Contoh Kata Pengantar Proposal, Laporan, Skripsi dan Karya Ilmiah

Contoh Kata Pengantar – Sebelum Anda menuliskan sebuah karya ilmiah, baik itu makalah, skripsi, tesis, dan lainnya tentu Anda diharuskan untuk membuat kata pengantar untuk melengkapi sistematika penulisan karya ilmiah Anda. Mengapa demikian? Karena tanpa hadirnya kata pengantar, sebuah karya ilmiah akan terasa tidak sempurna. Kata pengantar sendiri merupakan halaman yang berisikan ucapan syukur dari penulis atas selesainya penulisan karya ilmiah tersebut. Meskipun sebagian besar pembaca jarang untuk membaca halaman kata pengantar, namun bagian yang satu ini tetap dianggap penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas sebuah karya ilmiah yang telah diselesaikan.

Contoh Kata Pengantar Proposal, Laporan, Skripsi dan Karya Ilmiah

Sesuai dengan namanya, kata pengantar biasanya berisikan ucapan rasa syukur, ucapan terima kasih, serta sambutan dari penulis terdahap sebuah karya ilmiah yang sudah diselesaikan. Biasanya ada juga penulis yang menambahkan kalimat pengharapan serta penjelasan singkat terkait isi karya ilmiah yang telah dibuat. Seperti yang Anda ketahui karya ilmiah sendiri terbagi dalam beberapa jenis, oleh karena itu supaya Anda tidak merasa kebingungan berikut Mamikos berikan contoh kata pengantar karya ilmiah yakni contoh kata pengantar proposal, contoh kata pengantar laporan, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar laporan praktikum, serta contoh kata pengantar proposal kegiatan sebagai referensi Anda.

Contoh Kata Pengantar

Sebelum membahas mengenai contoh kata pengantar, sebaiknya terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana cara penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Mengapa demikian? Tujuannya agar Anda tidak terpaku pada contoh yang ada saja. Dikarenakan kata pengantar ini merupakan sebuah curahan hati dan pikiran sang penulis untuk membacanya, berikut ada cara-cara singkat dalam membuat kata pengantar yang baik dan benar.

1. Dalam membuat kata pengantar, sebaiknya diawali dengan menggunakan kalimat ungkapan syukur dan pujian kepada Tuhan YME. Misalnya: Alhamdulillah, puji syukur, dll.
2. Berikan gambaran singkat mengenai isi dari karya ilmiah yang akan Anda buat. Tulis juga tujuan singkat mengapa Anda menulis karya ilmiah tersebut.
3. Ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu Anda dalam menyusun karya ilmiah yang Anda buat. Misalnya saja : keluarga, sahabat, teman, dosen, dll.
4. Tulis juga harapan apa saja yang Anda inginkan dari penulisan karya ilmiah tersebut.
5. Yang terakhir jangan lupa untuk mengucapkan permintaan maaf jika terdapat kekurangan dalam karya tulis yang telah dibuat, serta sampaikan juga kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk karya tulis yang sudah Anda buat.

Pertama-tama, mungkin kita akan membahas mengenai contoh kata pengantar singkat untuk proposal. Kata pengantar di dalam proposal sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti contoh kata pengantar proposal penelitian, contoh kata pengantar proposal usaha, contoh kata pengantar proposal kegiatan, contoh kata pengantar proposal skripsi, contoh kata pengantar laporan praktikum, serta contoh kata pengantar proposal pendirian usaha. Namun kali ini, Mamikos hanya akan memberikan contoh kata pengantar proposal penelitian saja.

Kata Pengantar 1

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “ANALISIS AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 ATAS KARYAWAN PADA PT X” tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.
Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:
1. Bapak Dadan Ramdhani, SE, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
2. Pimpinan PT X, Bapak X dan seluruh staff perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
3. Papa dan mama serta adikku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.
4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal, Putri Gita Setiawati yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.
Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal peelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.
Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Bandung, Juli 2016

Penulis

Ketika Anda menyusun sebuah laporan ilmiah, baik itu laporan kegiatan umum, laporan praktikum, laporan observasi dan laporan penelitian serta laporan kerja praktek lapangan, salah satu hal yang perlu untuk Anda perhatikan pula adalah kata pengantar. Mengapa demikian? Karena kata pengantar inilah yang nantinya akan menghantarkan pembaca ke dalam bentuk laporan yang bersangkutan. Ada beberapa contoh kata pengantar dalam laporan seperti contoh kata pengantar laporan pkl, contoh kata pengantar laporan kegiatan sekolah, contoh kata pengantar laporan study tour, contoh kata pengantar singkat, contoh kata pengantar laporan observasi, serta yang terakhir contoh kata pengantar laporan magang. Jika sebelumnya Mamikos telah membahas mengenai contoh kata pengantar proposal penelitian, kali ini Mamikos akan memberikan contoh kata pengantar laporan magang.

