara dengan cadangan devisa terendah hingga akhir September 2018
C. Thailand adalah negara dengan devisa tertinggi di ASEAN
D. Singapura adalah negara paling maju di ASEAN
E. Perkembangan ekonomi Indonesia tidak signifikan

5.Berdasarkan data, berikut adalah yang benar, kecuali…
A. Indonesia dan Vietnam memiliki selisih cadangan devisa sebanyak US$ 65,2 miliar
B. Kamboja dan Thailand memiliki selisih cadangan devisa sebanyak US$ 191,7 miliar
C. Thailand dan Singapura memiliki selisih cadangan devisa sebanyak US$ 87 miliar
D. Laos dan Kamboja memiliki selisih cadangan devisa sebanyak US$ 11,9 miliar
E. Indonesia dan Malaysia memiliki selisih cadangan devisa sebanyak US$ 19,2 miliar

6.Berikut adalah pernyataan yang mungkin benar jika Filipina mampu menaikkan devisa cadangannya sebesar 50%….
A. Filipina adalah negara dengan cadangan devisa tertinggi ketiga setelah Singapura dan Thailand
B. Filipina memiliki cadangan devisa sebesar US$ 118,7 miliar
C. Filipina adalah negara dengan cadangan devisa terbesar di ASEAN
D. Filipina memiliki cadangan devisa sebesar US$ 119 miliar
E. Filipina adalah salah satu negara yang berhasil lolos dari krisis moneter

7.Berdasarkan data, simpulan yang benar adalah…
A. Lima negara ASEAN dengan cadangan devisa tertinggi adalah Singapura, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Vietnam
B. Tiga negara ASEAN dengan cadangan devisa terendah adalah Laos, Brunei, dan Kamboja
C. Filipina dan Vietnam adalah negara dengan cadangan devisa paling aman di ASEAN
D. Thailand adalah negara paling berkompeten sebagai negara dengan devisa tertinggi di ASEAN setelah Singapura
E. Indonesia memiliki strategi khusus dalam menjalankan sistem ekonominya
sehingga memiliki perkembangan meski tidak signifikan

Kunci Jawaban

1.Jawab : D
Berdasarkan bacaan, yang sedang ditanyakan adalah kalimat yang benar dalam paragraf pertama. Maka, jawaban yang benar adalah rendahnya pasokan dolan AS dari hasil ekspor. Terbatas memiliki makna sama (sinonim) dengan sedikit atau rendah berdasarkan KBBI

2.Jawab : D
Dijelaskan pada paragraf pertama bahwa salah satu sebab menyusutnya devisa bank Indonesia adalah tingginya kebutuhan impor namun dibarengi dengan terbatasnya pasokan dolar. Maka, jika kebutuhan impor dan tingginya dolar AS seimbang, kemungkinan besar cadangan devisa BI meningkat

3.Jawab : C
Diketahui bahwa cadangan devisa Thailand berada di angka 205,64 miliar dolar AS sedangkan Indonesia 120,66 miliar dolar AS. Jika Indonesia berada urutan kedua, maka Indonesia sedang berada di fase perkembangan ekonomi sebesar dua kali lipat

4.Jawab : E
Berdasarkan paragraf kedua, dijelaskan bahwa Indonesia sedang mengalami kenaikan cadangan devisa sebesar 3,67 miliar dolar AS. Hal tersebut berarti bahwa Indonesia sedang mengalami perkembangan ekonomi meski tidak signifikan.

5.Jawab : D
Berdasarkan pengurangan, maka selisih yang salah adalah Laos dan Kamboja. Hasil yang didapatkan seharusnya sebesar US$ 12,9 miliar

6.Jawab : B
Jika jumlah data dibagi dua lalu ditambahkan dengan hasil mula-mula, maka Filipina memiliki cadangan devisa sebesar US$ 118,7 miliar dan menduduki posisi keempat setelah Indonesia sebagai negara dengan cadangan devisa tertinggi ASEAN

7.Jawab : D
Berdasarkan data, maka simpulan yang paling mendekati adalah Thailand memiliki kesempatan paling besar untuk menduduki negara dengan cadangan devisa paling tinggi di ASEAN karena menduduki posisi kedua setelah Singapura

Bacalah bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 8—14.

