Cara Cek Nomor Ijazah S1 Dikti via SIVIL Terbaru

Cara Cek Nomor Ijazah S1 – Ijazah adalah sebuah simbol atau tanda untuk orang yang sudah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan yang diambil. Ijazah bisa didapatkan pada saat selesai atau lulus sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA, dan jenjang perkuliahan.

Dalam jenjang perkuliahan, ijazah S1 bisa didapatkan setelah menempuh perkuliahan kurang lebih 3 sampai 5 tahun. Namun sekarang, cukup banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mengedarkan Ijazah palsu. Oleh karena itu, penting sekali bagi instansi untuk bisa mengetahui cara cek nomor ijazah S1.

Cara Cek Nomor Ijazah

ijazah.kemdikbud.go.id

Cara agar tahu apakah ijazah S1 tertentu asli atau tidak, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sudah mengambil langkah serius dengan cara memberikan penomoran verifikasi ijazah. Untuk bisa melakukan verifikasi nomor ijazah, dapat dilakukan secara elektronik atau online.

Menristekdikti Muhamad Nasir menjelaskan bahwa untuk bisa menangkal beredarnya ijazah palsu, mereka mengambil langkah untuk memberikan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan bisa diverifikasi menggunakan SIVIL.

Apa itu SIVIL?

Banyak masyarakat ataupun instansi tertentu yang belum mengetahu apa sebenarnya SIVIL dan bagaimana cara menggunakannya. SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik atau Online merupakan sistem yang sudah terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PD Dikti.

Dengan memanfaatkan sistem SIVIL ini, dapat memastikan keabsahan seorang lulusan dan dilakukan verifikasi konsistensinya dengan melihat riwayat proses pendidikan pada saat di perguruan tinggi serta pemenuhan tentang standar nasional pendidikan.

Cara cek nomor ijazah S1 menggunakan sistem SIVIL ini juga punya manfaat lain, yaitu dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia secara langsung untuk bisa mengecek keaslian ijazah. 

Kenapa Mengecek Keaslian Ijazah Penting?

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, apakah penting mengecek keaslian Ijazah walaupun ijazah sendiri sudah di tangan atau sudah diambil dari perguruan tinggi? Tentu saja sangat penting, karena bisa memastikan apakah data kelulusan seseorang sudah masuk ke Dikti atau belum.

Terlebih bagi institusi, lembaga, ataupun perusahaan baik negeri maupun swasta harus memahami cara untuk mengecek keaslian ijazah. Pada saat melamar pekerjaan pada suatu instansi, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pelamar.

Misal seperti pelamar harus lulusan dari perguruan tinggi yang akreditasi minimal B, atau harus memiliki IPK minimal 2,75. Hal ini bukan tanpa alasan, karena setiap lembaga atau perusahaan ingin mempekerjakan orang yang mumpuni.

Terlebih pada saat Mendaftar CPNS pada instansi pemerintah, tentu tidak terlepas dari berbagai persyaratan yang bisa dibilang cukup ketat. Pemerintah khususnya lembaga penerimaan CPNS atau biasanya disebut dengan Panselnas CPNS tentu akan mengecek keaslian Ijazah pelamar.

Cara Melakukan Verifikasi Keabsahan Ijazah dengan SIVIL

Untuk mengetahui bagaimana cara cek nomor ijazah S1 sangat mudah sekali. Kalian bisa mengunjungi website SIVIL Restekdikti dengan alamat situsnya ijazah.ristekdikti.go.id/ atau belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/.

Berikut langkah-langkah verifikasi Ijazah melalui website SIVIL :

  1. Masuk ke alamat Situs SIVIL atau klik pada link ijazah.ristekdikti.go.id/ atau belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/.
  2. Pada tampilan awal website SIVIL, akan terlihat kotak bertuliskan Formulir Verifikasi yang berisikan kolom-kolom yang wajib diisi.
  3. Pada kolom pertama, Cari nama Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah atau yang tertulis pada Ijazah. Cara mencarinya bisa dengan menuliskan kata kunci seperti “Sekolah Tinggi” atau “Universitas”.
  4. Setelah menemukan perguruan tinggi yang sesuai, pada kolom ke dua masukan Program Studi Anda atau yang tertera pada Ijazah.
  5. Pada kolom ketiga, masukan Nomor Ijazah atau PIN.
  6. Pada kolom keempat atau terakhir, tulis jawaban tentang pertanyaan yang ditampilkan.
  7. Setelah itu Klik pada tombol Verifikasi. Selesai.

