Cara Cek / Melihat Hasil Un-Unbk Sma / Ma / Smk, Dan Smp / Mts 2019

Cara Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs Online 2019 — Cara Melihat Hasil UN-UNBK dengan Nomor Peserta, Cara Melihat Hasil UN-UNBK Online di Internet, Cara Mengetahui Pengumuman Kelulusan UN-UNBK Sekolah Menengan Atas /MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs, Tanggal-Jadwal Pengumuman Hasil UN-UNBK Siswa Sekolah Menengan Atas /MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs, Pengumuman Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas /MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs. Cara Cek Hasil UN-UNBK Secara Online. 2020. 2021.
Kali ini admin akan membuatkan isu mengenai Cara Cek / Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs 2019. Informasi ini ditujukan bagi para siswa yang sebentar lagi akan melihat hasil UN dan kelulusannya. Langsung saja simak isu selengkapnya di bawah ini.
UN atau Ujian Nasional yakni salah satu penentu kelulusan siswa dari Sekolahnya. Kini, UN telah ada yang berbasis komputer sehingga namanya menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disingkat UNBK.
Dalam situs unbk.kemdikbud.go.id dijelaskan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) yakni sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya. 
Penyelenggaraan UNBK dikala ini memakai sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server sentra secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server sentra secara online (upload).
Namun dikala ini belum semua sekolah dapat melaksanakan UNBK sebab keterbatasan fasilitas. Masih ada sekolah yang melaksanakan UN secara manual. Kedepannya, Pemerintah terus mengupayakan semoga semua sekolah dapat melaksanakan UNBK.
Nah, bagi siswa-siswa Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan /  sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs / sederajat yang beberapa waktu kemudian telah melaksanakan UN / UNBK, maka tak usang lagi akan segera melihat pengumuman hasil UN / UNBK.
Sebagai salah satu penentu kelulusan, tentu saja melihat pengumuman hasil UN-UNBK ini mendebarkan jantung. Namun kalian tak usah khawatir yang berlebih. Berdoa saja mudah-mudahan kalian lulus UN-UNBK dan juga dapat lulus dari Sekolah.
Pengumuman Hasil UNBK ini akan diumumkan secara online melalui situs Kemendikbud, sedangkan pengumuman hasil UN manual akan diumumkan secara langsung di Sekolah. Namun untuk kepastiannya, silahkan ditanyakan eksklusif di sekolah kalian masing-masing sebab mungkin saja ada perbedaan antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain dalam hal mengumumkannya.
Berikut ini admin berikan sedikit klarifikasi mengenai Pengumuman Kelulusan Hasil UN secaara Online dan Langsung
1. Cara Cek / Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs secara Online
Untuk melaksanakan pengecekan kelulusan hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs secara online, maka kalian perlu untuk menyiapkan peralatannya ibarat komputer beserta moda dan kuota internet atau dapat hotspot via smartphone sebab pengumuman hasil UN-UNBK online ini lebih baik dilihat melalui laptop dari pada smartphone.
Berikut Cara Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs secara Online :
  1. Buka alamat Puspendik Kemendikbud : https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
  2. Kemudian isi data dengan menentukan salah satu pilihan :
    1. Jenjang : Sekolah Menengah Pertama / MTs, Sekolah Menengan Atas / MA,  atau SMK
    2. Program Studi : IPA , IPS, atau Bahasa
    3. Provinsi: isi sesuai dengan provinsi, dimana sekolah berada
    4. Kota / Kabupaten : Isi sesuai dengan kota / kabupaten, dimana sekolah berada
    5. Status Sekolah : Negeri atau Swasta
    6. Jenis Sekolah : SMA, MA, atau SMK
    7. NPSN: isi sesuai dengan nomor pokok sekolah 
    8. Kode sekolah: isi sesuai dengan isyarat sekolah anda
  3. Setelah data terisi semua, kemudian klik tombol “Cari
  4. Kemudian muncul data dan silahkan download file untuk melihat kelulusan
Tambahan informasi :
  • NPSN dan isyarat sekolah dapat dilihat dari data yang tampil sesudah kalian mengisi data-data di pada langkah ke-2 di atas dari no.1 – 6.

2. Cara Cek / Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs secara Langsung
Pengumuman hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs ada pula yang diumumkan secara eksklusif di Sekolah. Biasanya orang bau tanah siswa diminta untuk tiba ke Sekolah mewakili siswa untuk mengambil selembaran kertas yang berisi pengumuman hasil UN-UNBK atau kelulusan siswa. 
Ketika selembaran kertas tersebut dibuka, barukan kelulusan siswa dapat diketahui. Di kertas tersebut tertuliskan “Lulus / Tidak Lulus“. Kalau dicoret yang Tidak Lulus, berarti kalian dinyatakan Lulus.
Itulah Cara Cek / Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs secara Online atau Langsung di Sekolah.
Untuk mengetahui kapan pengumuman tersebut diumumkan, silahkan baca pada artikel berikut : Tanggal Pengumuman Kelulusan SMA / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs.
Selamat untuk yang dinyatakan lulus dan janga lupa bersyukur. Ucapan tetap semangat untuk yang belum lulus, silahkan ikuti ujian perbaikan atau ujian paket yang diadakan oleh Sekolah.
Catatan :
  • Koordinasikan dengan sekolah anda apakah pengumuman hasil UN-UNBK diumumkan secara online atau langsung.
  • Jika ada perubahan atau perbedaan dengan cara cek / melihat pengumuman, maka ikuti yang ada dikala ini sesuai dengan sekolah masing-masing
Baca Juga Informasi Pendaftaran Jalur Kuliah :

Demikian penyampaikan artikel wacana Cara Cek / Melihat Hasil UN-UNBK Sekolah Menengan Atas / MA / SMK, dan Sekolah Menengah Pertama / MTs. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan semoga sukses.