Biaya UTBK SBMPTN 2021 Rp200rb, Cek Cara Pembayarannya

Biaya UTBK SBMPTN 2021 Rp200rb, Cek Cara Pembayarannya – Menjadi salah satu pilihan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tiap tahunnya selalu ramai diminati. Berbeda dengan SNMPTN, peserta SBMPTN diwajibkan untuk mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Setiap peserta yang ingin mengikuti UTBK SBMPTN sendiri harus membayar sejumlah biaya yang sudah ditetapkan. Untuk info lebih lengkapnya terkait biaya UTBK SBMPTN 2021 hingga cara pembayarannya bisa anda cek di bawah ini.

Berikut Info Biaya UTBK SBMPTN 2021 dan Cara Pembayarannya

mg.beritasatu.com

LTMPT telah menetapkan jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2021, yakni pada 15 Maret hingga 1 April mendatang. Pelaksanaan UTBK sendiri diagendakan akan dilaksanakan sebanyak dua gelombang. Sebelum anda mendaftar UTBK SBMPTN, tentunya anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu khususnya terkait biaya pendaftaran dan cara pembayarannya. anda bisa cek informasi lengkapnya sebagai berikut.

Apa itu UTBK?

Mulai diselenggarakan pada tahun 2019, UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang wajib diikuti oleh seluruh peserta pendaftar SBMPTN. Tak hanya dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan SBMPTN saja, UTBK ternyata juga dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan Ujian Mandiri. Menjadi salah satu syarat mutlak untuk dapat mengikuti SBMPTN membuat UTBK dan SBMPTN saling berkaitan.

UTBK sendiri memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya saja adalah mampu menjangkau banyak peserta. Tak hanya itu saja, UTBK juga tidak memakan banyak waktu sehingga jarak antara pelaksanaan tes dengan keluarnya hasil tes juga seimbang. UTBK diharapkan dapat menjadi sarana untuk meprediksi calon mahasiswa.

Apa itu SBMPTN?

Setiap siswa yang ingin masuk PTN tentunya harus dinyatakan lulus dalam salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru terlebih dahulu. Kini, ada tiga seleksi yang dibuka yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Seleksi Mandiri. Jika dilihat dari sejarahnya, SBMPTN awalnya lebih dikenal dengan nama SNMPTN Tulis yang diselenggarakan pada tahun 2008.

Dulunya, SNMPTN tulis ini diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud. Namun kemudian, di tahun 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Di tahun 2013 ini juga MTPTNI memperkenalkan SBMPTN dengan mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan. Jika melihat perbedaanya dengan SNMPTN, SBMPTN tidak menggunakan nilai raport sebagai penilaian namun menggunakan UTBK.

Kapan UTBK SBMPTN 2021?

Diselenggarakan oleh LTMPT, berikut jadwal lengkap UTBK SBMPTN yang sudah Mamikos kutip dari situs LTMPT.

  1. Registrasi Akun LTMPT: 7 Februari hingga 12 Maret 2021
  2. Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 15 Maret hingga 1 April 2021
  3. Pelaksanaan UTBK Gel I: 12 hingga 18 April 2021
  4. Pelaksanaan UTBK Gel II: 26 April hingga 2 Mei 2021 
  5. Pengumuman Hasil SBMPTN 2021: 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB

Syarat UTBK SBMPTN

Sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN, tentunya anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Adapun berikut beberapa persyaratannya.

  1. Merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederejat lulusan tahun 2019. Jika siswa merupakan lulusan tahun 2020, maka siswa tersebut harus memiliki ijazah. Bagi lulusan sederajat luar negeri maka harus memiliki ijazah yang telah disetarakan.
  2. Siswa wajib mengikuti dan memiliki nilai UTBK
  3. Siswa harus dinyatakan sehat agar nantinya tidak menganggu proses kelancaran perkuliahan
  4. Khusus untuk siswa yang memilih program studi di bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio
  5. Siswa hanya diperbolehkan memilih dua program studi saja pada satu PTN, atau masing-masing satu prodi di dua PTN berbeda

Tahapan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Setelah memenuhi beberapa persyaratan sebelumnya, silahkan ikuti tahapan pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 yang sudah Mamikos rangkum berikut ini.

