Bocoran Materi Soal Tes UTBK 2020 Dari LTMPT

Bocoran Materi Soal Tes UTBK 2020 Dari LTMPT – Dengan waktu pelaksanaan yang semakin dekat, setiap peserta yang akan mengikuti Tes UTBK 2020 semakin giat berlatih agar bisa lancar saat mengerjakan nanti. Berbeda dari pelaksanaan tahun 2019, materi soal Tes UTBK 2020 mengalami pengurangan hingga menjadi TPS atau Tes Potensi Skolastik saja. Kira-kira materi soal Tes UTBK 2020 apa saja yang diberitahukan oleh LTMPT? Simak informasinya di bawah ini.

Update Materi Soal Tes UTBK 2020

unsplash.com

Karena adanya pandemi Covid-19, LTMPT memilih untuk membagi pelaksanaan Tes UTBK 2020 ke dalam dua gelombang. Selain itu, materi soal Tes UTBK 2020 juga dikurangi menjadi hanya TPS saja. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi durasi para peserta berada di luar rumah dan interaksi mereka dengan orang lain agar tidak tertular virus. Nah, informasi yang kali ini akan Mamikos sampaikan adalah seputar materi soal tes UTBK 2020 yang diberikan oleh LTMPT.

Rincian Materi Soal Tes UTBK 2020

Dari informasi terbaru yang Mamikos dapatkan, materi soal Tes UTBK 2020 akan lebih berfokus pada Tes Potensi Skolastik alias TPS. TPS atau Tes Potensi Skolastik sendiri merupakan tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dimiliki pleh peserta. Kemampuan kognitif tersebut terdiri dari kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kognitif, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan penalaran yang dimaksud tersebut adalah kemampuan yang berkembang melalui proses belajar dan transfer ilmu dari pengalaman-pengalaman yang telah didapatkan oleh peserta selama berada di sekolah maupun di luar sekolah.

Perlu anda ketahui juga bahwa anda akan menemui beberapa materi soal Tes UTBK 2020 yang disajikan dalam bahasa Inggris. LTMPT memutuskan akan ada 15 sampai 20 persen soal TPS yang berbahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk melihat dan menghargai hasil peserta dalam belajar bahasa Inggris selama masih di sekolah. Berikut adalah rincian dari sub materi soal Tes UTBK 2020 yang telah Mamikos himpun

1. Kemampuan Penalaran Umum

Pada sub tes ini, anda akan menemukan soal dengan informasi awal berupa teks atau paragraf dan tabel, grafik, atau kurva. anda tidak hanya diharuskan untuk membaca, tetapi anda juga harus memahami informasi yang diberikan dari soal tersebut. Selain itu, anda juga akan menemukan materi kuantitatif misalnya deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan, dan perbandingan.

Dalam tiap soal di dalam sub tes ini terdapat informasi berupa teks atau paragraf. Sehingga anda tidak boleh hanya asal membaca saja. anda juga perlu untuk memahami inti dari tiap paragraf, kesimpulan, dan pesan tersirat di dalam soal tersebut.

3. Kemampuan Kuantitatif

Di materi ini, anda akan diberikan pertanyaan tentang pelajaran matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika, dan aljabar. Nah, di sub tes ini, anda akan diberikan beberapa soal dalam bahasa Inggris. Sehingga anda perlu memahami berbagai kosakata istilah bahasa Inggris TPS kuantitatif untuk mendukungmu memahami soal dalam bahasa Inggris

4. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Di UTBK-SBMPTN 2020 nanti, soal-soal tentang Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan sering ditanyakan. Jika anda menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, anda akan cukup menyukainya. Tipsnya adalah anda perlu untuk menyempatkan diri membaca buku atau koran. Gunanya adalah untuk memperluas wawasan anda karena akan muncul beberapa soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD yang tepat.

Tips Menjawab Tiap Materi Soal Tes UTBK 2020

1. Kesesuaian Pernyataan

Kunci utama jika anda akan mengerjakan soal bagian ini adalah dengan meningkatkan ketelitian dan penalaranmu. anda bisa membaca soal secara cepat namun cermat, tetapi anda tidak harus membaca soal secara keseluruhan karena akan membuang waktumu. Cobalah untuk melihat pernyataan yang tersedia pada pilihan jawaban carilah kalimat yang menurutmu memiliki makna yang sama dengan teks soal. Setelah itu, pilihlah jawaban yang kira-kira benar sesuai dengan hasil analisa yang telah anda lakukan.

2. Simpulan Logis

Sama seperti bagian kesesuaian pernyataan, anda butuh ketelitian tinggi dan penalaran untuk bisa menjawab materi soal Tes UTBK 2020 bagian ini. Agar anda bisa mendapatkan simpulan yang sekiranya paling benar, anda juga wajib membaca secara cepat dan cermat serta tidak perlu membaca keseluruhan teks. Cobalah untuk benar-benar memahami paragraf yang menjadi pertanyaan pada soal. anda harus bisa menyesuaikan kalimat yang terdapat pada pilihan jawaban dengan pernyataan yang tersedia pada teks soal.

3. Penalaran Analitik

Pada soal-soal tentang perbandingan, biasanya anda akan menemukan ciri-ciri berupa kata seperti “daripada” atau “lebih”. Cara termudah untuk mengerjakan materi soal Tes UTBK 2020 bagian ini adalah dengan menggambar, menulis, atau mengurutkannya dengan menggunakan angka dari nilai yang paling tinggi hingga terendah. anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan nama atau inisial tokoh yang disebutkan dalam soal. Jika anda harus menyimpulkan sebuah pernyataan, anda bisa membuat poin-poin dari pernyataan A, B, C, D, dan seterusnya.

Sesi Pelaksanaan Tes UTBK 2020

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, pelaksanaan Tes UTBK 2020 akan digelar dalam 2 gelombang dengan 2 sesi per harinya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kontak serta interaksi antar peserta maupun dengan panitia penyelenggara. Untuk gelombang 1 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 14 Juli 2020 dan gelombang 2 akan dilaksanakan pada tangga 20 hingga 29 Juli 2020. Selain itu, LTMPT telah menyediakan jadwal cadangan jika seandainya ada hambatan dalam pelaksanaan Tes UTBK 2020.

Simak waktu pelaksanaan Tes UTBK 2020 untuk sesi per harinya berikut ini.

Sesi Pukul (Waktu Setempat) Kegiatan
I 09.00 – 09.05 Peserta Masuk Ruang Ujian
09.05 – 09.25 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
09.25 – 09.30 Latihan
09.30 – 11.15 Tes Potensi Skolastik (TPS)
II 14.00 – 14.05 Peserta Masuk Ruang Ujian
14.05 – 14.25 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
14.25 – 14.30 Latihan
14.30 – 16.15 Tes Potensi Skolastik (TPS)

Contoh Soal TPS Resmi LTMPT

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait bocoran materi soal Tes UTBK 2020. Agar anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda harus rajin berlatih dengan mengerjakan soal-soal atau mengikuti try out secara online di internet. Semoga anda beruntung! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close