Cara Melihat Skor & Nilai UTBK 2021, Klik Link ini

Cara Melihat Skor & Nilai UTBK 2021, Klik Link ini – Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dijadwalkan akan diumumkan pada 14 Juni 2021. Bagi peserta yang ingin melihat skor dan nilai UTBK diharapkan dapat memantau terus informasi terbaru di situs LTMPT. Jika anda gagal dalam SBMPTN, nantinya skor dan nilai UTBK anda bisa dipergunakan untuk mendaftar ujian mandiri. Untk informasi lebih lengkap terkait cara melihat skor dan nilai UTBK 2021, bisa anda cek di bawah ini.

Berikut Cara Melihat Skor dan Nilai UTBK Terbaru 

images.bisnis-cdn.com

Jika tidak ada perubahan, hasil UTBK 2021 akan diumumkan pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Nantinya, hasil UTBK 2021 akan dipublikasikan melalui situs resmi LTMPT. Bagi peserta UTBK 2021 yang tidak lulus, masih dapat mengikuti ujian mandiri yang digelar di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk mengikuti ujian tersebut, peserta bisa melihat nilai UTBK 2021 dan mengunduh sertifikatnya terlebih dahulu.

Sekilas Tentang UTBK

UTBK sejatinya merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara serentak oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sistem UTBK sendiri sudah digunakan sejak tahun 2019 sebagai syarat utama untuk bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tes yang diujikan UTBK terdiri atas dua jenis tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Meskipun di tahun lalu TKA sempat ditiadakan, namun di tahun ini TKA tetap dilangsungkan.

Di tahun 2021, UTBK dilaksanakan sebanyak dua gelombang. Di mana gelombang pertama dilaksanakan pada 12 hingga 15 April 2021, sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Pelaksanaan UTBK sendiri diadakan di masing-masing PTN yang tersebar di seluruh Indonesia dengan penetapan jadwal tes sebanyak dua kali sehari selama seminggu.

Standar Nilai UTBK

Faktanya, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa untuk bisa lulus SBMPTN ada standar nilai UTBK yang harus dipenuhi. Standar nilai ini nantinya dapat menjadi acuan dalam mengukur seberapa besar kemungkinan anda akan diterima di jurusan pilihanmu. Diketahui ada tiga kelompok besar standar nilai UTBK, yakni:

  1. Kelompok pertama: kisaran nilai bawah yang berada pada kisaran nilai kurang dari 300 hingga di bawah 500.
  2. Kelompok kedua: kisaran nilai tengah yang berada di kisaran nilai 500 hingga 700.
  3. Kelompok ketiga: kisaran nilai atas yang berada di atas nilai 700.

Jika ingin merasa aman untuk bersaing dalam SBMPTN, anda harus bisa mencapai nilai di angka kisaran 500 atau diatasnya. Batas aman ini nantinya dapat membantu anda bersaing ketat dengan peserta lainnya untuk diterima di jurusan yang sama. Meskipun begitu, bukan berarti anda harus mengejar nilai di angka 500 saja. Sebisa mungkin anda harus bisa mengejar angka di atas 500 supaya kesempatan anda untuk lulus SBMPTN terbuka lebar.

Perlu anda ketahui pula bahwa setiap jurusan dan PTN tentunya memiliki standar nilai minimum yang berbeda-beda. Oleh karena itu, anda pun harus menaikkan standar nilaimu. anda harus bisa memacu diri anda agar dapat meraih nilai maksimum dalam UTBK 2021. Dengan memiliki nilai yang maksimum, maka potensi anda diterima di jurusan pilihan juga akan lebih besar lagi.

PTN dengan Nilai UTBK Tertinggi

Meskipun skor tinggi UTBK tahun lalu tidak akan sama dengan tahun ini, namun anda bisa menjadikan skor tersebut sebagai acuan. Dengan mengetahui skor tinggi UTBK tahun sebelumnya, anda pun bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk mencapai target skor aman yang harus diperoleh agar bisa diterima di jurusan dan PTN pilihan. Adapun berikut Mamikos rangkukkan 10 PTN dengan rata-rata nilai UTBK tertinggi pada rumpun Saintek dan Soshum tahun sebelumnya.

