Cara Pendaftaran UTBK 2021 untuk Gap Year, Syarat dan Ketentuannya

Cara pendaftaran UTBK 2021 untuk gap year, syarat dan ketentuannya – Kesempatan untuk bisa menempuh studi di Perguruan Tinggi terbuka bagi lulusan tahun 2021. Namun, apakah dirimu tahu bahwa lulusan dua tahun sebelumnya juga diperkenankan mendaftar?

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran UTBK untuk Gap Year

unsplash.com

Ragam seleksi masuk Perguruan Tinggi tidak hanya terdiri dari satu macam jalur saja. Ada seleksi nasional yang diselenggarakan serentak secara nasional dengan sistem seragam, tetapi ada pula seleksi mandiri yang mekanismenya diatur oleh pihak Perguruan Tinggi masing-masing.

Dari sekian banyak jalur masuk tersebut, ada pula jalur yang khusus diperuntukkan bagi lulusan tahun 2021. Artinya, siswa yang lulus tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya tidak diperkenankan mendaftar. Biasanya, jalur khusus bagi lulusan tahun 2021 termasuk jalur undangan, sehingga tidak semua siswa SLTA akan mendapatkan kesempatannya.

dirimu yang lulus SLTA tahun 2020 atau 2019 tetap berpeluang untuk meneruskan studi di Perguruan Tinggi Negeri. Jika ingin mendaftar seleksi jalur nasional, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dirimu wajib memiliki skor UTBK. Skor tersebut juga bisa digunakan sebagai syarat masuk jalur mandiri di beberapa Perguruan Tinggi. Agar semakin paham, berikut ini ulasan mengenai cara mendaftar UTBK untuk gap year di tahun 2021.

Apa Itu Gap Year?

Bagi yang belum tahu istilah “gap year”, ada definisi yang terdapat pada Thesaurus.com yang mengartikan gap year sebagai sabbatical year. Pada periode ini, seseorang beristirahat sejenak dari aktivitasnya setelah lulus dan sebelum memulai pendidikan lanjut. Di Indonesia, masih banyak anggapan bahwa gap year adalah tahun untuk menganggur. Padahal, hal tersebut tidak benar karena saat gap year ini lah seseorang memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri di tahap selanjutnya.

Istilah gap year di Indonesia digunakan ketika siswa yang sudah lulus sekolah menengah tidak langsung meneruskan studi di Perguruan Tinggi. Ia akan mengambil jeda waktu, baik satu tahun maupun beberapa tahun sebelum akhirnya berkuliah. Alasan gap year pun bermacam-macam, seperti belum diterima ujian masuk Perguruan Tinggi dan ingin mencoba lagi di tahun berikutnya, ingin mencari pengalaman sebelum kuliah, atau karena ingin mengumpulkan biaya kuliah.

Selama masa gap year, seseorang tidak lantas bermalas-malasan. Sebab, ada persiapan penting yang harus tetap dilakukan agar bisa diterima masuk Perguruan Tinggi di tahun yang sudah ditargetkan. Tantangan bagi orang-orang yang mengambil gap year juga semakin berat. Selain harus bersaing dengan lulusan tahun 2021, ada juga lulusan tahun-tahun sebelumnya yang ingin mencoba masuk Perguruan Tinggi.

Ketentuan Pendaftaran UTBK 2021 untuk Gap Year

Jika dirimu mengambil gap year untuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK tahun 2021, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Selagi pendaftaran masih terbuka, persiapkan dokumen-dokumen pendaftaran dan berkas lain yang diperlukan. Adapun syarat mendaftar UTBK 2021 untuk gap year antara lain:

  1. Pendaftar gap year memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
  2. Pendaftar adalah lulusan SMA/ MA/ SMK/ Sederajat yang lulus tahun 2020 dan 2019 atau lulusan paket C yang lulus tahun 2020 dan 2019
  3. Usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  4. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga kelompok ujian:
    • Peserta UTBK yang memilih program studi saintek mengikuti TPS dan TKA saintek
    • Peserta UTBK yang memilih program studi soshum mengikuti TPS dan TKA soshum
    • Peserta UTBK yang memilih program studi saintek dan soshum (campuran) mengikuti TPS, TKA saintek, dan TKA soshum
  5. Hasil UTBK tahun 2021 hanya berlaku untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi tahun 2021
  6. Membayar biaya UTBK

Jadwal Pendaftaran UTBK 2021 untuk Gap Year

• Jadwal pendaftaran akun LTMPT UTBK: 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021
• Pendaftaran UTBK: 15 Maret – 1 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 12 April – 18 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 26 April – 2 Mei 2021

Cara Pendaftaran UTBK 2021 untuk Gap Year

Cara untuk mendaftar UTBK tahun 2021 berikut berlaku bagi pendaftar yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021. Setiap pendaftar gap year yang lulus tahun 2019 dan 2020 diwajibkan membawa ijazah serta memiliki akun LTMPT dan mengikuti alur pendaftaran UTBK berikut:

