Cara Memilih Waktu Sholat Dengan Mudah

Waktu sholat bagi kaum muslimin sangatlah penting sekali alasannya yaitu berkaitan dengan satu ibadah yang dilarang di gantikan selama masih hidup yaitu ibadah sholat lima waktu.
Nah terkadang kita berada di daerah yang tidak biasa menyerupai pegunungan, atau kota yang berbeda alasannya yaitu indonesia mempunyai tiga waktu yang berbeda, atau mungkin berbeda negara.
Namun dimanapun kita berada tentu bukan menjadi alasan untu tida melakukan sholat. Untuk itulah Guru Madrasah kali ini ingin membuatkan imu sederhana yang sangat bermanfaat. Yaitu Cara Menentukan Waktu Sholat.

Baca Juga Tuntunan Solat Gerakan Dan Bacaannya

Sunguh nikamat Alloh sangatlah tidak terbatas pantaslah Alloh menyampaikan jikalau insan itu sangat sedikit bersyukur.

Termasuk pada matahari. Matahari selain sebagai salah satu sumber aktivis siklus kehidupan alasannya yaitu kalau tidak ada matahari seluruh makluk yanga ada ketika ini akan beku, ternyata memilih waktu sholatpun menurut pergerakan matahari dilihat dari bumi. Atau lebih tepatnya menurut rotasi bumi pada porosnya yang mengakibatkan posisi matahari selalu bergerak dari arah timur menuju barat.
Perubahan posisi matahari dari arah timur ke barat inilah yang menjadi kunci waktu melakukan sholat 5 waktu.

Ketentuan waktu sholat terhadap perpindahan posisi matahi dari timur kebarat tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Sholat Dzuhur

Waktu sholat dzuhur yaitu semenjak matahari condong ke barat dan berakhir di ketika bayangan suatu benda bitu sama dengan bendanya.

  “Waktu Sholat Zhuhur yaitu ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelamnya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu ‘Ashar ( HR Muslim No 612)

2. Sholat Asar

Waktu sholat asar yaitu semenjak bayangan benda sama dengan bendanya hingga terbenamnya matahri. Atau ketika mulai habisnya waktu dzuhur hingga terbenamnya matahari di ufuk barat.

“Waktu Sholat Zhuhur yaitu ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelamnya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu ‘ashar dan waktu ‘ashar masih tetap ada selama matahari belum menguning”  ( HR Muslim No 612).

3. Sholat Magrib

Waktu sholat magrib yaitu dimulai ketika terbenamnya matahari hingga mega merah telah hilang langit gelap semuanya. Atau dengan kata lain final sholat asar hingga dengan mega merah hilang.

“Kemudian Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam ketika matahari telah karam (sama dengan waktu ketika Jibril mengajarkan sholat kepada Nabi pada hari sebelumnya) kemudian ia mengatakan, “Wahai Muhammad berdirilah laksanakanlah sholat maghrib ( HR. Nasa’i No. 526, hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahullah dalam Al Irwa’ hal. 270/I.)

4. Sholat Isya

Waktu sholat isya yaitu sesudah hilangnya mega merah atau sesudah berakhirnya waktu masgrib hingga terbit fajar sidik.

“……Kemudian Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam untuk melakukan sholat ‘isya’ ketika sepertiga malam yang pertama…”(HR. Nasa’i No. 526, hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahullah dalam Al Irwa’ hal. 270/I.)

 

5. Sholat Subuh

Waktu sholat subuh yaitu dimulai sesudah terbit fajar sidik hingga terbit matahri atau dimulai dari final sholat isya hingga terbit matahri.

“Waktu shalat Shubuh yaitu mulai terbit fajar (shodiq).” (HR. Muslim no. 612)

Nah itulah Cara Menentukan Waktu Sholat Dengan Mudah tanpa memakai pinjaman jam. Jika kita mengacu pada jam maka dapat berubah sewaktu – waktu alasannya yaitu peredaran matahari selalu berubah – ubah sesuai siklusnya.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Solat Berjamaah Atau Sendirian?

  
        Hal lain yang mungkin Bermafaat Belajar Tajwid dan Panduan Tata Cara Wudlu

Sumber Rujukan
https://rumaysho.com/2948-waktu-shalat-5-shalat-shubuh.html
https://muslim.or.id/6258-waktu-waktu-shalat.html
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah – Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan

loading...