Perkembangan Podcast di Indonesia

Podcast mungkin baru terdengar gaungnya di Indonesia, tetapi telah lama dikenal di dunia. Pada 2004, The Guardian menyebutnya sebagai “audible revolution”. Sejak 2014, pendengar podcast melalui ponsel naik hingga 157%. Tentunya ada pula yang mendengar melalui perangkat lain seperti tablet atau komputer. Sepuluh besar negara dengan pendengar podcast terbanyak adalah Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Australia, Amerika, Italia, Kanada, Perancis, Jepang, dan Jerman. Genre terpopuler yang didengarkan di Korea Selatan adalah berita dan politik, musik, komedi, film, dan bahasa. Pendengar di genre politik sendiri mencapai 35,2%. Bisa dibilang podcast dianggap sebagai konten yang cukup kredibel untuk menjadi sumber berita meski penyiarnya bisa jadi individu, bukan organisasi tertentu.

Studi lain menyebutkan bahwa ada 51% dari total populasi penduduk Amerika yang menjadi pendengar podcast. Lima tema besar yang populer di Amerika adalah budaya, bisnis, komedi, berita dan politik, serta kesehatan. Mayoritas pendengar berusia 25 hingga 34 tahun. Artinya medium ini populer di kalangan muda. Bila dibandingkan dengan kelompok pendengar usia 65 tahun ke atas, jumlahnya hanya mencapai 6%. Hal ini bisa jadi karena kalangan muda lebih banyak menggunakan internet juga beragam perangkat teknologi komunikasi. Podcast belum cukup ramah untuk lansia.

Lantas, bagaimana dengan tren pengguna podcast di Indonesia? Ada 67,97% yang mengaku familiar dengan podcast. Dari jumlah itu, 80,82% mendengarkan podcast dalam enam bulan terakhir. Namun bukan berarti mereka adalah mendengarkan podcast secara intens. Separuh dari responden mengakui belum yakin untuk mendengarkan podcast secarareguler. Mayoritas juga mengatakan bahwa idealnya durasi podcast mencapai sepuluh hingga dua puluh menit saja.

Di Indonesia sendiri ada beberapa influencer yang mulai melirik podcast sebagai sarana edukasi masyarakat. Contohnya adalah psikolog klinis sekaligus edukator seks Inez Kristianti melalui platform Inspigo. Namun banyak pula yang menggunakan podcast sebagai wadah untuk sekadar membagikan pengetahuan meski mereka bukan figur publik. Misalnya Dewi asal Bandung yang mulai terbuka matanya mengenai isu perubahan iklim. Ia pun sempat membuat podcast mengenai lingkungan. Podcast tersebut berhasil mencapai empat ribu pendengar.
Dikutip dari http://cultura.id

8.Berdasarkan paragraf pertama, berikut adalah negasi dari pernyataan yang benar…
A. Kanada dan Perancis adalah dua negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia
B. Sebanyak lebih dari 35% pendengar podcast di Korea Selatan menyukai genre politik
C. Pendengar podcast pada tahun 2014 meningkat hingga 157%
D. Komputer salah satu alat untuk mendengarkan podcast selain tablet dan ponsel
E. Komedi dan film adalah genre podcast yang sering didengarkan di Korea Selatan

9.Berdasarkan paragraf pertama, kesimpulan yang benar adalah…
A. Podcast selalu memiliki pendengar yang sangat banyak
B. Pendengar podcast selalu meningkat di setiap tahunnya
C. Berdasarkan persentase, pendengar podcast di Korea Selatan sama besar dengan negara lain
D. Korea Selatan adalah negara dengan pendengar podcast tertinggi kedua di dunia
E. Swedia adalah negara dengan pendengar podcast tertinggi setelah Amerika

10.Berikut adalah fakta tentang podcast di Amerika, kecuali…
A. Podcast adalah media yang cukup digemari di Amerika
B. Lebih dari 50% persen warga Amerika adalah pendengar podcast
C. Bisnis dan komedi adalah genre yang sering diputar oleh pendengar podcast di Amerika
D. Pendengar podcast di Amerika sangat populer di kalangan usia muda
E. Podcast cukup diminati untuk lansia di Amerika

11.Berikut adalah pernyataan yang paling benar jika pendengar podcast di Indonesia menyentuh 80%…
A. Indonesia sedang mengalami perkembangan IPTEK dan komunikasi
B. Indonesia masuk dalam sepuluh negara pendengar podcast terbanyak di dunia
C. Warga Indonesia familiar dengan podcast
D. Indonesia adalah salah satu penyumbang ide podcast terbesar di dunia
E. Warga Indonesia mayoritas mendengarkan podcast selama sepuluh menit dalam sehari

