Cek Hasil Pengumuman SNMPTN UB 2021 Universitas Brawijaya

Cek Hasil Pengumuman SNMPTN UB 2021 Universitas Brawijaya – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 secara resmi telah dibuka oleh Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Senin 4 Januari 2021. Pendaftaran SNMPTN sendiri sudah ditutup pada 24 Februari 2021 pukul 21.00 WIB lalu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Universitas Brawijaya (UB) kerap menjadi salah satu pilihan kampus favorit para calon mahasiswa. Buat dirimu yang kemarin sudah mendaftar SNMPTN dan memilih UB sebagai kampus pilihan, berikut informasi lengkap terkait hasil pengumuman SNMPTN UB 2021.

Pengumuman SNMPTN UB 2021

infokampus.news

Untuk dapat mengikuti SNMPTN, para siswa terlebih dahulu harus mengikuti beberapa tahapan sebelum akhirnya bisa mencapai tahapan pengumuman. SNMPTN sendiri merupakan seleksi ujian tidak tertulis yang diadakan secara serentak oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tanah air. Nantinya, dari pemilihan inilah mahasiswa yang berprestasi dalam bida akademik maupun non-akademik bisa dipilih.

Sebelum terdaftar menjadi seorang peserta SNMPTN, terlebih dahulu dirimu harus mendaftarkan diri ke LTMPT. Setelah itu, barulah dirimu dapat melanjutkan ke proses pengisian data siswa oleh pihak sekolah. Ada berbagai pilihan PTN yang bisa dipilih dalam mengikuti SNMPTN 2021, salah satunya saja ada Universitas Brawijaya. Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan informasi singkat terkait pengumuman SNMPTN UB tahun 2021.

Sekilas Tentang UB

Berkedudukan di Kota Malang, Universitas Brawijaya atau yang akrab disapa UB ini merupakan salah satu jejeran kampus favorit di Indonesia. UB berhasil menempati peringkat ke-301 di Asia pada tahun 2020 versi QS Asian University Rangking. Tak hanya itu saja, UB juga kabarnya masuk dalam kategori 10 besar kampus terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti.

Apa Syarat Mengikuti SNMPTN UB?

Sebelum mengikuti SNMPTN UB, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Adapun beberapa persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Persyaratan untuk sekolah
    • SMA/MA/SMK wajib memiliki NPSN
    • Sekolah wajib mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  2. Persyaratan untuk siswa
    • Merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul
    • Siswa wajib memiliki NISN yang sudah terdaftar di PDSS
    • Memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 hingga semester 5 yang sudah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki rapor semester 1 hingga semester 7 bagi siswa SMK yang memiliki masa belajar selama empat tahun.
    • Memiliki prestasi akademik, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UB.

Berapa Biaya SNMPTN UB?

Berbeda dengan jalur penerimaan lainnya, siswa pendaftar yang mengikuti SNMPTN tidak dipungut biaya apapun. Hal ini dikarenakan biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Bagaimana Tahapan SNMPTN UB?

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh setiap peserta untuk bisa mengikuti SNMPTN UB. Adapun beberapa tahapannya adalah sebagai berikut.

  1. Tahapan pertama, siswa wajib melakukan registrasi akun LTMPT. Siswa dapat melakukan registrasi akun LTMPT melalui laman resmi di portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran atau registrasi akun LTMPT ini sendiri hanya dapat dilakukan pada 4 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021.
  2. Tahapan kedua, sekolah wajib mengisi data PDSS. Sekolah dapat melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS. Perlu diketahui bahwa sekolah wajib memastikan bahwa NPSN beserta data tentang sekolah sudah terverifikasi di PDSPK Kemendikbud. Nantinya yang bertugas mengisikan keseluruhan data siswa kelas 12 di PDSS adalah Kepala Sekolah atau seseorang yang ditugasi oleh Kepala Sekolah. Pengisian data PDSS ini dapat dilakukan melalui laman portal.ltmpt.ac.id mulai dari tanggal 22 Januari hingga 8 Februari 2021.
  3. Tahapan ketiga adalah pemeringkatan siswa. Perlu diketahui bahwa pemeringkatan ini dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran berikut ini.
    • Jurusan Bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, Matematika, dan salah satu Bahasa Asing.
    • Jurusan IPA: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Matematika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • SMK: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan).

Setelah menilik dari kelengkapan data nilai siswa yang sudah diisikan oleh sekolah, maka akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah. Di mana akreditasi A akan mendapatkan porsi 40% terbaik di sekolahnya, akreditasi B mendapatkan porsi 25% terbaik di sekolahnya, dan akreditasi C serta lainnya mendapatkan porsi 5% terbaik di sekolahnya. Pemeringkatan siswa ini sendiri dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (a). 

Sekolah juga dapat menambah kriteria lainnya berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa apabila ditemukan kesamaan nilai. Nantinya, jumlah siswa yang dapat masuk dalam pemeringkatan akan ditentukan sesuai kuota akreditasi sekolah. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah melakukan finalisasi PDSS.

Setelah itu, siswa pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat pemeringkatan oleh LTMPT wajib melakukan pendaftaran di laman portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan NISN dan password. Setelah berhasil login, silahkan mengisi biodata, pilihan PTN, program studi serta mengupload pasfoto resmi terbaru. Jangan lupa mengunggah dokumen prestasi tambahan jika siswa memiliki. Sebelum memilih PTN pilihan, pastikan siswa pendaftar sudah memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Khusus untuk siswa pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh di laman resmi LTMPT. Setelah berhasil melakukan pengisian data, siswa pendaftar dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2021.

Kapan Pengumuman SNMPTN UB?

Setelah melakukan sejumlah tahapan pendaftaran, kini siswa peserta SNMPTN UB 2021 tinggal menunggu hingga pengumuman hasil seleksi dipublikasikan. Jika tidak ada perubahan, hasil atau pengumuman SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021 mendatang. dirimu pun dapat mengecek informasi lengkap hasil SNMPTN UB 2021 di laman portal.ltmpt.ac.id. Jika dirimu dinyatakan diterima dalam SNMPTN, jangan lupa untuk mengecek jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta atau pendaftaran ulang di masing-masing PTN. Untuk lebih mudahnya, dirimu bisa cek laman resmi UB di selma.ub.ac.id.

Jadi, bagaimana hasil SNMPTN UB 2021 dirimu? Jika dirimu dinyatakan lolos dalam SNMPTN UB 2021, Mamikos ucapkan selamat ya! Mamikos terangkan kembali, jika dirimu sudah dinyatakan lolos dalam SNMPTN maka dirimu tidak dapat mengikuti UTBK-SBMPTN 2021. Untuk itu perhatikan dengan seksama jurusan atau pilihan PTN saat SNMPTN. Jika dirimu sudah yakin UB adalah kampus pilihan terbaik, jangan lupa cek informasi kost di sekitaran UB melalui aplikasi Mamikos ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampusidaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close