  1. Registrasi pembuatan akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id dengan memasukkan data NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  2. Login dengan username (email) dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu verifikasi dan validasi data siswa. Pendaftar akan diminta mengisi data kelengkapan pendaftaran, seperti biodata dan pas foto terbaru (berwarna). Setelah itu, peserta bisa memverifikasi biodata
  4. Memilih menu pendaftaran UTBK, memilih pusat UTBK PTN, jenis ujian, serta sesi ujian
  5. Menunggu slip pembayaran
  6. Melakukan pembayaran pendaftaran UTBK di bank yang ditunjuk maksimal 1 x 24 jam
  7. Login kembali ke https://portal.ltmpt.ac.id dan memilih menu pendaftaran UTBK
  8. Mencetak kartu peserta UTBK
  9. Mengikuti UTBK sesuai jadwal yang dipilih

Catat dan buat pengingat waktu untuk mengikuti UTBK yang dirimu dapatkan agar tidak terlewat. Bagi dirimu gap year lulusan tahun 2019 dan 2020 yang sudah pernah diterima pada jalur SNMPTN tahun sebelumnya, maka dirimu tidak diperkenankan mendaftar UTBK tahun 2021.

Biaya Pendaftaran UTBK 2021 untuk Gap Year

Secara umum, tidak ada perbedaan biaya pendaftaran UTBK bagi gap year dan lulusan tahun 2021. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran setiap kelompok ujian antara lain:

• Biaya peserta UTBK kelompok ujian saintek: Rp 200.000
• Biaya peserta UTBK kelompok ujian saintek: Rp 200.000
• Biaya peserta UTBK kelompok ujian campuran (kelompok saintek dan soshum): Rp 300.000

Persiapan UTBK 2021 untuk Gap Year

Persiapan ekstra perlu dilakukan pendaftar gap year yang akan mengikuti UTBK tahun 2021. UTBK akan diselenggarakan dengan mekanisme ujian tulis yang berbasis komputer. UTBK terbuka bagi gap year yang ingin memilih kelompok ujian saintek, kelompok soshum, ataupun kelompok campuran (saintek dan soshum). Ada beberapa aturan terkait UTBK yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

  1. Materi tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan materi Tes Kompetensi Akademik (TKA)
  2. UTBK dilaksanakan dalam 2 gelombang yang totalnya 14 hari (28 sesi dengan 2 sesi per hari)
  3. Hanya ada satu kali kesempatan bagi peserta untuk mengikuti UTBK tahun 2021

Setelah menyelesaikan UTBK, dirimu akan mendapatkan hasil tes berupa skor UTBK secara individu. Melihat aturan dan ketentuan tersebut, dirimu perlu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mendapatkan skor UTBK terbaik. Adapun persiapan-persiapan UTBK bagi gap year adalah:

1. Mendaftar UTBK Tepat Waktu

Hindari mendaftar UTBK di menit-menit terakhir atau ketika pendaftaran akan ditutup. Hal ini penting untuk menghindari server yang terlalu penuh dan proses pendaftaran menjadi lebih lambat. Apabila tidak dapat diakses, dirimu tidak bisa mendaftar UTBK. Tentu hal ini akan merugikanmu yang sudah siap mendaftar. Buatlah pengingat pendaftaran UTBK beberapa hari sebelum penutupan.

2. Mempelajari Materi UTBK Secara Terstruktur

Kunci keberhasilan mengerjakan UTBK adalah sering berlatih soal, mulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Selain perlu ketepatan menjawab soal, kecepatanmu juga harus selalu dilatih. Belajar materi UTBK secara terstruktur dan rutin akan lebih membantu dibandingkan belajar seluruh materi UTBK sekaligus dalam satu hari. Belajar dengan sistem kebut semalam tidak akan memberikan hasil efektif karena materi yang diujikan pada saat UTBK sangat beragam.

3. Memilih Program Studi Secara Tepat

Hampir semua progtam studi ditawarkan oleh Perguruan Tinggi saat pendaftaran UTBK dibuka. Namun, dirimu perlu mempertimbangkan kemampuanmu dan melihat kuota penerimaan kampus tujuan. Jika dirimu optimis mendapatkan skor UTBK tinggi, cobalah mendaftar program studi favorit di Perguruan Tinggi. Namun, apabila skor UTBK-mu masih belum memenuhi rata-rata yang ada di Perguruan Tinggi, pertimbangkanlah program studi cadangan.

4. Melakukan Evaluasi Belajar Rutin

Setelah terus belajar dan mempelajari materi baru, lakukan evaluasi belajar mandiri, baik dengan mengerjakan soal atau mengikuti try out UTBK online. Dari evaluasi tersebut, dirimu bisa mengetahui kekurangan dan berusaha menguasai materi yang masih dianggap sulit.

Demikian informasi cara pendaftaran UTBK 2021 untuk gap year, syarat dan ketentuannya sebagai referensimu sebelum mendaftar. Bagi dirimu yang ingin melakukan pendaftaran SBMPTN 2021, berusahalah agar nilai UTBK tahun 2021 nanti di atas rata-rata dan melebihi passing grade program studi tujuan. Pantau terus informasi di LTMPT sebagai lembaga resmi penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi.

Untuk berjaga-jaga, luangkan waktu mencari tempat tinggal berupa kost dekat kampus tujuanmu. Tenang, dengan aplikasi pencari kost Mamikos, proses survey lokasi tidak perlu dilakukan dengan datang ke lokasi. Begitu pula dengan proses booking kost hingga pembayarannya. Segera download aplikasinya untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan dan fitur menariknya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close