Apabila semua data mulai dari nama perguruan tinggi, program studi, nomor Ijazah atau PIN, dan jawaban pertanyaan telah diisi dengan benar maka, data tentang Ijazah tersebut akan keluar. Itu tandanya data pendidikan sudah masuk ke data PD Dikti.

Namun apabila data tidak ditemukan, bukan berarti ijazah tersebut palsu. Ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi jika data ijazah tidak di temukan. Kemungkinan pertama adalah Data pendidikan dari Ijazah tersebut belum masuk atau belum dilaporkan ke PD Dikti. Kemungkinan yang kedua, bisa saja Ijazah tersebut palsu.

Dengan mengetahui cara cek nomor ijazah S1 ini, masyarakat ataupun lembaga, instansi, atau perusahaan bisa memverifikasi keaslian ijazah.

Selain menggunakan website SIVIL, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memverifikasi keaslian Ijazah. Cara lain ini yaitu dengan menggunakan website PD Dikti dan Forlap. Kedua cara tersebut sama seperti SIVIL, dimana dapat memastikan keabsahan Ijazah dengan mengecek datanya secara online pada Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Cara Melakukan Verifikasi Keabsahan Ijazah dengan PD Dikti

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek keabsahan sebuah Ijazah menggunakan Website PD Dikti :

  1. Pertama buka terlebih dahulu browser untuk masuk ke Website PD Dikti dengan Mozilla Firefox ataupun Google Chrome yang sudah mendukung.
  2. Kunjungi website PD Dikti https://pddikti.kemendikbud.go.id/. 
  3. Setelah tampilan awal website PD Dikti muncul, akan terlihat beberapa kolom yang harus di isi.
  4. Pada kolom Pilihan Kategori pencarian, cari “Data Mahasiswa” dengan menginput Nomor Induk Mahasiswa atau NIM, Nama mahasiswa, nama perguruan tinggi, dan nama program studi yang tertera pada Ijazah.
  5. Setelah semua data di isi, pastikan terlebih dahulu data tersebut sudah benar.
  6. Centang pada kotak bertuliskan “Saya Bukan Robot”, lalu klik tombol Cari.
  7. Maka akan muncul data pencarian apabila data yang tadi di isi sudah benar.

Cara cek nomor ijazah S1 menggunakan website PD Dikti tidak jauh berbeda dengan menggunakan website SIVIL, mudah dan tentunya akurat.

Cara Melakukan Verifikasi Keabsahan Ijazah dengan Forlap

Berikut langkah-langkah dalam memverifikasi keabsahan Ijazah menggunakan website Forlap :

  1. Buka terlebih dahulu browser yang sudah mendukung seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome untuk mengakses website Forlap.
  2. Kunjungi website Forlap
  3. Pada tampilan awal website Forlap, akan ada beberapa kolom yang perlu diisi.
  4. Isikan nama Perguruan Tinggi, Program Studi, Kata Kunci (Nama Mahasiswa atau NIM), dan terakhir angka pengaman.
  5. Setelah selesai mengisi, pastikan data tersebut benar dan sesuai dengan yang tertulis di Ijazah.
  6. Klik tombol “Cari Mahasiswa”.
  7. Apabila data yang diisikan benar, maka hasil pencarian data mahasiswa tersebut akan tampil.

Itu tadi beberapa cara cek nomor ijazah S1 yang bisa dilakukan untuk memverifikasi keabsahan atau keaslian Ijazah, baik menggunakan website SIVIL, PD Dikti, dan juga Forlap. Semua website tersebut sudah terintegrasi dengan server Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PD Dikti.

Apabila data yang diinputkan benar, tentu hasil pencarian sudah pasti keluar. Namun apabila hasil pencarian tidak keluar, bisa jadi pihak perguruan tinggi belum melaporkan data mahasiswa tersebut atau juga bisa ijazah tersebut palsu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close