12.Berdasarkan paragraf terakhir, jika influencer tidak melirik podcast sebagai sarana edukasi masyarakat, maka…
A. Dewi tidak akan membuka matanya mengenai isu perubahan iklim
B. Inspigo tidak akan membuat genre psikologi pada podcast
C. Dewi tetap akan mencapai empat ribu pendengar melalui podcastnya
D. Minimnya informasi dan edukasi di Indonesia
E. Podcast dipandang sebagai media yang kurang menarik bagi Inez dan Dewi

13.Berdasarkan paragraf ketiga, jika durasi podcast di Indonesia lebih dari dua puluh menit, maka…
A. Masyarakat Indonesia belum yakin dengan podcast
B. Banyak dari masyarakat Indonesia akan mendengarkan podcast
C. Masyarakat Indonesia tidak familiar dengan podcast
D. Masyarakat Indonesia akan meninggalkan podcast
E. Indonesia adalah negara yang ramah akan podcast

14.Berikut adalah simpulan yang benar berdasarkan bacaan…
A. Podcast adalah media yang kurang ramah di Indonesia
B. Podcast adalah media yang cukup digandrungi di dunia
C. Podcast adalah media informasi paling efisien di masa sekarang
D. Podcast adalah media paling rawan ditinggalkan oleh masyarakat dunia
E. Podcast adalah media yang cukup sederhana untuk masyarakat

Kunci Jawaban

8.Jawab : C
Berdasarkan pertanyaan, yang dicari adalah kalimat negasi dari fakta di paragraf pertama. Maka, jawaban yang paling benar adalah pada tahun 2014, pendengar podcast meningkat hingga 157%. Padahal, data menyebutkan bahwa persentase meningkatnya pendengar podcast dinilai dari tahun 2014 hingga sekarang

9.Jawab : B
Berdasarkan paragraf pertama, pendengar podcast meningkat hingga 157% sejak tahun 2014. Hal tersebut membuktikan bahwa pendengar podcast semakin meningkat setiap tahunnya

10.Jawab : E
Berdasarkan fakta yang dijabarkan pada paragraf kedua, podcast adalah media yang belum cukup,ramah bagi lansia di Amerika karena hanya memiliki pendengar sebanyak 6% dari seluruh warga Amerika

11.Jawab : B
Jika sebanyak 80% warga Indonesia adalah pendengar podcast, bisa ditarik kesimpulan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pendengar podcast terbesar di dunia. hal tersebut didapat karena Amerika saja (yang hanya) memiliki persentase sebesar 51% pendengar setia podcast masuk dalam jajaran negara dengan pendengar podcast tertinggi di dunia.

12.Jawab : E
Berdasarkan pertanyaan, yang ditanyakan adalah jika influencer tidak melirik podcast sebagai sarana edukasi masyarakat, maka, besar kemungkinan jika media podcast memang tidak menarik bagi para influencer untuk membagikan informasi maupun edukasi di Indonesia

13.Jawab : D
Berdasarkan fakta dari paragraf keempat, diketahui bahwa masyarakat mengatakan bahwa ideal durasi podcast adalah sepuluh hingga dua puluh menit. Maka, besar kemungkinan masyarakat akan meninggalkan podcast jika durasi yang diberikan lebih dari itu.

14.Jawab : B
Berdasarkan bacaan, podcast adalah media yang cukup digandrungi di dunia. Hal tersebut dijelaskan bahwa pendengar podcast melalui ponsel meningkat sebanyak 157% sejak tahun 2014. Berdasarkan fakta yang dijabarkan pada paragraf kedua, podcast adalah media yang belum cukup,ramah bagi lansia di Amerika karena hanya memiliki pendengar sebanyak 6% dari seluruh warga Amerika

11.Jawab : B
Jika sebanyak 80% warga Indonesia adalah pendengar podcast, bisa ditarik kesimpulan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pendengar podcast terbesar di dunia. hal tersebut didapat karena Amerika saja (yang hanya) memiliki persentase sebesar 51% pendengar setia podcast masuk dalam jajaran negara dengan pendengar podcast tertinggi di dunia.

