Cara KRS Online UBAYA 2020/2021

Cara KRS Online UBAYA 2020/2021 – Proses pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) di Universitas Surabaya wajib dilakukan para mahasiswa. Saat ini, proses pengisian KRS yang berisi mata kuliah tidak perlu dilakukan dengan mengantre. Mahasiswa bisa memilih mata kuliah yang diinginkan dari mana saja asalkan terhubung dengan internet. Berikut adalah cara KRS online di UBAYA tahun 2020/2021.

Jadwal Pengisian KRS Online UBAYA 2020/2021


Jadwal pengisian KRS secara online UBAYA tahun 2020 terdapat pada kalender akademik. Sebelum melakukan pengisian KRS, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dosen pembimbing atau dosen wali. Beliau akan memberikan saran terkait mata kuliah yang perlu diambil atau bahkan perlu diulang. Pantau terus website resmi UBAYA dan sosial media UBAYA. Semua informasi terkait update tanggal dan jam pelaksanaan KRS bisa anda lihat.

Proses pengisian KRS UBAYA dapat dilakukan secara online. anda hanya perlu menyiapkan gadget dan koneksi internet berkecepatan tinggi. Setelah menyiapkan seluruh daftar mata kuliah yang akan diinput, anda pun hanya tinggal memindahkan data saja. Jangan lupa pula untuk memastikan jumlah SKS dan jenis mata kuliah yang dapat diambil.

Cara Pengisian KRS Online UBAYA 2020/2021


Ikutilah tahapan pengisian Kartu Rencana Studi di Universitas Surabaya jika jadwal pengisian KRS sudah keluar.

  • Akses KRS Online Ubaya melalui laman https://krsonline.ubaya.ac.id/
  • Setiap mahasiswa hanya dapat melakukan login ketika proses KRS online fakultas berlangsung.
  • Mahasiswa diminta login menggunakan NRP dan PIN yang diperoleh pada KHS. Masukkan angka yang tercetak dengan warna hijau pada bagian kolom ‘tulis teks ini’
  • Akan muncul tampilan pengisian KRS pada website krs online. Data yang muncul adalah kode mata kuliah, nama mata kuliah, jumlah SKS, jadwal kuliah, dan jadwal ujian. Selain itu, ada pual keterangan tanggal input dan tanda untuk menghapus mata kuliah.
  • Apabila ada, akan muncul mata kuliah yang ditawarkan di bawah mata kuliah yang sudah anda ambil. Perhatikan peruntukan angkatan dan jumlah kursi yang tersisa. Apabila kursi yang tersedia sudah 0, anda tidak dapat mengambil mata kuliah tersebut.
  • Keterangan kelas ditunjukkan dengan perbedaan warna.
  1.  Warna merah muda menunjukkan bahwa kelas tersebut sudah penuh. Mahasiswa tidak dapat mengambil mata kuliah tersebut.
  2. Warna merah menunjukkan bahwa jadwal kuliah atau jadwal ujian akan berbenturan dengan mata kuliah lain. Dengan catatan, mata kuliah tersebut adalah mata kuliah yang anda ambil, sehingga mahasiswa tidak dapat mengambil mata kuliah tersebut. Warna merah juga dapat menunjukkan bahwa SKS anda sudah penuh.
  3. Warna putih atau abu-abu menunjukkan bahwa mata kuliah yang anda pilih masih tersedia dan dapat diambil.
  • Semua mata kuliah yang telah diinput mahasiswa dan sudah diambil dapat dilihat pada bagian legenda. Tercantum keterangan jumlah mata kuliah yang diambil beserta total SKS yang diambil.
  1. Apabila muncul mata kuliah berwarna putih, mata kuliah tersebut berstatus pending. Artinya, anda sudah mendaftarkan diri di kelas dengan mata kuliah tersebut namun belum diproses admin. Mahasiswa masih bisa mengubah atau menghapus mata kuliah selama status mata kuliah belum ‘confirmed’.
  2. Mata kuliah berwarna biru menandakan status ‘confirmed’. anda sudah dipastikan masuk ke kelas pada mata kuliah tersebut. Status fixed hanya akan muncul setelah batch pengisian selesai serta sudah diproses admin fakultas.
  3. Tombol hapus pada mata kuliah yang statusnya confirmed hanya akan muncul apabila fakultas mengizinkan penghapusan.
  • Apabila anda menemukan kelas yang anda pilih hilang dari daftar setelah pengisian KRS berakhir, artinya anda ditolak. Mendaftarlah pada kelas lain ketika proses KRS dibuka kembali.
  • Kartu Rencana Studi baru dapat dicetak ketika periode KRS sudah selesai. Akan muncul fitur ‘Cetak KRS Anda’ pada bagian halaman depan. Cetak KRS secara otomatis apabila anda login ketika batch pengisian KRS selesai.
  • Mahasiwa UBAYA wajib mengikuti perkembangan informasi yang berkaitan dengan KRS. Biasanya akan terdapat penambahan, penghapusan kelas atau mata kuliah, hingga perubahan jadwal ujian.
  • Siapkan mata kuliah cadangan apabila mata kuliah utama tidak dapat anda pilih.

