Cara Masuk PTN 2021 dan Kiat Sukses Agar Masuk PTN Impianmu

Cara Masuk PTN 2021 dan Kiat Sukses Agar Masuk PTN Impianmu – Peluang studi untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi selalu terbuka untuk siswa-siswi lulusan sekolah menengah. Berbagai macam jalur masuk yang ditawarkan Perguruan Tinggi pun dapat dipilih sesuai kualifikasi.

Cara dan Kiat Sukses Masuk PTN Impian

pixabay.com

Diterima di Perguruan Tinggi Negeri menjadi salah satu pencapaian hidup bagi para lulusan sekolah menengah. Apalagi jika kampus tersebut termasuk kampus favorit dan sudah diimpikan sejak lama. Usaha untuk bisa diterima di kampus impian pun pastinya tidak akan setengah-setengah. Bahkan, dirimu rela belajar siang-malam dan mengambil tambahan belajar di luar sekolah.

Perguruan Tinggi Negeri menawarkan banyak pilihan kampus yang tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai pilihan jenjang. dirimu bisa menempuh pendidikan di tingkat Diploma hingga Doktoral. Selain itu, jurusan yang ditawarkan pun sangat beragam. Sayangnya, banyak yang masih belum yakin dengan pilihan jurusan ketika kuliah dan memilihnya karena mengikuti teman saja. Padahal, nantinya selama menempuh studi di PTN, dirimu akan senantiasa berhubungan dengan materi pada jurusan tersebut.

Biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dianggap lebih murah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta. Di kampus negeri, terdapat kampus yang menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarannya disesuaikan penghasilan orang tua. Inilah yang menjadikan peminat kampus negeri senantiasa meningkat, sehingga persaingan masuknya pun semakin ketat. Jika dirimu ingin masuk PTN tahun 2021 nanti, terdapat tips sukses masuk PTN yang dapat diterapkan.

Jalur Masuk PTN 2021

pixabay.com

Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menawarkan banyak pilihan jalur masuk. Tentunya setiap PTN memiliki kebijakan sendiri terkait penyelenggaraan ujian seleksi mahasiswa baru. Terdapat seleksi masuk yang diselenggarakan secara nasional dan serentak ataupun ujian yang dilakukan secara mandiri oleh masing-masing PTN. Kebijakan pelaksanaannya pun mengikuti aturan PTN penyelenggara. Beberapa jalur masuk yang bisa dirimu tempuh agar bisa diterima di PTN impianmu antara lain.

1. Jalur Masuk SNMPTN

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diselenggarakan secara serentak di tingkat nasional. Pada jalur ini, dirimu tidak perlu mengikuti seleksi tes tertulis di suatu tempat. Sebab, seleksi akan didasarkan pada nilai rapor siswa siswi sekolah menengah dari semester 1 sampai semester 5.

Tanpa mengikuti seleksi tertulis, dirimu bisa memilih jurusan kuliah yang diminati. Tapi, perlu dirimu ketahui bahwa kuota mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN biasanya tidak terlalu besar. Ditambah lagi jumlah siswa dan siswi yang juga ingin masuk di jurusan tersebut sangat banyak. Hal inilah yang membuat persaingan semakin ketat. Persentase jumlah siswa siswi yang dapat mengikuti SNMPTN juga ditentukan akreditasi sekolah. Agar peluang lulus masuk PTN semakin tinggi, pastikan bahwa nilai rapor yang dirimu miliki konsisten mengalami kenaikan.

2. Jalur Masuk SBMPTN

Belum mendapatkan kesempatan masuk PTN melalui jalur SNMPTN? Tenang, masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Persaingan untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN memang terbilang ketat. Selain itu, dirimu juga perlu mempersiapkan diri untuk mempelajari materi yang diujikan saat SBMPTN tiba.

Kesempatan lolos PTN dari jalur SBMPTN masih terbuka lebar jika dirimu belajar materi yang diujikan dengan baik. SBMPTN juga memungkinkan dirimu untuk memilih hingga tiga PTN. Apabila tidak diterima di pilihan pertama, peluang untuk diterima di pilihan kedua dan ketiga tetap ada. Karena materi SBMPTN beberapa tingkat lebih sulit dibandingkan materi di sekolah, sebaiknya dirimu mulai mempelajarinya sejak sekarang.

3. Jalur Mandiri PTN

Jalur mandiri diadakan oleh masing-masing PTN, sehingga jadwal dan ketentuannya pun menyesuaikan kebijakan setiap kampus. Biasanya jalur mandiri dibuka setelah SNMPTN dan SBMPTN selesai diselenggarakan. Soal ujian yang diujikan pada jalur mandiri juga berbeda dengan soal untuk SNMPTN dan SBMPTN. dirimu bisa mencari tahu pola soal yang diujikan dengan mempelajari soal ujian mandiri PTN tahun-tahun sebelumnya.

Kiat Sukses Masuk PTN Impian 2021

Setelah membaca jenis jalur masuk PTN di atas, kini dirimu perlu mengetahui kiat sukses agar bisa diterima di PTN impian tahun 2021 nanti.

1. Berkonsultasi Sebelum Mengambil Keputusan

pixabay.com

Pengalaman menempuh studi di PTN akan menjadi pengalaman perdanamu setelah lulus nanti. Karena ini adalah keputusan besar, tidak ada salahnya meminta rekomendasi atau saran dari orang yang lebih tahu. Apabila nyaman berdiskusi dengan orang tua, dirimu bisa melakukannya bersama keluarga. Namun, jika dirimu malu untuk mengutarakan pendapatmu tentang kegiatan studi di PTN nanti, manfaatkan sarana ruang Bimbingan dan Konseling (BK) untuk bertanya terkait jurusan. Tidak hanya itu, dirimu juga bisa meminta saran terkait pembiayaan studi, peluang karier, dan hal lain yang masih berkaitan dengan studi.