12.Jawab : E
Berdasarkan pertanyaan, yang ditanyakan adalah jika influencer tidak melirik podcast sebagai sarana edukasi masyarakat, maka, besar kemungkinan jika media podcast memang tidak menarik bagi para influencer untuk membagikan informasi maupun edukasi di Indonesia

13.Jawab : D
Berdasarkan fakta dari paragraf keempat, diketahui bahwa masyarakat mengatakan bahwa ideal durasi podcast adalah sepuluh hingga dua puluh menit. Maka, besar kemungkinan masyarakat akan meninggalkan podcast jika durasi yang diberikan lebih dari itu.

14.Jawab : B
Berdasarkan bacaan, podcast adalah media yang cukup digandrungi di dunia. Hal tersebut dijelaskan bahwa pendengar podcast melalui ponsel meningkat sebanyak 157% sejak tahun 2014.

Soal Matematika

  1. 3,5,10,10,17,15,24,…
    A. 20 D. 32
    B. 22 E. 40
    C. 24
  2. 1,3,8,A,15,17,23,B
    Nilai dari A + B = …
    A. 32 D. 40
    B. 34 E. 41
    C. 35
  3. Nilai dari 30% x 25/18 adalah …
    A. 1/24
    D. 1/12
    B. 5/24
    E. 5/12
    C. 7/24
  4. Urutan bilangan dari yang terkecil hingga terbesar adalah
    A. 5/4; 2,1 ; 1,7 ; 7/3
    B. 5/4 ; 1,7 ; 2,1; 7/3
    C. 2,1 ; 1,7 ; 5/4; 7/3
    D. 2,1 ; 5/4; 1,7 ; 7/3
    E. 5/4; 2,1 ; 7/3; 1,7

Kunci Jawaban

1.Jawab : A
2.Jawab : C
3.Jawab : B
4.Jawab : B

Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis

Lahirnya Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) (1) Pemerintah secara resmi telah membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). (2) Badan ini merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan yang pengelolaannya dilakukan secara profesional. (3) Badan tersebut dirancang untuk mampu mendorong pembiayaan di bidang lingkungan hidup dan mulai beroperasi pada 1 Januari 2020. (4) Badan ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

(5) “Badan ini diarahkan dapat menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntability dalam pengelolaan dananya serta memiliki standar tata kelola internasional. (6) Dapat kami sampaikan bahwa (…) awal dana pokok BLU Pusat P2H sebesar Rp2,1 triliun,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

(7) Pembangunan senantiasa menampilkan dua sisi yang saling berlainan, pertumbuhan ekonomi dan kualitas lingkungan hidup. (8) (…) (9) Selama ini, pemerintah telah mengelola berbagai sumber pendanaan yang dukungi pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, baik yang bersumber dari dana dalam negeri maupun luar negeri. (10) Namun, dukungan pendanaan yang ada belum secara optimal mencapai target yang diharapkan.

(11) Berdasarkan mandat Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2017 tentang Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup dan Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup, dibentuklah Badan Layanan Umum Pengelola Dana Lingkungan Hidup ini. (12) Menko Darmin berharap BPDLH dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dan mitra pembangunan serta mengembangkan diri dan berinovasi untuk menggali sumbersumber pendanaan dalam membiayai kegiatan-kegiatan yang dimandatkan.

(13) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar pun menambahkan, pembentukan Badan ini merupakan langkah konkret Indonesia untuk melengkapi upaya pengendalian dan penanganan perubahan iklim. (14) “Langkah kita dalam implementasi The Paris Agreement semakin konkret. (15) BPDLH ini diharapkan memberikan ruang, tetapi mempunyai posisi sistematis dalam penanganan perubahan iklim,” terang Siti Nurbaya Bakar.
(Diadaptasi dari https://liputan6.com/)

1.Perbaikan judul yang tepat dalam teks tersebut adalah ….
A. Pemerintah Resmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH)
B. Pemerintah Membangun Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH)
C. Sejarah Terbentuknya Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH)
D. Didirikannya Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) oleh Pemerintah
E. Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) sebagai Badan Layanan Umum

2.Kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan kata serapan ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)

3.Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah ….
A. kalkulasi D. kuota
B. alokasi E. saldo
C. nilai

4.Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf ketiga adalah …
A. Keduanya saling bertentangan tetapi bukan tidak mungkin dapat diintegrasikan dalam satu koridor pembangunan.
B. Keduanya saling berkaitan satu sama lainnya dan dirasa perlu diintegrasikan untuk keperluan jangka panjang.
C. Keduanya perlu berjalan beriringan dalam koridor yang disepakati sebagai pembangunan berkelanjutan.
D. Keduanya mungkin perlu untuk memiliki kesinambungan agar pembangunan dapat berjalan dengan baik.
E. Keduanya adalah hal yang mutlak ada dan bersifat saling beriiringan satu sama lainnya dalam pembangunan.

