Cara Daftar Ulang SNMPTN 2021 Bagi Siswa yang Lulus SNMPTN

Hari pengumuman SNMPTN adalah hari yang pasti ditunggu-tunggu untuk sebagian besar pelajar di Indonesia yang mengimpikan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri terbaik tanpa jalur tes. Tahap setelah anda lulus SNMPTN adalah pendaftaran ulang calon mahasiswa baru di universitas yang anda masuki. Oleh karena itu, Mamikos ingin berbagi mengenai tata cara mendaftar ulang untuk siswa yang berhasil memenangkan kursi di universitas tanpa tes tahun ini. Informasi berikut juga bisa anda pakai sebagai prediksi tahun-tahun setelahnya.

pexels.com

Informasi Tata Cara Daftar Ulang untuk Siswa Lulus SNMPTN 2021

Sama seperti penerimaan tahun-tahun sebelumnya, siswa yang lolos dalam SNMPTN 2021 wajib mengumpulkan berkas-berkas pendukung ke universitas yang dituju. Hal ini nantinya bersangkutan dengan Nomor Induk Mahasiswa, data diri mahasiswa di portal universitas, dan juga data peserta orientasi mahasiswa, baik di lingkup universitas maupun fakultas. Tata cara berikut ini memang belum menjadi informasi resmi mengenai pendaftaran ulang SNMPTN 2021. Tetapi, anda akan mendapat tips dan trik untuk tes masuk PTN yang tersedia, juga sebagai ancang-ancang yang harus anda persiapkan.

Cara Daftar Ulang Siswa Lulus SNMPTN 2021

Setelah euforia pengumuman SNMPTN, anda juga tidak lupa untuk pendaftaran ulang yang harus dilakukan sebagai tanda konfirmasi pada pihak universitas. Setiap universitas mempunyai tata cara dan data pendukung yang berbeda. Data berikut diambil dari proses pendaftaran ulang calon mahasiswa baru SNMPTN Universitas Andalas tahun 2020.

  1. Membuka situs Penerimaan Mahasiswa Baru atau sejenisnya sesuai dengan universitas yang didapat, contohnya pmb.unand.ac.id. Setelah itu, anda akan menemukan menu yang mengandung kata SNMPTN, seperti Pra Pendaftaran, lalu muncul SNMPTN. 
  2. Setelah memencet tombol SNMPTN atau terkait, anda harus mengisi nomor pendaftaran SNMPTN dan password untuk portal pengisian data.
  3. Mengunggah dokumen-dokumen pendukung, seperti Surat Perjanjian Mahasiswa Baru dan Surat Perjanjian Orang Tua yang bisa di unduh di laman yang sama, slip gaji atau rincian pendapatan kedua orang tua (khusus wiraswasta adalah surat keterangan penghasilan yang diketahui oleh Lurah atau Kepala Desa).
  4. Kalau semua data lengkap, akan ada pemberitahuan rincian UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang harus dibayar. Pembayaran UKT pertama bisa dilakukan melalui ATM atau Teller Bank dengan menyimpan nomor pendaftaran SNMPTN. Bukti bayar UKT wajib disimpan karena akan ada nomor yang bisa dipakai untuk proses pendaftaran selanjutnya, seperti pengambilan KTM, registrasi final, dan lain-lain.
  5. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan terakhir.
  6. Kartu Keluarga.
  7. Akan ada tahap dan jadwal registrasi daring yang berbeda untuk menerima KIP Kuliah, termasuk proses pembayaran UKT yang langsung mendapat PIN Registrasi atau cara lain yang ada di universitas masing-masing.
  8. Surat pendukung yang menyatakan calon mahasiswa bebas narkoba, kesehatan umum, kesehatan gigi, HIV, dan hasil pemeriksaan buta warna untuk beberapa program studi.
  9. Siswa bisa menghubungi pihak pendaftaran SNMPTN di universitas yang dituju untuk menanyakan hal-hal lain dengan kontak yang akan diberikan di bawah situs.

Data Pendaftar SNMPTN 2021

Untuk sementara, pihak berwenang yang mengawasi seluruh kegiatan tes masuk perguruan tinggi, LTMPT, baru mengumumkan data pendaftar SNMPTN 2021. Hal ini disamakan dengan pengumuman informasi hari terakhir pendaftaran jalur tes yang salah satu syarat utamanya adalah menunjukkan prestasi akademik selama 5 semester dan untuk beberapa jurusan meminta portofolio karya seni. Guna melancarkan proses pendaftaran, para siswa disarankan untuk menggunakan perangkat laptop supaya mencegah kesalahan penginputan data. 

  1. Siswa Login: 648.396
  2. Siswa Memilih Prodi: 586.404
  3. Siswa Upload Portofolio: 9.671
  4. Siswa Sudah Finalisasi: 568.330.

Jadwal SNMPTN 2021

Tanggal dan waktu kegiatan SNMPTN tidak hanya meliputi pengisian berkas para siswa. Ada beberapa alur yang harus dilengkapi setiap sekolah yang termasuk di data LTMPT. Data berikut bisa menjadi acuan untuk penanggalan alur pendaftaran SNMPTN tahun depan.

  1. Layanan Masa Sanggah Kuota: 28 Desember 2020 sampai 15 Januari 2021.
  2. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari 2021 sampai 1 Februari 2021.
  3. Penetapan Siswa Eligible oleh Sekolah: 4 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021.
  4. Pengisian PDSS: 11 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021.
  5. Pendaftaran SNMPTN 2021 (oleh siswa): 15 sampai 24 Februari 2021.
  6. Pengumuman Hasil SNMPTN 2021: 22 Maret 2021.

