Catat! Biodata Diri Untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Catat! Biodata Diri Untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 – Sudah siap untuk mendaftar UTBK-SBMPTN pada 2 Juni 2020 mendatang? Karena waktu pendaftaran yang semakin dekat, pastikan anda sudah mengetahui semua informasi yang dibutuhkan. Ada banyak informasi terbaru dari LTMPT terkait pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang harus anda ketahui setelah LTMPT mengadakan talkshow pada tanggal 31 Mei 2020 lalu. Salah satu informasi penting adalah biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Informasi Terbaru Biodata Diri Untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN

unsplash.com

Dalam talkshow yang disiarkan secara langsung melalui Youtube, LTMPT kembali menegaskan dan memberikan beberapa informasi penting terkait pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Koordinator Bidang Teknologi dan Sistem Informasi LTMPT, Prof. Arif Djunaidy, Ph.D, telah memaparkan simulasi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dalam acara tersebut. Salah satu hal yang perlu disoroti adalah biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Para peserta diminta benar-benar meneliti ulang biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN karena tidak akan bisa diubah lagi setelah peserta menyelesaikan pendaftaran.

Daftar Biodata Diri Untuk Pendaftaran UTBK

Setelah melakukan login pada portal pendaftaran UTBK-SBMPTN, anda bisa melanjutkan untuk memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN. Dalam menu tersebut, anda akan diminta untuk meneliti ulang dan melengkapi biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN. Ada beberapa data yang tidak bisa diubah dan ada pula data yang harus anda isikan ketika melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Berikut akan Mamikos jelaskan rincian biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Data Diri yang Tidak Bisa Diubah

  1. Pas Foto
  2. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  3. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  4. Nama Sekolah
  5. Nomor KIP Kuliah (bagi pendaftar dengan KIP Kuliah)
  6. Nama
  7. NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  8. Jenis Kelamin
  9. Tempat Lahir
  10. Tanggal Lahir
  11. Agama
  12. Alamat
  13. Provinsi
  14. Kabupaten/Kota
  15. Kecamatan
  16. Desa/Kelurahan
  17. RT/RW
  18. Kode Pos
  19. Email
  20. Nomor Telepon

Alamat, nomor telepon, dan pas foto masih bisa diubah. Untuk alamat dan nomor telepon bisa diubah sendiri di portal LTMPT. Tetapi, kalau ingin mengubah pas foto harus datang langsung ke Pusat UTBK terdekat setelah melalui tahap Memilih Pusat UTBK. Peserta yang bersangkutan harus datang sendiri dengan membawa pas foto yang akan diganti.

Data Diri yang Harus Diisi

  1. Orang Tua/Wali
    • Nama Ayah/Wali
    • Nama Ibu
    • Pendidikan Ayah/Wali
    • Pendidikan Ibu
    • Pekerjaan Ayah/Wali
    • Pekerjaan Ibu
    • Penghasilah Ayah/Wali
    • Penghasilan Ibu
  2. Jumlah Saudara
  3. Kebutuhan Khusus (Untuk disabilitas)
    • Disabilitas netra/buta
    • Disabilitas daksa/lumpuh

Jurusan/Program Keahlian SMTA

  1. Nama
  2. Tempat/Tanggal Lahir
  3. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  4. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  5. Nomor KIP Kuliah
  6. Nama Sekolah
  7. Jurusan/Program Keahlian (memilih sesuai dengan jurusan atau program keahlian yang ditempuh di SMA, SMK, atau MA).

Karena jenis tes yang diujikan di UTBK-SBMPTN 2020 hanya TPS, maka pilihan jurusan peserta akan dikaitkan dengan jurusan SMTA untuk memfilter kelayakan peserta dalam memilih jurusan. Pilihan jurusan SMTA nantinya akan muncul sesuai dengan nama sekolah peserta. Jika anda sekolah di SMA dan MA, maka akan muncul pilihan jurusan IPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan/Teologi. Untuk anda yang sekolah di SMK akan disediakan pilihan 49 daftar program keahlian.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Terkait Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Selain biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN, LTMPT juga kembali mengingatkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan para peserta. LTMPT menyebutkan sejumlah 11 poin penting terkait pendaftaran UTBK-SBMPTN. Berikut rincian hal-hal penting yang telah disampaikan oleh LTMPT.