Kendala Pengisian KRS Online UBAYA 2020/2021


Kendala ketika mengisi KRS secara online sudah bukan hal yang aneh lagi. Bagi mahasiswa, masalah KRS yang lama terinput hingga mata kuliah yang salah sering terjadi. Berikut adalah kendala yang sering dihadapi mahasiswa UBAYA ketika pengisian KRS online.

1. Salah Menginput Mata Kuliah

Kesalahan pertama yang sering dilakukan mahasiswa adalah kesalahan dalam menginput mata kuliah. Banyak mahasiswa yang kurang teliti ketika memilih mata kuliah. Apabila anda memiliki mata kuliah dengan nilai di bawah C, anda berkesempatan mengulang mata kuliah.
Apabila anda sudah mendapatkan nilai yang cukup untuk semua mata kuliah, anda pun bisa memilih mata kuliah lanjutan. Ada pula mata kuliah prasyarat yang dapat diambil apabila anda sudah memenuhi syarat nilai minimal pada mata kuliah sebelumnya.

2. Koneksi Internet Lemah

Pastikan bahwa lokasi tempat anda mengisi KRS adalah tempat yang menyediakan kecepatan internet mumpuni. Apabila terdapat kendala pengisian KRS, apalagi pada mata kuliah wajib, mahasiswa mungkin tidak akan mendapatkan mata kuliah tersebut. Bahkan, tidak jarang ada mahasiswa yang tidak bisa mendapatkan mata kuliah impian karena proses inputnya berebut.
Untuk menghindari kendala koneksi internet, anda dapat mencoba operator seluler terbaik. Terkadang operator seluler yang bagus di suatu lokasi belum tentu bagus di lokasi lainnya. Permasalahan KRS Online UBAYA yang lambat juga bisa dipengaruhi jenis browser yang anda gunakan. Sebagai langkah antisipasi, anda juga dapat meminta bantuan pada teman yang terpercaya untuk mengisi KRS.

3. Lupa Jadwal KRS

Masa pengisian KRS yang dilakukan di luar jadwal kuliah, bahkan diadakan pada saat liburan sering membuat lupa. Akibatnya, mahasiswa tidak mengisi mata kuliah tersebut dan terhitung cuti. Sebenarnya mahasiswa masih bisa mengajukan keringanan pada pihak kampus. Namun, hal tersebut bukan jaminan bahwa mahasiswa UBAYA bisa memilih mata kuliah impian karena faktor kuota.
Agar tidak lupa jadwal KRS UBAYA, senantiasa pantau perkembangan informasi di website resmi. Membuat grup khusus bagi mahasiswa UBAYA satu jurusan atau satu program studi pun dapat menjadi solusi.

Demikian cara KRS Online UBAYA tahun 2020/2021 yang dapat anda jadikan referensi. Sebagai mahasiswa, proses pengisian KRS menjadi tanggung jawab masing-masing individu. Apabila anda memiliki aktivitas lain di luar kuliah, seperti bekerja part time, sesuaikan mata kuliah yang akan diambil.

Pihak kampus mengizinkan pengambilan jumlah SKS minimum agar mahasiswa tetap dapat mengembangkan diri. Namun, sebagai konsekuensi, waktu lulus pun akan semakin tertunda. Bagi anda yang berniat untuk fokus studi dan lulus cepat, usahakan untuk mempertahankan Indeks Prestasi (IP) di atas 3,00. Semakin tinggi IP yang anda dapatkan, semakin banyak pula jumlah SKS yang dapat diinput di UBAYA.

Klik dan dapatkan kost yang anda idamkan:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close