Cara Daftar Akun LTMPT UTBK-SNMPTN 2021/2022

Cara Daftar Akun LTMPT UTBK-SNMPTN 2021/2022- Bagi dirimu yang mendambakan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, SNMPTN bisa jadi salah satu caranya. Seleksi masuk PTN ini turut melibatkan pihak sekolah dalam pelaksanaannya. Bagaimana proses pendaftarannya?

Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK-SNMPTN

portal.ltmpt.ac.id

Sebelum terlibat dalam proses SMPTN 2021, dirimu perlu mengenal LTMPT terlebih dahulu. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan satu-satunya lembaga yang melayani seleksi perguruan tinggi di taraf nasional. Lembaga ini resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada Januari 2019 lalu.

Terkait SNMPTN, lembaga ini berperan dalam pengelolaan dan pengolahan data calon mahasiswa baru sebagai bahan pertimbangan seleksi SNMPTN oleh rektor PTN. Intinya, seluruh proses seleksi masuk perguruan tinggi kini dilakukan secara terkomputerisasi lewat situs resmi LTMPT. Untuk itu, baik sekolah maupun calon mahasiswa perlu melakukan pendaftaran dengan membuat akun terlebih dahulu.

Membedakan SNMPTN dan SBMPTN

Menurut informasi yang dapat ditemukan di situs resmi LTMPT, terdapat tiga jalur bagi dirimu yang berminat untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri. Ketiga jalur ini adalah Seleksi Nasional Masuk Pergutuan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Jika hanya dilihat dari namanya, mungkin akan sulit membedakan antara SNMPTN dan SBMPTN. Meski sama-sama dikelola oleh LTMPT, terdapat beberapa perbedaan mendasar mengenai SNMPT dan SBMPTN. Agar lebih mudah memahaminya, dirimu bisa menyimak poin-poin berikut.

SNMPTN:

  1. Penilaian berdasarkan nilai akademik saja, bisa ditambah prestasi lainnya
  2. Pihak sekolah menetapkan siswa yang dinilai layak untuk ikut seleksi
  3. Biaya seleksi ditanggung oleh pemerintah
  4. Kuota penerimaan PTN minimum 20%

SBMPTN

  1. Penilaian berdasarkan hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) ditambah kriteria lainnya berdasarkan keputusan PTN
  2. Tidak melibatkan pihak sekolah secara langsung
  3. Terdapat sejumlah biaya seleksi yang ditanggung peserta
  4. Kuota penerimaan PTN minimum 40%

Cara Pendaftaran Akun LTMPT SNMPTN

Mengingat SNMPTN dilakukan dengan melibatkan pihak sekolah, sebelum siswa dapat mendaftarkan diri, sekolah perlu melakukan pendaftaran akun LTMPT terlebih dahulu. Jumlah siswa yang natinya boleh mengikuti SNMPTN tergantung pada kuota yang ditentukan oleh akreditasi serta jumlah siswa. Syarat sekolah yang boleh mengikuti SNMPTN adalah sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Membuat Akun LTMPT SNMPTN 2021

Bagi para calon peserta SNMPTN, berikut langkah yang perlu diikuti untuk membuat akun LTMPT SNMPTN 2021.

1.Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id
2. Pilih opsi Daftar di sini
3. Lengkapi formulir pendaftaran dengan mengisi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
4. Isi kolom NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
5. Tulis tanggal lahir pada kolom yang tersedia dengan format tanggal/bulan/tahun. Misalnya 09/07/2002
6. Cantumkan alamat e-mail yang aktif
7. Tulis kembali alamat e-mail tadi sebagai konfirmasi
8. Buat password untuk akun LTMPT dirimu
9. Konfirmasi kembali password yang dirimu buat dengan menuliskannya di kolom yang tersedia
10. Pastikan kembali bahwa informasi yang dirimu input sepenuhnya benar, kemudian centang pernyataan kebenaran data
11. Klik Daftar

Melengkapi Akun LTMPT untuk SNMPTN 2021

Usai akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 berhasil dibuat, dirimu masih perlu melengkapi data-data lainnya. Berikut langkah-langkahnya.