5.Perbaikan kata berimbuhan yang dicetak tebal pada kalimat (9) yang tepat adalah ….
A. dukungan D. terdukung
B. mendukung E. didukung
C. mendukungi

6.Kalimat yang memuat kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada nomor ….
A. (10) D. (13)
B. (11) E. (14)
C. (12)

7.Alasan yang tepat bahwa kalimat (15) mengandung kesalahan konjungsi adalah …
A. Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi sebab yang menyatakan hubungan akibat.
B. Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi apabila yang menyatakan adanya syarat (janji).
C. Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi dan yang menandai adanya hubungan setara.
D. Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi kalau yang menyatakan adanya persyaratan.
E. Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi atau yang menandakan adanya pilihan beberapa hal.

Kunci Jawaban:

1.Jawab: A
Perbaikan judul yang tepat dalam teks tersebut adalah Pemerintah Resmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Dalam membuat judul perlu diperhatikan penggunaan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi. Kata kunci dalam teks seperti Pemerintah, Resmikan, dan BPDLH.

2.Jawab: E
Kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan kata serapan ditandai dengan nomor (5). Kata serapan akuntability tidak tepat digunakan karena ejaannya masih terpengaruh bahasa Inggris. Seharusnya akuntability ditulis akuntabilitas. Ada penyesuaian ejaan bagi kata yang telah terserap ke dalam bahasa Indonesia.

3.Jawab: E
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat (6) ialah saldo. Dalam menentukan pilihan kata perlu memerhatikan kesesuaian dengan konteks kalimatnya. Pada kalimat tersebut pilihan kata yang tepat ialah saldo. Hal ini karena pilihan kata saldo relevan (memiliki keterkaitan) dengan dana pokok.

4.Jawab: C
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf ketiga adalah Keduanya perlu berjalan beriringan dalam koridor yang disepakati sebagai pembangunan berkelanjutan. Kalimat tersebut sebagai penegas dari kalimat sebelumnya. Dalam hal ini, pernyataan keduanya perlu berjalan seiringan dalam koridor mengacu pada pernyataan pertumbuhan ekonomi dan kualitas lingkungan hidup pada kalimat sebelumnya. Artinya, ada keterkaitan antarkalimatnya.

5.Jawab: B
Perbaikan kata berimbuhan yang dicetak tebal pada kalimat (9) yang tepat adalah mendukung. Kata dukungi tidak tepat digunakan karena penggunaan akhiran –i tidak sesuai dengan konteks kalimat. Seharusnya menggunakan awalan men- menjadi mendukung yang artinya menunjang dan sesuai dengan konteks kalimat.

6.Jawab: D
Kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada kalimat nomor (13). Seharusnya awal kata Badan tidak menggunakan huruf kapital karena tidak diletakkan di awal kalimat. Jadi, penulisan awal kata Badan menggunakan huruf kecil menjadi badan.

7.Jawab: C
Alasan yang tepat bahwa kalimat (15) mengandung kesalahan konjungsi adalah Seharusnya konjungsi tetapi diganti dengan konjungsi dan yang menandai adanya hubungan setara. Kesalahan konjungsi tersebut, yakni pada penggunaan konjungsi tetapi yang diganti dengan konjungsi dan. Pada kalimat tersebut konjungsi dan tepat digunakan sebagai penanda adanya hubungan setara (dalam kalimat majemuk setara).

Soal Bahasa Inggris

Tools and hand bones excavated from the Swartkrans cave complex in South Africa suggest that a close relative of early humans known as Australopithecus robustus may have made and used primitive tools long before the species became extinct 1 million years ago. It may even have made and used primitive tools long before humanity’s direct ancestor, Homo habilis, or “handy man,” began doing so. Homo habilis and its successor, Homo erectus, coexisted with Australopithecus robustus on the plains of South Africa for more than a million years.

