Cara Rasionalisasi Nilai UTBK Untuk Melihat Peluang Lolos PTN Impian

Cara Rasionalisasi Nilai UTBK Untuk Melihat Peluang Lolos PTN Impian – Siapa yang tidak ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri impiannya? Bisa berkuliah di sana, menuntut ilmu hingga peluang besar untuk sebuah karir gemilang di masa depan. dirimu pasti salah satunya, kan?! Apabila benar, maka informasi cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian ini wajib untuk dirimu baca hingga selesai.

Sebab dalam artikel ini, Mamikos membahas secara mendalam apa saja yang perlu dirimu ketahui dan bagaimana cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian di masa mendatang. Singkatnya SBMPTN merupakan jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur tes. Jalur masuk ini berbeda dengan SNMPTN yang merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui seleksi nilai raport SMA/sederajat.

Ikhtisar SBMPTN

bobbussinessnews.co.nz

Perlu dirimu ketahui bahwa ditahun-tahun sebelumnya, sistem SBMPTN ini cukup sederhana. Yakni calon peserta akan memilih Perguruan Tinggi Negeri yang dituju kemudian mengikuti tes secara serentak. Selanjutnya, peserta tinggal menunggu pengumuman apakah lolos atau tidak melalui pengumuman resmi. Namun dimulai pada SBMPTN 2019 lalu, proses seleksi menjadi lebih kompleks.

Mengapa demikian? Sebab calon peserta diwajibkan untuk mengikuti ujian terlebih dahulu yang sudah kita kenal dengan istilah UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Dilanjutkan calon peserta akan mendapatkan nilai guna diajukan untuk memilih Perguruan Tinggi Negeri tujuan masing-masing.

Sistem SBMPTN dengan mengikuti UTBK ini masih dipakai hingga sekarang. Terlebih ada perbedaan mencolok yakni maksimal ujian hanya bisa dilakukan sebanyak 1 kali saja. Berikut ini Mamikos sudah melampirkan cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian dirimu. Semoga informasi ini dapat membantu.

Rasionalisasi Nilai UTBK

Pengertian Rasionalisasi Nilai UTBK

Rasionalisasi nilai UTBK intinya adalah bagaimana dirimu bisa menentukan pilihan Perguruan Tinggi Negeri tidak hanya dilihat dari minat saja. Tetapi juga dari hasil UTBK dirimu dan peserta UTBK yang lain. Jadi dari hasil tersebut dirimu akan bisa melihat peringkat dirimu diantara teman-teman lain yang memilih jurusan yang sama di Perguruan Tinggi Negeri yang sama.

Manfaat Rasionalisasi UTBK

dengan mengikuti rasionalisasi, khususnya rasionalisasi nilai UTBK, dirimu bisa mendapatkan gambaran bagaimana sebenarnya kondisi persaingan PTN yang dirimu tuju dibandingkan dengan nilai UTBK yang dimiliki. Jika sudah demikian, diharapkan dirimu pun dapat membuat strategi atau tip dan trik saat hendak memilih Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan dengan pertimbangan yang lebih matang.

Perlu diingat juga bahwa dirimu harus berhati-hati juga dalam mengikuti rasionalisasi. Pelajari bagaimana sistem tersebut bekerja. Kalau dirimu salah memahami, bisa-bisa dirimu malah gagal masuk Perguruan Tinggi yang dirimu inginkan.

Namun ada hal lain yang juga perlu untuk dirimu ketahui mengenai rasionalisasi nilai UTBK ini. Proses rasionalisasi ini bisa dibilang hanya berupa kemungkinan-kemungkinan. Jadi penting untuk dirimu pahami jika hasil rasionalisasi bukanlah hal yang mutlak benar. Jangan malu untuk berkonsultasi mengenai hal ini atau hasil dari rasionalisasi bersama pihak lain yang dirimu percayai seperti orang tua, kakak alumni atau guru / wali kelas di sekolah dirimu.

Cara Rasionalisasi Nilai

Sekarang paling tidak dirimu sudah paham bukan tentang apa itu pengertian rasionalisasi. Lantas bagaimana caranya melakukan rasionalisasi nilai UTBK tersebut? Di sini Mamikos akan beritahukan caranya. Untuk merasionalisasi nilai UTBK, sebenarnya dirimu tinggal mengamati nilai dirimu sendiri dan dibandingkan dengan nilai peserta UTBK lainnya.

Nilai UTBK tersebut bisa dirimu lihat dari hasil peserta UTBK tahun sebelumnya. Akan jauh lebih baik lagi apabila dirimu bisa membandingkan dengan rata-rata nilai peserta UTBK tahun ini. Biasanya LTMPT akan merilis rekapitulasi nilai setelah pengumuman UTBK. Dari situlah dirimu bisa melakukan perbandingan.

Pertimbangkan pula daya tampung dari jurusan yang dirimu tuju di Perguruan Tinggi Negeri tersebut. dirimu bisa mencari informasi-informasi tersebut di halaman LTMPT. Apabila dirimu bingung dan kesulitan melakukan rasionalisasi sendiri dengan cara di atas, tak perlu panik, dan baca kembali cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian yang sudah Mamikos sampaikan ini.

