Cara KRS Online UDINUS 2020/2021

Cara KRS Online UDINUS 2020/2021 – Universitas Dian Nuswantoro atau UDINUS adalah kampus swasta di kawasan Semarang. Bagi anda yang sudah terdaftar di kampus UDINUS, menjelang semester baru perlu adanya pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk mengisi KRS online UDINUS tahun 2020/2021?

Timeline Jadwal Pengisian KRS UDINUS

Proses pengisian KRS seringkali menjadi hal yang mendebarkan. Pasalnya, satu server yang diakses oleh seluruh mahasiswa terkadang membuat pengisian KRS menjadi lama. Padahal, setiap detik terasa berharga bagi mahasiswa yang sedang berebut mata kuliah. Pasalnya, untuk mahasiswa semester atas, pemilihan mata kuliah tidak hanya didasarkan pada jam kuliah saja.

Perlu adanya pertimbangan dalam memilih dosen mata kuliah untuk menunjang nilai akhir. Apabila mahasiswa gagal menginput mata kuliah sesuai harapan, nasib satu semester di UDINUS pun dipertaruhkan. Bisa jadi, mahasiswa akan mengalami kesulitan kuliah yang berdampak pada nilainya. Oleh karena itu, timeline jadwal pengisian KRS UDINUS adalah hal yang perlu anda perhatikan.

Pembagian Jadwal KRS UDINUS


Pembagian jadwal KRS di UDINUS tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang sarjana saja. Mahasiswa D3 juga bisa mendapatkan jadwal KRS pada hari yang sama. Berikut gambaran timeline program studi ketika jadwal KRS UDINUS dibuka.

Hari 1

Program Studi Manajemen – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Akuntansi – S1 (12.30 WIB)

Hari 2

Program Studi Teknik Elektro – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Teknik Industri – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Teknik Biomedis – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Kesehatan Masyarakat – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Kesehatan Lingkungan – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan – D3 (08.00 WIB)
Program Studi Sastra Inggris – S1 (12.30 WIB)
Program Studi Sastra Jepang – S1(12.30 WIB)
Program Studi Manajemen Perhotelan – SST (12.30 WIB)
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1 (12.30 WIB)
Program Studi Film dan Televisi – SST (12.30 WIB)
Program Studi Animasi – SST (12.30 WIB)
Program Studi Teknik Informatika – D3 (12.30 WIB)
Program Studi Broadcasting – D3 (12.30 WIB)

Hari 3

Program Studi Sistem Informasi – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1 (08.00 WIB)
Program Studi Teknik Informatika – S1 (12.30 WIB)

Jadwal input KRS UDINUS yang tidak sama ternyata membawa banyak keuntungan. Peluang server eror dan koneksi lambat pun dapat teratasi. Yang terpenting, selalu pastikan bahwa laman Siadin UDINUS dapat dibuka.  Jadwal pengisian KRS yang dibagi per-hari di atas bersifat fleksibel. Biasanya akan ada perubahan karena kuota dan hal lainnya. Jadi, senantiasa pantaulah website resmi UDINUS agar tidak ketinggalan info.

Cara KRS Online UDINUS


Untuk bisa melakukan KRS secara online di UDINUS, yang anda perlukan adalah PC atau gadget, serta koneksi internet. Gunakan browser terbaru atau browser update agar proses KRS UDINUS tidak terhambat. Selain itu, bagi anda yang tinggal di kawasan dengan sinyal naik-turun, isilah KRS di warung internet. Ada pula alternatif tempat KRS di lokasi yang menyediakan kecepatan internet tinggi.
Ikutilah tahapan KRS online UDINUS berikut apabila jadwal KRS sudah keluar.

1. Buka alamat website KRS UDINUS di laman http://krs.dinus.ac.id/login.html
2. Masukkan NIM dan password SiAdin mahasiswa.
3. Baca ketentuan dan informasi tambahan sebelum melakukan pengisian KRS.
4. Pastikan untuk mengecek daftar mata kuliah dan waktu yang ditawarkan.
5. Pilih jenis waktu kuliah yang diinginkan (pagi atau malam).
6. Isikan jadwal kelompok kelas yang ditawarkan sesuai jenis waktu kuliah yang anda pilih.
7. Apabila ingin mengubah waktu kuliah, gunakan ikon ganti jenis waktu berbentuk pensil.
8. Berikan konfirmasi terkait perubahan waktu kuliah yang sudah dilakukan. Apabila waktu kuliah berhasil diganti, semua KRS yang sudah anda input secara otomatis akan terhapus. Data tersebut juga tidak dapat kembali lagi.
9. Pilih mata kuliah KRS semester reguler yang sesuai minat dan keinginan. Perbedaan warna pada mata kuliah memuat informasi khusus, diantaranya.

