Cara Menghitung Nilai Rapor SNMPTN 2020 Hingga Contoh yang Diterima SNMPTN!

SNMPTN 2020 – Bagi siswa SMA/MA/SMK kelas 12 yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 perlu bergerak cepat. Sebab, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) sudah membuka jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020. SNMPTN sendiri dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. Berikut Mamikos rangkum cara menghitung nilai rapor SNMPTN 2020 hingga contoh yang diterima SNMPTN untuk kalian semua.

Langkah-langkah Menghitung hingga Contoh Nilai Rapor yang Lolos SNMPTN 2020

SNMPTN 2020

Menghitung Nilai Rapor SNMPTN 2020

Sejak dibukanya pendaftaran SNMPTN 2020, beragam pertanyaan pun muncul. Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul adalah mengenai cara menghitung nilai rata-rata untuk kelulusan SNMPTN 2020 dengan kurikulum yang berbeda-beda di tiap sekolah. Perhitungan yang akan Mamikos berikan ini bisa jadi berbeda dengan perhitungan pada SNMPTN yang sebenarnya. Ini hanya pendekatan sederhana saja. Jadi, cara ini mungkin hanya berlaku untuk Uji Coba SNMPTN menghitung Kelulusan SNMPTN 2020.

1. Nilai yang dihitung:

  1. Semua nilai mata pelajaran (teori), kecuali mata pelajaran muatan lokal
  2. Apabila suatu mata pelajaran hanya ada nilai praktik (tidak ada nilai teori), maka anggap nilai praktik itu sebagai nilai teori

2. Cara menghitung nilai rapor untuk kelulusan SNMPTN 2020:

  1. Sebernarnya menghitung nilai rapor ini sama seperti perhitungan rata-rata pada umumnya, misalnya nilai rapor anda adalah: 90, 91 ,92, 93, 94. Maka nilai rata-ratanya adalah (90+91+92+93+94):5.
  2. Untuk nilai kurtilas pun sama, anda cukup menambahkan, kemudian bagi dengan banyaknya data yang anda miliki.
  3. Jika kurikulumnya campur, seperti ada nilai yang menggunakan kurtilas (skala 4), ada yang menggunakan KTSP (skala 100) konversi nilai kurtilas (skala 4) menjadi KTSP (skala 100) dengan cara sederhana (nilai kurtilas : 4) x 100. Kemudian rata-ratakan seperti biasa.

Contoh Rapor yang Diterima di SNMPTN

Salah satu cara paling ampuh mengetahui peluangmu lolos SNMPTN 2020 adalah dengan membandingkan nilai rapor anda dengan nilai rapor siswa yang tahun lalu diterima. Bila tahun lalu anak yang nilai rapornya sekian bisa diterima, maka tahun ini jika persaingannya sama maka ada kemungkinan diterimanya juga besar. Jika di sekolah anda ada alumni yang tahun lalu diterima di SNMPTN di PTN yang anda incar, Mamikos sarankan anda untuk melihat nilai rapor mereka.

Misalnya, anda ingin masuk jurusan akuntansi UI, maka bandingkan nilai anda dengan alumni yang diterima di akuntansi UI tersebut. Jika nilai anda sama atau bahkan lebih bagus, tinggal berdoa saja persaingan tahun ini akan sama atau lebih rendah dari tahun lalu. Dengan membandingkan nilai rapormu dengan nilai rapor alumnimu, bisa dibilang anda sudah mengeliminasi faktor indeks sekolah karena kalian berasal dari sekolah yang sama. Jadi tinggal bandingin raportnya saja.

1. Mata Pelajaran yang Dinilai

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN 2020. anda pun akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. SMA dengan akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik. Kriteria nilai rapor semester 1 – 5 berlaku untuk 6 mata pelajaran. Mata pelajaran yang dinilai yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA. Untuk Jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Untuk Jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing lainnya. Sementara untuk SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

2. Peserta yang diperbolehkan mengikuti SNMPTN 2020

Peserta yang diperbolehkan mengikuti SNMPTN 2020 ini juga harus siswa lulusan sekolah di tahun penyelenggaraan SNMPTN 2020. Jika anda ingin mengikuti SNMPTN 2020, maka hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020. Siswa yang mengikuti SNMPTN 2020 juga hnaya bisa memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jika anda merupakan siswa SMK, maka anda hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN. Perlu diketahui pula bahwa kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN 2020 ditetapkan paling sedikit 20 persen (dua puluh persen) dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Bila anda yang berencana ingin merantau ke kota lain untuk melanjutkan pendidikan, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel anda ya! Di aplikasi Mamikos anda akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Nantinya anda pun bisa menjadikan kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan ini sebagai tempat tinggal anda selama merantau di kota orang. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close