Cek Pengumuman Hasil SNMPTN 2021 Hari Ini 22 Maret 2021 Jam 15:00

Cek pengumuman hasil SNMPTN 2021 hari Ini 22 Maret 2021 jam 15:00 – Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 sudah dirilis. Pastinya anda sebagai peserta SNMPTN tahun ini tidak sabar lagi mengetahui pengumuman kelulusannya.

Cara Mengecek Hasil SNMPTN 22 Maret 2021

http://snmptn.unsyiah.ac.id/

Jalur masuk SNMPTN 2021 berbeda dengan jalur masuk PTN lainnya. Tidak semua siswa SLTA mendapatkan kesempatan mendaftar dan direkomendasikan pihak sekolah. Selain itu, jumlah siswa yang mendaftar pun dibatasi karena adanya kuota berdasarkan akreditasi sekolah. Bagi sekolah yang sudah mendapatkan akreditasi A, maka 40 persen siswa-siswi terbaiknya dapat diikutkan SNMPTN, sedangkan sekolah yang terakreditasi B mengikutkan 25 persen siswa-siswi terbaiknya. Sekolah yang terakreditasi C dan tidak terakreditasi mendapatkan kuota sebesar 5 persen.

Bisa dibayangkan jika seluruh sekolah di Indonesia mengikutkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi. Persaingan untuk masuk ke program studi di suatu Perguruan Tinggi akan semakin ketat. Apalagi program studi yang dapat dipilih saat SNMPTN juga termasuk program studi favorit. Akan ada banyak siswa-siswi pendaftar program studi tersebut dan tidak ada yang tahu jumlah pendaftar secara pasti.

Semua pendaftar pastinya berharap agar bisa lulus SNMPTN dan diterima di program studi idamannya. Kapan hasil pengumuman SNMPTN 2021? Para pendaftar bisa mengakses informasi pengumuman kelulusan SNMPTN pada tanggal 22 Maret 2021 jam 15.00 WIB.

Informasi Pelaksanaan SNMPTN 2021

Tahap pelaksanaan SNMPTN tahun 2021 adalah sebagai berikut:

• Layanan masa sanggah kuota SNMPTN
• Registrasi akun LTMPT
• Pembukaan kembali masa registrasi akun LTMPT
• Penetapan siswa eligible oleh sekolah
• Pengisian PDSS
• Pendaftaran SNMPTN
• Pengumuman hasil SNMPTN

Terdapat beberapa kali perubahan terkait jadwal kegiatan SNMPTN 2021, sehingga untuk mendapatkan informasi terbaru dan update anda bisa mengunjungi laman resmi LTMPT. Segala pembaruan informasi akan diumumkan secara resmi melalui website ataupun media sosial LTMPT yang dapat diakses secara bebas.

Cara Mengecek Pengumuman SNMPTN 2021

Pengumuman resmi terkait SNMPTN 2021 dapat diakses pendaftar dari lokasi tempat tinggal masing-masing. Artinya, pendaftar tidak perlu datang ke kampus atau PTN tujuan. Pengumuman SNMPTN 2021 dijadwalkan 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB. Cara mengecek pengumuman kelulusan SNMPTN 2021 bisa dilakukan dengan mengunjungi website https://portal.ltmpt.ac.id.

Pendaftar akan diminta untuk memasukkan data berupa Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir Peserta SNMPTN. Persiapkan data-data penting tersebut agar bisa mengetahui pengumuman lebih cepat dan tidak terkendala.

Mengecek pengumuman SNMPTN 2021 juga dapat dilakukan dengan mengunjungi laman mirror Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini dikarenakan website utama seringkali down akibat banyak diakses dalam waktu yang bersamaan. Adapun laman mirror yang dapat dituju jika halaman utama pengumuman SNMPTN 2021 bermasalah adalah:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM): http://snmptn.ugm.ac.id
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP): http://snmptn.undip.ac.id
  3. Universitas Airlangga (UNAIR): http://snmptn.unair.ac.id
  4. Universitas Sriwijaya (UNSRI): http://snmptn.unsri.ac.id
  5. Universitas Tanjungpura (UNTAN): http://snmptn.untan.ac.id
  6. Institut Teknologi Bandung (ITB): http://snmptn.itb.ac.id
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): http://snmptn.its.ac.id
  8. Institut Pertanian Bogor (IPB): http://snmptn.ipb.ac.id
  9. Universitas Andalas (UNAND): http://snmptn.unand.ac.id
  10. Universitas Hasanuddin (UNHAS): http://snmptn.unhas.ac.id
  11. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH): http://snmptn.unsyiah.ac.id
  12. Universitas Indonesia (UI): http://snmptn.ui.ac.id

Gunakan browser terbaru atau browser versi update agar bisa membuka laman pengumuman SNMPTN 2021 secara lancar.

Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Dinyatakan Lulus SNMPTN 2021

Apakah anda menemukan namamu sebagai pendaftar yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021? Jika anda sudah diterima di program studi pilihanmu saat SNMPTN, masih ada proses dan tahapan yang perlu dijalankan. anda tidak akan langsung tercatat sebagai calon mahasiswa di kampus tujuan tetapi harus melalui prosedur pengisian dan verifikasi data terlebih dahulu. Sebagai gambaran, berikut ini adalah proses yang perlu ditempuh:

  1. Melakukan verifikasi data pada PTN yang dituju dengan melihat kebijakan yang ditetapkan masing-masing PTN. Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti nilai rapor pendaftar, portfolio asli, Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021, serta Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL).
  2. Memeriksa syarat yang ditetapkan PTN Tujuan. Terdapat PTN yang mewajibkan pendaftar mengumpulkan dokumen versi cetak tetapi ada pula yang hanya membutuhkan versi scan saja. Ketahui pula dokumen tambahan yang ditentukan PTN secara khusus.
  3. Melakukan verifikasi bagi pendaftar pemegang KIP-Kuliah. Nantinya pihak panitia akan melakukan pemeriksaan data akademik dan data kondisi ekonomi.
  4. Melakukan pendaftaran ulang SNMPTN 2021 sesuai batas waktu yang ditentukan dengan melihat website resmi PTN. Pendaftar yang sudah terverifikasi datanya dan sudah melakukan registrasi ulang akan gugur kesempatannya mengikuti SBMPTN 2021.
  5. Mencari informasi terkait jurusan atau program studi tujuan. Hal ini sangat penting untuk membuatmu lebih siap dalam menempuh studi di Perguruan Tinggi.
  6. Mencari informasi prospek kerja dan peluang karier setelah lulus. Carilah gambaran jenis pekerjaan yang dapat ditempuh setelah lulus. Selain bisa bekerja sesuai bidang studi, anda juga dapat membuka peluang usaha sendiri.
  7. Mencari beasiswa untuk bantuan studi. Bagi anda yang tidak termasuk penerima KIP-Kuliah, mencari beasiswa bantuan pendidikan sangat penting dilakukan. Terdapat beasiswa yang membantu mahasiswa dalam membayar SPP per semester, uang praktikum, biaya pembelian buku, dan sebagainya.
  8. Mencari tempat tinggal dekat PTN, seperti kost dan rumah kontrakan yang memberikan kemudahan akses menuju kampus.

Hal yang Dapat Dilakukan Jika Tidak Lulus SNMPTN 2021

Jika anda belum diterima di program studi tujuan saat SNMPTN 2021, tidak perlu berkecil hati dan terlalu lama bersedih. Setelah SNMPTN nanti, masih ada berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi yang dibuka. Persiapkan diri untuk mengikuti UTBK – SBMPTN 2021 hingga ujian jalur mandiri. Perlu anda ketahui bahwa kebijakan untuk menyelenggarakan ujian mandiri akan ditentukan masing-masing Perguruan Tinggi. Pahami apakah kampus tujuanmu menggunakan nilai UTBK sebagai bentuk seleksi ataukah menggunakan ujian kembali.

Sudah cek pengumuman hasil SNMPTN 2021 hari Ini 22 Maret 2021 jam 15:00? jangan lupa persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan ketika proses daftar ulang dibuka. Sebagai mahasiswa yang datang dari perantauan, sangat penting mencari tempat tinggal strategis dekat kampus tujuan. anda bisa mencari kost murah dengan bantuan aplikasi pencari kost Mamikos yang memberikan informasi lengkap kost di seluruh Indonesia. Aplikasi gratis di playstore dan iOS tersebut akan membantumu menemukan kost murah berfasilitas lengkap dekat kampusmu. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close