Cara Daftar Akun LTMPT UTBK-SBMPTN 2021/2022

Cara daftar akun LTMPT UTBK-SBMPTN 2021/2022 – Prosedur untuk mendaftar Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN terdiri dari beberapa tahap. Bagi anda yang berencana mendaftar masuk PTN dengan jalur SBMPTN, setiap tahapan pendaftaran perlu anda ketahui. Jika ada tahapan yang terlewat, peluang lolos dari jalur SBMPTN tidak akan anda dapatkan.

Tata Cara Pendaftaran Akun LTMPT untuk UTBK – SBMPTN

https://ltmpt.ac.id/

Salah satu jalur masuk PTN, yaitu SBMPTN berkaitan erat dengan UTBK. Jalur ini dibuka bagi siswa siswi sekolah menengah yang lulus tahun 2021 serta lulusan dua tahun sebelumnya. Untuk bisa mengikuti SBMPTN, anda diwajibkan memiliki hasil tes UTBK dan menjalani seleksi tertulis. Selain itu, anda juga wajib memiliki akun LTMPT.

Setiap jalur masuk memiliki mekanisme tersendiri. Seleksi yang dilakukan serentak nasional syaratnya akan berbeda dengan seleksi mandiri yang diadakan pihak kampus. Begitu pula jika anda berencana untuk masuk jurusan yang diinginkan melalui SBMPTN, mekanismenya pun akan berbeda. Sebelum menjalani tes UTBK, peserta akan diminta membuat akun di LTMPT. Agar anda sukses melakukan pendaftaran SBMPTN, berikut ini adalah tata cara mendaftar di akun LTMPT.

Pentingnya Pembuatan Akun di LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberlakukan mekanisme Single Sign On (SSO) untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mendaftar kuliah tahun 2021. Pendaftar akan diminta mengisi data di PDSS, data pendaftaran SNMPTN, serta pendaftaran UTBK – SBMPTN. Untuk memudahkan proses pendaftaran, pendaftar wajib memiliki akun di LTMPT. Proses registrasi akun LTMPT dilakukan melalui portal di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Fungsi Akun LTMPT

Akun LTMPT memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  1. Sebagai tempat untuk mengisi data PDSS (dilakukan pihak sekolah)
  2. Melakukan pendaftaran SNMPTN 2021
  3. Melakukan pendaftaran UTBK – SBMPTN 2021

Waktu Pendaftaran Akun LTMPT

Registrasi akun LTMPT tidak dilakukan setiap waktu. Adapun jadwal registrasi akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN serta untuk UTBK – SBMPTN dilakukan di waktu yang berbeda.

  1. 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021: Registrasi akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN 2021. Registrasi diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2021 dan mengikuti SNMPTN.
  2. 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021: registrasi akun LTMPT untuk UTBK – SBMPTN 2021

Berdasarkan jadwal yang tertera, waktu registrasi untuk UTBK – SBMPTN 2021 dilakukan setelah registrasi akun LTMPT SNMPTN.

Informasi UTBK – SBMPTN 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah metode tes yang diberlakukan bagi pendaftar jalur SBMPTN 2021. UTBK dapat dipilih oleh kelompok saintek, kelompok soshum, atau kelompok campuran. Materi tes yang diujikan saat UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) serta Tes Kompetensi Akademik. UTBK terbagi dalam dua gelombang yang setiap harinya terdiri dari 2 sesi.

Setiap peserta UTBK – SBMPTN hanya dapat mengikuti tes satu kali saja. Nantinya, hasil tes akan langsung diberikan pada peserta secara individu. UTBK juga terbuka bagi pendaftar tuna netra yang pelaksanaannya berbeda dengan peserta lain karena ada jadwal dan waktu khusus.

Cara Mendaftar Akun LTMPT UTBK – SBMPTN

Laman resmi yang digunakan untuk mendaftar UTBK – SBMPTN di LTMPT adalah https://portal.ltmpt.ac.id. Ikuti tahap pendaftaran berikut untuk bisa mengikuti UTBK – SBMPTN 2021.