1.Akses kembali laman https://portal.ltmpt.ac.id
2. Isi kolom e-mail dengan alamat e-mail yang sudah dirimu daftarkan sebelumnya
3. Isi kolom password sesuai dengan password yang sudah dirimu buat
4. Klik tombol Masuk
5. Lakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN dengan membubuhkan tanda centang pada halaman persetujuan, tekan tombol proses untuk melanjutkan
6. Pilih menu Pendaftaran pada bagian atas, pilih opsi Formulir Pendaftaran

7. Pilih perguruan tinggi berikut program studi yang ditawarkan. dirimu bisa memilih maksimal dua PTN atau dua program studi pada satu PTN.
8. Isi formulir pendaftaran dengan data pribadimu sekaligus pastikan bahwa data PTN pilihanmu sudah benar-benar sesuai. Jangan lupa untuk mengunggah foto terbaru sesuai ketentuan.
9. Apabila seluruh informasi sudah sesuai, klik tombol Selesai dan Simpan
10. Kalau dirimu memiliki prestasi lain selama SMA, sertakan juga prestasimu lewat menu Prestasi. Tambahkan bukti berupa sertifikat atau bukti lain yang dirimu miliki.
11. Untuk dirimu yang memilih program studi di bidang Seni dan Olah Raga, dirimu wajib untuk mengunggah portofolio. Unggah portofolio berdasarkan template yang tersedia. Jika ada portfolio yang harus menyertakan video, unggah pada bagian yang tersedia berdasarkan ukuran file yang diminta. Dokumen portfolio ini masih dapat diubah, tapi dirimu harus memastikan agar perubahan dokumen tidak dilakukan terlalu mepet dengan waktu akhir seleksi.

11. Jika dirimu memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), sertakan juga Nomor KIP dan scan/foto KIP dalam format JPG.
12. Lakukan finalisasi pendaftaran. Sebagai catatan, usai finalisasi, data yang terekam tidak dapat diubah kembali. Apabila peserta tidak melakukan finalisasi, maka peserta dianggap tidak mendaftar.
13. Centang kolom pernyataan konfirmasi siswa, tekan tombol Finalisasi Pendaftaran
14. Unduh kartu peserta SNMPTN 2021 untuk kemudian dicetak. Simpan kartu tanda peserta SNMPTN 2021 dengan baik

Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

Mengingat seleksi untuk masuk PTN terdiri lebih dari satu jalur, calon peserta tentu wajib mengetahui jadwal kegiatan untuk masing-masing jalur. Berikut jadwal kegiatan terkait pelaksanaan SNMPTN 2021

  1. Peluncuran Sistem PMB 2021: 4 Januari 2021
  2. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari 2021- 1 Februari 2021
  3. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari 2021- 8 Februari 2021
  4. Pengisian PDSS: 11 Januari 2021- 8 Februari 2021
  5. Pendaftaran SNMPTN: 1-24 Februari 2021
  6. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
  7. Pendaftaran Ulang Peserta yang lulus SNMPTN 2021: Tergantung PTN penerima, dapat dilihat di laman resmi penerimaan masing-masing PTN

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai cara pendaftaran akun LTMPT SNMPTN 2021. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi dirimu yang tengah menyiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri. Mengingat seleksi masuk PTN lewat jalur SNMPTN melibatkan kewenangan masing-masing sekolah, dirimu bisa menanyakan lebih jauh ke pihak sekolahmu sendiri.

Bagi dirimu yang membutuhkan berbagai informasi penting terkait pendidikan, perkuliahan, dan sebagainya, temukan berbagai artikel menarik lainnya di website Mamikos. Termasuk apabila dirimu masih berasa belum yakin dengan program studi atau jurusan yang hendak dirimu ambil. dirimu juga boleh download  dan install aplikasi Mamikos di smartphone milik dirimu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close