Kata Pengantar 2

Ransum merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan peternakan ayam pedaging. Pemberian ransum yang berkualitas akan mendukung produksi ayam pedaging, sehingga ayam mampu berproduksi secara optimal. Evaluasi kecukupan nutrisi merupakan salah satu parameter untuk meninjau keberhasilan suatu peternakan.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada Ir. Ismari Estiningdriati, MSi selaku pembimbing, atas bimbingan, saran dan pengarahannyasehingga pelaksanaan PKL dan penulisan laporan ini dapat diselesaikan. Demikian pula kepada pimpinan CV, Pandu Putra Mandiri Desa Cibolang, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Sukabumi atas kesempatan dan fasilitas yang telah diberikan selama kegiatan PKL berlangsung. Ucapan terima kasih juga penulis ucapkan kepada Bapak, Ibu, Kakak, Adik, teman-teman “NUMATER’06”, dan penyemangat yang rajin terbang, serta semua pihak atas segala doa, bantuan dan dukungan yang diberikan.
Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, sehingga saran dan kritik yang membangun untukperbaikan penulisan dikemudian hari sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Yogyakarta, Agustus 2014

Penulis

Dua contoh kata pengantar telah Mamikos utarakan sebelumnya, yang ketiga ini Mamikos akan memberikan contoh kata pengantar skripsi. Sebenarnya keseluruhan isi dalam kata pengantar dalam skripsi hampir sama dengan kata pengantar dalam karya ilmiah lainnya. Berikut Mamikos berikan contoh kata pengantar tugas akhir atau contoh kata pengantar skripsi terbaru tepatnya lagi contoh kata pengantar skripsi ekonomi terbaru untuk menambah referensi Anda dalam membuat kata pengantar.

Kata Pengantar 3

Dengan mengucapkan Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan skripsi yang berjudul “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN MELALUI IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPEEDY DI MAKASSAR” ini dapat diselesaikan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.
Perjalanan panjang telah penulis lalui dalam rangka perampungan penulisan skripsi ini. Banyak hambatan yang dihadapi dalam penyusunannya, namun berkat kehendak-Nyalah sehingga penulis berhasil menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Oleh karena itu, dengan penuh kerendahan hati, pada kesempatan ini patutlah kiranya penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Kedua orang tua, ayahanda H.Usman Rachim dan ibunda tercinta Dra. Hj.Andi Amnah Halide yang senantiasi memberikan kasih sayang dan dukungan kepada penulis.
2. Kepada Prof.Dr.Otto Randa Payangan, SE.M.Si selaku pembimbing I dan bapak Romi Setiawan,SE.MSM selaku pembimbing II. Terima kasih atas segala bimbingan, ajaran, dan ilmu-ilmu baru yang penulis dapatkan dari selama penyusunan skripsi ini. Dengan segala kesibukan masing-masing dalam pekerjaan maupun pendidikan, masih bersedia untuk membimbing dan menuntun penulis dalam penyusunan skripsi ini. Terima kasih dan mohon maaf bila ada kesalahan yang penulis telah lakukan.
3. Kepada kakak-kakak ku tercinta kakak fandi,kakak dwi,kakak cici, dan kakak iqbal yang telah menyemangati.
4. Spesial Thanks For Muhammad Andhyka Putra Agung Djaka, SE atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada penulis.
5. Kepada seluruh karyawan PT. TELKOM DIVISI REGIONAL VII MAKASSAR. Terima kasih telah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian dan membantu penulis selama penelitian.
6. Segenap dosen pengajar pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin atas ilmu,pendidikan, dan pengetahuan yang telah diberikan kepada penulis selama duduk dibangku kuliah.
7. Segenap staf pegawai Fakultas Ekonomi yang telah banyak membantu penulis selama ini.
8. Sahabat-sahabatku Dyta,sarah,dj,arin,inna,ade,tiwi,bundrang,cila,elha, dan gisry. Terima kasih atas dorongan semangat dan kebersamaan yang tidak terlupakan.
9. Seluruh teman-teman angkatan 2008 manajemen. Terima kasih atas dukungan moral dari kalian semua.
Akhir kata, penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan manfaat. Penulis pun berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan semoga Allah SWT memberi lindungan bagi kita semua.