Masih malu untuk bertanya pada orang tua dan guru BK? Masih ada alternatif lain untuk bertanya pada psikolog. dirimu bisa datang langsung untuk berkonsultasi atau menggunakan fitur konsultasi online. Segala ceritamu akan dijaga kerahasiaannya, sehingga dirimu tidak perlu khawatir. Ceritakan saja keinginanmu untuk masuk PTN dan kendala yang mungkin akan dirimu hadapi. Dengan adanya sudut pandang baru, dirimu pasti akan merasa terbantu dan lebih yakin dalam mengambil keputusan.

2. Tentukan Jurusan yang Ingin Dipilih

pixabay.com

Para siswa siswi lulusan sekolah menengah seringkali bingung ketika ditanya pilihan jurusan kuliah. Penyebabnya beragam. Mulai dari bingung pilihan karier, tidak tahu apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut, sekadar ikut-ikutan teman, atau memang sudah diminta orang tua masuk ke jurusan di PTN. Mempertimbangkan saran orang tua dan teman bisa dirimu lakukan apabila dirimu masih bingung ketika memutuskan. Namun, sebaiknya jurusan yang dirimu pilih di PTN nanti memang jurusan yang dirimu idam-idamkan, atau setidaknya akan membuatmu selalu bersemangat ketika kuliah tiba.

Jurusan yang ditawarkan setiap PTN sangatlah beragam. Baik dirimu yang berasal dari kelompok Saintek maupun kelompok Soshum bisa mendapatkan jurusan sesuai passion. Di PTN memang ada jurusan favorit yang passing grade-nya tinggi, sehingga persaingan untuk bisa diterima pun sangat ketat. Jurusan tersebut biasanya adalah Jurusan Kedokteran, Jurusan Teknik, Jurusan Ekonomi, Jurusan Manajemen, dan sebagainya. Ketahuilah jurusan yang diminati dan jurusan yang kurang diminati di PTN agar dirimu bisa merencanakan jadwal belajar.

3. Tentukan Kampus Impian

pixabay.com

Setelah menemukan jurusan yang ingin ditempuh, saatnya mencari kampus yang menawarkan jurusan tersebut. Mulailah dari kampus favorit di Indonesia, seperti UGM, UI, ITB, UNPAD, UNAIR, ITS, dan kampus yang masuk dalam peringkat dunia. dirimu tidak perlu datang ke kampus tersebut dan menanyakan jurusan yang ditawarkan. Manfaatkan website universitas yang dirimu tuju sebagai sumber informasi terkait jurusan. Selain bisa mencari tahu ada-tidaknya jurusan pilihanmu, dirimu juga dapat melihat kurikulum yang ditawarkan jurusan tersebut.

Perlu dirimu ketahui bahwa kampus favorit tidak menjamin kesuksesan seseorang. Pada akhirnya dirimu sendiri yang akan menentukan kesuksesanmu. Namun, belajar di kampus favorit yang sudah dirimu impikan pastinya akan menumbuhkan motivasi belajar lebih besar. Selain itu, atmosfer belajar dan perkuliahannya pun istimewa. Di Indonesia, terdapat berbagai PTN yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, sehingga dirimu tidak perlu takut kehabisan pilihan.

4. Belajar Sesuai Jalur Masuk PTN

pixabay.com

Cari tahu kemampuanmu selama menjadi siswa sekolah menengah, kemudian tentukan jalur masuk yang akan ditempuh. Apabila dirimu merasa optimis nilai rapormu selalu naik, dirimu bisa lebih santai karena peluang lulus dari jalur SNMPTN bisa dirimu dapatkan. Namun, jika dirimu sering mengulang mata pelaran di kelas dan tidak yakin nilai rapormu mendukung, mulailah belajar materi SBMPTN dan materi ujian mandiri.

Luangkan waktu untuk belajar materi SBMPTN dan materi ujian sekolah. Jangan sampai dirimu salah memberikan prioritas karena bisa berpengaruh pada kualitas belajarmu. Apabila mendapatkan kesulitan ketika belajar materi SBMPTN, tanyakan pada guru di sekolah atau diskusikan bersama temanmu yang lebih pandai.

5. Mengambil Bimbingan Belajar

pixabay.com

Materi seleksi masuk PTN berbeda dengan materi yang diujikan di sekolah. Sudah bukan hal yang aneh jika siswa sekolah menengah mengambil bimbingan belajar demi bisa lulus dan diterima di kampus impian. Aktivitas ini juga bisa dirimu lakukan. Apabila mengalami kendala jika harus ikut bimbingan belajar khusus yang cukup mahal, alternatif bimbingan belajar masuk PTN online bisa dirimu pilih. Selain itu, dirimu juga bisa membentuk kelompok belajar kecil yang kegiatannya adalah membahas soal-soal masuk PTN.

Terapkan cara masuk PTN 2021 dan kiat sukses agar masuk PTN impianmu agar dirimu berhasil menembus kampus favorit. Jangan berkecil hati jika persaingan masuk PTN semakin tinggi. Asalkan dirimu belajar dengan giat, peluang diterima akan semakin besar. Imbangi dengan belajar tekun dan menjalankan tips-tips di atas dan pilih jalur masuk PTN sesuai preferensimu masing-masing. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close