  1. Peserta yang berhak mendaftar UTBK-SBMPTN hanya yang memiliki akun LTMPT. Kalau ada peserta yang ketinggalan pendaftaran akun dan tetap ingin masuk PTN, peserta bisa mengikuti Seleksi Mandiri yang tidak memakai nilai UTBK.
  2. Pendaftaran melalui laman Portal (SSO).
  3. Peserta disarankan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing. Karena kondisi masih Covid-19, peserta diharapkan tidak ke luar daerah. Tes di mana pun, di kota mana pun, kesempatannya tetap sama. Kecuali, kalau peserta sekolah di kota lain dan sekarang berada di kampung halaman, peserta disarankan mengikuti UTBK di lokasi terdekat tempat peserta berada saat ini.
  4. Peserta hanya diijinkan mendaftar dan mengikuti UTBK 1 kali. Harap teliti ulang dan berhati-hati sebelum finalisasi. Kalau sudah finalisasi dan cetak kartu, maka data tidak lagi bisa diubah.
  5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Peserta memilih PTN dan Prodi belum mengetahui hasil nilai UTBK.
  6. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 memfasilitasi pendaftaran 85 Universitas dan Institut (SN-SB) dan 8 Politeknik.
  7. Pemilihan Prodi di Universitas-Institut (85 anggota SN-SB) tidak boleh lintas dengan Poltek.
    • Pilihan 1 Prodi anggota SN-SB (Non Poltek), pilihan 2 anggota SN-SB (Non Poltek).
    • Pilihan 1 Prodi Poltek, pilihan 2 Prodi Poltek.
  8. Pilihan Prodi sesuai persyaratan jurusan SMTA yang ditetapkan PTN.
  9. Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp150.000,00. Khusus untuk peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dibebaskan biaya UTBK atau gratis.
  10. Peserta mengunggah portofolio apabila disyaratkan oleh program studi pilihan (seni dan keolahragaan). Wajib unggah portofolio sesuai bidang masing-masing. Kalau kurang puas dengan portofolio yang didaftarkan di SNMPTN, peserta bisa melakukan koreksi untuk unggah ulang.
  11. Peserta yang telah melakukan konfirmasi dan simpan permanen dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN yang tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Peserta juga tidak bisa melakukan daftar kembali dengan mengulang dari awal (mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga finalisasi).

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Setelah anda memahami isian biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN, kini saatnya anda mengetahui informasi tahapan pendaftarannya. LTMPT juga menyebutkan kembali tahapan pendaftaran yang harus dilakukan oleh para peserta. Beberapa tahapan memiliki ketentuannya masing-masing sesuai yang telah disebutkan oleh LTMPT. Berikut rangkuman tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN dari Mamikos

  1. Login ke portal LTMPT.
  2. Melengkapi biodata. Biodata ada 2, ada biodata yang sudah diisikan saat registrasi akun (yang tidak bisa diubah lagi), dan biodata yang diisikan saat mendaftar UTBK.
  3. Memilih Pusat UTBK. Tidak bisa memilih sesi.
  4. Lalu melanjutkan dengan membayar bagi peserta yang harus membayar. Pemegang KIP Kuliah bisa langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  5. Memilih program studi. Tidak boleh lintas poltek dan non poltek.
  6. Kalau memilih prodi seni dan olahraga berarti harus mengunggah portofolio.
  7. Konfirmasi dan simpan permanen. Cek ulang, anda bisa kembali mulai dari pemilihan program studi.

Sebelum melakukan simpan permanen, anda harus memastikan tersebut dahulu bahwa biodata untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN yang sudah anda isikan benar dan sesuai. Kalau anda merasa ada yang kurang atau salah, anda bisa mengklik tombol Sebelumnya untuk mengganti biodata untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN tersebut. Pastikan juga anda mengisi bagian disabilitas jika anda membutuhkannya karena LTMPT akan menyesuaikan pelaksanaan UTBK-SBMPTN dengan kebutuhan disabilitasmu. Kalau anda tidak mengisinya, anda akan ditempatkan di lokasi yang sama dengan peserta reguler tanpa adanya fasilitas bantuan untuk anda mengerjakan UTBK-SBMPTN.

Ketentuan Tambahan Terkait Pusat UTBK

LTMPT menyediakan sejumlah 74 Pusat UTBK sebagai tempat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Bersama dengan sosialisasi biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, LTMPT juga menyebutkan beberapa ketentuan tambahan terkait pemilihan lokasi pelaksanaan UTBK. Ketentuan tambahan tersebut terutama untuk para peserta yang memiliki disabilitas. Berikut rinciannya.

  1. Jumlah Pusat UTBK: 74
  2. Sesi khusus tunanetra (buta): sesi ke-10 (7 Juli 2020, sesi ke-2)
  3. UTBK untuk peserta tunanetra hanya dilaksanakan di 52 pusat UTBK (dipusatkan di satu Pusat UTBK untuk satu kota).
  4. Khusus peserta tunanetra akan ditempatkan di dalam ruang bersama dan eksklusif, karena pelaksanaan ujian untuk peserta tunanetra akan menggunakan screen reader.
  5. Peserta tunadaksa (lumpuh) akan ditempatkan bersama peserta reguler, tetapi di lokasi yang mudah dijangkau.

anda bisa simak selengkapnya talkshow yang diadakan oleh LTMPT pada video di bawah ini

Demikian informasi terbaru tentang biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN yang bisa Mamikos sampaikan. Sebagai salah satu aspek yang sangat krusial, pastikan bahwa anda sudah memeriksa ulang seluruh biodata diri untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN sebelum melakukan simpan permanen. Selalu ingat bahwa anda tidak bisa mengubah apapun jika sudah menyelesaikan pendaftaran. Selain itu, jangan pernah berhenti untuk berlatih soal agar anda bisa lancar mengerjakan tes UTBK-SBMPTN mendatang. Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close