Cara Registrasi Akun LTMPT untuk Pendaftaran SNMPTN 2020

Pendaftaran SNMPTN 2020 – Setiap anak tentunya memiliki cita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke perguan tinggi atau kuliah. Meskipun tidak semua memiliki pendapat yang sama mengenai hal tersebut, tetapi melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi merupakan mimpi hampir semua orang. Pendidikan yang semakin tinggi tentu dalam masyarakat umum lebih dipandang dan terjamin. Terlebih sebagai orang tua, memiliki anak yang kuliah hingga menyandang status sarjana adalah idaman sekaligus kebanggan yang tak ternilai harganya.

Cara Registrasi Akun LTMPT untuk Pendaftaran SNMPTN 2020

Bisa melanjutkan penidikan di universitas tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika universitas yang dirimu masuki adalah universitas negeri yang berkualitas baik di tanah air. dirimu dan keluarga besarmu tentu saja akan berbangga dengan pencapaian dirimu yang satu ini. Di Indonesia sendiri banyak sekali pilihan universitas negeri yang tersedia.

Salah satu cara untuk bisa lulus dan melanjutkan pendidikan di salah satu universitas negeri di tanah air adalah dengan mengikuti Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN. Sebentar lagi tahun ajaran pun telah tiba, kini dirimu pun sudah bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN 2020. Kabarnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah resmi membuka pendaftaran SNMPTN 2020. Calon peserta SNMPTN 2020 pun harus membuat akun dan mendaftar di LTMPT terlebih dahulu.

Terkait sistem PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) jalur SNMTPTN tahun 2020/2021, setidaknya ada 2 perubahan yang dilakukan Lembaga. Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru. Tahun ini seleksiakan berlangsung secaa berbeda dari tahun lalu, dilaporkan perbedaan terbesarnya adalah dalam pemeringkatan siswa berbasis data pendidikan. Berikut adalah tata cara registrasi akun LTMPT untuk pendaftaran SNMPTN 2020.

Pendaftaran SNMPTN 2020
Pendaftaran SNMPTN 2020

 

Berikut Cara Registrasi akun LTMPT untuk Pendaftaran SNMPTN 2020

Sebagai informasi awal untuk dirimu, LTMPT ini adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru. Lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengeluarkan kebijakan baru bagi sekolah dan peserta yang akan melanjutkan pendidikan ke universitas negeri. Kebijakan Single Sign On (SSO) mewajibkan sekolah dan siswa yang akan lanjut ke universitas negeri baik lewat jalur SNMPTN 2020, UTBK 2020, dan SBMPTN 2020 mempunyai akun di situs LTMPT, https://portal.ltmpt.ac.id. Berikut adalah cara pendaftaran SNMPTN 2020 yang sudah dirangkum oleh Mamikos.

Calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun di https://portal.ltmpt.ac.id. Waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua, yaitu untuk PDSS dan SNMPTN yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020 dan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 7 Februari hingga 5 April 2020. Berikut cara dan tahapan registrasi akun di portal LTMPT:

  1. Membuat akun LTMPT bagi semua calon pendaftar SNMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  3. Pemeringkatan siswa oleh sekolah sesuai ketentuan
  4.  Pengumuman Peserta yang Eligible untuk mendaftar SNMPTN
  5. Pendaftaran SNMPTN, bagi peserta yang telah memenuhi syarat dan masuk dalam pemeringkatan.
  6. Pemilihan PTN dan Program Studi dengan ketentuan pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN, pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN.
  7. Mengunggah Portofolio bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga
  8. Seleksi jalur SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Single Sign On (SSO) masing-masing PTN
  9. Pengumuman kelulusan hasil SNMPTN

LTMPT menetapkan biaya pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SNMPTN 2020 sebesar Rp 200.000 untuk kelompok ujian saintek atau soshum. Sedangkan Rp 300.000 untuk kelompok ujian campuran.

  • Bagi Keluarga Kurang Mampu

Bagi siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik) dengan terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran program KIP-K dan ADik yang dapat dilihat melalui laman sebagai berikut, http://kipkuliah.kemdikbud.go.id/ dan http://adik.kemdikbud.go.id/.

Dilansir dari situs resmi LTMPT, penerimaan mahasiswa baru PTN 2020 dilaksanakan lewat tiga jalur, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Kuotanya, SNMPTN minimum 20 persen dari daya tampung, SBMPTN minimum 40 persen dari daya tampung, dan Seleksi Mandiri maksimum 30 persen dari daya tampung.

Nah, semoga informasi yang telah Mamikos rangkum di atas bisa bermanfaat untuk dirimu ya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close