Tips Cara Belajar untuk Lulus SNMPTN dan SBMPTN

pexels.com

SNMPTN

Lulus masuk tes PTN tanpa jalur tes adalah impian hampir seluruh siswa di Indonesia. Namun, untuk memanifestasikan cita-cita itu, ada beberapa strategi yang bisa dipakai dari semester 1 di jenjang SMA dan sederajat. Tips belajar berikut juga masih bisa dipakai saat anda berkuliah, contohnya untuk mendapat beasiswa, exchange student program, dan lain-lain.

Susun Rencana Belajar

Nilai yang akan anda kumpul adalah hasil belajar anda dari kelas 10 sampai semester 1 kelas 12. Artinya, tahap awal yang harus anda persiapkan untuk lolos seleksi ini adalah nilai rata-rata per semester. Maka dari itu, anda harus punya rencana belajar dari awal masuk SMA dan sederajat. Contohnya, di semester 1 kelas 10, anda harus mencapai nilai rata-rata semester yang tidak tinggi sekali, tetapi juga tidak terlalu rendah. Intinya, anda bisa meningkatkannya secara bertahap sampai semester 5 di kelas 12.

Fokus

Kemungkinan, ada 2 fokus yang bisa anda punya; fokus belajar untuk nilai yang mencukupi dari semester 1 dan 5 dan jurusan kuliah beserta universitas yang ingin anda pilih saat pendaftaran SNMPTN. Dengan fokus belajar, anda pun bisa semakin tahu jurusan apa yang akan dipilih. Dan yang pasti, anda harus mematangkan pilihan jurusan dan universitas yang akan anda pilih di pendaftaran nanti, supaya nama baik sekolah anda tetap terjaga di data LTMPT.

Belajar Manajemen Waktu

Tidak hanya menunjukkan kepintaran di bidang akademik, tetapi juga manajemen waktu. anda tetap harus punya waktu bermain dengan teman-teman setelah belajar. anda juga harus bisa menyeimbangi antara penyusunan target belajar dan portofolio yang akan anda kumpulkan kalau jurusan yang anda pilih memerlukannya.

Memilih Prioritas

Seiring berjalannya waktu, anda akan banyak menghabiskan waktu di SMA dan sederajat untuk banyak hal, dari belajar untuk ujian akhir, hingga perpisahan dan lain-lainnya. Ada berbagai macam cara untuk menentukan prioritasmu supaya tetap bisa lolos di jalur SNMPTN. Tentunya, jangan lupa menceritakan hal ini ke orang tua atau orang yang bisa mendukung langkahmu.

SBMPTN

Ketidaklulusan dalam penerimaan SNMPTN bukanlah akhir dari segala mimpimu untuk berkuliah di PTN yang prestisius di Indonesia. Justru, anda seharusnya bangga dengan dirimu yang bisa melalui pembelajaran SBMPTN. Tidak hanya mendapat teman baru dari tempat kursus, tetapi juga ilmu-ilmu baru yang masih bisa anda pakai saat kuliah nanti dan bahkan beberapa unit tes masih digunakan untuk mendaftar pekerjaan.

Sumber Belajar

Ada berbagai macam sumber belajar untuk persiapan SBMPTN, dari mulai buku sampai aplikasi telepon genggam. Supaya motivasimu terjaga, anda bisa memilih 1 sampai 4 sumber yang nyaman untuk anda gunakan. Sebagai contoh, anda bisa memilih 2 sumber dari internet dan 2 sumber dari kursus supaya dapat penjelasan yang tepat dari tenaga pengajarnya.

Fokus Pada Target

Seperti yang sudah anda tahu, banyak unit-unit tes yang akan diuji di SBMPTN. Terlebih jika anda lintas jurusan. Supaya anda lebih fokus, anda bisa self-evaluation bidang apa yang sudah anda kuasai dan bidang mana yang belum secara bertahap.

Latihan dan Latihan

Dimanapun anda belajar dan ingin meraih kesuksesan, pastikan ada pengulangan terus menerus supaya terbiasa. Dengan latihan, selain anda terbiasa dengan pola soalnya, anda juga bisa menyadari kelemahan dan kelebihan dari dirimu dan kemampuanmu. anda juga bisa latihan dengan mengikuti Try-Out.

Tetap Istirahat

Terakhir, hal ini sudah sangat jelas untuk dilakukan, yaitu beristirahat yang cukup. anda akan merasakan kesegaran setelah beristirahat dan melakukan relaksasi. Supaya energimu terjaga, selain tidur yang cukup, anda juga bisa jalan-jalan keluar atau sekadar bercerita dengan orang tua dan teman-teman yang mendukungmu.

anda baru saja mengetahui cara mendaftar ulang SNMPTN 2021. Kalau anda adalah siswa yang lolos dengan tahap masuk PTN tanpa tes ini, maka selamat untuk anda. Data-data yang harus anda lengkapi pasti bisa diurus dengan tepat waktu juga. Bahkan, anda bisa berkenalan dengan calon teman sekelasmu karena sudah terhubung pada calon mahasiswa jalur SNMPTN. Untuk pilihan kamar kos-kosan, yang pasti anda sudah mengunduh Mamikos di telepon genggam anda. Jangan lupa juga untuk ajak teman-teman dan keluarga anda!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close