Catat! Ini Peraturan Terbaru UTBK 2020 Dan 5 Fakta UTBK Yang Perlu dirimu Tahu

UTBK 2020 – Sebentar lagi para siswa yang duduk di bangku kelas XI akan segera menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Seperti yang kita ketahui, UTBK ini merupakan ujian bagi siswa SMA dan sederajat agar dapat masuk ke perguruan tinggi. Sistem UTBK sendiri mengacu pada seleksi yang berbasis efisiensi, transparan, dan akuntabel. Nah, sudahkah dirimu mengetahui adanya beberapa perbedaan pada UTBK tahun 2020 ini? Jika dirimu masih kurang begitu memahami berbagai peraturan terbaru UTBK pada tahun ini, berikut Mamikos rangkum info seputar peraturan hingga fakta-fakta menarik terkait UTBK 2020.

Info Peraturan UTBK 2020 dan Deretan Fakta UTBK Yang Wajib Diketahui

UTBK 2020
disk.mediaindonesia.com

 

Seperti yang diketahui, UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Di mana ujian yang satu ini merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT sendiri merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Nah, UTBK 2020 ini dapat diikuti dirimu yang lulus tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2019, 2019, dan 2020. UTBK juga merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud mengatakan bahwa sistem UTBK akan tetap dipertahankan setelah Mendikbud Nadiem Makarim melihat hasil evaluasi pelaksanaan UTBK sebelumnya. Meskipun begitu, tentu saja tetap akan ada beberapa perubahan dalam sistem UTBK di tahun 2020 ini. Perubahan-perubahan ini dilakukan setelah evaluasi pelaksanaan pada tahun lalu. Nah, berikut Mamikos bagikan info terkait perubahan peraturan UTBK 2020 serta berbagai fakta penting UTBK 2020 yang wajib dirimu ketahui.

Peraturan UTBK 2020

Perlu dirimu ketahui bahwa UTBK 2020 ini adalah sebuah ujian berbasis komputer yang nilainya bisa digunakan dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN). Jadi, UTBK ini adalah ujiannya saja sampai dirimu mendapatkan nilai. Sedangkan, SBMPTN adalah tahapan mendaftar ke perguruan tinggi dan milih milih jurusan. Berbeda dari tahun 2019 lalu, berikut adalah beberapa peraturan baru dalam UTBK 2020 yang wajib untuk dirimu ketahui.

  • Peserta wajib melakukan pendaftaran beserta registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui laman portal LTMPT
  • Peserta hanya boleh mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya, seperti Saintek, Soshum, atau Campuran
  • Bagi peserta yang mengambil ujian melalui UTBK 2020, pelaksanaannya akan berlangsung selama seminggu dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN. Waktu pelaksanaan 14 sesi tersebut hanya dalam satu minggu, yakni pada tanggal 20 April hingga 26 April. Jadi, dalam seminggu tersebut akan ada 2 sesi UTBK yakni pagi dan sore di setiap harinya
  • Jika waktu pengerjaan untuk UTBK 2019 kemarin adalah TPS selama 120 menit & TKA selama 90 menit. Maka di tahun 2020 ini waktu pengerjaanya berkurang menjadi TPS 105 menit, sedangkan TKA 75 menit
  • Hasil UTBK nantinya dapat digunakan oleh PTN dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru Jalur Seleksi Mandiri 2020
  • Berbeda dari tahun lalu, semua nilai peserta dari semua sesi UTBK 2020 akan diumumkan serentak dalam satu hari yang sama yaitu 12 Mei 2020 (2 minggu setelah UTBK sesi terakhir).

Fakta-fakta Penting UTKB 2020

Setelah mengetahui seputar peraturan dalam UTBK 2020, berikut sejumlah fakta penting lainnya terkait UTBK 2020. Tentunya fakta-fakta di bawah ini tidak kalah penting untuk dirimu ketahui. Adapun beberapa fakta penting UTBK 2020 tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Masih harus mendaftar UTBK
    Bagi peserta yang ingin mengikuti UTBK 2020 diwajibkan untuk melakukan pendaftaran akun LTMPT terlebih dahulu. Akun LTMPT ini nantinya akan berguna untuk mengikuti UTBK hingga SBMPTN. Kini, pendaftaran akun LTMPT sudah resmi dibuka mulai dari tanggal 17 Februari hingga 5 April 2020. Namun, ini hanya merupakan jadwal pendaftaran akun LTMPT saja sehingga nantinya siswa harus kembali mendaftar untuk pelaksanaan UTBK yang pendaftarannya berlangsung pada 30 Maret hingga 11 April 2020.
  2. Kesempatan tes
    Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan UTBK 2020 hanya akan berlangsung satu kali saja. Ini artinya, setiap peserta UTBK 2020 hanya diperbolehkan mengikuti tes sebanyak 1 (satu) kali. Hasil UTBK tahun 2020 juga hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2020/2021 saja.
  3. Kelompok ujian UTBK
    Jika di tahun 2019 lalu tidak dirimu temukan kelompok campuran dalam UTBK, maka di tahun ini sebaliknya. Jadi apabila dirimu ingin mendaftar SBMPTN dengan jurusan Soshum dan Saintek, maka dirimu tidak harus ikut dua kali UTBK dengan kelompok ujian yang berbeda lagi. Karena di tahun 2020 ini peserta bisa langsungikut UTBK dengan kelompok ujian campuran. Jadi meskipun SBMPTN nanti milih jurusan kelompok soshum dan saintek, maka dirimu ga perlu ujian dua kali. Adapun kelompok ujian pada UTBK 2020 terbagi atas 3 kelompok, yakni:
    • Kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek): TPS dan TKA Saintek berupa matematika saintek, fisika, kimia, dan biologi.
    • Kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum): TPS dan TKA Soshum berupa matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.
    • Kelompok ujian Campuran Saintek dan Soshum: TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  4. Materi tes UTBK
    Materi tes UTBK 2020 terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi. TKA sendiri akan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah di mana kemampuan akademik sangat diperlukan siswa untuk bisa berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Target utama TKA ialah mendapatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Penilaian TPS terdiri dari kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
  5. Jadwal penting UTBK
    Jadwal UTBK 2020 adalah sebagai berikut:
    • Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN: 17 Februari–5 April 2020
    • Pendaftaran UTBK: 30 Maret – 11 April 2020
    • Pelaksanaan UTBK: 20-26 April 2020
    • Pengumuman Hasil UTBK: 12 Mei 2020

Oke, itu tadi sedikit informasi seputar peraturan hingga fakta-fakta terkait UTBK 2020 yang wajib untuk dirimu ketahui. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kalian semua ya. Jika dirimu masih memiliki pertanyaan lainnya seputar UTBK 2020, dirimu bisa gali informasi lebih banyak lagi melalui situs blog Mamikos. Buat dirimu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel dirimu ya! Di aplikasi Mamikos dirimu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal dirimu nantinya. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android atau ponsel iOS dirimu sekarang juga ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close