Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Bisa Gratis, Begini Caranya

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Bisa Gratis, Begini Caranya – Bagi anda yang berencana mendaftar Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Sebab, jalur ini berbeda dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Cara Mendapatkan Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Secara Gratis

https://ltmpt.ac.id/

Jika pada penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN anda tidak harus mengeluarkan biaya apa pun karena semua sudah ditanggung oleh pemerintah, pada jalur SBMPTN mekanismenya akan berbeda. Pendaftar wajib membayar biaya pendaftaran UTBK sesuai kelompok ujian yang dipilih. Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN pun berbeda-beda untuk setiap kelompok. Tapi, apakah mungkin pendaftar digratiskan dalam membayar biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2021? Simak informasinya berikut ini.

Perbedaan SNMPTN dan UTBK – SBMPTN 2021

Perbedaan antara jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak hanya terdapat pada biaya pendaftarannya saja. Pada jalur SNMPTN, seluruh biaya pendaftaran dan biaya seleksi sudah ditanggung pemerintah, sehingga pendaftar hanya perlu mengikuti tahapan selanjutnya. Perbedaan kedua jalur tersebut antara lain:

• Jadwal Registrasi
SNMPTN: 15 – 24 Februari 2021
SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021
• Jadwal Ujian
SNMPTN: –
SBMPTN: 12 – 18 April atau 26 April – 2 Mei 2021
• Biaya Pendaftaran
SNMPTN: Gratis
SBMPTN: Rp 200.000 – Rp 300.000
• Kepesertaan
SNMPTN: Khusus kelas 12 (kuota sesuai akreditasi sekolah)
SBMPTN: Angkatan 2021, 2020, dan 2019
• Penilaian
SNMPTN: Nilai rapor dan prestasi
SBMPTN: Nilai UTBK
• Pengumuman
SNMPTN: 22 Maret 2021
SBMPTN: 14 Juni 2021
• Pilihan PTN
SNMPTN: salah satu PTN harus terdapat di 1 provinsi dengan asal sekolah
SBMPTN: bebas

Perlu anda ketahui bahwa peserta SNMPTN tidak sebanyak SBMPTN. Sebab, hanya yang dinyatakan eligible atau layak mendaftar saja yang bisa mengikuti SNMPTN. Sedangkan pada seleksi SBMPTN, lulusan tahun 2021 dan dua tahun sebelumnya diizinkan mendaftar. Begitu pula lulusan yang belum diterima SNMPTN tahun sebelumnya. Hal inilah yang membuat persaingan SBMPTN lebih ketat.

Jadwal Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2021

Syarat penting sebelum mengikuti jalur SBMPTN 2021 adalah memiliki nilai UTBK. Nantinya nilai UTBK-lah yang dijadikan dasar untuk menyeleksi pendaftar. Jadwal UTBK – SBMPTN tahun 2021 adalah sebagai berikut:

• 7 Februari – 12 Maret 2021: Registrasi akun LTMPT
• 15 Maret – 1 April 2021: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN
• 12 – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang 1
• 26 April – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang 2
• 14 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN

Jika nilai UTBK tinggi, peluang diterima di jurusan atau program studi pun semakin besar karena bisa mengalahkan pendaftar lain dengan nilai UTBK yang lebih rendah. Namun perlu anda ketahui bahwa standar nilai UTBK untuk bisa diterima di jurusan tertentu pada program studi kampus tidak sama.

Biaya UTBK – SBMPTN 2021

Berdasarkan informasi resmi penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi, yaitu LTMPT, biaya untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dirilis.
• Pendaftar UTBK kelompok Saintek: RP 200.000
• Pendaftar UTBK kelompok Soshum: RP 200.000
• Pendaftar UTBK kelompok Campuran : RP 300.000
Pembayaran biaya UTBK SBMPTN dapat dilakukan di bank yang sudah ditunjuk. Diharapkan untuk tidak melakukan pembayaran melebihi batas waktu agar tetap bisa terverifikasi.

Cara Mendapatkan Biaya Pendaftaran UTBK – SBMPTN Gratis

Setelah melihat biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK – SBMPTN 2021 di atas, apakah anda ingin mendapatkan keringanan? Sebab, biaya pendaftaran tersebut masih dinilai tinggi bagi sebagian orang. Sebenarnya anda bisa mendaftar UTBK – SBMPTN secara gratis dengan ketentuan sebagai berikut.