Makassar, Mei 2012

Tri Handayani Husman

Kata pengantar laporan praktikum merupakan salah satu unsur pelengkap yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Bagaimana tidak, kata pengantar ini mengintrepertasikan rasa syukur penulis terhadap terselesaikannya laporan pratikum. Ada banyak sekali jenis kata pengantar laporan praktikum singkat seperti contoh kata pengantar laporan praktikum fisika dasar, contoh kata pengantar laporan praktikum biologi, serta kata pengantar laporan praktikum kimia. Namun, kali ini Mamikos hanya akan memberikan 1 contoh saja yakni contoh kata pengantar laporan praktikum kimia.

Kata Pengantar 4

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugrahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum kimia analitik ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai kandungan zat besi pada bungkus snack.
Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Diana, M.Sc selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Analitik, Bapak Abi, S. Si selaku kepala lab. Kimia Analitik dan Kak Fera Sulistia selaku asistan lab. Kelompok 3 yang telah berkontribusi secara maksimal. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan fikirannya yang telah diberikan.
Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna. Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.
Malang, 16 Juni 2015

Penyusun

Proposal merupakan sebuah dokumen tertulis yang lazim bagi kita untuk mengajukan suatu permintaan. Jika anjuran ditujukan untuk melaksanakan suatu kegiatan, maka proposal tersebut disebut dengan proposal kegiatan. Ada banyak sekali contoh kata pengantar proposal kegiatan seperti contoh kata pengantar proposal kegiatan sekolah, contoh kata pengantar proposal usaha, contoh kata pengantar proposal kegiatan pentas seni, serta contoh kata pengantar proposal kegiatan 17 Agustus. Kali ini Mamikos akan memberikan satu contoh kata pengantar proposal kegiatan 17 Agustus.

Kata Pengantar 5

Segala Puji kami haturkan kepada Tuhan SWT, Tuhan semesta Alam yang telah menganugerahkan kenikmatan yang tak terhitung termasuk kemerdekaan negara republik Indonesia yang merupakan anugerah terbesar bangsa Indonesia. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada imam para pejuang, Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan kemerdekaan insan dari penjajahan jaman jahiliyah.
Kemerdekaan ialah hak segala bangsa menyerupai yang tertuang dalam pembukaan UUD ’45. Karenanya, wajib bagi setiap rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Para pendekar yang telah mendahului kita telah berkorban untuk kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini. Seyogyanya bag kita untuk membalas kebaikan mereka, pengorbanan mereka dengan memperingati hari kemerdekaan sekaligus mengenang jasa para pahlawan.
Dalam rangka memperingati kemerdekaan inilah, Karangtarna Masa Muda Desa Karang Gintung berinisiatif untuk mengadakan rangkaian program untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke 72. Rangkaian acara tersebut tentu tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan baik materil maupun moril dari warga masyarakat. Oleh alasannya ialah itu, melalui anjuran acara ini, kami mengetuk hati warga untuk saling mendukung acara HUT RI ke-72 Desa Karang Gintung.
Semoga acara menyambut kemerdekaan Indonesia dapat terlaksana dan sukses terselenggara oleh Karang Taruna Karang Gintung sebagai bentuk penghormatan atas jasa pendekar sekaligus memberdayakan potensi para cowok di desa Karang Gintung.
Kami sadar bahwa dalam kami melangkah untuk acara tersebut, mulai dari proses pembentukkan panitia, penyusunan anjuran hingga penutupan akan dijumpai banyak kekurangan. Oleh alasannya ialah itu, bimbingan, saran dan kritik sangat kami harapkan untuk evaluasi kami demi perbaikan di masa selanjutnya.

Demikian informasi mengenai berbagai contoh kata pengantar. Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah memiliki gambaran untuk membuat kata pengantar? Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close