  1. Rumpun Saintek
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB): 624,07
  3. Universitas Indonesia (UI): 620,01
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM): 611,45
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): 606,77
  6. Universitas Diponegoro (Undip): 592,55
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad): 589,08
  8. Universitas Airlangga (Unair): 588,48
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS): 587,39
  10. Institut Pertanian Bogor (IPB): 586,18
  11. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta: 585,77
  12. Rumpun Soshum
  13. Institut Teknologi Bandung (ITB): 628,59
  14. Universitas Indonesia (UI): 608,63
  15. Universitas Gadjah Mada (UGM): 608,04
  16. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): 586,63
  17. Universitas Diponegoro (Undip): 583,80
  18. Universitas Padjadjaran (Unpad): 582,63
  19. Universitas Airlangga (Unair): 581,39
  20. Universitas Brawijaya (UB): 572,96
  21. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta: 569,75
  22. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta: 569,12

Dari daftar di atas, tentunya anda sudah mengetahui PTN yang menempati 10 besar di atas adalah PTN populer di tanah air. Untuk itu, jika PTN tujuan anda ada di salah satu deretan di atas maka anda harus lebih giat belajar agar bisa memperoleh satu kursi di sana. Jangan lupa untuk belajar lebih giat lagi supaya bisa mendapatkan skor yang sama, atau lebih di atasnya.

Cara Melihat Skor dan Nilai UTBK

Skor dan nilai UTBK dapat anda lihat ketika anda mengakses pengumuman UTBK SBMPTN. Nantinya, pengumuman UTBK SBMPTN ini akan diumumkan melalui situs resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.ac.id. Adapun berikut cara melihat skor dan nilai UTBK 2021:

  1. Silahkan login ke laman pengumuman SBMPTN di pengumuman-sbmptn.ac.id atau di laman mirror PTN lainnya.
  2. Kemudian, masukkan nomor pendaftaran anda
  3. Selanjutnya, silahkan masukkan tanggal lahir
  4. Klik “lihat hasil”
  5. Jika anda dinyatakan lulus, maka akan muncul tampilan yang berisikan “Nomor Peserta, Nama, Tanggal Lahir, dan ucapan “selamat Anda dinyatakan lulus SBMPTN LTMPT 2021 di PTN yang dituju dan Program Studi yang dituju.”

Jika laman LTMPT mengalami ganggauan, anda juga bisa mengecek pengumuman dan skor nilai UTBK di beberapa laman mirror PTN lainnya seperti:

  1. Sbmptn.ui.ac.id
  2. Sbmptn.undip.ac.id
  3. Sbmptn.ugm.ac.id
  4. Sbmptn.itb.ac.id
  5. Sbmptn.ipb.ac.id
  6. Sbmptn.its.ac.id
  7. Sbmptn.undip.ac.id
  8. Sbmptn.untan.ac.id
  9. Sbmptn.unand.ac.id
  10. Sbmptn.unhas.ac.id
  11. Sbmptn.unsyiah.ac.id
  12. Sbmptn.unair.ac.id

Setelah mengetahui skor dan nilai UTBK, nantinya anda bisa mencetak sertifikat UTBK ini. Caranya cukup mudah, anda bisa masuk ke laman pengumuman-sbmptn.ac.id dan login. Kemudian nanti akan mucul pilihan untuk mencetak sertifikat UTBK. Sertifikat UTBK ini nantinya akan berupa file PDF dan anda pun dapat mencetaknya sendiri.

Nah, itu tadi informasi terbaru seputar cara melihat skor dan nilai UTBK 2021. Mamikos infokan kembali bahwa skor dan nilai UTBK ini dapat anda lihat ketika hasil dari UTBK sudah diumumkan oleh LTMPT. Untuk itu, anda perlu bersabar ya hingga hasilnya keluar. Jika anda membutuhkan informasi seputar kost-kostan di dekat PTN pilihan, jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel anda ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close