• Pendaftar UTBK kelompok Saintek: gratis untuk pendaftar KIP Kuliah
• Pendaftar UTBK kelompok Soshum: gratis untuk pendaftar KIP Kuliah
• Pendaftar UTBK kelompok Campuran : gratis untuk pendaftar KIP Kuliah

Jadi, syarat agar mendapatkan biaya pendaftaran UTBK – SBMPTN kelompok saintek, soshum, atau campuran adalah terdaftar sebagai pemegang KIP Kuliah.

Cara Mendaftar KIP Kuliah untuk UTBK – SBMPTN

Tertarik untuk mendapatkan gratis biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, bahkan biaya kuliah selama menempuh studi? Ada ketentuan yang perlu dipenuhi agar bisa dinyatakan sebagai penerima KIP Kuliah tahun 2021.

  1. Lakukan pendaftaran secara mandiri melalui website sistem KIP kuliah yang bisa diakses melalui website kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah mobile apps (segera tersedia di playstore). Pendaftaran dapat dilakukan oleh siswa.
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendapatkan informasi terkait data sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Apabil siswa tidak/belum terdaftar di DTKS, makas siswa harus melengkapi data ekonomi dan aset.
  3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  5. Masukkan email yang valid dan aktif
  6. Tunggu sistem KIP Kuliah memverifikasi dan memvalidasi data NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  7. Apabila validasi berhasil, Nomor Pendaftaran dan Kode Akses akan dikirimkan oleh sistem KIP Kuliah ke alamat email yang sebelumnya didaftarkan
  8. Selesaikan proses pendaftaran KIP kuliah
  9. Pilih jalur seleksi yang akan diikuti: SBMPTN
  10. Selesaikan proses pendaftaran di portal jalur SBMPTN 2021. Siswa dapat mendaftar di portal atau sistem informasi seleksi nasional sebelum sistem pendaftaran KIP Kuliah dibuka. Nantinya akan ada proses sinkronisasi host-to-host.
  11. Calon penerima KIP Kuliah yang sudah diterima di Perguruan Tinggi, akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi. Apabila dinyatakan layak, pendaftar akan diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Keuntungan Terdaftar KIP Kuliah

Dapatkan kesempatan untuk menjadi pemegang KIP Kuliah saat mendaftar UTBK – SBMPTN. Keuntungan yang akan anda peroleh jika mempunyai KIP Kuliah adalah:

  1. Gratis biaya pendaftaran untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi
  2. Bebas biaya selama menempuh kuliah.
  3. Mendapatkan bantuan biaya hidup. Siswa yang menerima KIP Kuliah akan mendapatkan biaya hidup 700 ribu rupiah setiap bulan setiap semester selama masa studi normal:
    • Masa studi S1 maksimal 8 semester dengan bantuan total maksimal 33,6 juta rupiah
    • Masa studi D3 maksimal 6 semester dengan bantuan total maksimal 25,2 juta rupiah
    • Masa studi D2 maksimal 4 semester dengan bantuan total maksimal 16,8 juta rupiah
    • Masa studi D1 maksimal 2 semester dengan bantuan total maksimal 8,4 juta rupiah
    • Program Profesi Dokter, Dokter Gigi, dan Dokter Hewan maksimal 4 semester dengan bantuan total maksimal 16,8 juta rupiah
    • Program Profesi Ners, Apoteker, dan Guru maksimal 2 semester dengan bantuan total maksimal 8,4 juta rupiah

Pihak Puslapdik akan menyetorkan biaya kuliah sebesar 2,4 juta rupiah per semester langsung ke Perguruan Tinggi. Kesempatan untuk mendapatkan KIP Kuliah bisa diperoleh siapa pun asalkan memenuhi persyaratan.

Peluang mendapatkan biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 bisa gratis, begini caranya sangat mudah, bukan? Ikuti prosedur yang disediakan dan anda tidak perlu merasa khawatir pada biaya pendaftaran lagi. Jika masih memiliki pertanyaan terkait UTBK SBMPTN dan pelaksanaannya, hubungi pihak LTMPT selaku penyelenggara resmi. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close