  • Warna putih menandakan mata kuliah yang saat itu anda pilih.
  • Warna hijau menandakan mata kuliah yang belum pernah anda ambil sebelumnya.
  • Warna oranye menandakan mata kuliah yang pernah anda ambil sebelumnya dengan nilai maksimal B.
  • Warna merah menandakan mata kuliah yang pernah anda ambil sebelumnya dengan nilai A. Mata kuliah tersebut tidak bisa anda ambil lagi.
  • Warna abu‐abu menandakan mata kuliah tersebut tidak dapat dipilih. Penyebabnya karena jumlah SKS mata kuliah tersebut lebih besar dari sisa SKS yang telah anda input.

10. Pilih kelompok kelas sesuai mata kuliah. Akan muncul semua kelompok yang dapat anda pilih dan tidak dapat anda pilih.
11. Terdapat aturan mengenai mata kuliah pra syarat. Apabila mata kuliah pra syarat belum terpenuhi pada semester sebelumnya, muncul keterangan bahwa anda tidak bisa mengambil mata kuliah lanjutan.
12. Periksa kembali informasi kuota dan sisa SKS yang dapat anda ambil.
13. Semua mata kuliah beserta kelompok mata kuliah yang anda pilih dapat dilihat di KRS sementara.
14. Jika masih berada di masa KRS sementara, anda masih bisa mengubah kelompok. Klik ikon ‘edit’ untuk melakukan perubahan.
15. Akan muncul tampilan kelompok yang tersedia dan dapat anda pilih. Baris kelompok berwarna kuning menunjukkan bahwa kelompok tersebut sudah anda pilih sebelumnya.
16. Lakukan konsultasi KRS pada dosen wali atau dosen pembimbing. Dosen kemudian akan melakukan verifikasi agar anda bisa mencetak KRS melalui laman SiAdin.
17. Apabila KRS sudah diverifikasi, anda tidak bisa melakukan perubahan. Secara otomatis link KRS tidak dapat diakses kembali.
18. Jika ada masalah dalam mengisi data, langsung hubungi dosen wali.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Input KRS UDINUS

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan input KRS di UDINUS. Informasi berikut tidak hanya berguna bagi mahasiswa lama saja, tetapi juga mahasiswa baru di UDINUS.

1. Mahasiswa yang dapat mengikuti KRS UDINUS adalah mahasiswa yang sudah melunasi administrasi keuangan (uang kuliah pokok).
2. Mahasiswa diharapkan untuk memastikan jumlah SKS yang dapat diambil. Agar proses input KRS lebih cepat, mengecek mata kuliah dengan berkonsultasi pada dosen pembimbing sangat disarankan.
3. Mahasiswa UDINUS yang sudah mendapatkan sistem KRS Paket wajib mengeklik tombol konfirmasi yang terdapat di website KRS.
4. Mahasiswa dapat menghubungi bagian Tata Usaha dan Ketua Program Studi (Kaprodi) terkait status paket SKS atau input KRS reguler.
5. Mahasiswa wajib melakukan perwalian sebelum input KRS.
6. Mahasiswa yang menginput KRS di luar jadwal yang ditentukan wajib menghubungi BIAK.
7. Mahasiswa yang tidak mendapatkan kelas karena penuh dapat melaporkan pada Kaprodi. Pembukaan kelas baru atau penambahan kuota kelas hanya dapat dilakukan oleh Kaprodi.
8. KRS yang sudah dilengkapi wajib dicetak mahasiswa dan diverifikasi oleh dosen wali.

Jangan lupa untuk melakukan heregistrasi setelah KRS UDINUS selesai diisi. Jika anda lupa melakukan prosedur ini, anda bisa dianggap cuti secara otomatis. Oleh karena itu, agar tidak lupa jadwal pengisian KRS dan pengisian mata kuliah, koordinasikan dengan teman-teman satu angkatan. Jika saling mengingatkan, potensi lupa ketika KRS pun dapat berkurang.

Klik dan dapatkan kost yang anda idamkan:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close