Cara Mendaftar Anggota Perpustakaan Nasional Secara Online

Cara Mendaftar Anggota Perpustakaan Nasional Secara Online – Halo sobatwebsiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Cara Mendaftar menjadi Anggota Perpustakaan Nasional Secara Online terbaru tahun 2018.

Dkuti dari Wikipedia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara.

Dengan adanya Perpusnas, masyarakat Indonesia akan semakin mudah dalam mencari referensi buku belajar dan lain sebagainya. Perpustakaan Nasional RI dapat di akses oleh siswa, mahasiswa, guru dan umum.

Nah, untuk dapat menggunakan layanan Perpusnas Online, maka diwajibkan menjadi anggota terlebih dahulu dengan mendaftar keganggotaan.

Persyaratan Keanggotaan Online Perpustakaan Online RI

  1. Siswa (minimal SLTA), mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia (WNI/WNA), berdomisili di dalam maupun luar negeri.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di ruang keanggotaan Lt. 2  Perpustakaan Nasional RI Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta
  3. Menunjukkan tanda pengenal asli dan masih berlaku : i. Umum : Kartu Tanda Penduduk ii. Mahasiswa : Kartu Mahasiswa iii.Pelajar : Kartu Pelajar
  4. Mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Kartu anggota dapat pula digunakan untuk Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11, kecuali bagi yang berdomisili di luar Jabotabek.
  6. Masa berlaku kartu anggota Perpustakaan Nasional RI : 10 tahun.

Cara Mendaftar Anggota Online Perpustakaan Nasional RI

1. Kunjungi alamat Perpusnas disini http://keanggotaan.perpusnas.go.id
2. Kemudian klik tombol Daftar, penampakannya dibawah ini.

3. Silahkan anda baca kembali dan pahami persyaratan untuk menjadi anggota Perpusnas Online, setelah selesai kemudian klik Lanjutkan Pendaftaran seperti gambar di bawah ini.

4. Pada halaman berikutnya, silahkan anda isi Formulir Pendaftaran dan jangan lupa baca petunjuk pengisian From agar tidak terjadi kesalahan saat pengisian data.

Setelah selesai pengisian data, kemudian beri tanda “ceklish/ centang” Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI

5. Lalu Tekan “Enter” silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

Demikian Cara Mendaftar Anggota Perpustakaan Nasional Secara Online yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

loading...
loading...
close