Ikuti Survei atau Simulasi Nilai UTBK

Selain dengan cara melihat rekapitulasi dan data penerimaan tahun sebelumnya, ada baiknya dirimu juga uji pilihan SBMPTN dirimu dengan mengikuti survei nilai UTBK yang diadakan oleh berbagai lembaga yang bisa dirimu ketahui melalui situs resmi atau sekolahmu. Dengan simulasi tersebut, paling tidak dirimu bisa menguji dan membandingkan secara nyata dan pasti dengan data nilai yang sebenarnya.

Dalam mengikuti survei atau simulasi UTBK, dirimu juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Jumlah responden. Untuk mendapatkan insights yang bagus, ada baiknya jumlah respondennya banyak dan bisa mencerminkan populasi.

Keamanan data. dirimu perlu berhati-hati agar tidak asal memberitahukan data-data sensitif apabila lembaga yang menyelenggarakan survei dirimu rasa kurang kredibel. Jadi cermat dan teliti selalu, ya.

Apakah Proses Rasionalisasi Aman dan Akurat?

dirimu tentu bertanya apakah cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian yang Mamikos infokan ini akurat dan aman? Tentu saja aman. Sebab data pribadi seperti hasil UTBK atau Perguruan Tinggi Negeri impian dirimu akan ditampilkan secara anonim dan tidak akan diberikan ke pihak lain.

Selain itu akurasi dari sistem rasionalisasi ini akan sangat ditentukan oleh seberapa banyak peserta UTBK yang menggunakan sistem tersebut. Jadi, dirimu bisa mengajak teman-teman dirimu dan pejuang UTBK lainnya untuk mengikuti cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian agar hasilnya semakin akurat.

Tips Memilih Jurusan Untuk Menjamin dirimu Lolos SBMPTN

Mengenali Potensi Diri

Sebelum menentukan Perguruan Tinggi Negeri impian atau jurusan kuliah yang dirimu inginkan, ada baiknya dirimu mengenali potensi diri terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja agar dirimu dapat mengetahui jurusan yang cocok dengan dirimu sendiri dan bukan karena faktor eksternal lain.

Tentukan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi yang Sesuai Minat

Poin kedua adalah dirimu harus memperhitungkan kemampuan hasil pre test atau try out dirimu sendiri. Jadi apabila nilai yang dirimu dapatkan belum mencapai passing grade try out, mungkin dirimu bisa mencoba alternative Perguruan Tinggi Negeri lain dengan passing grade yang lebih rendah. Membuka peluang lain kan tidak ada salahnya.

Terus Mencari Tahu Tentang Pesaing Calon Mahasiswa Lain

Sepertinya terlihat sepele bukan apalagi bagi dirimu yang tinggal di perkotaan. Padahal maksudnya dirimu perlu mengetahui juga potensi tiap daerah. Mungkin saja ada satu daerah yang terkenal jago Fisika-nya. Jadi, coba dirimu langsung cari tahu soal pemetaan persaingan peminat Universitas Negeri yang dirimu minati tersebut. Tentu agar dapat meningkatkan usaha yang dirimu lakukan dan bisa memberikan hasil terbaik saat ujian nanti.

Pastikan kedua Pilihan Dalam Jurusan yang Sama

Saat memilih jurusan, pastikan dirimu sudah mencantumkan jurusan yang sama, walaupun pilihan universitasnya berbeda. Sebab peluang dirimu untuk lolos SBMPTN akan semakin besar. Perhitungan ini tentu sangat logis dan menunjukkan dirimu ada keseriusan dalam memilih jurusan tersebut.

Lakukan Strategi Kombinasi Pilihan Universitas

Hal satu ini juga bisa dirimu lakukan saat hendak memperbesar peluang masuk PTN impian. Yakni strategi kombinasi pilihan universitas tujuan. Dalam SBMPTN, dirimu bisa memilih 2 jurusan di 2 universitas yang berbeda. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemilihan jurusan. Dengan tidak bermaksud merendahkan universitas lainnya lho ya. Maka strategi ini bisa dilakukan dengan cara :

  1. Pilihan Pertama misalnya dirimu menuliskan pilihan jurusan di Universitas terkemuka Indonesia sebut saja UI, UGM, ITB, ITS, atau IPB.
  2. Pilihan Kedua kemudian dirimu memilih jurusan di Universitas yang peringkatnya berada di bawah pilihan pertama.

Strategi tersebut bisa dirimu gunakan apabila dirimu memang berminat pada 1 jurusan saja. Misal dirimu hanya berminat kuliah di jurusan Manajemen. Maka strategi ini bisa dirimu terapkan.

Sekian ulasan dari Mamikos tentang cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian yang dapat disampaikan. Semoga informasi Mamikos mengenai cara rasionalisasi nilai UTBK untuk melihat peluang lolos PTN impian ini dapat berguna. Untuk urusan hunian kost, dirimu bisa mengakses aplikasi cari kost Mamikos sekarang juga di ponsel pintar dirimu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close