  1. Siswa dipersilahkan untuk mendaftar melalui laman LTMPT. Pendaftaran SBMPTN dilakukan bersamaan dengan pendaftaran UTBK. Jika sebelumnya siswa sudah menjadi peserta SNMPTN 2021, maka siswa tersebut tidak perlu lagi untuk mengisi biodata.
  2. Selanjutnya, siswa dipersilahkan untuk memilih PTN dan program studi. Siswa hanya diperkenankan untuk memilih dua program studi di satu PTN, atau masing-masing satu program studi di dua PTN.
  3. Kemudian, siswa diharuskan untuk mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan. Jika siswa tersebut memilih program studi Seni dan Olahraga, maka siswa wajib untuk mengunggah portofolio.
  4. Lanjutkan dengan memilih pusat UTBK, kemudian pilih jenis ujian dan sesi ujian sebelum anda mendapatkan slip pembayaran.
  5. Setelah itu, segera lakukan pembayaran di bank yang sudah ditunjuk oleh LTMPT, yakni Bank BNI, Bank Mandiri, dan BTN. Jangan lupa untuk membawa slip pembayaran yang anda peroleh ketika mendaftar UTBK. Lakukan pembayaran maksimal 1×24 jam.
  6. Setelah melakukan pembayaran, silahkan login akun untuk mencetak kartu peserta UTBK SBMPTN.
  7. Selanjutnya, siswa tinggal mengikuti UTBK sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  8. Setelah mengikuti UTBK, siswa menunggu hasil SBMPTN pada jadwal yang sudah ditentukan.

Apa Materi UTBK SBMPTN 2021?

Jika pada tahun 2020 lalu hanya ada satu materi saja yang diujiankan pada UTBK SBMPTN, maka pada tahun ini UTBK akan meliputi dua materi lagi yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Di mana TPS akan digunakan untuk mengukut kemampuan kognitif. Sedangkan, TKA akan mengukut pemahaman keilmuan siswa yang sudah diajarkan di sekolah guna kemudian diperdalam di jenjang perguruan tinggi.

Biaya UTBK SBMPTN 2021

Berbeda dengan siswa yang mengikuti SNMPTN, untuk dapat mengikuti UTBK SBMPTN 2021 maka siswa diminta untuk membayar biaya administrasi sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Adapun berikut rincian besaran biaya UTBK SBMPTN sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih.

  1. Kelompok Ujian Soshum atau Saintek: Rp200.000
  2. Kelompok Ujian Campuran Soshum dan Saintek: Rp300.000

Cara Pembayaran UTBK SBMPTN 2021 

Setelah mengetahui nominal biaya UTBK SBMPTN, selanjutnya anda diharuskan untuk membayar biaya UTBK SBMPTN tersebut di salah satu pilihan bank mitra LTMPT. Ada tiga pilihan bank mitra yang bisa anda pilih, yakni Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN. Pembayaran ini bisa anda lakukan melalui ATM, mobile banking, internet banking, dan setor tunai. Perlu diingat kembali bahwa pembayaran ini harus anda lakukan dalam kurun waktu kurang dari 1×24 jam setelah anda mendapatkan slip pendaftaran yang dapat diperoleh dari laman portal/ltmpt.ac.id.

Oke, itu tadi informasi singkat terkait biaya UTBK SBMPTN 2021 hingga cara pembayarannya. Mamikos ingatkan kembali bahwa pendaftaran UTBK SBMPTN akan dibuka mulai tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. Untuk biayanya sendiri adalah Rp200.000 (kelompok ujian Soshum atau Saintek) dan Rp300.000 (kelompok ujian campuran). Jika anda membutuhkan informasi lainnya terutama seputar kost-kostan, jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close