  1. Bukan laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Pilih menu akun “siswa”
  3. Isikan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Isikan data Nomor Pokok Siswa Nasional (NPSN)
  5. Isikan data tanggal lahir siswa
  6. Login menggunakan username atau email dan password ke situs https://portal.ltmpt.ac.id
  7. Pilih menu verifikasi dan validasi data siswa
  8. Isikan biodata siswa
  9. Upload pas foto terbaru
  10. Lakukan verifikasi biodata siswa

Apabila menemui kendala saat mendaftar akun LTMPT, hubungi kontak resmi yang tertera pada media sosial maupun websitenya. Proses registrasi akun LTMPT akan dilakukan oleh pihak sekolah dan pihak siswa yang mendapatkan kesempatan untuk mendaftar. Nantinya, pihak sekolah yang akan melakukan registrasi terlebih dahulu dibandingkan siswa.

Pada pendaftaran SNMPTN, pendaftaran LTMPT oleh pihak sekolah juga wajib dilakukan di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Selain itu, data tentang NPSN dan kode registrasi Dapodik atau EMIS juga perlu dimasukkan. Pendaftaran akun LTMPT oleh siswa melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id mewajibkan siswa mengisi data NISN, NPSN, serta tanggal lahir.

Setelah pihak sekolah mendaftar akun LTMPT, siswa kemudian bisa melakukan pendaftaran untuk masuk PTN. Sebaliknya, jika pihak sekolah belum mendaftarkan siswanya, maka siswa tidak bisa melakukan pendaftaran.

Cara Mengecek Nomor Pokok Siswa Nasional (NPSN)

Tidak semua siswa mengetahui data Nomor Pokok Siswa Nasional (NPSN). Untuk melakukan pengecekannya, anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka website referensi.data.kemdikgbud.go.id
  2. Klik menu “Data master pendidikan”
  3. Klik submenu “Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)”
  4. Klik nama propinsi
  5. Klik nama kabupaten
  6. Klik nama kecamatan

Data NPSN siswa akan terdapat pada tabel sesuai nama sekolah. Angka NPSN yang tertera juga dapat diklik untuk mengetahui alamat sekolah lebih rinci.

Cara Mengecek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Proses pengecekan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dapat dilakukan secara mandiri oleh pendaftar. Adapun langkah yang dapat ditempuh antara lain.

  1. Buka website nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu “data siswa”
  3. Klik menu “pencarian berdasarkan nama”
  4. Isi dengan formasi yang benar pada kolom:
    • Nama siswa
    • Tempat lahir
    • Tanggal lahir
    • Nama ibu

Syarat Pendaftaran UTBK – SBMPTN 2021

Penuhi syarat pendaftaran UTBK – SBMPTN 2021 agar peluangmu untuk lulus seleksi UTBK dan SBMPTN semakin tinggi. Berikut ini adalah syarat yang ditetapkan pada UTBK – SBMPTN tahun 2021.

  1. Siswa SMA/MA/SMK berusia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  2. Duduk di kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik paket C (tahun 2021)
  3. Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 (usia maksimal 25 tahun).
  4. Memiliki akun LTMPT (pendaftaran dilakukan melalui https://portal.ltmpt.ac.id)
  5. Membayar biaya UTBK (kelompok saintek dan kelompok soshum Rp 200.000, kelompok campuran Rp 300.000)
  6. Syarat peserta yang akan mengikuti UTBK
    • Peserta yang memilih program studi saintek mengikuti TPS dan TKA kelompok saintek
    • Peserta yang memilih program studi soshum mengikuti TPS dan TKA kelompok soshum
    • Peserta yang memilih progtam studi campuran (saintek dan soshum) akan mengikuti TPS, TKA kelompok saintek, dan TKA kelompok soshum.
  7. Hasil UTBK tahun 2021 hanya berlaku untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2021

Demikian informasi cara daftar akun LTMPT UTBK-SBMPTN 2021/2022. Pahami dan ikuti setiap langkahnya agar anda tetap tidak melewatkan langkah pentingnya. Selain itu, anda juga perlu mencari tahu aturan lainnya dan informasi update melalui website resminya ataupun media sosial LTMPT. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close