The Swartkrans cave in South Africa has been under excavation since the 1940’s. The earliest fossil-containing layers of sedimentary rock in the cave date from about 1.9 million years ago and contain extensive remains of animals, primitive tools, and two or more species of apelike hominids. The key recent discovery involved bones from the hand of Australopithecus robustus, the first time such bones have been found.

The most important feature of the Australopithecus robustus hand was the pollical distal thumb tip, the last bone in the thumb. The bone had an attachment point for a “uniquely human” muscle, the flexor pollicis longus that had previously been found only in more recent ancestors. That muscle gave Australopithecus robustus an opposable thumb, a feature that would allow them to grip objects, including tools. The researchers also found primitive bone and stone implements, especially digging tools, in the same layers of sediments.

Australopithecus robustus were more heavily built- more “robust” in anthropological terms- than their successors. They had broad faces, heavy jaws, and massive crushing and grinding teeth that were used for eating hard fruits, seeds, and fibrous underground plant parts. They walked upright, which would have allowed them to carry and use tools. Most experts had previously believed that Homo habilis were able to supplant Australopithecus robustus because the former’s ability to use tools gave them an innate superiority. The discovery that Australopithecus robustus also used tools means that researchers will have to seek other explanations for their extinction. Perhaps their reliance on naturally occurring
plants led to their downfall as the climate became drier and cooler, or perhaps Homo habilis, with their bigger brains, were simply able tomake more sophisticated tools.

1.It can be inferred from the first paragraph that all of the following may have made and used tools,
EXCEPT…
A. Australopithecus robustus
B. Homo erectus
C. Homo habilis
D. Homo erectus and Homo habilis
E. Australopithecus robustus’ ancestors

2.It can be inferred from the description in the last paragraph that Australopithecus robustus was so
named because of the species’…
A. Ancestors D. Diet
B. Thumb E. Home
C. Build

3.Which of the following does the author mention as the most important recent discovery made in the Swartkrans cave?
A. Tools D. Hair
B. Teeth E. Hand bones
C. Plant fossils

4.What does the third paragraph mainly discuss?
A. Features of Australopithecus robustus’ hand
B. Purposes for which hominids used tools
C. The attachment of the bone
D. Methods used to determine the age of fossils
E. Significant plant fossils found in layers of sediment

5.What does the author suggest is unclear about Australopithecus robustus?
A. Whether they used tools
B. What they most likely ate
C. Where they lived
D. Whether they are closely related to humans
E. Why they became extinct

Jawaban:

1.Jawaban: E
“Tools and hand bones excavated from the Swartkrans cave complex in South Africa suggest that a close relative of early humans known as Australopithecus robustus may have made and used primitive tools long before the species became extinct 1 million years ago. It may even have made and used primitive tools long before humanity’s direct ancestor.” Disebutkan di kalimat tersebut bahwa tulang-tulang digunakan oleh Australopithecus robustus sebelum nenek moyangnya. Maka nenek moyang mereka belum menggunakannya.

2.Jawaban: C
“Australopithecus robustus were more heavily built- more “robust” in anthropological terms-than their successors.” Australopithecus robustus dinamakan seperti itu karena bangunan spesiesnya.

3.Jawaban: E
“The most important feature of the Australopithecus robustus hand was the pollical distal thumb tip, the last bone in the thumb.” Bagian yang terpenting yang ditemukan di Goa Swartkrans adalah tulang tangan.

4.Jawaban: A
“The most important feature of the Australopithecus robustus hand was the pollical distal thumb tip, the last bone in the thumb.” Maka disimpulkan bahwa paragraph tiga menjelaskan tentang ciri-ciri Australopithecus robustus.

5.Jawaban: E
Dalam teks tersebut tidak ada satupun kalimat yang menjelaskan mengapa mereka punah.

Demikian informasi contoh soal TPS UTBK & jawabannya, bisa untuk daftar PKN STAN 2021 yang bisa dirimu gunakan untuk berlatih. Apakah dirimu masih mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal-soal tersebut? Masih ada waktu untuk mengikuti bimbingan belajar untuk membantumu memahami materi. dirimu juga bisa membentuk kelompok belajar kecil yang bisa saling menyemangati dan membantu pengerjaan soal-soal UTBK TPS PKN STAN. Lakukan evaluasi secara rutin agar bisa memantau perkembangan belajar. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close